Mengenal Apa Itu Prototype, Fungsi, Contoh, dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Prototype, Fungsi, Contoh, dan Manfaatnya

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia desainer maupun developer, kamu wajib tahu apa itu prototype. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan dan mempresentasikan produk versi awal.

Prototipe atau prototype adalah metode pengujian konsep yang berperan penting dalam pengembangan suatu produk. Bukan hanya di bidang teknologi, prototype juga bisa kamu temui di hampir semua industri misalnya manufaktur, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya.

Lantas, apa pengertian prototype? Lalu, apa fungsi dan manfaat prototype? Tenang, di artikel ini Dewaweb akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara ringkas. Simak sampai akhir, ya!

Pengertian Prototype

prototype

Secara umum, prototype adalah model, skalabilitas, atau standar ukuran yang dibentuk berdasarkan suatu skema rancangan sistem. Tujuannya yaitu untuk menguji proses kerja dan konsep sebuah produk sebelum diedarkan. Prototype memungkinkan developer dan user berinteraksi dengan model tersebut secara langsung tanpa perlu membuat real produk.

Dengan kata lain, prototipe bukanlah produk jadi yang sudah siap dirilis. Prototype merupakan purwarupa atau pemodelan produk yang dibuat untuk kebutuhan awal pengembangan, baik produk fisik maupun digital. Selain itu, prototype membantu developer mengetahui lebih awal kesalahan dan kekurangan fitur produk sebelum resmi dirilis dan disebarluaskan.

Fungsi Prototype

Pada dasarnya, fungsi prototype adalah untuk mengolah sebuah ide menjadi sesuatu yang berwujud fisik sehingga dapat dirasakan, dimainkan, dan diuji coba. Dengan keberadaan sebuah prototype, maka akan didapatkan feedback yang maksimal baik dari klien maupun pengembang/desainer. Dengan begitu, kegagalan dan kesalahan dapat diminimalisir.

Selain itu, fungsi prototype adalah untuk mengembangkan skema rancangan produk hingga akhirnya menjadi produk final yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Kebanyakan developer secara terbuka menerima berbagai masukkan dan feedback dari pengguna agar program dapat dibangun dengan fitur dan fungsi yang lengkap.

Selain berperan sebagai penghubung developer dan pengguna, fungsi prototype adalah untuk menekan biaya produksi. Pasalnya, pengembang tidak lagi membutuhkan proses trial and error sehingga beban biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih hemat. Selain itu, adanya prototype juga meringankan beban kerja tim pengembang dan proses pengerjaannya pun dapat dilakukan secara cepat.

Manfaat Prototype

Prototype memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika mengembangkan produk, di antaranya sebagai berikut:

1. Menghemat biaya produksi

Pembuatan prototype sekilas terlihat memerlukan biaya besar, terutama di tahap awal pengembangan. Namun jika ditinjau secara keseluruhan, manfaat prototype tentunya dapat menghemat biaya produksi. Pasalnya terdapat realisasi konsep serta evaluasi hasil dari percobaan tertentu, dimana hal ini menjadikan pembuatan prototype jauh lebih cepat dan hemat biaya.

2. Memudahkan presentasi produk

Manfaat prototype selanjutnya yaitu memungkinkan developer menuangkan sekaligus mempresentasikan konsep dan ide produk kepada investor dan calon pengguna. Tanpa prototype, pengembang akan kesulitan menggambarkan ide produk jika bermodal teori-teorinya saja.

3. Menjadi acuan untuk pengembangan produk

Prototipe juga memungkinkan pengembang untuk membuat sebuah produk baru di masa yang akan datang. Kebutuhan pasar terhadap jenis produk baru dapat dianalisis berdasarkan prototype yang ada saat ini. Selain itu, prototype sering memunculkan gagasan dan ide kreatif, baik untuk update maupun pembuatan produk baru.

4. Memberi visi lebih nyata

Prototype bukanlah sekedar teori, melainkan model sekaligus sampel dalam bentuk nyata. Gambaran produk dibuat detail, jelas, dan riil, sehingga developer, pengguna, maupun investor dapat melihat visi produk secara gamblang. Terlepas dari itu, adanya prototype memungkinkan diskusi seluruh pihak terkait menjadi lebih mudah.

5. Mengetahui kebutuhan pengguna lebih dulu

Manfaat prototype selanjutnya yaitu dapat mengetahui kebutuhan pengguna terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dan tim-mu dapat mengetahui apa saja prioritas dan kebutuhan pengguna sehingga proses pengembangan produk akan berlangsung lebih cepat.

6. Menjadi wadah keinginan pengguna

Mirip seperti manfaat sebelumnya, prototype juga bermanfaat untuk menjadi tempat di mana klien bisa memberikan masukan secara bebas. Hal ini akan sangat berguna untuk menilai fitur dan fungsionalitas produk sebelum dirilis. Selain itu, masukan pengguna juga bisa memunculkan ide lain misalnya penambahan fitur baru di masa yang akan datang.

Contoh Prototype

Berdasarkan sistemnya, ada beberapa contoh prototype yang harus kamu ketahui, di antaranya:

1. Paper Prototype

Sesuai namanya, media yang digunakan paper prototype untuk menggambarkan ide dan konsep produk adalah kertas. Contoh prototype jenis ini memang sangat simpel, namun penggunaannya cukup efektif karena memberikan sejumlah opsi terkait kekurangan prototype. Kekurangan yang dimaksud di antaranya termasuk fungsionalitas dan sisi tampilan produk.

2. Low Fidelity Prototype

Low fidelity prototype merupakan contoh prototype yang biasanya berupa gambar sketsa produk. Prototype ini umumnya digunakan untuk menggambarkan alur atau tata cara menggunakan produk. Meski unggul dalam penyampaian mekanisme, prototipe ini memiliki kelemahan di mana tampilan disajikan hanya berbentuk sketsa dengan warna dominan hitam atau abu-abu.

3. High Fidelity Prototype

Contoh prototype ketiga adalah high fidelity prototype, di mana prototipe ini mempunyai tampilan yang hampir menyerupai produk asli. Adanya high fidelity prototype memungkinkan developer dan pengguna seolah-olah merasakan sensasi menggunakan produk secara lebih nyata. Prototype ini biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan website.

Baca Juga: Mau jadi Web Developer? Ini tugas-tugasnya!

Sudah Tahu Apa Itu Prototype?

Sejauh ini kamu tentu sudah tahu apa itu prototype mulai dari pengertian, fungsi, hingga manfaatnya. Jadi, prototype adalah purwarupa atau model yang lebih sederhana dari suatu produk yang menyerupai wujud aslinya. Prototype ini bisa disentuh, dimainkan, dan diuji coba untuk kemudian meninjau apa saja yang harus diperbaiki atau dihilangkan.

Tujuan penggunaan prototype untuk pengujian kinerja dan konsep suatu produk sebelum dirilis secara resmi. Selain itu, fungsi prototype adalah sebagai model uji coba agar bisa meminimalisir kesalahan pada model aslinya nanti.

Prototype memiliki sejumlah manfaat, di antaranya yaitu:

  • Menghemat biaya produksi;
  • Memudahkan presentasi produk;
  • Menjadi acuan pengembangan produk;
  • Memberi visi lebih nyata;
  • Mengetahui kebutuhan pengguna lebih dulu; dan
  • Menjadi wadah keinginan pengguna.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!