Apa Itu FAQ? Arti, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat FAQ

Apa Itu FAQ? Arti, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat FAQ

Frequently Asked Questions atau disingkat FAQ adalah istilah yang sering ditemui ketika hendak membeli sebuah produk atau jasa. Pasti ada saatnya pengguna ingin menanyakan banyak hal seputar produk/jasa tersebut secara rinci. 

Maka dari itu peran dari adanya FAQ yaitu memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum sebelum melakukan pembelian. Dalam bisnis, FAQ menjadi salah satu elemen penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Alih-alih harus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali, kamu dapat mengarahkan pelanggan ke bagian FAQ yang relevan. Selain itu, FAQ juga dapat membantu mengurangi beban layanan pelanggan. Maka dari itu penting untuk mengetahui lebih dalam apa itu FAQ dan cara membuatnya.

Apa Itu Frequently Asked Question (FAQ)?

FAQ adalah singkatan dari frequently asked questions yaitu pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Tujuan utama dari FAQ adalah untuk memberikan informasi yang sering ditanyakan oleh pelanggan atau pengunjung terkait produk, layanan, atau topik tertentu. FAQ berfungsi sebagai sumber informasi yang dapat diakses kapan saja, sehingga memudahkan pelanggan dalam mencari jawaban tanpa harus menghubungi layanan pelanggan secara langsung.

Di samping itu, menu FAQ dan halaman FAQ memiliki konsep yang sama, yaitu menyediakan daftar pertanyaan dan jawaban yang umum. Namun, terdapat perbedaan dalam penerapannya.

  • Menu FAQ: Biasanya berupa tautan atau bagian kecil pada halaman website yang sama dengan produk atau layanan yang sedang ditawarkan. Isi pertanyaannya spesifik terkait produk atau layanan tersebut.
  • Halaman FAQ: halaman yang berisi daftar pertanyaan dan jawaban terkait berbagai topik atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Halaman FAQ ini biasanya dapat diakses melalui navigasi utama pada website dan mencakup informasi yang lebih luas dan umum.

Fungsi FAQ

FAQ adalah alternatif untuk menjawab pertanyaan pelanggan, selain itu ini memiliki banyak fungsi baik itu bagi pemilik bisnis maupun bagi pelanggan. Berikut ini beberapa fungsi FAQ yang perlu kamu ketahui.

  • Meningkatkan pengalaman pengguna: Halaman FAQ yang baik dapat meningkatkan user experience dengan menyediakan informasi yang mereka butuhkan secara mudah dan cepat. Dengan menemukan jawaban secara mudah, pengguna akan merasa puas dan terbantu dalam proses pengambilan keputusan.
  • Menghemat biaya dan tenaga: FAQ dapat mengurangi beban layanan pelanggan dan menghemat waktu serta biaya bagi pemilik bisnis. Dengan menyediakan jawaban di halaman FAQ, kamu dapat menghindari penanganan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang oleh tim layanan pelanggan.
  • Mempertahankan kredibilitas dan reputasi bisnis: Halaman FAQ yang lengkap dan transparan dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Dengan memberikan informasi yang jelas dan terbuka dapat membantu pelanggan memahami produk atau layanan dengan lebih baik sebelum memutuskan untuk membeli. Serta memberikan jawaban yang cepat dan mudah diakses.
  • Mengkonversi pengunjung menjadi pembeli: Halaman FAQ dapat membantu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli. Dengan memberikan informasi yang jelas dan menyeluruh, pengunjung akan merasa yakin bahwa bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan mereka, sehingga lebih cenderung melakukan pembelian.

Baca Juga: Mengenal Conversion Rate, Faktor Penting, dan Cara Optimasinya

Contoh FAQ pada Website

Setelah mengetahui beberapa fungsi FAQ, berikut ini terdapat beberapa contoh FAQ pada website yang dapat kamu jadikan referensi sebelum membuat.

1. FAQ Dewaweb

contoh tampilan faq pada websiteTampilan FAQ pada website Dewaweb di atas menunjukkan daftar pertanyaan umum seputar layanan cloud hosting yang mereka tawarkan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disajikan dalam format yang bisa dikembangkan untuk melihat jawabannya dengan mengklik tanda tambah (+) di samping setiap pertanyaan. Format ini memungkinkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membaca seluruh isi halaman FAQ secara berurutan. 

2. FAQ Bibit

contoh faq bibit

Gambar tersebut menampilkan tampilan halaman FAQ pada situs web Bibit, sebuah platform investasi daring. Pada bagian atas, terdapat sebuah kotak pencarian yang memungkinkan pengunjung untuk mencari topik atau kata kunci tertentu yang ingin mereka cari jawabannya. Bagian ini memudahkan pencarian informasi secara cepat dan efisien. Di bawahnya, terdapat daftar artikel atau topik yang sering dibaca, dikelompokkan dalam dua kategori.

3. FAQ MakinRajin

contoh faq makinrajin

Gambar di atas merupakan sebuah FAQ dari situs agency digital  marketing yang menyediakan penjelasan singkat mengenai pertanyaan yang sering diajukan terkait agency tersebut. Beberapa pertanyaan diantaranya adalah seperti apa digital marketing agency, siapa yang biasanya membutuhkan layanan tersebut dll.

Cara Membuat FAQ Website

Setelah melihat beberapa contoh FAQ website, langsung saja kamu dapat mencoba cara membuat FAQ website menggunakan WordPress yang akan dibahas secara lengkap di bawah ini.

  • Langkah pertama, kamu perlu login ke dashboard WordPress terlebih dahulu. Kemudian pilih menu Plugins > Add new plugin > lalu cari plugin Quick and Easy FAQ.
  • Kemudian klik Install Now dan Activate.install plugin untuk membuat faq
  • Kemudian nanti akan muncul menu FAQs lalu pilih Add new.pilih add new
  • Setelah itu masukan judul dan jawaban FAQ yang ingin kamu buat, selanjutnya kamu juga dapat membuat Group baru di pojok kanan bawah lalu klik Publish atau Update.cara membuat faq pada website
  • Setelah membuat FAQ, kali ini kamu perlu menampilkan FAQ tersebut. Caranya buka menu Pages > Add new page. Masukkan judul halaman, misalnya “Frequently Asked Questions”.
  • Selanjutnya masukkan kode [faqs] untuk menampilkan halaman FAQ yang sudah dibuat sebelumnya. Terakhir, klik Publish atau Update.masukkan kode [faqs] lalu publish

Berikut adalah tampilan FAQ website yang sudah dibuat seperti di atas.

contoh faq pada website

Manfaatkan FAQ untuk Bisnismu!

FAQ adalah solusi yang efektif untuk memberikan informasi terkait produk atau layanan secara transparan kepada pengguna. Dengan menyediakan FAQ yang lengkap dan informatif, kamu tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. FAQ yang baik akan membantu mengurangi beban layanan pelanggan dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Bagi kamu para pemilik website, jangan ragu untuk membuat FAQ di website dan ikuti langkah-langkahnya di atas. Perhatikan juga hal penting sebelum membuat FAQ. Untuk mendapatkan informasi lain terkait website, digital marketing, atau topik lain, ikuti terus update terbaru dari artikel-artikel blog Dewaweb! Semoga membantu ya!