Pengertian Blog, Manfaat, Jenis, Hingga Strukturnya [Lengkap]

Pengertian Blog, Manfaat, Jenis, Hingga Strukturnya [Lengkap]

Bagi kamu yang gemar menulis, blog adalah sebuah tempat terbaik untuk menuangkan karya tulismu. Yap, biasanya penulis ulung akan memulai sepak terjangnya di dunia menulis melalui blog.

Selain karena cara membuat blog yang mudah, kamu juga bisa memublikasikan tulisanmu agar diketahui banyak orang. Jadi, tidak heran mengapa saat ini blog sangat dimanfaatkan oleh para penulis.

Bahkan, di era digital saat ini blog tidak hanya dimanfaatkan oleh perorangan tetapi perusahaan besar juga, lho! Nah, kira-kira apa saja manfaat blog? Yuk cari tahu apa itu blog, struktur blog, jenis-jenis blog, hingga bedanya dengan website di artikel ini!

Apa Itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang berfungsi untuk mewadahi berbagai konten, informasi, opini, atau apapun yang dimuat oleh penulis atau pemilik blog sebagai postingan pada sebuah halaman web.

Menurut kamus Merriam Webster, blog adalah sebuah website yang di dalamnya mengandung konten yang sifatnya non-promosional seperti artikel, foto, video, infografis, dan sebagainya.

blog adalah - definisi blog

Pada awalnya, sebagian besar blog adalah milik orang-orang yang gemar menulis dan berbagi cerita. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini penggunaan blog juga dimanfaatkan oleh perusahaan dan organisasi sebagai media promosi untuk menjaring lebih banyak pengunjung.

Sejarah Blog

Bagaimana awal mula munculnya blog hingga kini menjadi platform yang banyak digunakan? Kalau kamu penasaran, yuk simak sejarah blog yang kami sarikan dari First Site Guide dan HubSpot berikut ini!

Cikal Bakal Blog (1994-1997)

Januari 1994, Justin Hall seorang mahasiswa Swathmore College meluncurkan halaman web pribadi yang bernama Links.net. Situs tersebut kemudian diakui sebagai blog pribadi pertama yang ada di internet. Meski pada awalnya Hall hanya berinisiatif membuat Personal Home Page bagi dirinya, bukan membuat blog.

Sejarah blog - Justin Hall Links.netSitus tersebut berisi postingan-postingan singkat dengan tautan ke situs web lain yang ia sukai dan karyanya sendiri. Ia juga menulis tentang kehidupan pribadinya dengan para pembaca, terutama teman-teman mahasiswanya.

Setelah kemunculannya, banyak orang mengikuti jejak Justin Hall untuk membuat website pribadi. Karena istilah “blog” masih belum ditemukan pada saat itu, situs-situs tersebut dikenal dengan “Online Diary” atau “Personal Page“. Satu dekade kemudian, Justin Hall dinobatkan sebagai“Founding Father of Personal Bloggers” oleh The New York Times Magazine.

Muncul Istilah Weblog (1997)

Desember 1997,  istilah “weblog” pertama kali digunakan oleh Jorn Barger, pendiri situs Robot Wisdom. Weblog merupakan gabungan kata “web” dari kata “website” , dan “log” yang berarti catatan.

Barger mempelopori istilah weblog untuk menggambarkan aktivitasnya di internet. Kurang lebih sama seperti yang dilakukan Justin pada tahun 1994, yang sebagian besar mencatat daftar link situs yang ia kunjungi.

Sejarah blog - Jorn barger

Perkembangan Blog (1998-2002)

Tahun 1998, blog mulai berkembang dengan munculnya platform blogging Open Diary. Open Diary membuat penggunanya dapat mengomentari tulisan satu sama lain.

