Apa Itu Debian? Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Apa Itu Debian? Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Bagi pengguna sistem operasi Linux, tentu kamu sudah familiar dengan sistem operasi Debian. Debian adalah salah satu sistem operasi berbasis Linux yang komunitasnya cukup besar. Sistem operasi Debian pertama kali dikenalkan oleh seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, yang bernama Ian Murdock pada 16 Agustus 1993.

Nama Debian sendiri diambil dari kombinasi nama Ian dan mantan-kekasihnya yang bernama Debra Lynn. Sehingga menjadi gabungan antara kata Deb dan Ian.

Sistem operasi Debian saat ini mulai banyak diminati oleh banyak pengguna Linux. Salah satu faktornya adalah karena Debian merupakan sistem operasi yang open source, seperti pada sistem operasi Linux lainnya. Di artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu Debian, fungsi dan kelebihannya. Yuk simak sampai selesai!

Baca juga : 7 Jenis Sistem Operasi Komputer selain Windows, Mac, dan Linux

Apa Itu Debian?

Debian adalah sistem operasi yang disediakan secara gratis untuk penggunanya. Karena sifatnya yang open source, kamu pun bisa ikut mengembangkan sistem operasi ini. Debian menggunakan kernel Linux sebagai basis sistem operasinya.

Berbagai aplikasi (perangkat lunak) untuk komputer bisa kamu dapatkan secara gratis pada Debian. Mulai dari aplikasi untuk keperluan mengedit teks, gambar, video, sampai ke video game.

Fitur-fitur yang ada pada Debian menjadikan Debian sebagai salah satu distro terdepan saat ini. Untuk urusan server, Debian juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan ternama.

Baca juga : Mengenal Linux: Sistem Operasi Open Source dan Gratis

Fungsi Debian

Sebagai sistem operasi, Debian memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Sistem operasi desktop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Debian bisa kamu gunakan sebagai sistem operasi pada desktop yang kamu gunakan. Bahkan bisa menggantikan sistem operasi lainnya seperti Windows, misalnya.

Hal ini karena di dalam Debian sudah disediakan ribuan aplikasi yang disediakan secara gratis. Tinggal bagaimana kita menyesuaikannya. Karena tentu user interface-nya akan berbeda dengan aplikasi yang ada pada sistem operasi lainnya. Apalagi jika penyedia aplikasinya berbeda.

Salah satu contoh aplikasi yang fungsinya sama tetapi penyedianya berbeda di kedua sistem operasi tersebut adalah Libre Office dan Microsoft Office. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi penyedianya berbeda, sehingga user interface antara kedua aplikasi tersebut juga berbeda.

Sebagai server

Sama seperti sistem operasi Linux lainnya. Debian juga bisa kamu gunakan sebagai server. Baik itu web server, DNS server, mail server, dan sebagainya.

Pada dasarnya, sistem operasi Windows pun bisa kamu gunakan sebagai server. Sama halnya seperti beberapa jenis distro Linux lainnya.

Salah satu keunggulan Debian dalam hal server adalah tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Sehingga dari sisi biaya pun tentu akan lebih hemat.

Baca juga : RDP (Remote Desktop Protocol): Pengertian dan Kegunaannya

Perbedaan Debian dan Linux

Meskipun terdengar sama, Debian dan Linux adalah dua hal yang berbeda. Keduanya merupakan sistem operasi yang berbeda. Debian menggunakan Linux sebagai kernelnya. Sedangkan Linux menggunakan kernel Unix.

Meski begitu, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika disimpulkan, berikut perbandingan Debian dan Linux dari sisi penggunaannya:

  • Linux: menyediakan sekitar 30 ribu packages, cocok untuk pengguna awam hingga perusahaan besar dengan sistem manajemen yang  mampu mengembangkan sistem sendiri
  • Debian: menyediakan sekitar 51 ribu packages cocok untuk pengguna awam dan perusahaan yang memiliki spesifikasi hardware terbatas dan membutuhkan sistem siap pakai.

Kelebihan Debian

Berikut ini beberapa kelebihan Debian yang perlu kamu ketahui :

Bersifat open source

Debian bersifat open source. Hal ini menjadikan penggunanya bisa mengembangkan sistem operasi ini dengan bebas dan gratis. Kamu bisa menyesuaikan sistem operasi ini sesuai kebutuhan dan keinginan kamu sendiri.

Sistem operasi stabil

Selain open source, Debian juga dikenal dengan sistem operasi yang stabil. Dalam Debian, perangkat lunak yang digunakan merupakan perangkat lunak dengan versi yang stabil (bukan versi beta / terbaru). Sehingga hal ini menjadikan sistem operasi Debian menjadi lebih stabil dari sisi penggunaannya.

Paket instalasi yang lengkap

Pada Debian, terdapat beberapa paket instalasi. Hal ini menjadikan pengguna dapat lebih leluasa menentukan paket instalasi yang minimal atau yang lengkap dengan perangkat lunak bawaannya.

Mendukung beberapa arsitektur hardware

Kamu bisa menginstal Debian baik pada komputer dengan prosesor 32-bit maupun 64-bit. Tak perlu lagi khawatir soal arsitektur hardware yang kamu gunakan.

Baca juga : 7 Server Monitoring Tools Gratis Terbaik

Cara Mendapatkan Debian Secara Gratis

Bagi kamu yang ingin mendapatkan Debian secara gratis, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi halaman download pada situs resmi Debian.
  2. Kamu akan melihat berbagai jenis file Debian, pilih sesuai jenis prosesor yang kamu gunakan.
  3. Membuat USB bootable. Untuk membuat USB bootable, kamu bisa menggunakan rufus atau aplikasi lainnya.
  4. Menginstal Debian sesuai kebutuhan. Jika kamu merasa masih membutuhkan sistem operasi lama yang kamu gunakan, silakan instal Debian dengan metode dual booting. Sehingga sistem operasi lama kamu tidak akan terhapus dari komputer kamu.

Gunakan Debian Untuk Perangkatmu!

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang Debian, saatnya kamu mencoba sistem operasi open source yang satu ini. Debian adalah sistem operasi yang ringan dan stabil, serta tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Ini tentu akan lebih menghemat biaya.

Demikian artikel mengenai Debian. Bagi kamu pengelola website yang ingin mencoba merasakan kecepatan akses website dengan sistem operasi Debian pada sisi server. Kamu bisa mencoba menggunakan cloud vps di Dewaweb.

Dewaweb siap membantu instalasi dan konfigurasi awal server kamu. Kamu hanya perlu masukan detil konfigurasi yang diinginkan saat order. Dan nikmati layanan support kelas dunia ala Ninja Dewaweb yang legendaris dan pertama di Indonesia – 24 jam sehari via helpdesk, live chat dan telpon. Salam sukses online!