Apa Itu Mbps? Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan MBps

Apa Itu Mbps? Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan MBps

Istilah Mbps pasti sudah sering kamu temui ketika menggunakan internet. Biasanya Mbps adalah satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet. Meski begitu, banyak orang yang belum tahu apa itu Mbps. Ditambah lagi ada istilah lain yang mirip yaitu MBps. Hanya berbeda satu huruf saja, artinya sudah beda. Maka dari itu ketahui pengertian Mbps di sini serta perbedaannya dengan MBps. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Bit dan Byte

Apa Itu Mbps?

Mbps adalah singkatan dari megabit per second, dalam jaringan internet istilah ini artinya kecepatan transfer data sesuai dengan nilai besaran Kbps yang mampu untuk upload atau download dalam satu detik.

Sedangkan Kb atau kilobyte merupakan satuan untuk mengukur kecepatan transfer data tersebut.

Artinya jika bandwidth koneksimu sebesar 30 Mbps, maka koneksi internet tersebut mampu mentransfer sebanyak 30 juta bit setiap detiknya. Karena 1 Mbps = 1.000.000 bps atau bit per second.

Namun, kecepatan transfer data atau internet tidak hanya Mbps saja, masih banyak satuan lain yang digunakan. Salah satunya adalah MBps yang memiliki nama yang mirip.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perbedaan huruf saja dapat memberikan arti yang berbeda. Maka dari itu ketahui perbedaan keduanya di bawah ini.

Perbedaan Mbps dan MBps

Untuk mengetahui perbedaan antara Mbps dan MBps, mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Mbps

Mbps adalah megabit per second, jika dibandingkan dengan MBps, Mbps tentu lebih kecil. Karena kecepatan 8 bit pada Mbps = 1 byte pada MBps. 

Perlu kamu tahu bahwa bit merupakan satuan paling kecil yang terdapat di dalam komputasi, yang berupa bilangan biner bisa 1 atau 0.

Selain digunakan untuk mengukur kecepatan internet, bit juga digunakan dalam untuk mengukur data yang bergerak. 

Baca Juga: 10 Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

MBps

MBps adalah singkatan dari megabyte per second, jadi sudah bisa kamu lihat ya bedanya? Jika Mbps seringkali digunakan pada jaringan internet atau ISP seperti Indihome, Biznet, atau yang lainnya.

MBps digunakan pada perangkat seperti smartphone, komputer, modem, dan yang lain. Maka dari itu sudah jelas kecepatan internet yang diterima antara Mbps dan MBps tentu berbeda.

Agar kamu lebih paham perbedaan antara keduanya, di bawah ini akan kami sajikan tabel perbedaannya.

MbpsMBps
Megabit per secondMegabyte per second
Mengukur kecepatan koneksi internetMengukur kecepatan transfer data pada perangkat
1 Kbps = 1.000 bps1 KBps = 1.024 Bps

Satuan Kecepatan Internet Kbps, Mbps, dan Gbps

Setelah mengetahui seperti apa satuan Mbps, berikutnya kita akan membahas satuan lain yang pastinya sudah sering kamu temui juga yaitu Kbps, Mbps, dan Gbps beserta dengan kecepatan jaringannya.

Sebelum masuk pada ketiga satuan kecepatan tersebut, perlu kamu tahu dulu bahwa semuanya berasal dari satuan terkecil yaitu bps atau bit per second. Sehingga arti dari masing-masing satuan tersebut yaitu.

Kbps = kilobit per second, Mbps = Megabit per second, sedangkan Gbps = Gigabit per second.

Kemudian untuk besaran kecepatan jaringannya masing-masing yaitu sebagai berikut.

  • 1 Kbps = 1.000 bps
  • 1 Mbps = 1.000.000 bps / 1.000 Kbps
  • 1 Gbps = 1.000.000.000 bps / 1.000 Mbps / 1.000.000.000 Kbps

Sampai sini kamu sudah tahu apa saja jenis kecepatan internet yang biasa digunakan serta berapa kecepatan jaringannya. 

Sudah Tahu Apa Itu Mbps?

Sekarang kamu sudah lebih tahu apa itu Mbps. Megabit per second atau Mbps adalah satuan yang sering digunakan dalam kecepatan koneksi jaringan. Sebagai contoh, setiap 1 Mbps setara dengan 1.000 Kbps, artinya kamu memiliki kecepatan transfer data sebesar 1.000 Kbps baik untuk upload maupun download.

Selain tahu pengertiannya, kamu juga sudah paham apa perbedaannya dengan MBps. Jadi, mulai sekarang jangan sampai tertukar ya. Semoga membantu!