Mengenal Blogwalking & Manfaatnya untuk Tingkatkan Traffic

Mengenal Blogwalking & Manfaatnya untuk Tingkatkan Traffic

Bagi para blogger, blogwalking adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Aktivitas ini memang dilakukan oleh para blogger yang memiliki situs pribadi. Lebih lengkapnya, blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog atau website milik orang lain.

Aktivitas ini dilakukan dengan berbagai tujuan serta manfaat yang bisa didapatkan. Apabila kamu adalah blogger pemula dan belum paham apa itu blogwalking, langsung saja simak pengertian dan beragam manfaatnya di sini. Yuk, langsung saja simak!

Baca Juga: 7 Cara Sukses Mendapatkan Uang dari Blog, Pemula Wajib Tahu!

Apa Itu Blogwalking?

blogwalking adalah

Seperti namanya, blogwalking adalah aktivitas ‘berjalan-jalan’ mengunjungi blog milik blogger lain baik untuk mencari ide blog, informasi, atau sekedar bersosialisasi dengan sesama blogger.

Tidak hanya sekedar membaca konten milik mereka, biasanya di akhir blogwalking ditandai dengan meninggalkan jejak yaitu berupa komentar. Komentar tersebut bisa berupa pertanyaan terkait isi konten, ajakan berisi kunjungan balik ke blog kamu, atau sekedar basa-basi saja.

Dapat dibilang, aktivitas ini saling menguntungkan kedua belah pihak, karena kedua blogger tersebut akan mendapatkan traffic website. Lantas, bagaimana cara melakukan blogwalking? Caranya mudah saja, berikut diantaranya.

  • Pertama, kamu dapat mengunjungi berbagai blog sesuai niche yang diinginkan. Atau yang sesuai dengan niche blog kamu. Selain itu, kamu juga dapat memilih blog yang memiliki popularitas tinggi dan kontennya menarik pembaca.
  • Kedua, kamu akan melihat berbagai artikel pada blog tersebut, kemudian membaca serta meninggalkan komentar di sana. Langkah ini tentu menjadi cara untuk membangun diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya. Selain mendapatkan ilmu, kamu juga dapat memperluas networking antar blogger.

Itulah cara mudah melakukan blogwalking, kemudian manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas blogwalking?

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Sendiri dari Nol Sampai Jadi! [Update 2022]

Manfaat Blogwalking

Apabila melihat penjelasan yang ada di atas, blogwalking adalah aktivitas yang digunakan oleh para blogger untuk menambah teman. Namun tidak hanya itu saja, blogwalking juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

1. Memperluas networking

Manfaat pertama dari blogwalking adalah memperluas networking. Relasi merupakan hal yang penting, terlebih jika kamu berada pada sebuah komunitas seperti komunitas blogger.

Setiap kamu memberikan komentar positif pada artikel mereka kemudian dibalas, hal tersebut dapat menjadi peluang untuk berdiskusi lebih lanjut. Tidak hanya itu, ke depannya bisa jadi kamu akan terus berkomunikasi dengan blogger tersebut.

2. Mendapatkan referensi baru

Manfaat selanjutnya adalah mendapatkan ide referensi baru. Ketika kamu mengunjungi blog yang sudah populer atau sukses, kamu akan mendapat banyak ide. Ide tersebut nantinya dapat menjadi referensi ketika kamu membuat konten blog selanjutnya.

Tapi, yang perlu kamu ingat jangan lakukan plagiasi dari konten yang telah kamu baca. Kamu boleh jadikan konten tersebut sebagai referensi saja dan buat dari sudut pandang serta bahasamu sendiri.

Karena bagaimanapun juga, keaslian konten adalah hal yang penting agar menunjukkan bahwa kamu merupakan blogger yang profesional.

3. Meningkatkan traffic

Karena blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau situs orang lain, hal ini tentu membuat traffic website jadi bertambah. Namun, meski begitu biasanya ada saja blogger yang tidak mengunjungi balik blog kamu.

Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memilih mana blog yang akan kamu kunjungi dan meninggalkan komentar di sana. Agar nantinya setelah kamu melakukan blogwalking, mereka juga akan mengunjungi balik.

