Apa itu Pop Up? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Apa itu Pop Up? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Jika kamu terbiasa menggunakan internet secara rutin, istilah pop up mungkin tidak terdengar asing. Bentuk produk ini menampilkan pilihan menu yang baru muncul berupa teks atau gambar. Lantas, apa itu pop up?

Ketika membuka gadget, pop up sering muncul sebagai jendela notifikasi. Contoh paling sederhana yaitu notifikasi pesan baru di aplikasi, peringatan sistem, dan sebagainya. Selain gadget, pop up juga sering ditemui dalam situs web sebagai pesan, peringatan, atau pengingat.

Ingin mengenal pop up lebih dalam? Tenang saja, di artikel ini Dewaweb akan memberikan informasi seputar pop up secara detail dan ringkas. Simak sampai selesai, ya!

Baca Juga: 11 Plugin Popup WordPress Terbaik untuk Website

Apa itu Pop Up?

Melansir Wisepops, pop up adalah jendela yang muncul ketika melakukan browsing di sebuah situs web. Penggunaan pop up didasari oleh beberapa alasan, termasuk promosi konten, pembuatan prospek, penawaran, hingga diskon. Selain itu, tampilannya dapat berupa banner, full screen, dan exit-intent.

Pop up bisa juga dibilang tampilan grafis interface yang muncul saat mengakses fitur di perangkat, baik smartphone maupun situs web menggunakan komputer. Tujuan utama penggunaan pop up yaitu memudahkan sistem dalam mendapatkan atensi pengguna. Kemunculannya secara tiba-tiba membuat pop up langsung dilihat dan diperhatikan oleh user.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Iklan di Android [Update 2022]

Jenis-jenis Pop Up

Beragam jenis pop up bisa kamu temui dengan fungsi dan tujuan berbeda-beda. Meski begitu, pada dasarnya pop up dibuat untuk keperluan interaksi antara aplikasi dan pengguna. Penerapan pop up yang baik harus dibuat secara informatif, tidak bertele-tele, dan tidak mengganggu interface.

Berikut ini adalah jenis-jenis pop up beserta contohnya:

  • Pop up aplikasi

contoh pop up aplikasi

Sesuai namanya, pop up jenis ini sering muncul sebagai notifikasi di aplikasi-aplikasi tertentu. Tampilan dan isinya pun beragam, mulai dari peringatan, pemberitahuan, dan sebagainya.

Contoh pop up aplikasi yang paling sering ditemui yaitu pop up di WhatsApp. Saat kamu menerima pesan obrolan baru, akan muncul jendela berukuran kecil berisi chat. Nah, jendela kecil inilah yang disebut pop up.

  • Pop up dialog box

contoh pop up dialog box

Jenis pop up satu ini muncul sebagai pemberitahuan atau peringatan krusial. Pop up dialog box memiliki tampilan sebuah kotak yang berisi dialog serta opsi-opsi tertentu.

Contoh pop up dialog box yaitu Microsoft Word. Pop up akan muncul jika kamu menekan tombol ‘close’ saat membuat atau mengedit dokumen baru yang belum di-save sebelumnya.

  • Pop up iklan

contoh pop up iklan

Pop up iklan biasanya muncul di aplikasi atau situs web dengan tujuan mempromosikan produk atau event tertentu. Sesuai namanya, pop up jenis ini sepenuhnya digunakan untuk keperluan iklan atau promosi.

Contoh pop up iklan bisa kamu temui di berbagai aplikasi maupun situs web. Meski kehadirannya kerap dianggap mengganggu sebagian pengguna, namun kamu bisa menutup atau melewati pop up tersebut.

  • Pop up notifikasi sistem

contoh pop up notifikasi sistem

Pop up notifikasi sistem sering muncul ketika sistem mendeteksi adanya aktivitas baru. Umumnya, bentuk pop up ini berupa pemberitahuan dari aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat.

Contoh pop up notifikasi sistem pastinya sudah sering kamu temui di smartphone. Kamu terbiasa membuka notifikasi dengan cara menggeser bagian atas layar, bukan? Jendela notifikasi yang muncul itulah disebut pop up notifikasi sistem.

