Apa itu ISO? Pengertian, Jenis dan Manfaat ISO bagi Bisnis

Apa itu ISO? Pengertian, Jenis dan Manfaat ISO bagi Bisnis

ISO adalah standarisasi yang di mana setiap bisnis yang bekerja dengan memproduksi segala jenis produk, perlu untuk setidaknya memberikan jaminan kualitas dari produk yang dihasilkannya. Suatu bisnis yang memiliki sertifikasi ISO mempunyai kemungkinan lebih untuk berkompetisi di pasar dan mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

Tidak hanya itu, standar ISO memberikan kontribusi yang sangat besar dan positif, mulai dari layanannya, seperti kualitas, keamanan, keandalan, efisiensi, pertukaran, dan lain sebagainya. Apabila produk memenuhi harapan konsumen, perusahaan tersebut akan mendapatkan testimoni yang positif, sehingga produk tersebut semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Ingin mengetahui lebih lanjut pengertian, jenis-jenis, dan manfaat ISO dalam bisnis? Simak artikel yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini untuk informasi jelasnya.

Baca juga: 101 Etika Bisnis: Pengertian Para Ahli, Prinsip, dan Manfaatnya

Pengertian ISO

Apa itu ISO? ISO adalah kepanjangan dari The International Organization for Standardization yang beranggotakan para wakil badan standardisasi nasional dari setiap negara. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, serta efisiensi.

Kendati demikian, sertifikasi ISO ini bukan dokumen yang diwajibkan oleh suatu perusahaan. Namun dengan adanya organisasi ini, ISO memberikan peluang bagi suatu perusahaan atau bisnis yang berpeluang untuk memenangkan persaingan pasar global, karena memberikan jaminan kualitas produk.

Untuk menetapkan suatu standar tersebut, ISO akan mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga: Mengenal Unique Selling Point (USP) dan Contohnya bagi Bisnis

Fungsi ISO

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ISO adalah standarisasi internasional yang berfungsi mengukur suatu kualitas dari perusahaan dalam memfasilitasi perdagangan agar berjalan dengan baik.

Namun tidak hanya itu, ISO memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting bagi perusahaan yang mendapatkan sertifikasinya. Kira-kira apa saja fungsi ISO? Berikut informasinya, yakni:

1. Meningkatkan standar perusahaan

Perusahaan yang sudah terverifikasi standar internasional secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas serta citra yang dimiliki. Selain itu, sertifikasi ISO yang dimiliki oleh perusahaan dapat membuat bersaing di pasar global.

2. Menciptakan citra bagi client

Tidak hanya untuk konsumen saja, ISO yang dimiliki juga bermanfaat bagi client serta perusahaan kerjasama lainnya. Sebab, perusahaan bisa mendapatkan keyakinan untuk mengerjakan project yang diberikan tanpa perlu merasa dipandang sebelah mata.

3. Meminimalisir terjadinya kesalahan ketika proses produksi

Ketika mendapatkan standar internasional, perusahaan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada proses produksi. Hal ini karena perusahaan sudah memiliki komitmen, untuk mengurangi kualitas dari produk yang dapat menurunkan kepercayaan konsumen.

Baca juga: Cara Membuat Strategi Promo Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Jenis-Jenis ISO

Sebelum memiliki sertifikasi ini, perusahaan perlu juga mengetahui apa saja jenis-jenis ISO. Sebagai informasi, terdapat delapan jenis ISO yang digunakan oleh para perusahaan untuk bisa bersaing secara global. Lebih jelasnya, berikut adalah delapan jenis ISO, di antaranya:

ISO 9001

ISO 9001 adalah sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan. Jenis ISO 9001 ini yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan.

ISO 22000

ISO 22000 adalah sertifikasi yang ditujukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Jika ingin mendapatkan standar ini, perusahaan harus melakukan kontrol internal dan rencana proses serta pengendalian di setiap produknya.

