Apa Itu MLM? Ini Pengertian dan Panduan Lengkap Cara Kerja MLM

Apa Itu MLM? Ini Pengertian dan Panduan Lengkap Cara Kerja MLM

Industri bisnis yang terus berkembang membuat munculnya berbagai jenis bisnis baru yang menarik perhatian masyarakat. Di tengah perkembangan teknologi yang terus bertumbuh membuat keduanya saling bahu membahu memunculkan bisnis baru dengan sendirinya. Ada jenis bisnis yang sudah berlangsung secara lama dan tetap menarik perhatian masyarakat. Bisnis tersebut adalah Multi Level Marketing atau biasa dikenal dengan sebutan MLM.

Jika mendengar kata MLM, sebenarnya banyak yang sudah memiliki pandangan negatif terlebih dahulu. Hal ini tentu saja wajar karena di mata masyarakat, ia ibarat bisnis yang menipu para pengikutnya. Padahal jika memilih MLM yang terpercaya selama bertahun-tahun, kamu bisa mendapatkan bisnis yang tepat dan bisa mendapatkan keuntungan dari sana.

Citra MLM yang buruk lebih sering diciptakan oleh para pelaku yang tidak bertanggung jawab karena menggunakan narasi berbohong di berbagai media. Dengan demikian, masyarakat sudah kadung tidak percaya dengan MLM. Padahal bisnis ini sendiri sudah ada di sekitar pada awal dekade 2000an dan terus berkembang hingga detik ini.

Walaupun ada sentimen negatif, MLM tetap hidup sampai sekarang. Namun daripada hanya berburuk sangka, di bawah ini ada penjelasan rinci tentang apa itu MLM dan bagaimana prinsip kerjanya. Informasi ini bisa membuat kamu berubah pikiran dan mungkin saja malah berniat masuk ke bisnis ini. Yuk simak!

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Apa itu MLM?

MLM atau Multi-Level Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang membuat tenaga penjual tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan yang berhasil mereka dapatkan, tetapi juga mendapatkan keuntungan penjualan dari tenaga penjual lain yang telah direkrut terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah menggambarkan bagaimana MLM ini berjalan. Di dalam MLM sendiri, ada beberapa istilah teknik marketing yang mengambarkan bisnis ini yaitu penjualan piramida, pemasaran jaringan hingga pemasaran berantai. Namun pada intinya sebenarnya sama saja.

Yang penting sebagai pekerja di MLM, kamu harus bisa mencari bawahan sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga: Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent

Cara kerja MLM

Tentu saja di dalam bisnis ini ada prinsip kerja yang harus dilakukan dan menjadi aturan atau koridor tersendiri di dalam bisnis ini untuk bisa mendapatkan keuntungan besar. Sebenarnya prinsip kerjanya mudah dimengerti namun akan butuh usaha besar untuk dilakukan.

Bisnis MLM biasanya menjual produk seperti obat-obatan hingga kecantikan. Dari sana, produk tersebut ditawarkan kepada orang-orang di sekitar tenaga penjual. Ya, bisnis ini lebih identik dengan pemasaran mulut ke mulut sehingga lebih bisa mendapatkan kepastian dalam penjualan.

Selain itu, yang akan sering digunakan di dalam bisnis MLM adalah sebutan up line dan down line. Up line adalah sebutan tenaga penjual yang memiliki bawahan yang disebut sebagai down line. Jadi bisa dibilang, up line adalah atasan dari down line. Dari down line, bisa juga menjadi up line jika ketika sudah punya bawahan.

Baca Juga: 10 Bisnis untuk Mahasiswa, Tertarik Mencoba?

Dari sebutan ini, bagaimana caranya kamu harus bisa mengajak orang sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar sesuai penjelasan di bagian definisi MLM. Dengan sistem piramida, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari penjualan yang ada.

Bisnis MLM Populer di Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai macam bisnis MLM. Sayangnya, masih banyak penipuan yang mengatasnamakan bisnis MLM, sehingga membuat bisnis ini dinilai buruk oleh beberapa orang. Kendati demikian, masih banyak bisnis MLM yang populer dan berjaya di Indonesia, karena sistem yang dimiliki mereka jelas.

Mulai dari surat izin usaha penjualan langsung (SIUPL), tidak membebani anggota, dan tentunya memiliki produk yang berkualitas baik. Nah, untuk mencegah kamu mengalami penipuan MLM, berikut beberapa bisnis MLM populer di Indonesia, yakni:

  • Oriflame

bisnis mlm - oriflameBisnis MLM populer di Indonesia yang pertama adalah Oriflame. Sebagai informasi, Oriflame adalah perusahaan kosmetik asal Swedia yang juga menerapkan sistem multi level marketing dalam pemasarannya. Ciri khas dari perusahaan ini adalah produknya yang menggunakan bahan alami.

Beberapa sistem keuntungan yang ditawarkan Oriflame misalnya diskon member yang ingin membeli produknya sendiri, keuntungan dari margin dengan cara penjual memasarkannya melalui produk katalog, hadiah dan bonus jika menjadi pebisnis yang artinya, memakai, menjual produk, dan mengajak orang lain menjadi anggota.

