Kenalan dengan Codeigniter: Framework Ringan, Cepat, Powerful

Kenalan dengan Codeigniter: Framework Ringan, Cepat, Powerful

CodeIgniter adalah framework PHP yang memudahkan pengembangan web atau aplikasi. Namun, hingga saat ini masih banyak pengguna yang seringkali kebingungan ketika akan membangun web, entah karena minimnya pengalaman, kurang familiar dengan struktur project, atau justru keterbatasan waktu.

Padahal pengembangan web dapat dilakukan secara mudah dan cepat dengan banyaknya pilihan framework saat ini, salah satunya seperti CodeIgniter. Tren penggunaan CodeIgniter terus meningkat, menurut situs BuiltWith terdapat sekitar 1,42 juta situs web yang menggunakannya, 27 ribu diantaranya adalah situs di Indonesia.

Tren tersebut menunjukkan bahwa CodeIgniter dapat menjadi solusi tepat untuk pengembangan web yang ringan dan powerful. Di artikel ini Dewaweb akan membahas pengertian hingga keunggulan CodeIgniter secara lengkap!

Apa Itu Codeigniter?

CodeIgniter adalah sebuah framework PHP open-source yang digunakan untuk membangun web atau application development dan dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis. Tujuan pembuatan CodeIgniter yakni memang memberikan solusi sederhana dan efisien untuk pengembangan aplikasi web berbasis PHP.

Logo Codeigniter

Kepopulerannya semakin meningkat karena ukurannya yang kecil namun memberikan kecepatan eksekusi tinggi. Dari situlah CodeIgniter mulai mendapat pengakuan luas di kalangan pengembang PHP.

Hingga akhirnya pada tahun 2014, EllisLab, perusahaan yang dimiliki oleh Rick Ellis, mengumumkan bahwa CodeIgniter akan diakuisisi oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT). Sejak saat itu mereka berkomitmen untuk terus berkembang dengan versi-versi dan menambahkan fitur-fitur baru.

Sampai saat ini CodeIgniter terus dikenal karena kombinasi uniknya, yakni sifatnya yang ringan namun sangat powerful. Tidak heran jika Similartech mengungkap bahwa framework ini banyak digunakan di dunia, salah satunya Indonesia yang menempati urutan ke-3 setelah India dan US.

Cloudways juga menggambarkan CodeIgniter sebagai alat yang powerful, dan dirancang khusus untuk menciptakan aplikasi web PHP berfitur lengkap namun tetap sederhana.

Hal ini juga didukung oleh pernyataan laman resmi CodeIgniter yaitu “built for developers who need a simple and elegant toolkit to create full-featured web applications” framework ini diperuntukkan bagi pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana namun tetap elegan untuk menciptakan aplikasi web yang berfitur lengkap.

Salah satu fitur unggulan CodeIgniter adalah menggunakan konsep MVC yang mampu memisahkan logika bisnis, tampilan, dan pengelolaan data. Fitur ini jelas memudahkan pengembang untuk bekerja pada bagian-bagian tertentu tanpa mengganggu struktur keseluruhan aplikasi.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Framework, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Fitur Terbaik Codeigniter

MVC adalah salah satu fitur unggulan CodeIgniter, tetapi lebih dari itu, menurut situs resmi CodeIgniter.com terdapat banyak fitur terbaik yang mereka miliki. Apa saja itu? Mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

1. MVC

Seperti yang sedikit kita singgung di atas, MVC atau Model View Controller menjadi salah satu fitur unggulan CodeIgniter. Konsep ini mengusung sebuah desain yang memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen utama di antaranya sebagai berikut.

  • Model: bertanggung jawab atas manipulasi data di database dan logika bisnis aplikasi.  
  • View: bertanggung jawab atas tampilan atau antarmuka pengguna. Hal ini membantu menampilkan data kepada pengguna dalam bentuk GUI.
  • Controller: penghubung antara model dan view, yakni mengatur alur kontrol aplikasi dan menanggapi input dari pengguna atau sistem.

Dengan memisahkan model, view, dan controller, pengembang dapat lebih fokus pada aspek tertentu dalam pengembangan web.

2. Extremely light weight

CodeIgniter unggul sebagai framework yang sangat ringan, ukurannya yang kecil memastikan waktu unduh yang cepat. Kelebihan ini sangat bermanfaat dalam pengembangan proyek-proyek dengan kebutuhan kinerja tinggi dan memungkinkan aplikasi untuk berjalan dengan cepat tanpa membebani server.

Selain itu, hal ini sejalan dengan kebutuhan web yang harus mampu memuat halaman dalam kurun waktu kurang dari 50 detik.

3.  Template engine class

CodeIgniter menyediakan template engine class yang memudahkan pengembang dalam mengelola tampilan dengan memilih template parser. Template engine ini berguna ketika kamu ingin menggunakan sintaks yang lebih sederhana dan mudah dipahami daripada PHP Native.

Dengan menggunakan template engine, proses pengembangan menjadi lebih cepat dan praktis.

4. XSS filtering

XSS atau Cross Site Scripting adalah jenis serangan cyber yang melibatkan penyisipan script atau kode berbahaya ke dalam situs web. Tindakan ini dilakukan peretas dengan tujuan mencuri data penting, mengakses cookie, atau bahkan menyuntikkan program yang tidak diinginkan.

Kabar baiknya CodeIgniter telah dilengkapi dengan sistem keamanan XSS filtering. XSS filtering membantu membersihkan input dari potensi skrip jahat, mengurangi risiko keamanan dan melindungi aplikasi dari ancaman serangan.

Dengan demikian, pengguna CodeIgniter dapat merasa lebih aman dan yakin bahwa aplikasi mereka dilindungi dengan baik dari potensi ancaman keamanan yang mungkin timbul dari serangan XSS.