Baca Juga: 20 Aplikasi Mockup Website untuk Web Designer

  • Pop up pengaturan

contoh pop up pengarturanPop up pengaturan muncul berupa menu yang berisi berbagai opsi tertentu. Pop up ini memiliki opsi pengaturan yang beragam, mulai dari akses fitur, perintah, dan lain sebagainya.

Contoh pop up pengaturan bisa kamu temui pada layar komputer. Jika kamu menekan klik kanan di desktop, akan muncul kotak berisi opsi-opsi. Itulah yang dimaksud dengan pop up pengaturan.

Baca Juga: Apa Itu Hashtag? Cara Kerja, Contoh dan Manfaatnya untuk Promosi

Fungsi Pop Up

Berikut ini adalah beberapa fungsi pop up:

  • Alat promosi

Fungsi pop up yang pertama yaitu sebagai sarana atau alat promosi. Promosi dibuat dalam bentuk pop up iklan yang muncul jika kamu memasang aplikasi dengan elemen atau fitur berbayar di dalamnya. Aplikasi-aplikasi marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya, menggunakan pop up untuk memberitahu pengguna terkait promosi yang ada di platform mereka.

  • Sistem peringatan

Selain alat promosi, pop up juga berfungsi sebagai sistem peringatan. Fungsi ini membantu pengguna bilamana terjadi sebuah masalah pada sistem perangkat. Sehingga, memudahkan pengguna menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Sebagai contoh, kondisi ruang penyimpanan perangkat milikmu hampir penuh. Sistem akan memunculkan pop up notifikasi berupa peringatan terkait kondisi storage perangkat.

  • Notifikasi

Fungsi pop up yang terakhir adalah sebagai notifikasi. Notifikasi yang dimaksud dapat berupa peringatan atau pemberitahuan berisi informasi tertentu. Fungsi pop up ini memungkinkan pengguna membuat opsi tindakan dengan cara mengklik jendela pop up.

Cara Membuat Pop Up

Bagaimana cara membuat pop up di smartphone? Sebagian aplikasi di perangkat smartphone dapat dibuat dan diatur sesuai kebutuhan. Namun, kebanyakan pengguna hanya mengatur pop up pada aplikasi yang paling sering dibuka, seperti Instagram dan WhatsApp. Agar lebih jelas, simak ulasan di bawah.

Baca Juga: Cara Gunakan Facebook Ads Library untuk Intip Iklan Kompetitor

Pop up di Instagram

Instagram merupakan platform sosial media untuk berbagi foto dan video. Sebagai platform populer, Instagram menghadirkan berbagai fitur, termasuk ketersediaan pop up. Untuk membuat atau mengaktifkan pop up Instagram, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi dan login akun Instagram
  • Buka halaman profil
  • Buka menu ‘Option (logo garis tiga)
  • Pilih ‘Pengaturan
  • Jika menu sudah dibuka, pilih ‘Notifikasi
  • Pada segmen notifikasi otomatis, kamu dapat mengatur pop up mulai dari opsi ‘Postingan, Cerita, dan Komentar’, ‘Siaran Langsung’, ‘Pesan dan Telepon’, dan lain sebagainya.

Pop up di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pop up WhatsApp digunakan untuk mempermudah chatting di tengah penggunaan aplikasi lain. Berikut ini langkah-langkah membuat pop up di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih ‘Option’ (tanda titik tiga di pojok kanan atas), muncul beberapa menu lalu pilih ‘Setelan
  • Pilih ‘Notifikasi
  • Kemudian pilih ‘Notifikasi pop-up
  • Jendela ‘Notifikasi pop-up’ akan muncul berisi pilihan penggunaan pop up
  • Atur dan sesuaikan pop up sesuai kebutuhan 

Baca Juga: Pengertian Breadcrumbs, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

Sudah Tahu Apa itu Pop Up?

Sampai di sini, kamu tentu mulai paham apa itu pop up, mulai dari fungsi, jenis hingga cara membuatnya. Pop up adalah tampilan grafis interface yang muncul saat mengakses fitur di perangkat, baik smartphone maupun situs web. Pop up dibuat dengan tujuan mempermudah interaksi antara aplikasi dan pengguna. Semoga bermanfaat dan salam sukses online, ya!