Apa Itu Endpoint? Begini Cara Endpoint Security Bekerja

Apa Itu Endpoint? Begini Cara Endpoint Security Bekerja

End security jadi hal yang sangat dibutuhkan di tengah ancaman cyber security yang semakin merajalela. Sebagai informasi, endpoint security atau endpoint adalah proses mengamankan aneka jenis perangkat endpoint yang berada di jaringan bisnis.

Dalam penerapannya, proses ini akan melibatkan sejumlah tindakan perlindungan terhadap jaringan bisnis saat akan diakses oleh perangkat-perangkat tersebut. Sederhananya, endpoint akan melindungi jaringan bisnis saat akan diakses oleh perangkat jarak jauh, nirkabel, atau seluler, seperti laptop, tablet, dan lainnya.

Supaya bisa memahami lebih lanjut tentang endpoint, mulai dari pengertian, fungsi dan cara kerjanya, yuk simak informasi di bawah ini yang sudah Dewaweb rangkum untuk kamu.

Baca juga: Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya.

Apa itu Endpoint?

Sama seperti namanya, endpoint adalah ujung dari jalur komunikasi dalam satu jaringan. Adanya endpoint ini merupakan salah satu cara untuk melindungi jaringan bisnis saat diakses oleh perangkat jarak jauh, nirkabel, atau seluler.

Jenis perangkat-perangkat endpoint mencakup perangkat apapun yang terhubung ke jaringan bisnis pusat. Jenis perangkat ini kerap disebut dengan istilah perangkat end-user, seperti komputasi, seperti perangkat mobile, laptop, komputer desktop; peralatan kantor, misalnya printer, faksimili, dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan; bahkan server pun dikategorikan sebagai perangkat endpoint.

Baca juga: Honeypot: Server untuk Mengelabui Serangan Hacker

Apa Itu Endpoint Security?

Endpoint security adalah tindakan yang memberikan keamanan dan perlindungan kepada perangkat pengguna akhir, seperti desktop, laptop, dan perangkat mobile. Dengan begitu, perangkat tersebut terhindar dari incaran para hacker.

Keamanan endpoint sendiri ditugaskan untuk mengatasi risiko-risiko yang ditimbulkan oleh perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Proses endpoint ini mencakup proses, data, dan informasi sensitif yang disimpan dan dikirimkan melalui perangkat tersebut.

Karena proses tersebut, perangkat yang terhubung ke jaringan perusahan menjadi pintu masuk berbagai ancaman keamanan siber. Bahkan tidak jarang apabila perangkat endpoint menjadi mata rantai terlemah dalam keamanan jaringan.

Oleh karena itu, keamanan endpoint semakin dibutuhkan karena ancaman keamanan yang mendompleng perangkat mobile terus bertambah dalam jumlah dan kelihaian. Kondisi ini tentunya tidak lagi fokus hanya pada antivirus tradisional semata, tetapi terus memberikan perlindungan yang komprehensif agar terhindar dari malware.

Baca juga: Man in the Middle Attack: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghindarinya

Fungsi Endpoint Security

fungsi endpoint security

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, endpoint security atau keamanan endpoint merupakan hal yang diperlukan di dalam suatu perangkat. Karena biar bagaimanapun, endpoint adalah pintu utama yang banyak diserang oleh karangan hacker.

Adapun beberapa keuntungan atau fungsi yang dihasilkan dari endpoint, mulai dari mengantisipasi dan menghindari segala kemungkinan buruk hingga menjadi perlindungan agar pelanggannya tidak kehilangan data yang diperlukannya.

Lebih lanjut, salah satu fungsi endpoint dalam sistem keamanan jaringan adalah mencegah terjadinya eksploitasi yang saling berkomunikasi. Untuk lebih jelas, yuk, simak fungsi endpoint security yang lebih lengkap.

Mendeteksi ancaman yang tidak diketahui

Fungsi utama dari endpoint security yakni mendeteksi ancaman yang tidak diketahui sebelumnya melalui tindakan machine-learning dengan waktu yang akurat. Sebagai informasi, machine learning adalah mesin yang dikembangkan untuk bisa belajar dengan sendirinya tanpa arahan dari penggunanya.

Memberikan perlindungan berlapis

Selain itu, endpoint security juga berfungsi untuk memberikan perlindungan yang berlapis dan tidak hanya di permukaannya saja. Oleh karena itu, seluruh database perusahaan akan tetap aman dan terhindar dari tindak kejahatan siber.

Secara lebih lengkap, endpoint security bisa digunakan untuk mendeteksi, menganalisa, dan memblokir serangan yang terjadi dari hacker. Sistem keamanan ini juga yang akan melakukan kolaborasi dengan sistem keamanan lainnya agar k edepannya bisa memberikan visibilitas administrator.

Baca juga: 11+ Cara Meningkatkan Keamanan Website, Lengkap & Terbaru

Cara Kerja Endpoint Security

Endpoint security bekerja dengan mengizinkan administrator sistem untuk mengontrol keamanan untuk titik akhir perusahaan menggunakan pengaturan kebijakan, tergantung pada jenis perlindungan atau akses web yang dibutuhkan karyawan serta sistem.

Sebagai gambaran, misalnya, admin memblokir akses ke situs web yang diketahui menyebarkan malware dan konten berbahaya lainnya untuk memastikan perlindungan endpoint security.

Baca juga: Apa itu Adware? Jenis, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

Manfaat Menggunakan Endpoint Security

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari menggunakan endpoint security. Mulai dari menahan serangan siber tercanggih, hingga menemukan aplikasi-aplikasi yang bermasalah, dan melakukan risk assessment dengan lebih baik. Supaya kamu lebih jelas memahami apa saja manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan endpoint security, berikut informasinya.

Perangkat jadi lebih terlindungi

Dengan menggunakan endpoint security, perangkat yang kamu gunakan bisa terlindungi dari malware, seperti ransomware dan trojan. Biasanya serangan ini berbasis file dan tanpa file, seperti JavaScript, VBScript, PowerShell, dan jenis makro lainnya.

Pengaplikasiannya mudah

Endpoint security termasuk salah satu sistem keamanan yang mudah untuk diaplikasikan. Hal tersebut karena keamanannya dipantau secara langsung dan dapat memberikan data secara real time, sehingga pengaplikasiannya pun cukup mudah dipahami.

Baca Juga: Apa itu Rootkit? Pengertian, Jenis dan Cara Mengatasinya

Fleksibel

Perlindungan endpoint security termasuk fleksibel karena keamanan yang diinginkan tetap mengikuti berbagai macam tren yang ada. Bahkan fokus endpoint security tidak lagi dengan antivirus dan sebagainya, karena hacker selalu berkembang dan terus berinovasi untuk membobol database perusahaan.

Baca juga: Imunify 360: Cara Efektif Atasi Infeksi Malware pada Website

Kesimpulan

Endpoint security adalah tindakan yang memberikan keamanan dan perlindungan kepada perangkat pengguna akhir, seperti desktop, laptop, dan perangkat mobile. Adanya endpoint security dapat memberikan keamanan untuk perangkat yang kamu miliki. Mulai dari mendeteksi ancaman yang diketahui, menemukan aplikasi-aplikasi yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Supaya perangkat kamu terhindar dari malware, ransomware, dan berbagai ancaman siber lain, coba untuk menggunakan endpoint security dan dapatkan berbagai manfaatnya.