Mengenal Pengertian ISO, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Pengertian ISO, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Sertifikat ISO adalah sebuah standardisasi internasional dari segala jenis produk yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai bukti bahwa produk tersebut sudah terjaminan kualitasnya.

Adanya sertifikat ISO ini menguntungkan perusahaan maupun konsumennya. Dari sisi konsumen, mereka jadi tidak khawatir dengan produk yang dibeli karena kualitasnya terjamin.

Sementara dari sisi perusahaan akan mendapatkan kredibilitas serta meningkatkan image positif merek dagangnya.

Di artikel ini kamu akan mengetahui pengertian ISO lebih mendalam, fungsi, jenis-jenis, hingga manfaatnya bagi perusahaan. Yuk simak!

Pengertian ISO

logo ISO

Gambar: Wikipedia

Apa itu ISO? Kepanjangan dari ISO adalah International Organization for Standardization yang beranggotakan badan standardisasi nasional dari setiap negara.

Jika di Indonesia kita memiliki standardisasi produk yang disebut Standar Nasional Indonesia (SNI), maka untuk cakupan yang lebih luas yaitu secara internasional disebut sertifikat ISO.

Untuk bisa berstandar SNI, produk harus diuji sedemikian rupa, begitu pula dengan sertifikat ISO. Untuk mendapatkannya harus melalui uji kelayakan terlebih dahulu.

Nah, sertifikat ISO ini dikeluarkan secara resmi oleh ISO. Organisasi ini bertugas menetapkan standar internasional di bidang industrial dan komersial untuk meningkatkan kualitas perdagangan antar negara di dunia.

Organisasi ini bertanggung jawab mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, serta efisiensi.

Sertifikasi ISO tidak diwajibkan kepada perusahaan, namun dengan memilikinya akan memberikan peluang bagi perusahaan atau bisnis untuk unggul dalam persaingan pasar global.

Hal ini karena perusahaan tersebut telah memiliki jaminan kualitas produk (barang atau jasa) dari ISO sehingga mendapatkan kredibilitas di mata konsumen.

Biasanya, standar yang sudah ada yaitu standar jenis film fotografi, ukuran kartu nama, kartu ATM bank, ketebalan dan ukuran kertas, dan lain sebagainya.

Sementara untuk bidang elektronik, ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standarisasi peralatan elektronik.

Fungsi ISO

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ISO adalah standarisasi internasional yang berfungsi mengukur suatu kualitas dari perusahaan dalam memfasilitasi perdagangan agar berjalan dengan baik.

Namun tidak hanya itu, ISO memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting bagi perusahaan yang memiliki sertifikatnya. Kira-kira apa saja fungsi ISO? Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan standar perusahaan

Perusahaan yang sudah terverifikasi standar internasional secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas serta citra yang dimiliki. Selain itu, sertifikasi ISO yang dimiliki oleh perusahaan dapat membuat bersaing di pasar global.

2. Menciptakan citra bagi client

Tidak hanya untuk konsumen saja, ISO yang dimiliki juga bermanfaat bagi client serta perusahaan kerja sama lainnya. Sebab, perusahaan bisa mendapatkan keyakinan untuk mengerjakan project yang diberikan tanpa perlu merasa dipandang sebelah mata.

3. Meminimalisir terjadinya kesalahan ketika proses produksi

Ketika bersertifikasi standar internasional, perusahaan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada proses produksi.

Hal ini karena perusahaan sudah memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dapat memengaruhi kepercayaan konsumen.

Jenis-Jenis ISO

Adapun beberapa jenis-jenis ISO yang digunakan oleh para perusahaan di antaranya:

ISO 9001

ISO 9001 adalah sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan. Jenis ISO 9001 ini yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan.

ISO 22000

ISO 22000 adalah sertifikasi yang ditujukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Jika ingin mendapatkan standar ini, perusahaan harus melakukan kontrol internal dan rencana proses serta pengendalian di setiap produknya.

ISO/IEC 27001

ISO 27001 adalah standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi atau Informasi Security Management System (ISMS). Biasanya standar ini digunakan oleh perusahaan IT dan teknologi.

Dewaweb sendiri berhasil mengantongi Sertifikat ISO 27001 (Information Security Management) dari The British Standards Institution (BSI), yang diberikan hanya kepada perusahaan penyedia layanan cloud yang menerapkan standar pengelolaan keamanan data yang baik dan benar.

