Apa itu NVMe? Ini Dia Pengertian dan Cara Kerjanya!

Apa itu NVMe? Ini Dia Pengertian dan Cara Kerjanya!

Ngomongin soal penyimpanan data, tentu kita lebih familiar dengan kata hard disk atau biasa disingkat HDD. Namun bagi para pengguna komputer tingkat lanjut, saat ini sudah banyak yang beralih dari HDD ke SSD (Solid State Drive). Dan tahukah kamu, bahwa saat ini sudah ada penyimpanan data yang lebih terbaru lagi? Ya, penyimpanan data yang paling baru saat ini adalah NVMe.

NVMe adalah adalah teknologi baru dalam penyimpanan data komputer. Meskipun masih dalam kategori SSD, NVMe mempunyai kelas tersendiri dibanding penyimpanan data generasi sebelumnya (SSD). NVMe mempunyai perbandingan performa yang sangat signifikan dibanding SSD. 

Mau tau lebih dalam mengenai apa itu NVMe? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Apa Itu SSD? Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan HDD

Apa itu NVMe?

NVMe adalah singkatan dari Non Volatile Memory Express. Penyimpanan data versi terbaru yang diperkenalkan pada 2011 dan didesain secara khusus untuk SSD dengan menggunakan teknologi flash. NVMe adalah satu-satunya penyimpanan data yang mampu memanfaatkan soket PCIe. 

NVMe dibuat untuk mengatasi berbagai jenis hambatan yang ada pada antarmuka dan protokol komunikasi SATA. Hal ini karena NVMe menggunakan bus PCIe, yang dapat memaksimalkan potensi bandwidth pada perangkat penyimpanan data. 

PCIe versi terbaru (versi 4.0) secara teori mampu mentransfer data hingga kecepatan 64.000 Mbps dibandingkan dengan SATA III yang hanya mampu pada kecepatan 600 Mbps. Ini adalah salah satu perbedaan SSD dan NVMe yang signifikan.

Dengan kemampuan teknologi yang terbaru ini, NVMe kemudian menjadi penyimpanan papan atas yang paling diminati para pengguna PC. 

Baca juga: 11 Rekomendasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Data

Bagaimana Cara Kerja NVMe?

Pada awal adanya komputer, penyimpanan data pada komputer yang pertama kali diperkenalkan adalah HDD milik IBM (IBM RAMAC 305 pada tahun 1956). Kemudian pada tahun 1970-an, SSD mulai dikembangkan. Dan pada tahun 1980-an, Fujio Masuoka mengenalkan SSD dan dikomersilkan oleh Toshiba pada 1987.

Setelah kedua generasi penyimpanan data itu berkembang, barulah pada tahun 2011 muncul NVMe. Penyimpanan data generasi terbaru yang mampu menyempurnakan kekurangan yang ada pada penyimpanan data generasi sebelumnya.

NVMe adalah protokol penyimpanan data yang dibuat dengan mengurangi HBA SATA yang menjadi lapisan perantara. Sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan CPU melalui bus PCIe. Hal ini juga dapat membantu membuka jalan untuk menghasilkan peningkatan performa. 

Bus SATA III mempunyai batasan 600Mbps, ini artinya SSD SATA hanya mampu menawarkan hasil maksimal 550Mbps setelah overhead. Sedangkan jalur PCIe 3.0 tunggal dapat menawarkan hasil sebesar 1Gbps (dua arah). Sehingga SSD PCIe 3×4 dapat mencapai hasil hingga 4Gbps (read & write). Dan 8Gbps (read & write) untuk SSD PCIe Gen 4×4. 

Baca juga: 9 Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Diketahui. Pilih Mana?

Kelebihan NVMe

Setelah mengetahui apa itu NVMe, rasanya tidak afdol jika kamu tidak mengetahui apa kelebihan NVMe bukan? Berikut ini beberapa kelebihan NVMe : 

1. Kecepatan transfer data

PCIe 4.0 menawarkan hingga 32 jalur. Secara teori, PCIe dapat mentransfer data hingga 64Gbps. Jika dibandingkan dengan batas pada SATA III, yaitu 600Mbps, tentu sangat signifikan.

2. Kemampuan untuk memproses lebih banyak perintah

Spesifikasi NVMe juga memungkinkan 64 ribu antrean perintah yang dapat menampung 64 ribu perintah per antrean. Sedangkan SSD berbasis SATA hanya terbatas pada antrean tunggal dengan hanya 32 perintah per antrean. 

3. Manajemen antrian yang baik

Manajemen antrian dalam perangkat dengan menggunakan NVMe juga dapat ditangani dengan lebih efisien oleh CPU. Hal ini karena adanya sistem doorbell yang dapat memproses input dan output secara signifikan sehingga mengurangi overhead pada CPU.

Sudah Paham Apa itu NVMe?

Demikian artikel mengenai NVMe (teknologi baru untuk penyimpanan data). Bagi para gamers, desainers, dan developers, NVMe sangat cocok untuk kamu pilih sebagai penyimpanan data pada komputer kamu. Selain kecepatan transfernya yang tinggi, NVMe juga mempunyai manajemen antrian yang baik.

Maka dari itu, buat kamu yang memiliki website, pastikan kamu menggunakan layanan cloud hosting yang handal dan cepat. Cloud hosting Dewaweb menawarkan proses transfer data 5x lebih cepat dengan memanfaatkan SSD NVMe. Dengan latensi rendah dan kecepatan tinggi, kamu dapat merasakan performa aplikasi atau situs yang lebih unggul! Selamat mencoba ya.