Apa itu Metaverse? Penjelasan, Cara Kerja, dan Contohnya

Apa itu Metaverse? Penjelasan, Cara Kerja, dan Contohnya

Metaverse adalah topik yang akhir-akhir ini sedang populer hampir disemua kalangan. Tidak hanya pegiat teknologi saja, pegiat ekonomi dan bisnis pun ramai memperbincangkan terobosan teknologi ini.

Popularitas metaverse langsung naik secara drastis setelah Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengumumkan adanya perubahan nama pada perusahaannya menjadi Meta Platforms, Inc. Dengan popularitas yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg, serta dengan masuknya Facebook dalam kategori media sosial terbesar di dunia.

Tidak hanya melakukan rebranding dari sisi nama saja, metaverse sangatlah identik dengan berbagai ide-ide futuristik.

Dunia virtual sudah bukan lagi sekedar impian, melainkan bisa menjadi kenyataan. Lalu, apakah apa itu metaverse? Di artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan lengkap tentang metaverse, cara kerja, dan contohnya.

Baca Juga: Apa itu NFT? Penjelasan, Cara Kerja, dan Cara Jual/Beli NFT

Apa itu Metaverse?

metaverse

Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan antar pengguna dapat saling terhubung, dapat berkomunikasi, bekerja, bermain, sampai bertransaksi layaknya di dunia nyata. Istilah metaverse pada dasarnya sampai saat ini belum ada yang mendefinisikan secara pasti.

Secara sederhana, metaverse merupakan konsep dunia virtual yang dapat dimiliki dan diisi dengan berbagai benda dan kegiatan selayaknya dunia nyata. Konsep ini adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Istilah metaverse sendiri dikenalkan oleh Neal Stephenson, seorang novelis, melalui bukunya yang berjudul Snow Crash di tahun 1992.

Dikutip dari situs resmi Meta, metaverse fokus untuk membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis secara virtual. Metaverse memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan secara virtual bersama pengguna lain.

Salah satu contoh kegiatan populer di metaverse adalah konser Justin Bieber di tahun 2021. Seiring berkembangnya teknologi, semua kegiatan yang ada di dunia nyata nantinya dapat dilakukan juga di metaverse. 

Baca juga : Manfaat dan Aksesoris Virtual Reality yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Metaverse

Cara kerja metaverse pada dasarnya hampir sama seperti di dunia nyata. Pengguna diharuskan untuk masuk kedalam dunia virtual terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan teknologi yang mendukung AR dan VR.

Untuk saat ini, perangkat yang diperlukan untuk memasuki metaverse adalah headset VR seperti Oculus. Setelah masuk ke dunia virtual, pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan di metaverse seperti halnya di dunia nyata.

Selain menggunakan headset VR, pengguna juga diharuskan memiliki akses internet dan beberapa ketentuan tambahan koleksi karya seni NFT tertentu.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Metaverse hadir sebagai dunia virtual dengan menyediakan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

Berikut beberapa contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan di metaverse.

Konser virtual

Menonton konser secara virtual merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di metaverse. Konsep yang digunakan didalam konser virtual ini hampir sama dengan konser secara langsung. Dengan menggunakan bantuan teknologi, pengguna akan dapat merasakan suasana konser virtual yang mengesankan.

Bermain game

bermain game di metaverse

Bagi para gamers, metaverse bisa menjadi platform pilihan masa depan yang menyenangkan. Di dalam metaverse, pengguna dapat menikmati dunia game selayaknya dunia nyata. Kamu dapat bermain game seperti dalam film Ready Player One , seru bukan? 

Berdasarkan informasi dari situs Meta, berikut ini adalah beberapa game yang sudah mendukung teknologi virtual reality:

Berdiskusi dengan rekan kerja

horizon workrooms - bekerja secara virtual di metaverse

Nah, ini yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pebisnis. Melakukan pekerjaan secara online dengan pengalaman seperti halnya saat bekerja di kantor. Hal tersebut akan dapat terwujud dengan hadirnya metaverse.

Pada Agustus 2021, Meta memperkenalkan Horizon Workrooms. Horizon Workrooms merupakan ruang kerja dengan menggunakan teknologi virtual reality. Sehingga pengguna Horizon Workrooms dapat terhubung dengan pengguna yang lain, serta dapat berkolaborasi dan berkreasi dengan cara baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Dalam ruang virtual yang disediakan oleh Horizon Workrooms, pengguna tidak hanya bisa meeting secara online. Tetapi juga bisa merasakan bergabung secara langsung di kantor virtual metaverse tersebut. Sangat menarik bukan?

