Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Ada banyak cara untuk membuat website berada di posisi teratas halaman pencarian Google. Salah satunya, dengan melakukan link building pada website. Dari sekian banyak link yang perlu kamu bangun, backlink adalah salah satu yang terpenting.

Jika kamu memiliki backlink yang berkualitas, mesin pencarian akan menilai website-mu sebagai situs yang kredibel. Dengan begitu, setiap konten yang kamu buat nantinya akan lebih mudah menduduki posisi teratas halaman pencarian.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan backlink yang disukai oleh Google? Sebelum menuju pembahasan tersebut, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu backlink, manfaat, dan cara membuatnya melalui artikel kali ini. Selamat membaca!

Baca juga: Link Building SEO: Panduan Terlengkap untuk Pemula

Apa Itu Backlink?

backlink

Backlink adalah link atau tautan dari satu website menuju website lain. Backlink disebut juga sebagai inbound link, incoming link maupun one way link yang berarti tautan masuk dan tautan satu arah.

Website dengan backlink yang baik akan mendapatkan penilaian positif dari Google maupun mesin pencarian lainnya. Hal ini karena backlink dapat menjadi penanda jika suatu website dapat dipercaya dan memiliki konten yang berkualitas.

Itulah mengapa website dengan backlink berkualitas seringkali mendapatkan posisi teratas di halaman pencarian atau SERP. Seperti misalnya, Dewaweb yang mendapatkan backlink dari website DQLab. Link tersebut mengarah langsung menuju website dewaweb.com dan itulah yang disebut sebagai backlink.

contoh backlink

Baca juga: Tools Gratis untuk Cek Backlink Website yang Bisa Kamu Coba

Tipe-Tipe Backlink

Bagi kamu pengguna WordPress, pasti sudah tidak asing dengan istilah nofollow dan dofollow pada CMS WordPress. Keduanya merupakan tipe dasar backlink di mana salah satunya sangat bermanfaat bagi website-mu.

Nofollow backlink

Jika kamu ingin menyematkan link pada suatu konten, namun tidak ingin mesin pencarian untuk mengunjungi link tersebut, kamu bisa menggunakan nofollow backlink.

Dengan menggunakan tag nofollow, kamu akan memberitahu mesin pencarian untuk mengabaikan link yang ada. Tag ini, biasanya digunakan pada link yang tidak berpengaruh pada peningkatan ranking maupun visibilitas website kamu di SERP.

Untuk membuat tag nofollow, kamu hanya perlu menambahkan perintah nofollow berikut pada CMS WordPress:

contoh nofollow backlink
Gambar: Backlinko

Dofollow backlink

Dofollow adalah jenis backlink yang diinginkan oleh semua pemilik website.  Pasalnya, link jenis ini akan membiarkan mesin pencarian untuk mengunjungi link yang dimaksud agar dapat terindeks dengan cepat.

Dofollow link dapat memberikan referral traffic pada website yang dituju dan membantu meningkatkan ranking serta visibilitasnya di SERP.

Namun, ada juga tautan dofollow yang dianggap buruk. Umumnya, tautan dofollow dapat dianggap kurang baik jika terlihat mencurigakan atau diperoleh dengan melanggar persyaratan dari mesin penelusuran.

Backlink yang buruk, nantinya dapat Ini dapat membuat website-mu tidak dapat terindeks dan muncul di hasil mesin pencarian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Manfaat Backlink

Selain membuat website disukai oleh mesin pencarian, backlink juga punya manfaat lain yang tidak kalah penting untuk meningkatkan SEO website-mu.

Mempercepat pengindeksan

Mesin pencarian bekerja dengan melakukan crawling website secara berkala, kemudian melakukan pengindeksan dari hasil crawling. Tugas tersebut dilakukan oleh crawler bot dengan cara menelusuri tiap link yang terdapat di tiap website yang dikunjunginya.

