Apa Itu Adware? Jenis, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Adware? Jenis, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu mendengar istilah adware sebelumnya? Adware adalah salah satu jenis virus komputer yang harus diwaspadai ketika hendak menginstal aplikasi. Seperti yang kita tahu saat ini banyak aplikasi ilegal yang bertebaran di internet.

Maka dari itu, ketahui lebih dalam apa itu adware, jenis dan cara menghindarinya pada artikel Dewaweb kali ini! Yuk langsung saja kita bahas.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

Apa Itu Adware?

Adware adalah sebuah software atau aplikasi yang dibuat bertujuan untuk mendistribusikan iklan online pada komputer atau handphone kamu, dengan kata lain dalam software tersebut mengandung banyak iklan.

Nantinya iklan tersebut tiba-tiba akan muncul pada layar hp atau PC yang terhubung ke internet, sekalipun kamu tidak sedang membuka aplikasi. Iklan itu secara tidak langsung memaksa kamu untuk terus melihatnya. Sehingga akan mengganggu produktivitas kerja, selain itu, adware juga berpotensi mengambil data pribadi.

Adware atau advertising-supported software tidak hanya berniat menyebarkan iklan, lebih dari itu saat ini mereka juga kerap memanfaatkannya untuk mendapat penghasilan, yaitu lewat metode PPC (pay per click) dan impresi display iklan.

Ada dua jenis adware yang banyak ditemukan sekarang ini. Jenis-jenis adware adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Jenis dan Penyebab Malware pada Website

Jenis-jenis Adware

Jika berdasarkan perangkatnya, adware dibagi menjadi dua jenis yaitu seperti di bawah ini.

Adware personal computer

Apa itu adware personal computer? Sesuai namanya, Adware komputer adalah jenis adware yang menyerang komputer atau laptop. Adware jenis ini biasanya berasal dari instalasi software freeware, shareware atau download ekstensi yang sifatnya gratis.

Ketika mengunduh aplikasi gratis tersebut, program adware akan otomatis ikut terinstall juga pada komputer kamu karena sudah satu paket.

Itulah mengapa ketika melakukan instalasi, penting untuk memahami setiap langkah dan apa saja yang terkandung pada software tersebut.

Baca Juga: Ancaman Malware Emotet: Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Adware android

Jika sebelumnya terinstall pada laptop, adware berikutnya adalah yang terinstall di android atau hp kamu. Adware android bisa masuk pada hp kamu jika kamu sering mengunjungi situs-situs yang ilegal dan tidak jelas.

Situs tersebut bisa jadi memasang adware secara tidak sadar, sehingga ketika kamu mengunjunginya, muncul iklan secara tiba-tiba. 

Oleh karena itu, apabila kamu hendak browsing di internet pastikan situs tersebut sudah memiliki sertifikat SSL agar lebih aman. 

Setelah mengetahui jenis-jenis adware, lantas seperti apa dampak adware terhadap perangkat kamu? Berikut di antaranya.

Dampak Kerugian Adware

Menjadi salah satu hal yang berbahaya, adware tentu memiliki dampak kerugian terhadap perangkat yang digunakan.

Dampak yang paling terasa dari adware adalah pada sisi user experience. Seperti yang kamu tahu, iklan yang berasal dari adware bisa tiba-tiba muncul pada layar perangkat kamu.

Selain itu jenis konten iklan yang muncul pun membuat pengguna kurang nyaman. Mulai dari konten judi, konten dewasa dan masih banyak lagi. Ditambah lagi iklan tersebut kebanyakan tidak bisa di-skip, sehingga mau tidak mau kamu harus melihatnya.

Terlepas dari ketidaknyamannya, dampak paling membahayakan dari adware adalah dapat menyerang data pribadi kamu. 

Setelah mengetahui dampak kerugiannya seharusnya membuat kamu lebih waspada dan melakukan pencegahan, diantaranya dengan cara di bawah ini.

Cara Menghindari Adware

Berikut ini terdapat beberapa cara menghindari adware yang bisa kamu lakukan, yaitu seperti berikut.

Pasang antivirus

Cara pertama yaitu memasang antivirus pada perangkat. Memasang antivirus adalah salah satu upaya dalam mencegah malware masuk pada komputer kamu. Pastikan gunakan antivirus yang legal dan berbayar sehingga perlindungan komputer bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Imunify 360: Cara Efektif Atasi Infeksi Malware pada Website

Jangan sembarangan menginstal aplikasi

Meskipun sudah menggunakan antivirus, tapi apabila kamu masih sembarangan dalam menginstal aplikasi, itu artinya sama saja. Antivirus tidak bisa bekerja begitu saja, mereka juga membutuhkan bantuan kamu untuk berhati-hati ketika menggunakan perangkatmu, salah satunya saat hendak menginstal aplikasi.

Ketika hendak memasang aplikasi, baca terlebih dulu pedoman dan pengaturan yang ada. Hindari aplikasi gratis yang berasal dari situs tidak jelas yang mengandung banyak iklan.

Hapus adware

Apabila pada perangkat kamu sudah terlanjur ada adware meskipun sudah menggunakan software antivirus, solusi adalah menghapus adware tersebut.

Kamu bisa memulainya dengan menghapus aplikasi atau software yang berpotensi mengandung adware. Selain itu kamu bisa membersihkan adware dengan tools khusus seperti Malwarebyte Anti-Malware Tool atau AdwCleaner.

Selain melakukan pencegahan, kamu juga harus mengetahui apa saja ciri-ciri perangkat yang terinfeksi adware.

Baca Juga: 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Ciri-ciri Perangkat yang Terinfeksi Adware

ciri perangkat terkena adware

Untuk membantumu mengenali malware berbahaya satu ini, berikut beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan pada perangkat yang terinfeksi adware. Berikut penjelasannya:

  • Muncul iklan pada layar ketika perangkat terhubung ke internet.
  • Pengguna kesulitan mendapatkan informasi di internet karena penuh dengan informasi iklan yang muncul.
  • Kinerja laptop atau handphone lebih lambat.
  • Terdapat software yang sulit di-uninstall, biasanya aplikasi yang seperti itu mengandung program adware.
  • Terdapat file tidak dikenal pada penyimpanan.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak lagi ciri-ciri lainnya. Ciri perangkatmu tersusupi adware sebenarnya mirip seperti terkena virus lainnya, hanya saja jika adware kamu akan lebih banyak menemukan pop up iklan.

Lindungi Perangkatmu dari Adware!

Bagaimana, sekarang kamu sudah lebih paham apa itu adware? Adware adalah salah satu jenis malware dalam bentuk iklan yang bisa tiba-tiba muncul pada perangkat kamu sekalipun sedang tidak membuka aplikasi.

Dengan mengetahui pengertian, jenis dan cara menghindarinya bisa membuat kamu lebih waspada dan menjaga perangkat yang digunakan. Selain itu apabila kamu memiliki website, jangan lupa gunakan hosting yang mengutamakan segi keamanan dan cyber security, seperti hosting terbaik dari Dewaweb. 

Jadi, lindungi perangkatmu dari adware mulai sekarang dan jangan lupa gunakan hosting yang terjamin keamanannya. Selamat mencoba, salam sukses online!