  • Herbalife

Herbalife adalah bisnis multi level marketing asal Los Angeles, Amerika Serikat yang kini telah beroperasi di lebih dari 90 negara. Umumnya produk yang dijual dari perusahaan ini, yakni minuman bernutrisi untuk gaya hidup aktif yang sehat, seperti bubuk protein, teh, hinga suplemen.

Prestasi yang membuat Herbalife mendapatkan kepercayaan dari publik ialah masuk dalam daftar 500 perusahaan menengah terbaik versi Forbes tahun 2019. Bahkan keuntungan yang didapatkan apabila bergabung dengan Herbalife bisa menjadi jutaan dolar.

  • Tupperwarebisnis mlm - tupperware

Istilah Tupperware sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Lebih jelasnya, Tupperware adalah perusahaan alat-alat masak dan makan berbahan plastik asal Orlando, Amerika Serikat. Semenjak didirikan, bisnis ini telah mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia.

Salah satu faktor yang membuat nama Tupperware semakin besar adalah Brownie Wise, perempuan yang melakukan penjualan produk ini melakukannya dengan sistem potongan harga jika menjadi anggota di tahun 1950-an. Kini, sudah lebih dari 100 negara yang memanfaatkan Tupperware untuk meraih pendapatan hingga miliaran dolar Amerika.

  • Usana

Usana adalah perusahaan nutrisi asal Amerika Serikat yang membuka kantor cabang di Indonesia sejak tahun 2015. Karena perkembangannya yang cukup pesat, Usana telah memiliki lebih dari 471 ribu dengan rangkaian produk yang diklaim mampu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan sudah dibuat melalui tes dan teknologi sains.

  • Jeunesse Global

Jeunesse Global adalah bisnis MLM asal Florida Amerika Serikat yang menjual produk perawatan kulit dan nutrisi berbasi sel punca yang hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Selain karena produknya, Jeunesse Global semakin berkembang melalui e-commerce, sistem dropship, networking, manajemen, dan peluang kewirausahaan.

Baca juga: Cara Membuat Website E-Commerce dengan Strikingly dan Fitur Settingnya

  • Amway

Perusahaan MLM selanjutnya adalah Amway yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan ini menawarkan alat kebugaran, kosmetik, dan masih banyak lagi. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh jaringan Amway adalah  Amway Business Owners (ABO).

Dengan ABO, para anggotanya bisa mendapatkan bonus melalui pengumpulan point value (PV) melalui penjualan produk yang dilakukan. Tidak hanya itu saja, jenis bonus yang dibagikan cukup beragam, yakni bonus diferensial, kinerja, pribadi, hingga kepemimpinan.

  • Nu Skin

bisnis mlm - nuskin

Nu Skin merupakan perusahaan yang menawarkan produk perawatan kulit dan anti penuaan dengan lebih dari 50 ribu mitra aktif dengan 10% diantaranya sudah masuk dalam jajaran pemimpin. Bisnis MLM Nu Skin cukup populer di Indonesia karena berhasil mencapai total penjualan hingga Rp1,5 triliun.

  • Young Living

Young Living merupakan perusahaan penghasil essential oils terbesar di dunia. Bahkan di tahun 2018, Young Living berhasil menawarkan produk minyak atsirinya hingga masuk ke dalam peringkat 10 DSN. Kini, Young Living sudah meraup omset hingga 1,4 miliar dolar AS.

Tips Memulai dan Memilih Bisnis MLM

Guna menghindari penipuan dan kerugian, untuk kamu yang baru memulai dan ingin memilih bisnis MLM yang tepat, coba ikuti terlebih dahulu tips memulai dan memilih bisnis MLM di bawah ini, yakni:

  • Pilih perusahaan MLM yang terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI).
  • Perusahaan MLM yang diinginkan juga harus memiliki badan hukum jelas, seperti SIUPL dan NPWP.
  • Pilih perusahaan yang memiliki produk beragam dan memiliki jaminan atas kualitas barang atau jasa yang ditawarkan.
  • PIlih distributor MLM yang memiliki sistem yang bagus dan terbukti bisa berkembang dengan baik.
  • Pastikan upline perusahaan MLM yang kamu pilih bersedia membantu downline untuk berkembang.
  • Ada baiknya perusahaan MLM yang dipilih dapat diterima pasar berskala nasional.
  • Bisnis MLM yang baik tidak mematok penghasilan para member dari harga produk yang dibanderol dengan harga tinggi, namun penghasilan member berasal dari jumlah pembelian barang yang banyak karena konsumen puas akan mutu produknya.
  • Punya support center yang jelas.

Baca juga: Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?

Sudah Paham Apa itu MLM?

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu bisnis MLM dan bagaimana prinsip kerjanya yang bisa membuat kamu mengerti dengan lebih mudah dan jelas. Jika memang ingin ikut bisnis ini, sebaiknya kamu memilih bisnis MLM yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi jelas karena ada beberapa bisnis di luar sana yang malah menipu orang yang ikut.