CloudLinux: Sistem Operasi Berbasis Linux untuk Server

CloudLinux: Sistem Operasi Berbasis Linux untuk Server

Membahas sistem operasi yang bagus untuk keperluan server, CloudLinux adalah salah satu OS terbaik yang tidak boleh dilewatkan. OS ini memiliki banyak fitur menarik untuk menunjang performa, stabilitas, dan keamanan server.

Linux dikenal sebagai OS yang andal dan powerfull, tak terkecuali urusan cloud server. Sebagian orang bahkan mengklaim OS ini merupakan yang terbaik bagi layanan web hosting. Benarkah demikian?

Pada kali ini, Dewaweb akan mengulas informasi seputar Cloud Linux lengkap dengan fitur dan keunggulannya. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu CloudLinux?

CloudLinux adalah operating system (OS) berbasis Linux yang dirancang khusus untuk kebutuhan server. Penggunaan sistem operasi ini bertujuan untuk mendongkrak kinerja server dengan cara meningkatkan performa dan keamanannya.

Berbeda dengan jenis OS lain, sistem operasi ini menggunakan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) yang memungkinkan shared hosting dijalankan layaknya server virtual.

Jika salah satu user mengalami lonjakan trafik dengan konsumsi resource cukup banyak, OS ini akan mencegah server mengalami down. Pasalnya, resource yang diminta tidak akan dibebankan sepenuhnya kepada server, melainkan pada Virtualized Environment.

Selain itu, CloudLinux memungkinkan pengguna untuk membuat, membagi, serta menetapkan limit sumber daya. Resources atau sumber daya yang dimaksud di antaranya termasuk Central Processor Unit (CPU), memory, hingga koneksi yang digunakan setiap user.

Baca Juga: Mengenal Cloud Server Supaya Website Kamu Mudah Diakses

Keunggulan CloudLinux

CloudLinux telah dipercaya oleh lebih dari 20 juta pengguna termasuk perusahaan terkenal seperti IBM dan Dell. Hal ini tidak lepas dari sejumlah keunggulan yang ditawarkan, terutama dalam segi pengelolaan server. Berikut beberapa keunggulannya:

1. Membuat server lebih stabil

Lonjakan trafik dan permintaan resources yang berlebihan bisa mengakibatkan server menjadi down hingga tidak dapat diakses sama sekali. Jika kendala tersebut sering kamu alami, sebaiknya segera beralih ke server Cloud Linux.

OS ini memiliki fitur-fitur yang mumpuni, sehingga membuat server lebih aman dan stabil. Misalnya, kamu dapat menentukan limitasi resource sekaligus mengidentifikasi pengguna yang melakukan pelanggaran penggunaan bandwidth.

2. Membuat server lebih aman

Selain stabilitas, sistem keamanan Cloud Linux juga tergolong unggul dibandingkan jenis lain. OS ini dibekali fitur bernama CageFS yang mencegah pengguna lain mencuri data-data sensitif seperti username, password, nomor telepon, rekening, dan informasi penting lainnya.

3. Membuat server memiliki performa yang baik

Keunggulan yang terakhir adalah membuat server memiliki performa yang baik. Dengan pengelolaan sumber daya yang tepat ditambah penggunaan mod_Isapi, halaman PHP yang di-request bisa dimuat lebih cepat.

Selain itu, terdapat fitur MySQL Governor yang berfungsi untuk meningkatkan performa server. Fitur ini akan memantau penggunaan MySQL sekaligus menjaga dan mencegah terjadinya overload server.

Baca Juga: Cloud Server Memberi Banyak Keunggulan pada Bisnis Anda!

Fitur CloudLinux

Setelah memahami apa itu CloudLinux dan keunggulannya, selanjutnya Dewaweb akan jelaskan fitur-fitur yang ditawarkan OS cloud ini. Setidaknya, ada lima fitur penting yang harus kamu ketahui, di antaranya:

1. CageFS

CageFS adalah sebuah fitur berupa file sistem virtual yang membatasi setiap user agar tidak bisa melihat atau mengakses data penting milik user lain. Fitur ini bertujuan untuk melindungi informasi sensitif seperti nama pengguna, kata sandi, alamat, dan sebagainya.

