dewaweb-blog-android-oreo

Anda, para pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan nama-nama makanan yang kerap dipakai sebagai nama update sistem operasinya. Salah satu update yang lumayan anyar, Android Oreo menjadi topik ulasan Dewaweb kali ini. Sebelum Anda mengetahui apa saja kelebihan dan trik dalam memanfaatkan kelebihan fiturnya, mari kita kenali dulu perkembangan sistem operasi populer satu ini!

Apa itu Android?

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux. Sistem operasi tersebut dibuat untuk berbagai macam perangkat yang punya layar sentuh bergerak, semacam smartphone dan tablet. Sistem operasi Android ini mulanya dibuat oleh Android, Inc. Namun pada tahun 2005, Google kasih dukungan keuangan dan akhirnya mengakuisisinya. Jadi, ke publik baru resmi dirilis di tahun 2007.

Kenali siapa para pendiri Google:

Mengenal Larry Page dan Sergey Brin

Nah, sebelum Oreo, ada beberapa daftar update sistem operasinya dengan nama-nama makanan sebagai berikut:

  • Android Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009
  • Android Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009
  • Android Eclair dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009
  • Android Froyo dirilis pada tanggal 10 Mei 2010
  • Android Gingerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010
  • Android Honeycomb dirilis pada tanggal 22 Februari 2011
  • Android Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011
  • Android Jelly Bean dirilis pada tanggal 9 Juli 2012
  • Android KitkKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013
  • Android Lollipop dirilis pada tanggal 25 Juni 2014
  • Android Marshmallow dirilis pada tanggal 28 Mei 2015
  • Android Nougat dirilis pada tanggal 23 Agustus 2016

Dewaweb cashback 30%

Kelebihan Android Oreo

Sistem Android yang satu ini diperkenalkan dengan perubahannya yang paling mencolok, yaitu pada tampilannya. Walaupun tidak signifikan, sebenarnya perubahan tampilan ini bisa menjadikan perangkat Anda lebih “segar”. Beberapa perubahan tersebut termasuk pada Home Screen, Notification, App Drawer, Setting Menu, Battery Menu dan lain sebagainya.

Memang perubahannya tidak sekadar pada tampilan tapi yang mencolok itu saat pertama kali sampai di tangan pengguna. Selain itu, Oreo juga dilengkapi dengan macam-macam fitur yang menarik, cukup membantu pengguna buat aktivitas perangkat sehari-harinya. Beberapa diantaranya memang benar-benar fitur baru. Sementara beberapa yang lainnya, fitur di sistem operasi sebelumnya tapi sudah diperbaharui. Dengan pembaharuan itu, kemampuan Oreo jelas saja jadi lebih mantap dibanding Nougat.

Berikut ada video bagus dari Android Authority!

Untuk mengetahui lebih banyak perubahan seperti apa saja dan bagaimana memanfaatkannya buat memaksimalkan performa perangkat Anda, ayo simak bagian berikut.

Tips dan Trik Fitur Android Oreo

Singkatnya, berikut adalah beberapa fitur menarik utama yang ada di Oreo!

  • Autofill

Anda pasti sudah tahu kalau mau masuk ke aplikasi tertentu perlu isi kolom username dan password. Nah, dengan adanya fitur Autofill, Anda tidak usah repot isi bolak-balik seperti itu, sudah otomatis terisi. Aman tidak? Aman pastinya dari orang lain, ini karena terintegrasinya dengan akun Google Anda sendiri.

  • Picture in Picture

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menonton video dari aplikasi terkait sambil mengerjakan hal lainnya. Atau jika Anda sedang di jalan dan melihat peta pada aplikasi Google Maps, Anda bisa sambil membalas chat teman yang mungkin dalam waktu bersamaan menanyakan posisi Anda.

  • Smart Text Selection

Fitur Oreo kali ini bisa membuat aktivitas copy-paste teks Anda jadi lebih mudah dan cepat. Mengapa? Karena ada on device machine learning yang bisa mendeteksi deretan teks penting tertentu semacam alamat, nomor telepon dsb. Jadi Anda tak harus lagi susah-susah memblok kata per kata yang Anda mau salin. Bahkan bisa juga menyarankan langsung akses aplikasi buku kontak misalnya, pada saat melihat sederetan nomor telepon.

  • Wide Color Gamut

Dengan teknologi ini, tampilan lebih tajam dan enak di mata. Warna yang ditampilkan juga lebih akurat. Tapi tentunya, perangkat Anda harus sudah mendukung teknologi ini. Google melakukannya dengan cara native untuk developer dalam menentukan cara menampilkan aplikasi-aplikasi pengguna pada mode Wide Color Gamut. Profil ini sudah termasuk AdobeRGB, Pro Photo RGB, dan DCI-P3. Semua profil tersebut termasuk kedalam standar umum aplikasi pencitraan, editing, maupun video profesional.

  • Channels

Fitur ini mampu mengelompokkan notifikasi dari macam-macam aplikasi supaya bisa jadi satu kategori tertentu yang sebutannya Channels. Fitur inipun memudahkan para pengguna Android ketika ingin mengatur atau bisa juga ingin memblokir notifikasi dari kategori aplikasi tertentu yang dianggap mengganggu.

Anda mungkin juga ingin mengetahui cara menembus blokir akses internet, silakan baca:

Cara Menggunakan OpenVPN di Android

Itulah ulasan singkat Oreo dari kami. Sebagai provider web hosting murah berkualitas dengan sertifikat internasional, kami berkomitmen untuk membantu kesuksesan online Anda. Mari subscribe email Anda untuk mendapat konten-konten lebih bagus dan mendalam lainnya!

Jangan lupa simak juga YouTube Channel Dewaweb yang aktif menyediakan tayangan tips, trik dan kisah sukses inspiratif bagi Anda yang ingin berkembang di era digital ini!