Apa itu Google Ads? Fungsi, Elemen dan Cara Kerjanya

Apa itu Google Ads? Fungsi, Elemen dan Cara Kerjanya

Salah satu jenis digital marketing yang banyak digunakan adalah search engine marketing atau lebih dikenal dengan istilah SEM. Search engine marketing mencakup semua marketing yang dilakukan di search engine, salah satunya adalah Google Ads. Sebagai salah satu bentuk paid search atau pencarian berbayar, Google Ads perlu dimanfaatkan bagi semua pebisnis untuk meningkatkan awareness bisnisnya.

Google Ads adalah layanan periklanan Google yang mengizinkanmu membayar biaya agar website ditampilkan di halaman hasil pencarian (SERP) ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu ke mesin pencari. SERP akan menampilkan ads yang kamu buat untuk membawa pencari ke websitemu. Kamu hanya perlu membayar jika orang mengklik ads tersebut. Dengan kata lain, kamu dapat membayar agar website terlihat di bagian atas SERP.

Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut apa itu Google Ads? Simak penjelasan berikut ya!

Baca Juga: Cara Buat Iklan di Google Ads untuk Pemula, Dijamin Mudah

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah platform periklanan online dari Google yang mengizinkan penggunanya membuat iklan agar informasi dan tautan ke situs kamu muncul di hasil pencarian Google. Artinya, orang-orang dapat menemukan situs kamu di SERP Google dengan kata kunci tertentu yang telah kamu targetkan. Awalnya, Google Ads ini bernama Google AdWords sebelum akhirnya berganti pada 2018.

Meski begitu, layanan yang ditawarkan tetap sama yaitu pengiklan membayar per klik (CPC) atau membayar per tayangan/impresi (CPM) yang didapatkan dari iklan. Iklan yang ditayangkan tidak hanya di mesin pencarian Google, tetapi sekali memasang iklan dengan Google Ads, iklanmu akan tayang di halaman hasil mesin pencarian (SERP), Youtube, Blog, hingga Google Display Network.

Baca juga: SEM dan SEO: Perbedaan dan Manfaatnya

Mungkin beberapa dari kamu masih ada yang bingung tentang perbedaan paid search seperti salah satunya Google Ads, dan organic search atau yang sering dikenal SEO.

Paid search dan SEO sama-sama muncul di halaman hasil pencarian, tetapi mereka ditampilkan di tempat yang berbeda. Berikut adalah perbedaan letak paid search dan SEO.

Paid-Search-SEO-Dewaweb

Seperti yang bisa dilihat, ketika kamu memasukkan keyword “belanja online”, hasil yang di bagian atas adalah hasil paid search. Sementara hasil SEO ada di bawah. Untuk membedakannya, website yang melakukan paid search, mereka memiliki tanda hijau bertuliskan Ad di depan URL website mereka.

Menurut data dari HubSpot, hanya 30% orang akan mengklik link yang memiliki tanda Ads tersebut. Tetapi apakah itu berarti bahwa kamu tidak perlu melakukan campaign paid-per-click (PPC)?

Sebenarnya, tidak juga. Campaign PPC bisa membantu website kamu untuk muncul di halaman pertama jika SEO website-mu belum terlalu bagus. Ini bisa membantu kamu untuk membangun online presence di internet.

Baca Juga: 11 Cara Jitu agar Blog Muncul di Google Halaman Pertama

Fungsi dan Manfaat Google Ads

Google Ads memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Tidak hanya sebatas menampilkan iklan dan kesempatan banyak dilihat orang pada platform Google,  kamu juga bisa memanfaatkan metode paid search satu ini untuk memberikan kamu keuntungan.

Paid search seperti Google Ads mungkin terdengar mudah digunakan karena hanya perlu membayar, berbeda dengan SEO yang mengharuskanmu melakukan strategi SEO yang tepat untuk tampil di SERP. Padahal sebenarnya kamu juga perlu strategi dalam mengoptimasi paid search. Berikut beberapa fungsi Google Ads sebagai salah satu bentuk paid search dalam menunjang strategi marketingmu:

Uji coba landing page

Google Ads bisa kamu gunakan ntuk menguji coba dan mengoptimasi landing page. Kamu bisa saja membuat dua landing page yang berbeda untuk dipasang di Google Ads. Dari situ, kamu bisa melihat landing page mana yang menerima lebih banyak traffic.