Sertifikat ini tidak hanya berarti untuk Dewaweb saja, tetapi juga untuk para pelanggan setia. Sebab, sertifikasi ini dapat menjadi jaminan untuk kamu yang terus mempercayai Dewaweb sebagai perusahaan penyedia layanan hosting yang aman, di tengah maraknya ancaman siber.

Baca Juga: Dewaweb Raih Sertifikat ISO 27001 Pertama di Indonesia

ISO 14001

ISO 14001 yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan dengan berbagai aspek yang wajib dipenuhi, seperti penghematan air, bahan bakar, energi, dan pengelolaan limbah.

ISO TS 16949

ISO TS 16949 adalah standar yang berhubungan dengan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif dengan konsep perbaikan berkelanjutan, tindakan pencegahan dan perbaikan, serta pengendalian rantai pemasok.

ISO 5001

ISO 5001 adalah standar untuk sistem manajemen energi supaya perusahaan mempunyai sistem untuk memperbaiki konsumsi energi, kinerja, dan efisiensi.

ISO/IEC 17025

ISO/IEC 17025 adalah standar untuk mengatur lembaga pengujian atau laboratorium yang memiliki tujuan sebagai jaminan keakuratan hasil pengujian pada bidang kesehatan, perlindungan konsumen, perdagangan, dan produksi.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standar untuk mengatur sistem keamanan pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi, seperti hotel, perbankan, pertambangan, dan sejenisnya.

Manfaat ISO bagi Bisnis

ISO juga bisa dimanfaatkan untuk sebuah bisnis di beberapa bidang, seperti komersial maupun industri. Supaya lebih jelas, berikut beberapa manfaat ISO dalam bisnis, di antaranya:

1. Membangun image positif perusahaan

Dengan sertifikasi ISO, brand image perusahaan dapat lebih dikenal dengan image positif. Adanya image atau branding dari perusahaan dapat membuat bisnis bisa semakin berkembang hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

2. Menjamin kredibilitas perusahaan

ISO membuat perusahaan terlihat memiliki kredibilitas yang dapat menarik kepercayaan bagi para konsumen. Jadi, seluruh hal yang berkaitan dengan perusahaan telah memiliki standar yang baik sehingga memberikan nilai positif pada kepuasan konsumen.

Hal ini juga yang dapat menjamin perusahaan bisa bebas melakukan perdagangan secara global, sebab produknya sudah melalui sistem jaminan mutu sesuai standar internasional.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Mendapatkan kepercayaan konsumen bukan hal yang mudah. Nah, dengan memiliki sertifikasi ISO, konsumen bisa menaruh kepercayaan pada kualitas barang perusahaan yang sudah lulus standardisasi internasional.

4. Menghemat biaya

Dengan standar ISO, suatu perusahaan akan menerapkan sistem manajemen khusus yang dapat membantu mengetahui kinerja perusahaan.

Ketika ada indikasi bahwa kinerja perusahaan menurun atau suatu produk akan gagal, maka upaya antisipasi dapat segera dilakukan.

Proses tersebut secara tidak langsung akan mencegah terjadinya pemborosan anggaran akibat kinerja buruk dan produk gagal tersebut.

Sudah Tahu Apa Itu ISO?

Jadi, International Organization for Standardization atau disingkat ISO adalah lembaga nirlaba internasional yang menetapkan standardisasi internasional dari sebuah produk.

Organisasi ini bertanggung jawab mengembangkan dan menjaga standar produk berbagai industri, terutama industri yang mempromosikan kualitas dan keamanan.

Oleh karena itu, perusahaan yang menawarkan produk dengan menonjolkan kualitas, keamanan, dan efisiensi akan lebih dipercaya konsumen jika sudah bersertifikasi ISO.

Dengan memiliki sertifikat ISO, perusahaan bisa mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari para konsumen. Lebih jauh, brand perusahaan juga akan terjaga karena citra yang positif.

Jadi, bagi kamu yang sedang memilih sebuah produk, pastikan perusahaan tersebut sudah bersertifikat ISO. Seperti Dewaweb yang sudah bersertifikat ISO 27001, semua produk Dewaweb seperti cloud hosting, SSL, dan VPS server sudah pasti terjamin kualitas dan keamanannya.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!