Mengetahui Arti Bot, Fungsi, Contoh, & Manfaat Penggunaannya

Mengetahui Arti Bot, Fungsi, Contoh, & Manfaat Penggunaannya

Internet robot atau bot adalah sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Bot merupakan salah satu produk dari kecanggihan teknologi di era internet of things (IoT) saat ini dengan fungsi dan jenis yang beragam.

Nah, melalui artikel ini kamu akan mengetahui fungsi, manfaat, jenis, hingga contoh bot. Langsung simak!

Apa Itu Bot?

Mengutip Penelitian Whatsapp Chatbot Universitas Islam Indonesia, bot adalah sebuah program dengan sejumlah data yang bila diberi input akan menghasilkan output sebagai jawaban.

Dengan kata lain, arti bot yaitu program perangkat lunak yang dapat diatur secara otomatis untuk melakukan tugas tertentu.

Cara kerja bot yaitu: pengguna mengirimkan suatu permintaan, kemudian bot akan memberikan respons yang spesifik sesuai dengan kata kunci yang dikirim.

Umumnya, bot beroperasi menggunakan internet atau yang disebut juga dengan internet bot atau komputer bot.

Biasanya, bot diprogram untuk menirukan atau menggantikan tugas manusia. Bot dibuat dengan kecanggihan teknologi yang dapat dioperasikan secara otomatis.

Beberapa jenis bot yang dapat membantu pekerjaan manusia seperti web crawler dan chatbot. Selain itu ada juga jenis bot lainnya yang akan dibahas lebih lanjut pada bagian jenis-jenis bot.

Tugas bot ini seperti memberikan layanan pelanggan otomatis, mencari konten secara online, hingga membantu pengoptimalan mesin telusur.

Namun, bot juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan merugikan seperti meretas komputer lain atau disebut dengan botnet.

Baca juga: 13+ Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Fungsi Bot

Setelah mengetahui arti bot, selanjutnya mari kita bahas fungsi bot. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Membantu pekerjaan repetitif

Pekerjaan sama yang berulang-ulang membosankan? Pakai bot saja! Contohnya jika kamu memiliki bisnis online yang harus membalas pesan dari pelanggan, maka kamu bisa mengaktifkan chatbot.

Meski begitu, bot tetap tidak menggantikan pekerjaan manusia karena bot perlu input dari manusia untuk bisa beroperasi.

Setelah pengaturan selesai, kamu dapat mengoperasikannya secara otomatis. Hal ini tentunya akan dapat mempercepat proses kerja pada suatu bidang bisnis.

2. Automasi pekerjaan 24/7 non-stop

Dengan menggunakan bot, respons yang diberikan tidak terbatas waktu. Konsumen pun tidak perlu menunggu jam operasional bisnis untuk bertanya atau menyampaikan keluhan ke customer service.

Hal ini tentunya akan berdampak pada kenyamanan konsumen dan bisa berujung pada loyalitas konsumen terhadap produk kita.

3. Menghemat biaya tenaga kerja

Fungsi bot yang ketiga ini adalah efek dari dua fungsi sebelumnya. Hal ini karena dengan menggunakan bot, kita bisa mempekerjakan staf lebih sedikit.

Namun sebagai gantinya, kamu perlu menyediakan biaya maintenance bot yang kamu gunakan.

Manfaat Bot

Bot memiliki beragam manfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Beberapa manfaat umum dari bot di antaranya:

  • Fleksibel: Bot bisa diatur untuk melakukan berbagai tugas sesuai perintah botmaster.
  • Hemat tenaga, waktu, dan biaya: Bot mampu bekerja 24 jam tanpa henti yang bisa menggantikan tugas karyawan sehingga akan menghemat tenaga, waktu, dan biaya.
  • Mempermudah aktivitas manusia: Beberapa bot yang diperintah untuk menjadi virtual assistant bisa membantumu dalam beraktivitas seperti membuat pengingat, sampai mengontrol perangkat Internet of Things (IoT) seperti lampu smart, televisi smart, dan lain-lain.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Bot bisa memberikan layanan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu yang berdampak pada meningkatnya kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Jenis-Jenis Bot

Bot adalah software yang memiliki banyak kegunaan. Setidaknya, ada beberapa jenis bot yang dibedakan sesuai dengan manfaatnya seperti berikut ini:

Chatbot

Pernah bertanya spesifikasi suatu produk pada admin online shop di e-commerce lalu mendapat jawaban kilat? Itulah yang dinamakan chatbot!

Bot jenis ini menyimulasikan percakapan manusia menggunakan respons yang sudah terprogram sehingga format balasannya seperti template.

contoh chatbot adalah

Contoh chatbot terkenal lainnya yang bisa kamu gunakan seperti Siri dari Apple, atau Alexa dari Amazon.