Ini dinamakan A/B Testing, suatu strategi dimana kamu melakukan dua hal yang berbeda untuk melihat langkah mana yang lebih bekerja. Paid search termasuk Google Ads adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan A/B Testing yang efektif, karena bisa mendapatkan traffic ke halaman website yang kamu mau dan melihat halaman website mana yang memiliki conversion rate lebih tinggi.

Baca Juga: Pengertian CTR dan 12 Cara Meningkatkan Click Through Rate

Mencari keyword baru

Selain uji coba landing page, kamu bisa melakukan paid search untuk mencari keyword baru yang bagus untuk campaign kamu. Google Ads bisa memberikan laporan “search terms” yang memberi tahu keyword di mana ads kamu ditampilkan ketika ada yang mencari keyword tersebut.

Misalnya, kamu melakukan bidding untuk kata kunci “sepatu merah”, Google mungkin akan memunculkan ads kamu jika ada yang mencari “sepatu olahraga merah”. Meskipun kamu tidak memasukkan “sepatu olahraga merah” ke daftar keyword, ini akan tetap dimasukkan ke laporan karena merupakan keyword yang banyak dicari orang.

Selain itu, di laporan yang sama, kamu dapat melihat bagaimana performance setiap keyword. Jadi kamu bisa memilih sendiri apakah ingin memasukkan keyword tersebut ke campaign.

Memastikan website terletak above-the-fold

Salah satu keuntungan menggunakan Google Ads adalah website bisa ada di above-the-fold. Apa itu above-the-fold? Above-the-fold adalah bagian halaman website yang langsung terlihat tanpa perlu scroll. Jika website kamu muncul di bagian atas SERP maka dapat dikatakan website berada di above-the-fold. Website seperti ini memiliki kemungkinan untuk diklik lebih besar daripada website yang ada di below-the-fold.

Cara Kerja Google Ads

Ada tiga elemen yang harus ada pada campaign paid search atau Google Ads, yakni keywords, ads, dan landing pages. Dalam melakukan paid search, kamu perlu memberi tahu Google daftar keyword. Ini akan membantu Google untuk menentukan di keyword apa ads sebaiknya dimunculkan.

Setelah itu, kamu perlu mendesign ads agar audiens tertarik dan membuat orang ingin mengkliknya. Jika ada orang yang mengklik ads kamu, URL itu harus mengirim mereka ke sebuah landing page. Tujuan dari landing page adalah untuk mendapatkan pengunjung dan mengkonversikannya – baik itu membeli produk, mendownload e-book, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page yang Menarik di WordPress

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja Google Ads lebih jauh, kamu harus tahu apa sama elemen-elemen yang ada di dalamnya. Beberapa elemen Google Ads adalah PPC, Quality Score, Keyword, Account Structure, dan Budget. Berikut penjelasannya:

Pay-Per-Click Bidding

Kalau familiar dengan istilah paid search, kamu mungkin pernah mendengar istilah pay-per-click atau yang lebih dikenal dengan singkatan PPC. Pay-per-click berarti kamu tidak akan membayar iklan kalau hanya ditampilkan, kamu hanya akan membayar jika orang mengklik iklanmu.

Lalu bagaimana Google mengatur berapa harga yang harus bayar untuk setiap kliknya? Google menggunakan system bidding atau lelang untuk mengatur harganya. Untuk setiap keyword, kamu memiliki bidder dengan harga tertinggi. Misalnya, ada seseorang yang memasang harga Rp. 1,000, kemudian ada lagi yang memasang harga Rp. 750,-. Lalu ada yang memasan harga Rp. 500,- dan seterusnya. Maka Google akan mengurutkan websitenya berdasarkan harga lelang paling tinggi. Harga setiap kliknya sendiri akan diatur oleh Google dengan bantuan machine learning.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

Quality Score

Walaupun harga bidding dapat menentukan apakah ads akan dimunculkan untuk keyword tertentu atau tidak, Google juga memiliki sebuah algoritma yang disebut quality score. Quality score adalah algoritma yang memberi nilai untuk ads berdasarkan kerelevanannya. Algoritma ini melihat ketepatan keyword dengan ads dan seberapa relevan ads dengan konten landing page. Dengan kata lain, Google benar-benar menilai landing page kamu untuk memastikan bahwa kamu tidak memasang ads sembarangan.