ISO/IEC 27001

ISO 27001 adalah standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi atau Informasi Security Management System (ISMS). Biasanya standar ini digunakan oleh perusahaan IT dan teknologi.

Baca juga: 11+ Cara Membuat Bisnis Startup untuk Pemula, Wajib Ditiru!

Dewaweb sendiri berhasil mengantongi Sertifikat ISO 27001 (Information Security Management) dari The British Standards Institution (BSI), yang diberikan hanya kepada perusahaan penyedia layanan cloud yang menerapkan standar pengelolaan keamanan data yang baik dan benar.

Sertifikat ini tidak hanya berarti untuk Dewaweb saja, tetapi juga untuk para pelanggan setia. Sebab, ini sebuah pencapaian besar yang dapat menjadi jaminan untuk kamu yang terus mempercayai Dewaweb sebagai perusahaan penyedia layanan hosting yang aman, di tengah maraknya ancaman siber.

ISO 14001

ISO 14001 yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan dengan berbagai aspek yang wajib dipenuhi, seperti penghematan air, bahan bakar, energi, dan pengelolaan limbah.

ISO TS 16949

ISO TS 16949 adalah standar yang berhubungan dengan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif dengan konsep perbaikan berkelanjutan, tindakan pencegahan, dan perbaikan, serta pengendalian rantai pemasok.

ISO 5001

ISO 5001 adalah standar untuk sistem manajemen energi supaya perusahaan mempunyai sistem untuk memperbaiki konsumsi energi, kinerja, dan efisiensi.

ISO/IEC 17025

ISO/IEC 17025 adalah standar untuk mengatur lembaga pengujian atau laboratorium yang memiliki tujuan sebagai jaminan keakuratan hasil pengujian pada bidang kesehatan, perlindungan konsumen, perdagangan, dan produksi.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standar untuk mengatur sistem keamanan pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi, seperti hotel, perbankan, pertambangan, dan sejenisnya.

Baca juga: 11 Aplikasi Bisnis Online yang Kamu Butuhkan untuk Jalani Usaha

Manfaat ISO dalam Bisnis

Manfaat ISO juga bisa dimanfaatkan untuk sebuah bisnis di beberapa bidang, seperti komersial maupun industri. Supaya lebih jelas, berikut beberapa manfaat ISO dalam bisnis, di antaranya:

1. Membangun image positif perusahaan

ISO yang dimiliki oleh perusahaan bersertifikat ISO dapat membantunya membangun image positif. Adanya image atau branding dari perusahaan dapat membuat bisnis bisa semakin berkembang hingga ke mancanegara.

2. Menjamin kredibilitas perusahaan

ISO membuat perusahaan terlihat memiliki kredibilitas yang dapat menarik kepercayaan bagi para konsumen. Jadi, seluruh hal yang berkaitan dengan perusahaan telah memiliki standar yang baik, sehingga memberikan nilai positif pada kepuasan konsumen.

Hal ini juga yang dapat menjamin perusahaan bisa bebas melakukan perdagangan secara global, sebab produknya sudah melalui sistem jaminan mutu sesuai standar internasional.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Mendapatkan kepercayaan konsumen bukan hal yang mudah. Nah, dengan memiliki sertifikasi ISO, hal ini bisa membuat konsumen bisa menaruh kepercayaan pada kualitas barang perusahaan yang sudah lulus standarisasi internasional organisasi.

Baca juga: 15 Online Marketing Tools yang Wajib Digunakan untuk Bisnis

Penutup

ISO adalah lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standarisasi internasional untuk apa saja. Pada beberapa kasus, standar yang cukup dikenal, ialah standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan, ISO memiliki tujuan untuk mengukur suatu kualitas dari perusahaan dalam memfasilitasi perdagangan agar berjalan dengan baik. Dengan begitu, perusahaan yang memiliki ISO dapat mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah paham tentang ISO dan manfaatnya? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum ini dapat bermanfaat untuk kamu, ya.