Ini adalah kali pertama blog dapat diakses oleh orang umum, terlepas dari keahlian pemrograman yang mereka miliki.

sejarah blog - open diary

Istilah Blog Diperkenalkan dan Munculnya 3 Platform Blogging (1999)

Tahun 1999, seorang desainer website bernama Peter Merholz mempopulerkan istilah “blog” yang merupakan cuplikan dari kata weblog. Di tahun ini pula dirilis tiga platform blogging yaitu LiveJournal, Blogger dan Xanga.

LiveJournal didirikan oleh Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Situs ini memberi akses kepada penggunanya untuk membuat blog dengan domain di LiveJournal.

sejarah blog - livejournal

Menyusul LiveJournal, Pyra Labs merilis platform Blogger pada Agustus 1999.

Blogger 1999

Dilanjutkan dengan hadirnya platform blog ketiga, yaitu Xanga yang fokus pada social network blogging. Di masa kepopulerannya, Xanga meraih 300.000 pengguna.

Xanga

Blogger diakuisisi Google dan Lahirnya WordPress (2003)

Tahun 2003, platform Blogger diakuisisi oleh Google sehingga bisa diakses secara gratis oleh siapa saja. Blogger menjadi salah satu opsi platform blogging yang banyak diminati. Sejak saat itu, banyak aplikasi-aplikasi bersifat terbuka yang membantu para blogger mengembangkan blog mereka.

Blogger 2003

Sementara itu di tahun yang sama, WordPress resmi diluncurkan dan mendapat sambutan baik oleh komunitas blogger. Hadir dengan tampilan user interface (UI) dan template yang sesuai dengan XHTML 1.1. Tampilan editor-nya terlihat seperti berikut:

Wordpress 2003WordPress memungkinkan penggunanya dapat membuat blog yang bisa dikustomisasi dengan sepenuhnya. Hingga sekarang, WordPress menjadi Content Management System (CMS) paling populer di dunia.

Kepopuleran Blog (2003-2006)

Hadirnya Blogger dan WordPress membuat blog semakin populer dan banyak diminati. Selain gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah dioperasikan, termasuk bagi orang awam sekalipun.

Semakin populernya blog, di tahun 2003 Google merilis fitur periklanan AdSense dan AdWords yang mengizinkan penggunanya mengintegrasikan blog mereka dengan iklan produk atau layanan yang relevan.

Dalam perkembangannya, banyak orang mulai menulis di blog, termasuk para jurnalis. Salah satu blog yang cukup populer di era awal adalah The Huffington Post (2005). Setelah peluncurannya, jurnalis siber mulai banyak bermunculan dan blog menjadi penghubung antara jurnalis, kolomnis, dan blogger.

Baca Juga: Blogger: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Blog hingga Sekarang

Minat terhadap blog semakin meningkat. Platform-platform blogging pun kian banyak bermunculan. Di tahun 2007, Tumblr dirilis sebagai platform microblogging pertama yang memungkinkan pengguna memposting konten singkat dengan objek multimedia (video, audio, animasi, gambar).

Tumblr 2007

Lima tahun kemudian di tahun 2012, Medium dirilis sebagai online blog publishing platform bagi semua kalangan.

Medium 2012Saat ini, blog menjadi bagian paling penting dalam menjalankan strategi pemasaran konten bagi bisnis. Blog digunakan untuk menarik audiens yang relevan. Bahkan, studi menunjukkan perusahaan yang menjalankan strategi konten marketing dengan blog mampu menghasilkan 13 kali lipat ROI.

