Apa Itu FAQ? Ini Penjelasan dan Fungsinya Untuk Website

Apa Itu FAQ? Ini Penjelasan dan Fungsinya Untuk Website

Memiliki situs web tanpa FAQ adalah hal yang amat disayangkan. Pasalnya, FAQ bisa memberikan banyak keuntungan pada website bisnis. Terlebih, jika bisnis yang kamu jalankan bergerak di bidang produk dan jasa.

Frequently Asked Questions atau FAQ akan membantu customer mengenal produkmu dengan lebih mudah. Untuk itu, setiap FAQ haruslah dibuat dengan tujuan dapat memberikan informasi sejelas mungkin kepada customer.

Sebelum membuat FAQ di website, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu apa itu FAQ, fungsi, dan cara membuatnya melalui artikel ini.

Baca juga: Pahami Apa Itu Customer Journey dan Manfaatnya bagi Bisnis

Apa Itu FAQ?

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions, yaitu kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh customer terkait suatu produk atau layanan.

Pada halaman FAQ website, kamu akan menemukan kumpulan pertanyaan sekaligus jawaban mengenai produk atau layanan tertentu. Dengan begitu, FAQ dapat dianggap sebagai bagian dari customer support yang secara otomatis menjawab pertanyaan pelanggan.

FAQ membuat kebutuhan pelanggan akan informasi produk jadi lebih mudah didapatkan. Selain itu, juga akan menghindari pertanyaan berulang dari customer. Halaman FAQ pada website adalah sesuatu yang harus kamu miliki.

Baca juga: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui

Fungsi FAQ

FAQ memiliki banyak fungsi baik bagi website maupun perkembangan bisnis kamu sendiri. Beberapa fungsi FAQ adalah sebagai berikut:

Meningkatkan user experience

Situs web yang terorganisir tentu akan mempermudah customer mencari informasi. Namun, tentunya customer masih harus membuka beberapa halaman untuk mendapatkan informasi tersebut.

Melalui FAQ, pelanggan akan langsung mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan dalam satu halaman FAQ. Tentunya, ini akan meningkatkan user experience dalam mencari informasi di websitemu.

Meningkatkan pencarian organik website

FAQ adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban yang dipublikasikan di suatu halaman website. Kamu bisa melakukan riset keyword sebelum menjawab pertanyaan FAQ, lalu memasukkan keyword tersebut ke jawaban yang akan kamu buat.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan link ke sumber informasi dsb untuk melengkapi jawaban yang kamu berikan. Langkah-langkah ini akan membuat website-mu jadi lebih mudah dilihat oleh Google hingga akhirnya meningkatkan pencarian organik.

Baca juga: 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

Meningkatkan peluang featured snippet

Featured snippet termasuk salah satu spot kesukaan para pemilik website di Google. Hal ini karena website yang masuk ke dalam featured snippet cenderung memiliki Click-through Rate (CTR) yang tinggi.

FAQ biasanya berisi jawaban ringkas yang disukai oleh featured snippet Google. Jika website kamu memilikinya, maka potensi untuk mendapatkan featured snippet tentu akan semakin besar.

Membangung kepercayaan dan profesionalisme

Memiliki halaman FAQ pada website menunjukkan jika kamu peduli terhadap apa yang dibutuhkan pelanggan, termasuk kebutuhan akan informasi yang ringkas dan jelas.

Dengan begitu, customer akan lebih merasa dimengerti yang tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan customer pada bisnismu. Selain itu, dengan FAQ websitemu akan terlihat jauh lebih profesional.

Membantu memahami pelanggan

Membuat FAQ adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memahami pelanggan. Lebih dari sekadar menjawab pertanyaan, FAQ akan memberimu informasi tentang kebutuhan, keinginan, hingga kendala yang tengah dihadapi customer.

Informasi tersebut dapat kamu gunakan untuk lebih memahami pelanggan, sehingga kamu bisa mulai menyiapkan aspek bisnis yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Panduan Lengkap untuk Memulai Online Business

Cara Membuat FAQ

Setelah mengetahui apa itu FAQ dan fungsinya bagi website bisnis, kini saatnya mempelajari cara membuat FAQ yang baik seperti berikut ini:

Gunakan data untuk memilih pertanyaan

Untuk mengetahui pertanyaan apa yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan, kamu dapat mengumpulkan beberapa data interaksi pelanggan dengan bisnismu. Baik melalui website, sosial media, email, dsb.

Jika skala bisnismu berada di level yang lebih besar, kamu bisa memanfaatkan data CRM perusahaan untuk menemukan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan. Termasuk data dari bagian customer service.

Dengan memilih pertanyaan berdasarkan data, FAQ yang kamu buat tentunya akan semakin berguna bagi pelanggan.

Buat format FAQ yang sesuai

Setelah menentukan pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pelanggan, langkah selanjutnya dalam membuat FAQ adalah menentukan bagaimana FAQ tersebut nantinya akan dilihat.

Beberapa perusahaan akan membuat halaman statistik untuk menempatkan FAQ mereka di dalam website. Namun, ada juga perusahaan lain yang memanfaatkan software knowledge base sebagai pusat bantuan seperti Dewaweb.

Kamu bisa memilih format yang kamu butuhkan tergantung pada seberapa rumit pertanyaan tersebut harus dijawab dan ditampilkan pada website.

Tawarkan beberapa solusi

Tujuan utama FAQ adalah untuk mempermudah pelanggan mencari jawaban. Untuk itu, FAQ haruslah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan.

Kamu bisa memberikan beberapa pilihan solusi jika salah satu jawaban terasa belum cukup untuk menjawab pertanyaan. Misalnya, dengan menyuruh mereka mengunjungi salah satu link informatif agar mendapatkan jawaban yang lebih lengkap. Seperti link menuju artikel, sosial media, maupun video YouTube.

Pantau hasil yang dibuat

Setelah setelah membuat FAQ, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memantau apakah FAQ tersebut benar-benar menjawab pertanyaan pelanggan atau tidak.

Kamu bisa memantaunya dari traffic yang datang ke halaman FAQ, apakah meningkat atau semakin menurun. Jika traffic menurun, bisa saja FAQ yang kamu buat masih belum sesuai. Kamu bisa mulai menambah pertanyaan atau mengoptimalkan pertanyaan yang sudah ada, agar sesuai dengan apa yang dicari oleh customer.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membuat Halaman FAQ Website Perusahaan

Buat halaman FAQ mudah ditemukan

Agar halaman FAQ yang kamu buat mudah ditemukan oleh pelanggan, kamu bisa mengoptimalkannya melalui teknik SEO. Dengan begitu, pelanggan bisa langsung menemukan jawaban yang mereka cari di pencarian Google.

Selain itu, kamu juga bisa menempatkan halaman FAQ pada bagian yang mudah dilihat di dalam websitemu, seperti di bar navigasi atas atau di bagian footer.

Baca Juga: 10+ SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website Kamu [2022]

Siap Buat FAQ untuk Website?

Memiliki FAQ adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan website dan bisnismu. Dengan FAQ, websitemu bisa mendapatkan lebih banyak traffic dan kepercayaan dari pelanggan.

Dalam membuat FAQ, tujuan utamanya adalah membantu customer menemukan informasi yang mereka cari. Untuk itu, buat FAQ berdasarkan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, ya.