5. Built in library

Salah satu keunggulan lain dari CodeIgniter adalah adanya built-in library. Fitur ini membantu pengguna menemukan berbagai solusi terkait pemrograman dan petunjuk seputar CodeIgniter.

Semua permasalahan beserta solusinya dapat ditemukan secara lengkap pada fitur ini. Dengan demikian, pengguna dapat menemukan solusi yang telah diuji dan terbukti oleh pengguna sebelumnya.

Tidak hanya itu keberadaan library ini juga membantu mengurangi jumlah kode yang perlu ditulis oleh developer, sehingga mempercepat proses pengembangan, dan meningkatkan produktivitas.

Keunggulan Codeigniter

Tidak hanya menawarkan berbagai fitur unggulan, alasan menggunakan framework CodeIgniter juga karena banyaknya keunggulan yang dimilikinya, seperti mudah digunakan, ringan dan efisien, minim footprint, dan berbagai keunggulan lain yang akan kita bahas di bawah ini.

  • Mudah digunakan: CodeIgniter didesain dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan bagi developer pemula sekalipun. Melalui framework ini kamu juga dapat membuat library yang memudahkan dalam perubahan fitur-fitur.
  • Sangat ringan dan efisien: dikenal sebagai salah satu yang paling ringan dan efisien. Hal ini terbukti dengan waktu pemuatan yang cepat dan kinerja tinggi. Pilihan ini cocok untuk proyek dengan berbagai ukuran dan kompleksitas, bahkan di lingkungan hosting dengan sumber daya terbatas.
  • Minim footprint: CodeIgniter memiliki footprint yang kecil, artinya penggunaan sumber daya komputer lebih efisien. Semakin kecil footprint, semakin cepat waktu respons aplikasi sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Penanganan bug dan error: CodeIgniter memiliki antarmuka yang mampu membantu mendeteksi dan menangani bug serta error dengan cepat. CodeIgniter akan menampilkan kesalahan PHP yang muncul di aplikasi kamu sehingga bug mudah ditemukan dan diselesaikan. Berikut GitHub CodeIgniter4 untuk mengatasi bug dan menambah fitur.
  • Fitur validasi: fitur validasi formulir mempermudah penulisan kode menjadi lebih ringkas. Dengan ini, kamu dapat menulis kode dengan mudah dan minim kesalahan.
  • Fleksibel dan mudah disesuaikan: memberikan fleksibilitas dan kustomisasi tingkat tinggi. Hal ini memungkinkan developer untuk memuat komponen dan pustaka yang hanya diperlukan proyek tertentu. Hal inilah yang menghasilkan aplikasi yang ringan dan efisien.
  • Dilengkapi fitur keamanan bawaan: tersedia fitur bawaan untuk melindungi aplikasi dari ancaman umum seperti XSS, CSRF, dan SQL injection sehingga dapat mengurangi risiko keamanan tanpa mengubah fundamental cara kerja aplikasi. CodeIgniter juga mendorong developer untuk mengikuti praktik pengkodean yang aman dengan memberikan panduan tentang validasi input, sanitasi data untuk meningkatkan keamanan data sensitif pengguna.
  • Mendukung caching halaman web dan database: membantu mempercepat aplikasi web dengan mengimplementasikan cache halaman dan database. Hal ini akan mengurangi beban server dengan menyimpan halaman web dalam cache sehingga pengembang dapat mengontrol cache per halaman dan durasinya.
  • Konsep pemisahan modern: CodeIgniter tidak mewajibkan pengembang untuk menggunakan pola model-view-controller (MVC). Namun, tetap mendorong pengembang untuk mempercepat pengembangan aplikasi web yang besar dan kompleks dengan mengimplementasikan MVC secara fleksibel.
  • Migrasi yang mudah: pengguna bisa migrasi server dari satu hosting ke hosting lainnya dengan mudah. Dengan demikian pengembang dapat dengan mudah mengelola perubahan dalam basis data dan version control-nya.
  • URL yang SEO-Friendly: CodeIgniter PHP memberikan URL yang clean dan ramah mesin pencari melalui pendekatan berbasis segmen, dan memungkinkan pengunjung mengubah URL mereka agar lebih ramah SEO.
  • Panduan yang jelas: CodeIgniter menyediakan dokumentasi yang komprehensif dan panduan yang jelas, memudahkan pengembang untuk memahami dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan. Berikut salah satu contoh panduan CodeIgniter4
  • Dukungan dari CodeIgniter: Komunitas aktif dan dukungan resmi dari CodeIgniter membuat pengembang selalu bisa mendapatkan bantuan dan pembaruan terkini. Berikut ini forum CodeIgniter yang membahas semua topik seputar CodeIgniter.

Codeigniter Adalah Framework PHP Ringan & Powerful

CodeIgniter adalah framework PHP yang terkenal ringan dan powerful. Framework ini membuat web dan aplikasi dapat memuat dengan cepat, memberikan respons yang optimal, dan tidak memberatkan sumber daya server.

Meskipun ringan, CodeIgniter mampu menghasilkan aplikasi web yang powerful dengan menyediakan fitur lengkap namun tetap simple dan efisien.

Tidak berhenti sampai situ, framework ini juga sangat mengedepankan tingkat keamanan yaitu perlindungan terhadap serangan XSS, CSRF, dan injeksi SQL. Sehingga menghasilkan aplikasi yang aman.

Terakhir, dengan konsep pemisahan MVC memudahkan pemeliharaan aplikasi, meminimalkan risiko bug dan memudahkan pengembangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bangun website kamu dengan CodeIgniter dan jangan lupa gunakan cloud hosting Dewaweb mulai dari Rp30 ribuan per bulan serta install CodeIgniter di Hosting kamu dengan mudah!