Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya

Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya

Dengan berkembangnya era digital yang semakin pesat, cyber security adalah tindakan perlindungan yang sangat diperlukan bagi setiap pengguna internet. Demi mencegah terjadinya kejahatan di dunia maya atau cyber crime, kamu setidaknya perlu memahami apa itu cyber security, elemen pentingnya, hingga manfaatnya.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

cyber security

Baca Juga: 20 Web Server Proxy Gratis & Terbaik untuk Jelajahi Internet

Apa Itu Cyber Security?

Cyber security adalah tindakan untuk melindungi perangkat, jaringan, program, dan data dari ancaman siber dan akses ilegal. Ancaman ini biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk berbagai macam kepentingan yang merugikan korban.

Tidak hanya mengincar perusahaan besar, ancaman siber juga menyerang bisnis kecil hingga kalangan pribadi. Contohnya, seperti mengakses informasi sensitif, mengubah atau bahkan menghancurkan data-data penting. Berbagai jenis ancaman siber inilah yang membuat cyber security penting untuk dipahami setiap orang.

Elemen Cyber Security

Dilansir dari Cyber Threat Portal, ada tujuh elemen penting dalam cyber security. Berikut penjelasannya:

Application security

Application security adalah elemen yang meningkatkan fitur keamanan dalam aplikasi untuk mencegah ancaman yang bisa terjadi. Ini memberikan perlindungan bagi website dan aplikasi berbasis web dari berbagai jenis serangan siber yang dapat mengeksploitasi kerentanan dalam source code. 

Ancaman paling umum yang mengancam software atau aplikasi misalnya pada input validation, otorisasi, manajemen sesi, dan enkripsi. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah:

  • Autentikasi: menggunakan autentikasi dua faktor berupa kode yang dikirim ke handphone pengguna.
  • Otorisasi: sistem akan mengecek sejauh mana kewenangan pengguna dalam menggunakan aplikasi.
  • Enkripsi: eknripsi melindungi data sensitif pengguna dari hacker.
  • Logging: merekam aktivitas dan informasi dalam sebuah sistem.
  • Security testing: pengujian sistem keamanan dalam aplikasi berjalan dengan baik.

Baca Juga: Apa itu SQL Injection dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Network security

Network security adalah elemen keamanan yang mencegah dan melindungi akses yang tidak sah ke dalam jaringan komputer. Ini merupakan konfigurasi untuk mencegah dan memantau penyalahgunaan, modifikasi jaringan komputer dan resource. Network security mencakup teknologi perangkat keras dan lunak.

Ada berbagai macam metode untuk meningkatkan keamanan jaringan, berikut ini beberapa di antaranya:

Information security

Information Security (IS) adalah elemen keamanan siber yang mengacu pada proses dan metode untuk mencegah akses ilegal, penggunaan, gangguan, modifikasi, atau penghancuran informasi yang tidak sah. Informasi yang ditargetkan oleh pelaku kejahatan dapat berupa:

  • Informasi pribadi
  • Data rekening bank
  • Email
  • Kredensial login
  • Detail jaringan
  • Profil di media sosial, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa itu DNS? Penjelasan, Cara Kerja, dan Jenisnya

Cloud security

Cloud security merupakan tindakan untuk melindungi keamanan data yang ada di cloud. Ancaman yang bisa terjadi berupa pembajakan traffic layanan, penyalahgunaan dan pencurian data.

Penerapan cloud security sangat penting bagi penyedia layanan cloud. Untuk melindung data sensitif pelanggan, penyedia layanan harus memenuhi tingkat persyaratan dan prosedur keamanan yang ada. Upaya perlindungan cloud meliputi teknologi, kebijakan kontrol dan layanan untuk meningkatkan keamanan cloud.

Operational security

Operational atau procedural security adalah elemen manajemen risiko untuk melindungi data yang rentan disalahgunakan. Elemen ini mengidentifikasi informasi yang penting dan mengembangkan mekanisme perlindungan untuk memastikan keamanannya.