4. Mendapat bahan evaluasi

Selain mendapatkan tambahan traffic, mengunjungi blog milik blogger lain akan membantu kamu untuk membandingkan antara blog kamu dan blog dia. Dari situ kamu bisa melihat hal apa saja yang menarik dari blog tersebut, kemudian evaluasi apa saja yang bisa ditingkatkan dari blogmu.

Semakin sering kamu mengunjungi blog orang lain, maka semakin banyak evaluasi yang bisa didapatkan. Evaluasi di sini bisa berupa topik, cara penulisan, penyajian gambar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

5. Mempromosikan blog

Selain memperluas relasi, manfaat blogwalking adalah menjadi ajang untuk mempromosikan blog. Namun, perlu kamu ingat jika kamu tidak bisa sembarangan menaruh link blog di kolom komentar mereka, khawatirnya justru dianggap spam.

Maka dari itu lakukan dengan pelan, kamu bisa awali dengan memberikan komentar-komentar positif secara konsisten, setelah itu jika ada kesempatan berikan link blog kamu.

6. Mendapat bantuan dari blogger lain

Manfaat terakhir dari blogwalking adalah mendapatkan bantuan sesama blogger ketika kamu mengalami kendala. Misalnya, ketika kamu hendak mengupdate WordPress, tetapi justru error.

Nah, apabila kamu rajin melakukan blogwalking dan memiliki relasi yang luas. Kamu bisa menanyakan solusinya pada mereka, siapa tahu diantara mereka ada yang pernah mengalami juga.

Bagaimana Cara Melakukan Blog Walking?

Setelah mengetahui apa saja manfaat blogwalking, berikut adalah cara melakukan blogwalking yang bisa kamu ikuti.

1. Cari blog dan niche yang sama

Blogwalking yang efektif dimulai dari mengunjungi blog yang memiliki niche sama dengan kita. Jika blog kamu membahas teknologi, maka utamakan lakukan blogwalking pada blog teknologi juga, agar kamu dapat berbagi link yang relevan.

Meskipun tidak terbatas pada blog milik, tapi jika bisa usahakan kunjungi blog yang sudah populer. Mengapa demikian? Karena kamu bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi konten dari sana, terlebih jika konten mereka sudah banyak.

Baca Juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

2. Tinggalkan komentar yang relevan dengan konten

Tips berikutnya adalah tinggalkan komentar yang relevan dengan konten yang dibahas. Hal ini berguna agar terhindar dari komentar spam. Selain itu, berikan komentar yang berbobot dan tidak terkesan biasa.

Kamu bisa mention poin yang menurutmu menarik dan bermanfaat, kemudian sampaikan pada komentar kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa tambahkan dengan memberikan pujian pada penulis atau blogger tersebut untuk menunjukkan keantusiasan kamu.

3. Pahami konten mereka

Selain membaca artikel mereka, kamu juga dapat memahami atau mempelajari struktur kontennya. Kamu bisa melihat tema apa saja yang sudah mereka bahas, kemudian media apa saja yang disertakan.

Kemudian selain struktur kontennya, perlu kamu perhatikan juga frekuensi mereka dalam menerbitkan artikel. Berapa artikel per minggu atau justru per bulan.

4. Gunakan foto profil

Tips terakhir dalam melakukan blogwalking adalah menggunakan foto profil. Penggunaan foto profil pada sebuah blog seringkali terlupakan oleh kebanyakan blogger, padahal hal ini menjadi salah satu yang penting untuk menunjukkan keprofesionalan kamu. Apalagi jika tujuannya untuk promosi blog, foto profil dapat membantu meningkatkan brand awareness, agar pembaca lebih mudah mengingat blog kamu.

Baca juga: 10 Platform Blog dan Panduan Memilih Platform Blogging Terbaik

Sudah Paham Apa Itu Blogwalking?

Sampai sini kamu sudah paham kan pengertian blogwalking? Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog orang lain, entah untuk mendapatkan referensi ide, sekedar bersilaturahmi, atau saling membantu meningkatkan traffic.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lakukan blogwalking dengan sesama blogger dan dapatkan berbagai manfaatnya! Jangan lupa untuk membeli domain dan hosting dengan keamanan tinggi ya sebelum melakukan blogwalking. Selamat mencoba dan salam sukses online!