Biasanya, chatbot digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan, atau komunikasi dasar (tingkat satu) lainnya tentang suatu produk atau layanan.

Jika chatbot diretas, maka chatbot dapat digunakan untuk melakukan cyber crime seperti peretasan dan pencurian data.

Baca Juga: Waspada Pencurian Data! Coba Tips Ini untuk Menghindarinya

Crawler bot

Crawler bot adalah jenis bot yang digunakan untuk menjelajahi internet dengan cepat untuk menemukan semua konten kemudian mengindeksnya.

Informasi tersebut nantinya akan diproses dan dikirim ke penyedia mesin pencarian, seperti Google.

Baca Juga: Web Crawler: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Untuk dapat mengindeks konten baru, proses crawling biasanya memakan waktu mulai dari satu hari hingga beberapa bulan.

Misalnya, ketika sebuah website menerbitkan konten baru, crawler Google memerlukan waktu mulai dari beberapa jam hingga beberapa minggu untuk mengindeks konten tersebut.

Tentunya, bergantung pada seberapa mudah Google menemukan dan mengindeks situs web tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

Social bot

Social bot adalah jenis bot yang beroperasi secara khusus pada platform media sosial. Biasanya, bot ini digunakan untuk menghasilkan pesan secara otomatis, menganjurkan ide, hingga menjadi akun palsu yang menyerupai pengguna nyata.

Social bot dapat kamu temukan berupa akun palsu untuk kebutuhan media sosial suatu perusahaan atau sejenisnya, agar mendapatkan lebih banyak pengikut dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Malicious bot

Seperti namanya, malicious bot adalah bot berbahaya yang digunakan oleh pelaku cyber crime untuk mendapatkan informasi secara ilegal, menyebarkan spam, melakukan serangan seperti DDoS attack, hingga memasukkan malware.

Bot jenis ini dibuat untuk berjalan secara diam-diam di balik layar. Hal ini dilakukan agar pengguna perangkat tidak menyadari bahwa sistem mereka telah dimasuki malicious bot.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

Transactional bot

Transactional bot merupakan jenis bot untuk menyelesaikan tugas transaksi keuangan. Bot ini bisa membantu melakukan pembelian, memverifikasi identitas pengguna, sampai memblokir kartu pengguna yang dicuri.

Transactional bot biasanya memiliki fitur keamanan yang kuat karena berkaitan dengan data sensitif pengguna.

Shopbot

Shop bot merupakan jenis bot yang digunakan dalam aplikasi belanja atau e-commerce.

Bot ini dapat membantu pelanggan untuk hal-hal terkait belanja, seperti mencari produk, melakukan transaksi, dan mencari harga termurah dengan mengumpulkan data dari berbagai penjual. 

Jenis bot ini juga dapat membantu pelanggan untuk langsung berbelanja tanpa harus meninggalkan room chat.

Contoh Penggunaan Bot

Ada banyak bot yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Beberapa contoh penggunaan bot di antaranya:

  • Aplikasi perpesanan instan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Slack
  • Chatbot seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa
  • World Health Organization yang membangun bot di WhatsApp untuk berbagi informasi publik terkait pandemi Covid-19
  • National Geographic yang membuat aplikasi percakapan seperti yang dimiliki Albert Einstein, dengan tujuan untuk mempromosikan acara mereka
  • Aplikasi berita seperti Wall Street Journal, untuk menampilkan berita utama
  • Spotify, yang memungkinkan penggunanya untuk mencari dan berbagi trek melalui Facebook Messenger
  • Lyft, yang memungkinkan pelanggan membuat permintaan melalui Slack, Messenger, dan Alexa
  • Mastercard, yang memungkinkan pelanggan untuk memeriksa transaksi akun mereka menggunakan bot Facebook Messenger
  • Lidl, yang membuat bot untuk membantu membuat rekomendasi anggur kepada pelanggan
  • Aplikasi layanan pelanggan yang menggunakan chatbot untuk mengajukan permintaan pelanggan dan mensurvei pengalaman pelanggan

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Chatbot dalam Aplikasi untuk Bisnis

Tertarik Menggunakan Bot?

Jadi, apa itu bot? Robot atau disingkat bot adalah sebuah program yang dapat diatur untuk mengerjakan hal tertentu sesuai perintah.

Fungsi utama bot yaitu untuk membantu pekerjaan manusia, terutama pekerjaan yang sifatnya sama dan berulang (repetitif).

Ada beberapa jenis bot yang dibedakan berdasarkan kegunaannya seperti chatbot, crawler bot, hingga social bot.

Nah, setelah mengetahui arti bot lebih dalam, apakah kamu tertarik menggunakan bot untuk bisnismu? Jangan lupa untuk memanfaatkan bot dengan baik dan tidak menyalahgunakannya, ya!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!