Apa itu Konten Evergreen? Ini Pengertian & Tips Membuatnya

Apa itu Konten Evergreen? Ini Pengertian & Tips Membuatnya

Evergreen adalah konten yang akan selalu dicari pengunjung, oleh karena itu keberadaan konten ini dapat membantu meningkatkan traffic website. Berbeda dengan konten trending yang sementara, evergreen merupakan konten yang tidak lekang waktu dan akan relevan sampai kapanpun.

Bagi kamu yang ingin membuat konten evergreen pada website, yuk simak artikel Dewaweb kali ini untuk mengetahui lebih lanjut apa itu evergreen dan tips membuatnya!

Apa Itu Konten Evergreen?

Konten evergreen adalah konten website yang akan selalu relevan dan dicari pengunjung sampai kapanpun. Evergreen adalah kebalikan dari konten yang sedang trend atau viral.

Ada dua jenis konten yang diposting di website, yaitu konten viral atau berita dan konten evergreen.

Ketika membuat konten yang saat itu sedang viral, mungkin kita akan langsung mendapatkan traffic yang tinggi karena konten tersebut sedang banyak dicari. Namun, traffic itu tidak akan bertahan lama bahkan hanya beberapa hari saja karena hal yang viral semakin lama akan dilupakan.

Berbeda halnya dengan evergreen, meski tidak langsung mendapatkan lonjakan traffic, namun konten tersebut secara konsisten akan dicari pengunjung dalam waktu yang lama karena relevan sampai kapanpun.

Agar lebih memahami seperti apa konten evergreen, di bawah ini terdapat beberapa contoh kontennya.

  • Cara membuat website dengan mudah
  • Bagaimana cara memasak rendang
  • Rekomendasi menu diet dan masih banyak lagi.

Nah, konten-konten seperti di atas pasti akan selalu dicari pengguna. Setiap saat pasti ada orang yang mencari cara membuat website, bagaimana langkah-langkah cara memasak rendang, begitu juga orang-orang yang ingin diet pasti mereka akan mencari rekomendasi makanan yang harus dikonsumsi.

Dari beberapa contoh di atas juga bisa disimpulkan bahwa kebanyakan konten evergreen berbentuk seperti listicle, tips-tips, pengertian, dan jenis artikel how to.

Manfaat Konten Evergreen

Selain karena akan tetap relevan sampai kapan pun, konten evergreen juga memberikan beberapa manfaat, berikut ini beberapa manfaat konten evergreen.

1. Dapat menghemat biaya iklan

Manfaat konten evergreen khususnya dalam strategi pemasaran konten yaitu dapat menghemat biaya iklan

Membayar seorang penulis konten profesional jauh lebih hemat biayanya jika dibandingkan dengan membuat iklan di TV, radio, atau media lainnya. Di samping itu, brand juga dapat memperoleh potensi pengembalian investasi yang lebih besar dengan menggunakan penulis konten profesional.

Hal ini didukung dengan data yang  menunjukkan bahwa lebih dari 70% pengguna internet lebih tertarik untuk mempelajari produk melalui konten website daripada melalui iklan tradisional.

2. Meningkatkan prospek dalam jangka panjang

Manfaat berikutnya dari penggunaan konten evergreen adalah dapat membantu meningkatkan prospek bisnis kamu dalam jangka panjang.

Maka dari itu, pastikan kamu membuat evergreen content yang sesuai dengan kebutuhan target pasar kamu. Hal ini akan memudahkan dalam menjangkau audiens serta menarik lebih banyak prospek.

Tidak hanya itu, memberikan konten yang informatif juga dapat mempertahankan pembaca.

3. Berpotensi meningkatkan peringkat website

Traffic konsisten yang dihasilkan konten evergreen dapat membantu meningkatkan peringkat situs pada mesin pencari. Untuk memaksimalkannya, kamu dapat menggunakan keyword yang tepat.

Sehingga ketika kata kunci dicari, konten kamu akan muncul pada peringkat atas. Semakin sering website direkomendasikan oleh mesin pencari, maka semakin tinggi peringkatnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Ranking 1 Google? Ini Penjelasan Lengkapnya

Tips Membuat Konten Evergreen

Agar konten kamu tetap bisa relevan dan dicari pengunjung setiap waktu, terdapat beberapa tips khusus dalam membuat evergreen content agar hasilnya maksimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Gunakan keyword yang tepat

Tips pertama adalah gunakan keyword yang tepat, pastikan kamu memilih kata kunci dengan volume yang besar sehingga berpotensi dicari banyak pengguna. Setelah itu, manfaatkan long tail keyword yaitu yang terdiri dari 2-3 kata.

Penggunaan long tail keyword pada evergreen content dapat menghadirkan traffic yang lebih besar karena menarget beberapa keyword sekaligus.

2. Rutin memperbarui konten yang ada

Setelah membuat konten, pastikan kamu rutin memperbarui konten tersebut apalagi jika ada update terkait informasi yang kamu sebutkan. Terlebih pada konten yang mengandung judul seperti misalnya “tahun 2023”, apabila sudah berganti tahun maka kamu harus mengupdate judul konten tersebut agar sesuai dengan tahunnya, begitu seterusnya hingga tahun-tahun berikutnya.

Memperbarui konten secara rutin akan menunjukkan pada mesin pencari bahwa konten kamu selalu fresh.

3. Optimasi SEO

Menggunakan kata kunci yang tepat tidaklah cukup, kamu juga harus mengoptimasi konten agar sesuai dengan kaidah SEO. Beberapa hal yang harus kamu optimasi seperti penyebaran keyword, URL mengandung keyword, internal link, ALT text pada gambar, dan penggunaan heading.

Jika kamu menerapkan hal-hal di atas maka konten kamu akan semakin mudah teroptimasi mesin pencari.

Baca Juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

4. Gunakan visual yang sesuai

Agar konten evergreen kamu semakin informatif, jangan lupa tambahkan visualisasi berupa gambar pendukung. Kamu bisa mendapatkan foto dari situs gratis maupun membuat infografis sendiri, yang terpenting pastikan visual tersebut merepresentasikan isi konten kamu.

Kemudian, khusus untuk artikel tutorial upayakan beri gambar pada setiap langkah-langkahnya.

5. Bagikan konten di media sosial

Tips terakhir yaitu bagikan konten evergreen yang sudah kamu buat ke media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, maupun LinkedIn. Jangan lupa untuk mencantumkan link konten ketika membagikan.

Dengan begitu, kamu tidak hanya mendapatkan traffic dari website saja, tetapi dari media sosial. Selain itu, kamu dapat membagikannya berulang kali agar audiens tertarik dan akhirnya mengunjungi halaman konten kamu.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Sudah Paham Apa itu Konten Evergreen?

Sampai sini kamu sudah paham kan apa itu konten evergreen? Evergreen adalah konten yang akan terus dicari oleh audiens sampai kapanpun. Jenis konten ini tidak lekang oleh waktu, dengan begitu kamu akan terus mendapatkan traffic yang konsisten setiap waktu.

Berbanding terbalik dengan konten non evergreen seperti konten berita, artis, atau konten viral lainnya yang hanya bertahan sementara. 

Untuk kamu yang tertarik membuat konten evergreen pada website, jangan lupa ikuti tips membuatnya seperti di atas. Selain itu, kamu juga bisa dapatkan informasi lain terkait artikel atau konten media sosial lainnya pada blog Dewaweb.

Tunggu apa lagi, yuk kunjungi blog kami dan ikuti terus update artikelnya!