Alasan Google memasukkan quality score sebagai alat ukur adalah untuk memastikan bahwa mereka memberikan user experience terbaik untuk penggunanya. Bidding PPC tidak menjadi satu-satunya alasan sebuah website berada di peringkat atas. Bisa dibilang quality score lebih menentukan letak ads Anda dibanding dengan PPC bidding.

Lalu bagaimana cara kerja quality score? Quality score memiliki nilai 1 sampai 10, dengan 1 sebagai rating terendah dan 10 sebagai rating tertinggi. Ini berarti jika ada orang yang bidding dengan harga Rp5.000 tetapi memiliki rating 2 sementara kamu memasang bidding dengan harga Rp2000 tapi memiliki rating 9, ada kemungkinan Google akan memberi ranking yang lebih tinggi ke kamu karena ads-mu lebih relevan.

Keywords

Dalam tampilan ads, kamu tentu tidak mau hanya memilih group keyword tertentu dan Google hanya menampilkan ads kamu saat keyword itu dimasukkan. Karena orang bisa saja memasukkan kata-kata yang berbeda untuk pencarian yang sama. Oleh karena itu, Google memiliki tiga jenis keyword match yang bisa digunakan; exact match, phrase match, dan broad match. Apa bedanya?

  • Broad match: Berisi semua kata, mungkin dalam urutan apa pun, dan dapat menyertakan kata lain
  • Phrase match: Berisi semua kata, dalam urutan, dan dapat mencakup kata lain sebelum atau sesudah frasa
  • Exact match: Hanya berisi kata-kata ini dalam urutan ini

Sebagai contoh, misalnya ada orang yang mencari “sepatu tenis merah Velcro”. Ads kamu hanya akan keluar jika memilih keyword “sepatu tenis merah Velcro”.

Kalau keyword diset di exact match dan ada orang yang mencari menggunakan keyword “sepatu tenis cowok merah Velcro”, ads kamu tidak akan muncul. Kamu tidak disarankan untuk menggunakan exact match untuk ads. Sebagai pengguna Google Ads, kamu disarankan untuk menggunakan broad match. Jadi misalnya ada orang yang mencari “sepatu tenis”, ads kamu akan tetap muncul.

Oleh karena itu, strategi keyword yang baik adalah menggunakan broad match dan phrase match untuk mendapatkan traffic. Lalu lihat laporan search terms untuk melihat keywords mana yang memiliki conversion rate yang tinggi. Untuk keyword sendiri, kamu memang perlu melakukan uji coba terus menerus untuk melihat mana yang paling optimal. Performance keyword akan terus berubah-ubah dan strategi campaignmu harus mengikutinya.

Baca Juga: 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

Account structure

Account structure Google Ads adalah hal yang sangat penting untuk efisiensi dan keberhasilan campaign paid search. Jadi, kamu memiliki kata kunci, memiliki daftar kata kunci yang kamu beli, dan kemudian kamu memiliki iklan yang ingin ditunjukkan ketika seseorang mengetik salah satu kata kunci tersebut.

Sekarang kamu bisa mengelompokkan bersama kata kunci yang diinginkan untuk menampilkan iklanmu agar dapat membuat Ad Copy yang sangat relevan untuk kata kunci ini, dan meningkatkan kemungkinan bahwa pencari akan mengklik adsnya.

