Apa itu Cloud Storage untuk Penyimpanan Data? Ini Pengertiannya!

Apa itu Cloud Storage untuk Penyimpanan Data? Ini Pengertiannya!

Di era yang serba digital ini, terkadang kita masih mengalami masalah dalam hal penyimpanan. Terutama dalam hal sulitnya mengakses file dari jarak jauh. Namun hal tersebut kini sudah bisa teratasi dengan cloud storage.

Cloud storage merupakan media penyimpanan alternatif terbaru dalam dunia penyimpanan. Alternatif baru ini muncul di tengah-tengah pesatnya perkembangan internet. Berbagai manfaat yang bisa membantu dan menguntungkan penggunanya bisa kita didapatkan di cloud storage

Lalu, apakah yang disebut cloud storage, apa fungsinya dan jenis-jenisnya? Yuk simak sampai selesai!

Baca juga : 11 Rekomendasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Data

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah sebuah layanan penyimpanan data yang dapat diakses dari manapun dan dimanapun selama kamu terkoneksi dengan internet. Salah satu contoh cloud storage yang populer saat ini adalah Google Drive

Pada dasarnya konsep cara kerja cloud storage hampir sama dengan alat penyimpan data offline seperti hardisk maupun flashdisk. akan tetapi cloud storage ini menawarkan keunggulan lain, yakni sebuah proteksi data yang tidak bisa kamu dapatkan ketika menggunakan penyimpanan data offline. 

Dengan banyaknya peminat yang menggunakan layanan ini, perusahaan penyedia cloud storage kemudian menambahkan berbagai fitur seperti keamanan dan lain sebagainya. Bahkan ada salah satu penyedia layanan yang menawarkan fitur proteksi sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkan izin untuk mengakses data kamu. 

Menurut data statistik yang bersumber dari connectbit, kini sekitar 65,28% orang di dunia telah menggunakan cloud storage pribadi sebagai penyimpanan data utama mereka. 

Baca juga : Dewacloud PaaS: Cloud Platform Terbaik untuk Ruby

Mengapa Cloud Storage Penting?

Bayangkan jika suatu hari perusahaanmu berkembang pesat, memiliki banyak klien, sehingga banyak data yang harus disimpan dan dikelola dalam waktu yang bersamaan. Belum lagi karyawan yang membutuhkan akses data untuk saling bekerjasama dan mengelola masing-masing pekerjaan mereka. 

Jika kamu masih menggunakan penyimpanan data offline, tentunya akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dan kamu harus menambah perangkat penyimpanan secara berkala.  Hal ini tentu berbeda dengan cloud storage, yang menawarkan kapasitas tak terhingga dan dapat diakses oleh beberapa perangkat sekaligus. 

Sebab, perusahaan bisa lebih efisien dalam mengelola data, meminimalisir kerusakan atau data yang hilang akibat rusaknya perangkat penyimpanan. Dan tidak khawatir akan hilangnya data karena sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang memungkinkan bisnismu tetap berlangsung lancar. 

Berikut ini beberapa alasan pentingnya cloud storage

Baca juga: Mengenal Perbedaan Cloud Hosting dan VPS, Pilih Mana?

1. Efektivitas biaya

Dengan menggunakan cloud storage, kamu tidak perlu memikirkan biaya tambahan seperti tempat dan juga listrik. Kamu juga tidak perlu modal tambahan yang besar jika bisnis yang kamu jalankan membutuhkan kapasitas lebih besar. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien.

Kamu juga bisa mengubah spesifikasi cloud storage tanpa perlu khawatir akan kehilangan data. Hal ini karena sudah ada fitur backup dan restore pada setiap penyedia cloud storage.

Baca juga: 10 Fitur-Fitur cPanel yang Penting Ada di Dalam Hosting Kamu

2. Efektivitas waktu

Dengan menggunakan cloud storage, kamu dapat mengakses data kamu dari manapun dan kapanpun. Hal ini tentu dapat membuat perusahaan kamu lebih cepat dalam menangani pekerjaan tanpa ada hambatan jarak.

Kamu juga tidak perlu memikirkan instalasi, administrasi serta maintenance karena sudah disediakan oleh penyedia cloud storage.

