Apa Itu Newsletter? Definisi, Manfaat dan Tips Membuatnya

Apa Itu Newsletter? Definisi, Manfaat dan Tips Membuatnya

Ketika membuka email, mungkin kamu pernah mendapatkan sebuah kotak masuk berupa email newsletter dari perusahaan, aplikasi, atau produk yang pernah kamu beli.

Email newsletter merupakan salah satu cara yang digunakan bisnis untuk menjangkau pelanggan atau memberikan update mereka terkait produk.

Nah, mengingat seberapa pentingnya newsletter, maka sudah seharusnya bisnis kamu juga melakukannya. Tenang saja karena di sini kita akan mengulasnya secara detail, yuk langsung simak.

Apa Itu Newsletter?

Newsletter adalah sebuah email yang berisikan update atau pemberitahuan yang dikirim perusahaan untuk para pelanggannya. Email tersebut bisa berupa promo produk, promosi event dan masih banyak yang lain.

Tidak semata – mata untuk mempromosikan produk dan mendorong pelanggan untuk bertransaksi. Lebih dari itu, newsletter juga menjadi sarana media informasi yang singkat.

Banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencari dan membaca berita yang panjang. Dengan adanya newsletter, maka pelanggan tetap mendapatkan update meskipun tidak selalu mengikuti bisnis tersebut.

Itulah mengapa email newsletter biasanya tidak dikirim ke seluruh pelanggan. Melainkan hanya ke mereka yang sudah mendaftar menjadi subscriber bisnis tersebut, atau pelanggan aktif yang rutin membuka setiap newsletter yang dikirimkan.

Setelah mengetahui definisi apa itu newsletter, lalu apa manfaat yang bisa bisnis dapatkan dari membuat email tersebut?

Baca Juga: 5 Contoh Newsletter Terbaik untuk Inspirasi Email Marketingmu

Manfaat Newsletter untuk Bisnis

Email newsletter dibuat bukan tanpa alasan, perusahaan tentu juga ingin mendapatkan manfaat dari pengiriman email ini ke pelanggan. Berikut beberapa manfaatnya.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Banyak dari pelanggan yang setelah mendaftar akun namun berhenti di tengah jalan begitu saja dan tidak melanjutkan pembelian. Dengan mengirim newsletter maka otomatis mereka akan teringat, dan mungkin saja akan tertarik kembali.

Begitu juga dengan pelanggan yang sudah setia, ketika mereka mendapat update terbaru maka mereka akan membeli lagi dan lagi.

Mendapat Leads

Manfaat selanjutnya, ketika mengirimkan email pada pelanggan, akan ada pelanggan yang tertarik dengan produk kamu.

Nah, pada  email tersebut kamu bisa mengajak pelanggan tersebut untuk meninggalkan data diri pribadi, bisa berupa nomor handphone, email atau yang lain dari sini maka kamu bisa mendapat leads baru.

Untuk imbalannya kamu bisa berikan promo menarik atau lainnya.

Promosi Konten

Apabila bisnis kamu memiliki blog atau channel Youtube kamu bisa promosikan konten yang sudah dibuat lewat newsletter.

Kamu bisa mengirimkannya secara acak atau khusus kepada pelanggan yang sudah berlangganan newsletter. Contohnya seperti milik Dewaweb berikut, dari sini kamu juga sekaligus melakukan content marketing.

contoh newsletter

Mempermudah User Segmentation

Menentukan market segmentation dalam sebuah bisnis merupakan hal yang penting dalam promosi produk. Lewat newsletter kamu bisa melakukan survey ke pelanggan.

Survey tersebut dilakukan untuk melihat ketertarikan pelanggan terhadap produk atau event perusahaan. Dari sini kamu bisa mendapat sumber data dan lebih mudah mengelompokkan user segmentation, serta penjualan produk akan jauh lebih mudah marketnya.

Meningkatkan Konversi Penjualan

Ketika membuat newsletter, adanya CTA (Call to Action) merupakan hal yang wajib. Dengan adanya CTA dapat mengarahkan pelanggan menuju ke halaman website atau produk kamu.

Sehingga apabila ada pelanggan yang tertarik untuk beli produknya mereka akan lebih mudah melakukan transaksi.

Tips Membuat Newsletter yang Menarik

Nah, sekarang saatnya untuk membahas beberapa tips untuk membuat newsletter yang menarik.

Buat Tampilan yang Responsif

Penting untuk memastikan bahwa newsletter yang kamu kirim dapat tampil responsif di seluruh perangkat yang digunakan pelanggan. Ada beberapa perangkat yang biasa digunakan seperti mobile, desktop, dan tablet.

Maka dari itu pastikan jika newsletter kamu dapat dibuka dan dibaca dengan baik lewat apapun perangkat yang dipakai pelanggan.

Copywriting yang Menarik

Sebuah email promosi tidak pernah lepas dari peran copy atau kalimat yang bertujuan untuk pemasaran. Semakin menarik tulisan tersebut maka minat pelanggan akan semakin tergugah.

Ada banyak jenis dan contoh copywriting yang bisa dibuat untuk email newsletter kamu.

Subjek Email yang Kreatif

Sebelum pelanggan memutuskan untuk membuka newsletter kamu pastinya mereka akan melihat subjeknya terlebih dulu. Jika memang dari subjek saja sudah terlihat menarik tentu mereka akan membukanya.

Kamu harus membuat subjek email tersebut sekreatif mungkin, padat, jelas, namun informasi newsletter-nya tetap tersampaikan.

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Email Marketing Yang Efektif

Jadwalkan Pengiriman Email

Ketika mengirim email, pastikan kamu sudah membuat schedule terlebih dulu. Kira – kira setiap berapa hari sekali atau setiap hari apa email akan dikirim.

Kamu juga dapat memberitahu hal tersebut ke pelanggan, siapa tahu memang ada diantara mereka yang menunggu newsletter dari bisnismu. Selanjutnya konsistenlah untuk terus mengikuti jadwal tersebut.

Ciptakan Visual Estetik

Sebagian besar dari kita merupakan makhluk visual, yang menilai segala sesuatu pertama kali dari tampilannya. Maka dari itu pastikan kamu membuat layout email yang menarik. Kamu dapat menggabungkan header, gambar, dan logo perusahaan untuk mempercantik emailmu.

Tampilkan Variasi Konten

Tujuan dari pengiriman newsletter memang untuk meningkatkan engagement dan penjualan produk. Namun, tidak harus konten promosi, sesekali kamu bisa menyisipkan konten seperti tips & trik atau konten yang lebih menghibur agar lebih bervariasi.

Gunakan Call to Action (CTA) yang Spesifik

CTA merupakan salah satu fitur yang harus ada di newsletter. Maka dari itu ketika membuat CTA, buatlah yang sespesifik mungkin. Misalnya email tersebut berisi artikel populer bisnismu, berarti arahkan CTA tersebut untuk membawa pelanggan ke halaman artikel sehingga mereka bisa membacanya.

Di bawah ini terdapat contoh CTA dari salah satu newsletter.

apa itu newsletter - contoh CTA

Penutup

Sampai sini kamu sudah tahu apa itu newsletter, seperti apa manfaatnya untuk bisnis dan bagaimana tips membuatnya. Kamu berminat menggunakan strategi ini?

Jika kamu ingin mengirim newsletter untuk bisnismu, pastikan kamu menggunakan email profesional dengan domain sendiri ya. Untuk setiap pembelian web hosting di Dewaweb, kamu akan mendapatkan domain gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengirim newsletter bisnis yang terlihat profesional.

Cek penawarannya dengan klik tombol di bawah ini, ya!