Saat Anda ingin membeli salah satu smartphone terbaik, memilih Android vs iOS bisa menjadi pilihan yang sulit. Memiliki banyak perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing, Android vs iOS menawarkan banyak fitur menarik yang pada dasarnya tampak sama (terlepas dari brand dan harganya). Saat membandingkan keduanya, tidak sedikit orang memilih iOS yang hingga kini secara umum masih dianggap “lebih baik” dibanding Android. Lantas, apalah iOS memang lebih baik dari Android? Simak dulu faktanya berikut!

3 hal penting yang membuat iOS lebih baik dibanding Android

  • Updates (pembaruan)

Cara Android vs iOS diperbarui sangat berbeda. Google menggunakan Play Services untuk menangani banyak bagian keamanan dan kompatibilitas aplikasi Android. Sementara pembaruan iOS tidak menyertakan setiap fitur untuk model yang lebih lama. Namun, masih tidak dapat disangkal bahwa pembaruan yang dilakukan oleh iOS masih lebih baik daripada Android.

Saat Android diperbarui, hanya telepon dari Google yang sedang didukung yang dapat di-update. Telepon-telepon itu adalah bagian yang sangat kecil dari perangkat Android yang sangat banyak. Sulit bagi Google untuk memaksa perusahaan lain mengirim pembaruan karena Google tidak membangun Android (Google hanya memberikan kode sumber ke perusahaan lain yang membangunnya sendiri. Setelah kode diperbarui, Google tidak dapat melakukan lagi).

  • Support (dukungan)

AppleCare legendaris membuat Apple terlihat lebih unggul dalam perbandingan Android vs iOS. Ketika kamu memiliki masalah dengan iPhone, kamu bisa masuk ke Apple store dan mengurusnya (dengan AppleCare). Karena ponsel Android berasal dari begitu banyak perusahaan yang berbeda, kelebihan ini tidak dapat ditandingi oleh Android. Bukan berarti perusahaan yang membuat Android tidak menawarkan sesuatu.

Mereka semua memiliki departemen layanan pelanggan mereka sendiri, dan bahkan Pixel memiliki cara yang memungkinkanmu berbicara dengan manusia hidup nyata jika kamu memiliki masalah atau butuh bantuan. Samsung juga memperluas kehadiran ritelnya di barat. Namun hal tersebut bahkan tidak mendekati pengalaman AppleCare.

  • Keamanan dan privasi

Apple mengumpulkan data dari semua orang yang menggunakan iOS dan melakukan pekerjaan dengan baik agar tetap anonim dan internal. Google melakukan hal yang sama, terlepas dari apa pun yang Anda baca dari tempat lain. Tetapi Android memiliki beberapa masalah serius dalam hal keamanan dan privasi. Tidak sedikit model Android (termasuk yang terjual puluhan juta dan mendorong pangsa pasar Android) tidak terlindungi dengan sempurna. Dengan begitu ketika membandingkan Android vs iOS, faktor keamanan layak kamu pertimbangkan sebaik mungkin.

Google yang menjaga datamu dengan baik tidak berpengaruh besar ketika peretas mendapatkan login bank-mu karena kamu telah ditipu untuk menginstal sesuatu yang dimungkinkan oleh software lama Android. Google memahami keamanan dan privasi internet, tetapi beberapa dari pengetahuan itu tampaknya hilang ketika sudah sampai pada Android.

Fakta iOS

Beberapa fakta menarik dan unik tentang platform iOS adalah:

  • Apple bukan pelopor

Meskipun semua orang percaya bahwa Apple adalah yang terdepan di arena pengembangan iOS, itu tidaklah benar. Faktanya, sebelum kemunculan iPhone, Cisco sudah mematenkan nama ini. Model Cisco adalah VOIP di mana orang dapat menelepon langsung dari Skype tanpa menggunakan desktop. Setelah berselisih, kedua perusahaan mencapai penyelesaian dan setuju mempertahankan hak masing-masing mengenai device mereka

  • Munculnya App store

App store merupakan salah satu penawaran revolusioner oleh platform iOS. Gamer dan pemilik iPhone dapat mengunduh game favorit mereka melalui App store. Salah satu bagian terpentingnya adalah App store membantu pengguna mengunduh game dan aplikasi secara legal.

  • Angka penjualan yang luar biasa

Apakah kamu tahu angka penjualan yang dicatat oleh perangkat iOS pada tahun 2011? Angka tersebut akan menunjukkanmu tentang harga dan nilai iOS di pasar. Menurut angka pasar, 156 juta perangkat telah dibeli oleh pengguna. Jika dibandingkan dengan penjualan PC Mac, perangkat iOS sudah pasti menang, khususnya selama 28 tahun terakhir.

Baca Juga: 3 Fitur Menarik Samsung Galaxy S10 yang Wajib Kamu Ketahui

Jadi, iOS tidak selalu lebih baik dibandingkan Android. Namun setelah mengetahui kelebihannya dibandingkan Android, mungkin kamu semakin yakin untuk memiliki gadget berbasis iOS. Bagaimana menurut pendapatmu?

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia