Kode Referral: Pengertian, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Kode Referral: Pengertian, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Pernahkah kamu mendapatkan kode referral untuk membeli produk dengan harga spesial? Pemberian kode ini adalah strategi yang dilakukan oleh affiliate marketer untuk mendapatkan komisi.

Jika kamu tertarik mendapatkan uang dari internet, maka pemberian referral code melalui affiliate marketing adalah program yang layak dicoba.

Di artikel ini kamu akan mengetahui seluk beluk kode referal meliputi pengertian, contoh, cara kerja, jenis, keuntungan, hingga cara mendapatkannya. Simak sampai tuntas!

Baca Juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Tips Suksesnya

Apa Itu Kode Referral?

Kode referral adalah kode unik yang berisi angka dan/atau huruf untuk mengidentifikasi tiap anggota program affiliate marketing.

Kode ini akan didapatkan oleh affiliate marketer setelah mereka bergabung dengan program tersebut.

Kode referal berguna untuk melacak proses perjalanan pada saat kode tersebut diberikan ke affiliate marketer, hingga digunakan oleh customer untuk melakukan pembelian.

Adanya kode ini akan mempermudah penghitungan komisi yang kamu dapatkan dari perusahaan penyedia program afiliasi.

Baca Juga: 11 Cara Mendapat Uang dari Internet & Hal yang Perlu Dipersiapkan

Contoh Referral Code

Pernahkah kamu melihat seorang influencer atau key opinion leader (KOL) di media sosial yang mempromosikan sebuah kode? Nah, itulah yang dinamakan kode referal!

contoh kode referral 1

Para influencer dalam hal ini berperan sebagai affiliate marketer yang biasanya mempromosikan kode miliknya dalam video, caption foto, atau pada biodata akun media sosial. Biasanya, kode tersebut mengandung nama atau ciri khas dari si influencer.

contoh kode referral 2

Dengan menggunakan kode ini, baik perusahaan dan konsumen akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Artikel ini juga akan membahas keuntungan referral code, simak terus ya!

Baca Juga: 8 Strategi Social Media Marketing Paling Jitu untuk Bisnismu

Cara Kerja Kode Referral

Berikut ini adalah cara kerja referral code mulai dari kode tersebut ditetapkan hingga menghasilkan komisi:

Penetapan kode

Umumnya, ada dua jenis kode referal dalam program afiliasi. Kode statis, berupa kode yang sama untuk setiap anggota, dan kode dinamis untuk masing-masing anggota yang berbeda.

Setiap pelaku usaha akan menggunakan satu jenis kode, atau dua jenis kode sekaligus dalam program afiliasi yang mereka buka dengan aturan yang berbeda-beda. Untuk itu, perhatikan baik-baik setiap ketentuan yang berlaku.

Pembagian kode

Setelah mendapatkan referral code milikmu, kamu bisa mengajak orang lain untuk ikut membagikan kode tersebut. Agar orang lain mau membagikan kode milikmu, kamu perlu membuat strategi yang sama-sama menguntungkan.

Pengumpulan kode

Ketika orang lain mulai menggunakan kode milikmu, umumnya ada proses pengumpulan kode yang dilakukan untuk mendata apakah kode yang kamu berikan benar-benar digunakan untuk melakukan pembelian atau tidak.

Klaim komisi

Jika referral code yang kamu berikan berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan dan membeli produk (redeem code), maka kamu akan menerima komisi yang sudah diatur dan disepakati bersama.

Setiap penyedia program afiliasi memiliki peraturan yang berbeda, jadi pastikan kamu sudah tahu tentang besaran komisi yang akan kamu dapatkan.

Jenis Komisi Referral

Komisi referral adalah keuntungan yang didapat oleh affiliate marketer setelah kode referal mereka digunakan untuk melakukan pembelian produk maupun transaksi lainnya oleh pelanggan.

Ada beberapa jenis komisi yang bisa kamu dapatkan ketika seseorang menggunakan referral code milikmu:

  1. Komisi Click

Komisi click adalah komisi yang kamu terima ketika pelanggan melakukan klik pada kode referal milikmu. Jenis komisi ini merupakan salah satu komisi yang paling mudah didapatkan.

  1. Komisi Upgrade

Komisi upgrade merupakan komisi yang kamu dapatkan ketika pelanggan memutuskan untuk melakukan upgrade, setelah menggunakan kode referal milikmu.

Jumlah komisi yang didapatkan juga tergantung pada peraturan yang sudah disepakati bersama dengan penyedia program afiliasi.

  1. Komisi Pembelian

Ketika pelanggan melakukan pembelian menggunakan kode referal milikmu, maka kamu akan mendapatkan komisi. Nilai komisi pembelian tiap penyedia program referral beragam, umumnya mulai dari 1% hingga 10%.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

Keuntungan Menggunakan Kode Referral

Kode referal merupakan salah satu strategi pemasaran dalam digital marketing yang memiliki banyak keuntungan, baik dari sisi perusahaan maupun konsumen. Berikut pembahasannya:

Dari sisi perusahaan

  1. Menjaring lebih banyak konsumen. Kode referal mudah disebarluaskan yang menyebabkan lebih banyak orang tahu tentang produk kita.
  2. Branding perusahaan. Kode referal yang tersebar secara masif tentunya dapat meningkatkan brand awareness suatu perusahaan.
  3. Meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini karena konsumen merasa untung dengan adanya diskon atau komisi.
  4. Penjualan meningkat. Tentu saja peluang penjualan produk akan meningkat seiring kode referal tersebar luas.

Dari sisi konsumen

  1. Mendapatkan komisi dari mengajak konsumen baru.
  2. Memudahkan konsumen untuk berbagi diskon ke keluarga atau teman.
  3. Mendapatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal.
  4. Mendapat harga lebih murah. Adanya kode referal bisa membuat harga jadi lebih murah dengan mendapatkan promo, diskon, ataupun cashback.
  5. Bersifat permanen. Yap! Keuntungan menjadi affiliate marketer ini berlaku selamanya. Jadi, kode referal milikmu bisa terus kamu gunakan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Referral?

Cara mendapatkan kode referal sebenarnya berbeda-beda dan tergantung masing-masing aplikasi.

Namun, secara umum cara mendapatkan kode referal adalah sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi
  2. Pergi ke profil akun kamu
  3. Setelah masuk ke menu profil, carilah pilihan menu “Kode Referral”
  4. Setelah melihat kodenya, kamu bisa melakukan penyesuaian sesuai keinginanmu
  5. Selanjutnya kamu tinggal membagikan kode referal atau link referral tersebut

Ternyata, cara mendapatkan kode referal ini mudah, ya? Kode referal tersebut bisa kamu ubah misalnya menjadi nama kamu, lho! Namun untuk referal jenis tautan tidak dapat diubah, ya.

Tertarik Memanfaatkan Referral?

Kode referral adalah sebuah kode unik yang terdiri dari huruf dan/atau angka untuk memperluas pemasaran produk secara digital.

Selain menguntungkan perusahaan yang memiliki produk, kode ini juga menguntungkan affiliate marketer yang menyebarkan kode tersebut.

Menjadi affiliate marketer dapat menghasilkan keuntungan dengan cara mengajak orang lain menggunakan kode referal miliknya.

Nah, jika tertarik menjadi affiliate marketer, kamu dapat mencoba program afiliasi dari Dewaweb lho!  Dengan daftar saja kamu langsung dapat Rp 100 ribu rupiah!

Jika berhasil mendapatkan pengguna yang membeli cloud hosting minimal paket Hunter, kamu akan mendapat komisi 20% juga!

Tenang, program ini tanpa modal dan tanpa risiko serta terbuka untuk semua pelanggan Dewaweb. Yuk, daftar sekarang juga!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb ataupun mengikuti webinar gratis dari Dewatalks untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!