Baca Juga: Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Struktur pada Blog

Dengan berbagai perkembangannya saat ini, blog memiliki tampilan yang beragam. Namun pada dasarnya blog memiliki struktur seperti berikut ini:

struktur blog

  • Header
    Header terletak di bagian atas blog. Biasanya berisi judul, menu, dan deskripsi blog.
  • Navigation bar
    Navbar biasanya terletak menyatu dengan bagian header atau di atas header. Navigation bar digunakan untuk membantu pengguna menemukan konten dengan mudah dan membuat blog terlihat rapi.
  • Content area
    Tempat konten blog berada, biasanya terletak di tengah area blog.
  • Sidebar
    Sidebar adalah kolom yang terletak di sisi kanan atau kiri blog. Biasanya berisi profil blogger, archive, popular post, CTA atau tambahan widget seperti kalender, jam, dan sebagainya.
  • Footer
    Footer terletak di bagian bawah blog. Biasanya berisi disclaimer, kebijakan privasi, info kontak, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Blog

Setelah memahami pengertian dan sejarah blog, kamu juga perlu tahu berbagai jenis blog yang dapat kamu kelola. Berikut jenis-jenis blog yang populer saat ini:

1. Blog pribadi

Jenis blog ini dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik blog. Maka itu, jenis blog pribadi biasanya memuat konten bebas dengan berbagai topik, misalnya berbagi cerita, pengalaman, opini, dan lain sebagainya. Blog pribadi disebut juga dengan diary online pemilik blog dalam bentuk digital, yang bisa diakses siapapun secara online.

2. Blog niche

Masih memiliki kemiripan dengan blog pribadi, jenis blog niche lebih fokus membahas topik-topik tertentu. Misalnya, blog dengan niche kuliner (food blog), fashion blog, travel blog, blog gaya hidup/lifestyle, atau blog tentang kesehatan dan kebugaran.

Baca Juga: Niche Market: Pengertian, Manfaat, Contoh, & Cara Menentukan

3. Blog profesional

Jenis blog profesional berisi konten yang menunjukkan profesionalitas pemilik blog dalam suatu bidang yang digeluti. Contohnya, seorang digital marketer yang memiliki blog berisi konten-konten dengan topik digital marketing, SEO, dan sebagainya.

4. Blog bisnis atau perusahaan

Membuat blog ternyata bukan hanya untuk kepentingan individu saja. Blog juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran secara online dengan cara menghasilkan traffic bagi website toko online atau perusahaan.

Berbeda dengan website perusahaan yang bersifat statis, blog bersifat lebih dinamis sehingga dapat menyajikan konten-konten baru secara berkala. Itulah mengapa banyak perusahaan memilih membuat blog untuk melengkapi website perusahaan untuk mendatangkan traffic ke dalamnya.

Baca Juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

Manfaat Blog

Mungkin bagi beberapa orang, blogging hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja. Padahal ada banyak manfaat yang bisa diraih dengan memiliki blog, di antaranya:

1. Media berbagi informasi

Blog bermanfaat sebagai media untuk membagikan informasi. Melalui platform satu ini, kamu bisa menginformasikan mengenai berbagai hal dalam topik yang spesifik atau general. Blog bisa digunakan sebagai media publikasi yang praktis dan mudah bagi siapa saja.

2. Sarana menyalurkan hobi

Blog bisa dipergunakan untuk berbagi informasi, termasuk tentang hobi dan minat kamu. Jenis blog niche yang membahas topik-topik tertentu bisa kamu manfaatkan sebagai media penyalur hobi.

Misalnya kamu suka kulineran ke berbagai tempat, cobalah untuk membuat food blog seperti anakjajan.com. Jika kamu hobi travelling, bagikan pengalaman liburanmu lewat travel blog.

Hobi lain seperti fotografi, musik, film, desain, atau memasak juga bisa disalurkan dengan blog. Lewat blog, kamu bisa membagikan hal-hal menarik dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

3. Menunjukkan profesionalitas

Seseorang bisa menunjukkan sisi profesionalitasnya melalui blog. Contohnya jika kamu seorang marketer, kamu bisa membagikan tips tentang pemasaran dan informasi yang berkaitan dengan digital marketing, SEO, dan lain-lain.

Tunjukkan sisi profesionalisme dengan membagikan konten-konten berbobot dan bermanfaat mengenai topik di bidang yang kamu geluti. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membangun personal branding.

