Kenalan dengan Istilah GUI yang Memudahkan Para Developer

Kenalan dengan Istilah GUI yang Memudahkan Para Developer

Tahukah kamu istilah GUI? Kepanjangan dari GUI adalah graphical user interface, yang merupakan sebuah tampilan pada sistem operasi Windows. Tampilan tersebut pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu para pemilik laptop dengan OS Windows maupun MacOS.

Meski begitu masih banyak yang tidak tahu istilah tersebut padahal GUI inilah yang membantu para developer dalam memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan komputer. Agar tahu lebih lanjut pengertian dan fungsi GUI, yuk simak terus artikel Dewaweb kali ini!

 Apa Itu GUI?

GUI adalah sebuah antarmuka atau interface yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan sebuah perangkat. Dapat dikatakan bahwa GUI adalah komponen visual yang interaktif pada software komputer.

Sistem operasi GUI umumnya terdiri dari jendela, menu, icon, serta berbagai widget lain yang dapat dikendalikan menggunakan alat input seperti mouse, touchscreen, dan keyboard. Komponen ini di desain secara user friendly agar bisa digunakan semua user.

Graphical user interface pertama kali dikembangkan oleh Xerox Pako Alto pada tahun 1970 akhir. Sejak saat itu hingga saat ini GUI digunakan oleh Apple untuk OS Macintosh-nya, serta digunakan Microsoft untuk OS Windows mereka.

Baca Juga: 7 Jenis Sistem Operasi Komputer selain Windows, Mac, dan Linux

Dengan adanya teknologi GUI, developer menjadi lebih terbantu dalam membuat komponen visualnya. Sedangkan pada sisi pengguna fungsi GUI yaitu untuk memudahkan mereka dalam berinteraksi dengan perangkat seperti komputer.

Salah satu manfaat dari GUI misalnya kamu ingin mengirim pesan, maka kamu tinggal menekan icon pesan pada jendela layar tersebut, tanpa perlu kamu mengetik manual pada kolom pencarian.

Baca Juga: Pengertian User Interface, Fungsi dan Karakteristiknya

Bagaimana Cara Kerja GUI?

Tujuan utama dari GUI adalah membantu user ketika berinteraksi dengan perangkat. Nah, dalam cara kerjanya teknologi ini menggunakan prinsip desain seperti pada pola software model-view-controller. Artinya informasi eksternal dan internal akan dipisahkan. 

Informasi yang ditampilkan pada pengguna hanyalah fungsi yang dapat digunakan, mereka tidak perlu mengerti seperti apa input kode yang digunakan untuk menjalankan perintah tersebut. Sehingga user tidak akan bingung dan interaksi dilakukan secara mudah.

Dalam pembuatannya, developer dapat membuat interface sebebas mungkin sesuai kebutuhannya. Namun, fungsinya harus tetap sama, yaitu memudahkan user.

Misalnya kamu ingin kembali ke halaman sebelumnya, maka yang dapat dilakukan pengguna adalah mengarahkan mouse ke tombol back dan menekannya. Kemudian, program akan berjalan dengan menginput kode berdasarkan GUI yang sudah dipilih sehingga hasil dari aksi akan tampil pada layar kamu.

Baca Juga: Ingin Jadi Software Developer? Kuasai Skill Berikut Ini

Kelebihan dan Kekurangan GUI

GUI adalah salah satu terobosan paling bermanfaat hingga saat ini karena interaksi antara manusia dengan komputer menjadi lebih mudah. Nah, di bawah ini terdapat kelebihan dan kekurangan dari teknologi GUI.

Kelebihan GUI

Kelebihan GUI tentu bisa kita lihat dengan jelas saat ini, GUI memiliki pemahaman yang mudah sehingga para developer dapat mengembangkannya. Selain itu, teknologi ini memungkinkan komputer dapat dioperasikan dengan mudah oleh siapapun.

Sehingga interface aplikasi maupun sistem operasi dapat dibuat lebih menarik dan teknologi dapat diakses tidak hanya untuk orang-orang yang paham teknologi saja, tapi untuk orang awam sekalipun.

Kekurangan GUI

Meski memudahkan interaksi antara komputer dengan manusia, sistem GUI ini masih memiliki kekurangan, yakni terbatasnya interaksi yang dapat dilakukan pengguna karena sudah diprogram oleh developer.

Sistem yang sudah diprogram tentu tidak dapat diganti sesuai kebutuhan atau keinginan kamu. 

Karena mengedepankan visual maka GUI membutuhkan penyimpanan yang lebih besar. Sehingga graphical user interface terkenal lebih lambat dibanding command-based interface. 

Itulah mengapa para developer yang membutuhkan performa komputer yang cepat, mereka biasanya jarang menggunakan sistem operasi GUI.

Walaupun masih belum sempurna, setidaknya teknologi ini sudah banyak membantu para pengguna dalam interaksinya dengan perangkat. 

Baca Juga: Mau jadi Web Developer? Ini tugas-tugasnya!

Contoh GUI

Sistem operasi yang berbasis GUI adalah sistem operasi yang di mana pengguna tidak perlu menghafal baris kode, kamu hanya tinggal mengklik icon, button, atau komponen visual lain yang terdapat pada layar. Berikut ini beberapa sistem operasi dengan GUI.

Windows

Contoh GUI yang pertama adalah Windows, sistem operasi ini sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Windows merupakan OS dengan tampilannya yang berbasis GUI dan menawarkan banyak fitur, perintah, serta fungsi yang lengkap. Sehingga pengguna dapat mengoperasikan komputer dengan mudah.

Unix

Berbeda dengan Windows yang sudah tidak bisa lagi dikembangkan oleh pihak ketiga. Maka berbeda dengan contoh GUI satu ini, UNIX merupakan sistem operasi yang lebih menekankan pada server dan workstation. 

Dengan kompatibilitas yang tinggi pada OS Unix, membuatnya mudah digunakan, dimodifikasi hingga disalin oleh pihak luar. Itulah mengapa banyak sekali varian Unix yang ada saat ini.

Linux

Contoh GUI yang terakhir adalah Linux, pada awalnya OS ini dikembangkan oleh Linux Torvalds yang digunakan untuk emulasi terminal agar bisa mengakses server UNIX di universitasnya.

Linux sebenarnya merupakan kloningan dari MNIX, di mana MNIX adalah salah satu varian dari UNIX. Itulah mengapa Linux memiliki banyak desain yang dasarnya dari UNIX.

Linux menggunakan kernel dalam menangani kontrol proses, jaringan, periferal, serta pengaksesan sistem berkas. Mirip seperti UNIX, Linux juga dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah atau command line berbasis teks, interface pengguna grafis atau GUI yang merupakan konfigurasi bawaan versi dektop.

Baca Juga: Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Kesimpulan

Graphical user interface (GUI) adalah teknologi berbentuk antarmuka yang memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan komputer. Dengan adanya GUI, kamu tidak perlu repot mengerti baris kode untuk menjalankan perintah, kamu hanya cukup menekan icon atau tombol yang ada pada tampilan desktop.

Terdapat beberapa contoh GUI seperti Windows, UNIX, dan Linux. Windows merupakan sistem operasi GUI paling friendly karena menawarkan fitur dan tampilan yang menarik.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang membutuhkan hosting dan domain, gunakan Dewaweb untuk performa website terbaik. Dengan keamanan ISO 27001 yang sudah berstandar internasional membuat website kamu terhindar dari serangan malware. Yuk, segera registrasi domain dan hosting dan dapatkan potongan diskon up to 45%. Semoga artikel ini membantu ya!