Baca Juga: Apa itu Carding? Penjelasan Lengkap dan Cara Kerjanya

Disaster recovery planning

Disaster recovery planning adalah upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi berbagai bencana, baik itu bencana alam, ancaman siber dan sebagainya. Rencana pemulihan bisa dibuat dalam bentuk dokumen formal yang memuat informasi:

  • Budget financial
  • Sumber daya dan teknologi
  • Administrasi
  • Perangkat keras

Baca Juga: Kenali 5 Serangan Hacker pada Website

End-user education

End-user education adalah elemen terpenting dari keamanan siber. Pasalnya, end-user atau pengguna internet yang kurang memiliki edukasi terhadap cyber security menjadi risiko keamanan terbesar, baik bagi diri sendiri ataupun bagi organisasi / perusahaan di mana mereka terlibat di dalamnya.

Sebagian besar risiko keamanan terjadi karena kurangnya kesadaran dan kebijakan terhadap keamanan, prosedur dan protokol pada sebagian besar perusahaan. Celah keamanan siber terhadap end-user dapat terjadi melalui:

  • Penggunaan media sosial
  • Pesan teks
  • Download aplikasi
  • Penggunaan email
  • Pembuatan dan penggunaan kata sandi

Manfaat Cyber Security bagi Bisnis

Jenis serangan siber seiring waktu terus meningkat. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum paham pentingnya cyber security. Tanpa prosedur keamanan yang kuat, aktivitas harian bisnis bisa dilacak oleh pelaku kejahatan tanpa disadari.

Untuk mengatasi hal ini, keamanan harus menjadi perhatian utama. Sebetulnya, apa saja manfaat cyber security bagi kelancaran bisnis? Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Data Center: Pengertian, Fungsi, Kriteria, dan Jenisnya

Menjaga reputasi perusahaan

Reputasi perusahaan di mata pelanggan adalah hal yang penting. Salah satu cara untuk menjaga reputasi bisnis selalu baik adalah meningkatkan keamanan sistem.

Banyak serangan yang bisa mengancam keamanan data perusahaan. Misalnya, data breaching yang menyebabkan informasi pelanggan diakses tanpa otorisasi. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan pelanggan dan merugikan berbagai aspek bagi bisnis maupun konsumen.

Meningkatkan manajemen data

Data adalah inti bagi aktivitas bisnis dan pemasaran. Dengan penerapan metode cyber security yang benar, data dan informasi sensitif pelanggan dapat terlindungi dari peretasan atau ancaman siber lainnya. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan efisiensi operasional bagi perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Spoofing, Jenis, dan Cara Menghindarinya

Pemulihan kerusakan lebih cepat

Manfaat lain dari penerapan cyber security adalah proses pemulihan kerusakan sistem bisa lebih tertangani dengan cepat. Walaupun sistem sempat mengalami kerusakan, waktu pemulihannya akan lebih singkat bila telah diperlengkapi dengan prosedur keamanan yang baik. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalisir kerugian yang terjadi.

Keamanan website lebih terjamin

Website adalah representasi digital bagi bisnis. Untuk itu, memastikan keamanan website tetap terjaga adalah salah satu faktor yang penting. Memiliki prosedur keamanan siber dapat mencegah kerusakan dan ancaman yang tidak terduga.

Jika sistem terinfeksi, kemungkinan besar website akan down. Ini akan menyebabkan kerugian yang besar bagi bisnis, seperti risiko kehilangan data, kehilangan sebagian besar transaksi, hingga kehilangan pelanggan.

Baca Juga: 8 Penyebab Website Down dan Cara Mencegahnya

Saatnya Tingkatkan Keamanan Siber

Cyber security adalah hal yang penting dalam upaya melindungi sistem komputer dari serangan siber dan akses ilegal. Di era digital seperti sekarang, kesadaran terhadap keamanan cyber sangat penting dipahami setiap pengguna internet.

Jika kamu pebisnis online, sudah seharusnya meningkatkan sistem keamanan agar transaksi dan data-data pelanggan tidak terancam. Solusinya, gunakan layanan cloud hosting Dewaweb yang aman dan terpercaya agar website kamu selalu bisa diandalkan.

Baca Juga: 6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Dewaweb telah tersertifikasi standar keamanan tingkat internasional ISO 270001 dan dilengkapi berbagai fitur keamanan, seperti Imunify 360. Dengan standar keamanan tersebut, website dan keamanan data kamu di cloud pasti terjamin dari serangan malware berbahaya.