Dengan kuantitas backlink yang baik, website-mu akan lebih cepat terindeks oleh mesin pencarian sehingga lebih mudah muncul di hasil pencarian.

Meningkatkan referral traffic

Selain mendapatkan traffic dari halaman pencarian, website yang memiliki backlink juga akan mendapatkan traffic tambahan dari website yang memberikan backlink tersebut.

Dengan begitu, traffic pada website-mu tentunya akan semakin meningkat. Apalagi, jika website yang memberikan backlink termasuk website yang cukup populer dengan tingkat traffic yang tinggi.

Meningkatkan Domain Authority (DA)

Backlink adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan Domain Authority (DA) suatu website. DA sendiri digunakan sebagai matriks untuk mengukur kekuatan keseluruhan situs web.

Sesuai dengan matriks SEO yang berlaku saat ini, semakin tinggi nilai DA suatu website, maka akan semakin mudah bagi website tersebut berada di posisi teratas mesin pencarian.

Meningkatkan Page Authority (PA)

Tautan balik atau backlink adalah salah satu dasar penilaian matriks SEO yang cukup populer. Di mana, website dengan backlink yang baik nantinya akan meningkatkan nilai Page Authority (PA).

Berbeda dengan Domain Authority (DA), PA digunakan untuk mengukur kekuatan URL pada tingkat halaman. Skor PA berkisar antara 1 hingga 100. Semakin tinggi PA yang dimiliki oleh suatu halaman website, maka akan semakin besar kesempatannya untuk menduduki peringkat teratas hasil mesin pencarian atau SERP.

Baca juga: Cara Cek DA & PA Website untuk Meningkatkan SEO

Membangun reputasi website

Website dengan banyak backlink akan dianggap sebagai website yang cukup populer oleh mesin pencarian. Sementara itu, ketika kamu mengetikkan suatu keyword di address bar, Google cenderung akan memberikan hasil pencarian dari website-website populer dengan backlink yang baik di dalamnya.

Untuk itu, sangat penting bagi website-mu untuk mulai membangun backlink agar semakin mudah berada di peringkat atas hasil pencarian.

Baca juga: Apa itu SEO: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Cara Mendapatkan Backlink

Setelah mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari backlink, mungkin kamu mulai tertarik untuk membangun backlink pada website-mu. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink.

1. Buat konten yang berkualitas

Dengan membuat konten yang berkualitas, orang-orang akan dengan mudah menjadikan website kamu sebagai referensi dan memberikan backlink menuju website-mu.

2. Manfaatkan platform lain

Selain dengan mendapatkan backlink dari orang-orang yang menjadikan website-mu sebagai referensi, kamu juga bisa memanfaatkan platform media sosial untuk mendapatkan backlink.

Cantumkan tautan menuju website di berbagai media sosial yang kamu punya. Selain itu, kamu juga bisa menaruh tautan website di berbagai forum diskusi online, kolom komentar blog, dan lain sebagainya.

3. Gunakan beberapa metode backlink building

Beberapa metode yang bisa kamu gunakan dalam membangun backlink adalah:

  • Melakukan Guest Blogging, yaitu menulis website di blog lain sembari mencantumkan tautan menuju website-mu;
  • Membangun broken link, dengan menemukan broken link yang relevan pada suatu website, lalu menawarkan website-mu sebagai gantinya;
  • Teknik Skyscraper, maksudnya adalah dengan menemukan konten yang memiliki banyak link, lalu membuat konten yang relevan dengan lebih baik dan memintanya untuk menautkan website milikmu.

Baca Juga: Tips Membangun Backlink Berkualitas Untuk Website

Siap Membangun Backlink untuk Website?

Backlink adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan performa SEO pada website-mu. Dengan memiliki backlink yang berkualitas, website-mu akan lebih mudah diindeks oleh mesin pencarian, meningkatkan DA dan PA, serta membangun reputasi website yang lebih baik lagi. Selamat mencoba!