4. Sarana branding

Blog dapat menjadi wadah yang tepat untuk melakukan branding baik bagi perusahaan maupun individu (personal branding). Caranya adalah dengan menunjukkan skill dan expertise perusahaan atau dirimu. Dengan begitu kesan atau citra yang baik akan perlahan muncul di benak pembaca blog.

Baca Juga: Pentingnya Digital Branding untuk Kesuksesan Bisnis Online

5. Menghasilkan uang

Manfaat blog selanjutnya yaitu menghasilkan uang tambahan. Kalau blog sudah berkembang dan dikenal banyak orang, kamu bisa berkesempatan untuk memperoleh uang dari blog dengan cara memonetisasinya.

Baca Juga: Cara Monetisasi Blog, 11 Tips Sukses Dapat Uang dari Blog [Terbaru]

Monetisasi pada blog bisa dilakukan dengan cara mengikuti program affiliate, menyewakan space untuk iklan, Adsense, sponsorship, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa mengisi blogmu dengan membuat konten yang menarik agar banyak orang tertarik mengunjungi blogmu.

Baca Juga: Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

6. Menambah trafik website

Kini manfaat blog tidak hanya dirasakan bagi kalangan individu saja. Banyak perusahaan menggunakan blog sebagai media pemasaran dengan menarik banyak trafik ke website.

Menurut penelitian, dari 53% marketer berpendapat blog adalah prioritas utama mereka dalam menjalankan strategi konten marketing. Selain itu, sebanyak 57% marketer berpendapat mereka mampu menambah pelanggan dengan membagikan konten di blog.

Baca Juga: 13+ Cara Meningkatkan Traffic Website, Efektif dan Ampuh!

Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan blog dan website dapat dilihat dari definisi masing-masing. Website adalah kumpulan informasi berbentuk halaman web yang saling terhubung dan bisa diakses melalui internet. Sementara pengertian blog adalah salah satu jenis website yang di mengandung konten yang sifatnya non-promosional seperti artikel, foto, video, infografis, dan sebagainya.

Selain berbeda dari pengertian masing-masing, ada pula beberapa aspek perbedaan blog dan website di antaranya:

  • Kepemilikan: website lebih banyak dimiliki oleh perusahaan-perusahaan, organisasi, atau lembaga. Sementara blog biasanya lebih banyak dimiliki perseorangan dengan tujuan blogging.
  • Tujuan: biasanya website bertujuan untuk branding perusahaan dan keperluan yang sangat penting. Sementara blog bisa digunakan untuk apa saja mulai dari sekadar iseng menulis hingga untuk menghasilkan uang dari blog.
  • Isi konten: isi konten dari website bisa bermacam-macam misalnya landing page, web aplikasi, etalase produk, profil perusahaan, dan masih banyak lagi. Sementara konten blog sangat spesifik yakni berupa artikel saja.
  • Sifat: kebanyakan website bersifat statis sehingga isinya tidak perlu diubah terlalu sering. Sementara blog bersifat lebih dinamis, di mana artikelnya perlu diperbarui secara berkala agar tetap relevan.

Baca Juga: Perbedaan Website Statis dan Website Dinamis Beserta Contohnya

Yuk Mulai Buat Blogmu Sendiri!

Jadi, pengertian blog adalah salah satu jenis website yang memuat konten berupa tulisan dalam berbagai topik. Blog bisa memuat berbagai macam konten, seperti artikel, video, foto, atau apapun yang dimuat oleh penulis atau pemilik blog.

Nah, bagi kamu yang ingin mulai blogging, kamu bisa mencari tahu cara membuat blog yang mudah dan cepat dengan mengikuti langkahnya di artikel berikut:

Jangan lupa, pilih Dewaweb sebagai layanan web hosting terbaik untuk blogmu. Website atau blog kamu dijamin aman, cepat, dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan! Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya!

Artikel informatif lainnya dapat ditemukan di blog Dewaweb. Kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!