Adapun beberapa manfaat lain dari CageFS, di antaranya:

  • User hanya dapat melihat file yang sudah dinyatakan aman.
  • User hanya dapat melihat proses file system milik sendiri.
  • User tidak dapat mengakses atau melihat konfigurasi pada server.
  • User tidak dapat mengintip data yang diunggah oleh user lain.

2. HardenedPHP

HardenedPHP adalah fitur yang berfungsi untuk memastikan seluruh PHP terproteksi dengan baik. Fitur ini bekerja dengan cara menambahkan patch ke semua versi PHP guna mengatasi celah kerentanan.

Adanya fitur HardenedPHP membuat semua versi PHP benar-benar aman, termasuk versi lawas yang masih banyak digunakan sampai sekarang. Meskipun sudah tidak mendapatkan dukungan teknis (pembaruan), namun PHP versi lama tetap bekerja secara optimal.

3. SecureLinks

Fitur Cloud OS Linux selanjutnya adalah SecureLinks yang merupakan teknologi level-kernel untuk mengantisipasi ancaman symbolic link (symlink). Bagi yang belum tahu, symlink adalah metode serangan yang menargetkan file berkeamanan rendah untuk mendapatkan autentikasi.

SecureLinks mampu meningkatkan keamanan server dengan mengelabui web server Apache agar membaca config PHP tertentu. Ini merupakan langkah pencegahan terbaik guna mencegah peretas yang ingin melancarkan serangan menggunakan file symbolic link.

Baca Juga: Apa Itu MariaDB? Ini Fungsi dan Perbedaannya dengan MySQL

4. Lightweight Virtual Environment

Lightweight Virtual Environment atau LVE adalah teknologi kernel-level yang menjadi salah satu fitur utama CloudLinux. Fitur ini memiliki peran penting dalam pengelolaan sumber daya server seperti pembatasan penggunaan CPU, processing, hingga memory.

Fitur LVE memungkinkan Cloud OS dapat terintegrasi langsung dengan server, database, dan Plugable Authentication Module (PAM). Hal ini bertujuan agar server tidak mudah mengalami down akibat lonjakan trafik mendadak ataupun pelanggaran penggunaan bandwidth.

5. MySQL Governor

MySQL Governor memiliki fungsi yang mirip dengan LVE, dimana fitur ini bertugas untuk memonitor pengelolaan resources database. MySQL Governor bekerja dengan cara memantau seluruh penggunaan MySQL serta memastikannya berjalan normal.

Fitur ini memeriksa penggunaan disk IO dan CPU secara real time ketika query MySQL diproses. Semua query yang berjalan lambat akan dihentikan secara otomatis, sehingga hal-hal yang mengganggu stabilitas server seperti overload bisa dicegah lebih dini.

Selain itu, MySQL Governor juga kompatibel dengan MySQL dan MariaDB. Fitur ini sudah mendukung MySQL 5.1 sampai versi terbaru serta MariaDB versi 5.5 sampai 10.6.

Baca Juga: Cara Remote MySQL menggunakan MySQL Workbench

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa CloudLinux adalah OS cloud berbasis Linux yang mampu mengoptimalkan performa dan keamanan server. Hal ini dilakukan dengan cara membagi dan membatasi resource seperti CPU, processing, dan memori pengguna.

CloudLinux dibekali sejumlah fitur mumpuni untuk membuat server yang lebih stabil, aman, dan berperforma tinggi. Mulai dari CageFS untuk melindungi informasi sensitif, hingga fitur LVE yang berperan penting dalam pengelolaan server.

Nah, bagi kamu yang menginginkan cloud server berkualitas, sebaiknya pilih penyedia layanan terpercaya seperti Dewaweb. Cloud server VPS Dewaweb sudah tersertifikasi ISO 27001 yang menunjukkan komitmen tinggi untuk menjamin keamanan seluruh data dan infrastruktur cloud.

Tim Dewaweb selalu siap membantu segala kebutuhan server-mu dengan dukungan pelanggan 24 jam non-stop melalui live chat, helpdesk, dan telepon. Yuk, coba server Dewaweb sekarang.