3. Lebih cepat melakukan deployment

Saat tim IT dibutuhkan untuk melakukan pengembangan, jangan sampai infrastruktur menghambatnya. Dengan cloud storage, tim IT dapat melakukan pekerjaan lebih cepat dan tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Kapanpun dan dimanapun. 

Tim pengembangan dapat berfokus pada pemecahan masalah pada aplikasi yang lebih kompleks dibandingkan harus memikirkan sistem penyimpanan.

Baca juga: 10 Aplikasi Web Server Terbaik Untuk Deployment Website

4. Manajemen data yang efisien

Dengan menggunakan sistem yang ada pada cloud storage, kamu dapat melakukan manajemen tugas informasi dengan lebih handal. Termasuk melakukan otomatisasi dalam cloud storage.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengatur dan mengelola data dengan lebih efisien dengan memanfaatkan otomatisasi yang bisa kamu buat di cloud storage. Hal ini dapat memungkinkan efisiensi biaya dan waktu yang signifikan dibanding penyimpanan data offline.

Baca juga: Big Data: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Contohnya

5. Skalabilitasnya tidak terbatas

Cloud storage menyediakan layanan penyimpanan tak terbatas. Dengan begitu kamu dapat menaikan spesifikasi cloud storage sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa perlu khawatir adanya batasan penyimpanan. Kamu juga dapat menurunkan spesifikasinya saat sudah tidak membutuhkan kapasitas yang besar. 

Baca juga: Mengenal Cloud Server Supaya Website Kamu Mudah Diakses

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage?

Cloud storage disediakan oleh para penyedia layanan penyimpanan berbasis cloud di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh dunia. Para penyedia menerapkan tarif sewa yang berbeda sesuai dengan spesifikasi yang diambil. 

Ada beberapa faktor yang menentukan total biaya pada cloud storage. Seperti keamanan, lokasi server, total pemakaian, dan juga bandwidth. Pengguna akan diberikan akses root saat sudah menyewa cloud server. Sehingga pengguna cloud server dapat mengelola sampai akar-akarnya. Tanpa ada batasan-batasan tertentu.

Hal ini yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola cloud server layaknya penyimpanan data offline (seperti hard disk).

Baca juga: Cara Membuat Cloud Storage Pribadi di Nextcloud

Jenis Layanan Cloud Storage

Cloud storage dibagi dalam beberapa kategori layanan. Hal ini untuk mempermudah penggunanya dalam menentukan cloud storage sesuai kebutuhannya. Berikut ini beberapa jenis layanan cloud storage

a. Public cloud storage

Public cloud storage merupakan penyimpanan data berbasis online yang isinya dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Beberapa penyedia public cloud storage yang sudah terkenal yaitu Dewacloud, Amazon AWS Cloud Storage, Microsoft Azure Cloud Storage, and Google Cloud Storage

b. Private cloud storage

Private cloud storage merupakan penyimpanan berbasis online yang bersifat rahasia. Hanya beberapa orang saja (organisasi atau perusahaan) yang dapat mengaksesnya. Penyimpanan jenis ini biasanya digunakan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola berkas file secara online namun tetap aman. Artinya hanya orang-orang dalam organisasi atau perusahaan tersebutlah yang dapat ikut mengelola. 

c. Hybrid cloud storage

Hybrid cloud storage merupakan kombinasi antara public dan private cloud storage. Hal ini supaya organisasi atau perusahaan dapat lebih leluasa dalam menentukan penyimpanan. Biasanya, data-data yang bersifat sensitif akan disimpan di private cloud storage. Sedangkan data yang kurang sensitif, akan disimpan di public cloud storage.

Baca juga: Mengenal Nextcloud – Private Cloud Storage

Kesimpulan

Cloud storage merupakan penyimpanan data yang memungkinkan para pengguna mengakses file darimana saja dan kapan saja. Dengan berbagai keunggulan dan tingkat fleksibilitas yang tinggi, mungkin kamu akan tertarik untuk menggunakan cloud storage bukan? 

Jika kamu ingin mulai mencoba menggunakan cloud storage, silahkan kunjungi Dewaweb untuk melihat berbagai pilihan cloud storage yang tersedia untuk kamu. Mulai dari cloud hosting, cloud vps, sampai cloud backup. Kamu juga bisa cek Dewacloud jika ingin menggunakan layanan platform cloud next generation. Sekian, salam online