Budget

Ketika membayar Google untuk campaign PPC, kamu tidak akan menggesek kartu kredit setiap kali seseorang mengklik iklan. Cara kerja Google Ads adalah kamu menetapkan budget harian untuk campaign. Jadi untuk setiap campaign, kamu dapat menentukan berapa banyak uang yang dapat dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap hari. Misalnya memasukkan Rp. 200,000,-/hari untuk campaign A dan Rp. 75,000,-/hari untuk campaign B. Google tidak akan melebihi jumlah ini.

Bagaimana jika semua uang itu dihabiskan hanya dalam satu atau dua jam? Bagaimanapun juga, jika kamu memiliki kata kunci yang sangat relevan atau sangat populer, kamu memiliki risiko untuk menghabiskan budget dengan cepat.  Google menawarkan fitur yang memungkinkan kamu untuk meminta agar budget tidak langsung dihabiskan dalam 1-2 jam.

Batas budget harian tentu saja merupakan fitur yang berguna, terutama bagi mereka yang baru memulai dengan paid search. Kamu dapat menetapkan budget rendah ketika memulai, baru kemudian secara perlahan mulai mengukur kesuksesan dan lead quality dan coba untuk mengoptimalkan kampanye sebelum kamu benar-benar menginvestasikan banyak uang di dalamnya.

Cara Mengukur Kesuksesan Iklan Google Ads

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu Google Ads, fungsi dan cara kerjanya. Sekarang, kamu bisa memperajari bagaimana cara mengukur keberhasilan iklan Google Ads yang dibuat. Nah, satu-satunya cara untuk mengoptimalkan campaign Google Ads adalah dengan menggunakan metrik dan report yang disediakan oleh Google. Simak penjelasannya!

Ada empat metrik dasar yang penting untuk paid search, termasuk Google Ads yaitu:

  • Impressions adalah berapa kali ads kamu dimunculkan ketika pengguna Google memasukkan keyword itu. Jadi impressions juga bisa dibilang sebagai berapa banyak orang yang melihat ads kamu.
  • Clicks adalah jumlah klik yang didapatkan dari ads. Untuk terhitung sebagai clicks, seseorang harus mengklik adsnya.
  • Conversion adalah jumlah orang yang melihat ads, mengkliknya, dan melakukan action yang kamu ingin mereka lakukan saat mereka ada di landing page kamu. Action ini bisa berupa download atau transaksi. Saat mengatur akun, kamu akan mendapatkan tracking code yang dapat membantu Google untuk melacak conversions.
  • Spend adalah jumlah uang yang digunakan untuk campaign tersebut.

Keempat metrik di atas sangat penting untuk diperhatikan. Tetapi analytics yang paling penting untuk mengoptimalkan kampanye kamu sebenarnya berasal dari kombinasi berikut:

  • Click Through Rate (CTR). CTR adalah persentase jumlah impressions yang menjadi clicks. Semakin tinggi persentasenya, semakin berhasil campaign.
  • Conversion Rate. Conversion rate adalah persentase clicks yang menjadi conversions. Semakin tinggi nilainya, semakin berhasil campaign.
  • Cost-Per-Click (CPC). CPC adalah jumlah uang yang kamu habiskan untuk setiap klik. Kamu bisa menghitung rata-rata CPC dengan membagi jumlah spend dengan clicks. Untuk alat ukur yang ini, semakin kecil nilainya semakin baik.
  • Cost Per Acquisition (CPA). CPA adalah jumlah uang yang  dihabiskan untuk setiap konversi. Kamu bisa menghitung rata-rata CPA dengan membagi total spend dengan total conversions. Sama seperti CPC, semakin kecil nilainya, semakin sukses campaign.

Sudah Tahu Apa itu Google Ads?

Dewaweb sudah membahas semua tentang apa itu Google Ads. Google Ads adalah platform periklanan dari Google yang mengizinkan penggunanya membuat iklan agar tautan ke situs kamu muncul di hasil pencarian.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah strategi Google Ads akan berubah-ubah. Kamu perlu menyesuaikannya berdasarkan hasil report dan hasil yang didapatkan. Semoga artikel kali ini dapat membantumu mengatur strategi paid search termasuk Google Ads bisnis kamu. Salam sukses online!