Baca juga : Zoom Meeting: Definisi Hingga Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Melakukan perjalanan online

Dengan adanya dunia virtual, tentu bukan hal yang mustahil untuk melakukan perjalanan online. Hal ini bisa kita lakukan dengan bantuan headphone dan kacamata yang sudah mendukung teknologi AR dan VR serta bantuan smartphone atau PC.

Melihat karya seni dan pakaian digital

Jika sebelumnya, karya seni seperti misalnya lukisan hanya bisa dilihat di dunia nyata. Kali ini lukisan bisa kamu lihat dalam versi digital. Harganya pun bervariasi, dari mulai ribuan, sampai milyaran.

Akhir-akhir ini publik juga sempat diramaikan dengan hadirnya lukisan atau gambar yang kemudian disebut sebagai aset digital dan dikenal sebagai NFT (Non-Fungible Token).

Kamu bisa melihat kumpulan koleksi NFT di situs berbagai marketplace seperti OpenSea, Binance, SandBox, dan AirNFTs. Selain jual beli NFT kamu juga bisa membeli berbagai pernak-pernik untuk avatar digital kamu.

bored ape yacht club nft

Bored Ape Yacht Club adalah salah satu koleksi NFT yang masuk dalam kategori best seller. Salah satu karya seni Bored Ape terjual dengan harga Rp350 miliar di September 2021. Jika kamu memiliki keahlian dibidang seni lukisan digital, kamu juga bisa menjual karya kamu dalam bentuk NFT.

Contoh Metaverse

Perkembangan teknologi juga memungkinkan adanya metaverse. Dengan adanya kecerdasan buatan (AI) yang sudah semakin canggih, metaverse juga tak diragukan lagi pertumbuhannya.

Berikut ini beberapa contoh perusahaan yang sudah menerapkan teknologi metaverse di produk atau aspek lain dari bisnisnya:

Meta

Di Oktober 2021, Mark Zuckerberg mengumumkan adanya perubahan nama pada perusahaan yang sudah didirikan sejak 2004 tersebut menjadi Meta. Meta mengembangkan berbagai jenis produk berbasis VR, diantaranya adalah game dengan menggunakan teknologi VR dan kantor dengan teknologi VR (Horizon Workrooms).

Dalam dunia virtual tersebut, pengguna dapat merasakan kehadiran orang lain. Harapannya adalah pengguna akan mendapatkan pengalaman unik yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Microsoft Metaverse

microsoft metaverse

Saat ini, Microsoft (perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates) dikabarkan sudah mulai mengembangkan perusahaanya dengan konsep metaverse. Perusahaan software terbesar untuk sistem operasi berbasis Windows ini sudah menggunakan hologram serta terus mengembangkan aplikasinya.

Saat ini, Microsoft dikabarkan sudah mulai mengembangkan perusahaanya dengan konsep metaverse. Perusahaan kembangan Bill Gates ini telah menggunakan hologram untuk berbagai keperluan seperti online meeting dan presentasi.

Kabarnya, perusahaan ini akan mengadaptasi sistem operasi Windows untuk menciptakan metaverse versi korporat. Microsoft PowerPoint dan Excel juga dirumorkan  untuk dapat digunakan secara virtual dengan menghadirkan avatar digital.

Nantinya, pengguna dapat saling berbagi file dan berbincang di dunia virtual. Aplikasi meeting Microsoft Teams juga diberitakan untuk mengadaptasikan konsep metaverse untuk menciptakan pengalaman berbasis AR dan VR.

holoportation microsoft metaverse

Microsoft juga memiliki Mesh, sebuah platform mixed reality yang mampu menghadirkan objek-objek virtual (hologram) yang sama dengan versi nyatanya, seakan-akan kita benar-benar bersebelahan dengan berbagai hal dalam hologram tersebut.

Baca juga : Mengenal Microsoft Exchange

Roblox

roblox metaverse

Selain Facebook dan Microsoft, Roblox juga turut meramaikan metaverse. Game yang diluncurkan pada tahun 2006 ini telah berhasil mengembangkan lingkungan virtual dengan menggabungkan konsep metaverse dengan teknologi VR dan AR.

Seperti Meta dan Microsoft, pengguna Roblox juga dapat membuat rumah, bermain, bekerja secara virtual.

Penutup

Metaverse adalah gabungan antara teknologi penggabungan virtual reality dan augmented reality yang memberikan pengalaman baru dan unik bagi para penggunanya.

Bagi kamu yang ikut meramaikan NFT, tentu kamu membutuhkan web untuk minting bukan? Kamu bisa menggunakan layanan cloud hosting di Dewaweb yang cepat, aman, dan dapat diandalkan untuk proyek NFT kamu.

Salam sukses online!