Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Penasaran bagaimana kamu bisa terhubung ke internet? Router adalah perangkat yang berperan penting dalam proses menghubungkan jaringan internet. Proses tersebut juga dikenal sebagai routing. Tanpa proses ini, perangkatmu tidak akan bisa berselancar di dunia maya.

Lantas, bagaimana cara kerjanya untuk menghubungkan jaringan internet ke perangkat yang kita gunakan? Simak dulu penjelasan apa itu router, fungsi dan jenis-jenisnya berikut ini ya!

Baca Juga: Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Tahu

Apa itu Router?

Pengertian router adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Proses routing sendiri merupakan proses meneruskan paket jaringan satu dengan yang lainnya.

Melansir Cloudflare, router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan.

Dalam arti lain, router mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju. Nantinya, router memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi internet yang sama.

Baca Juga: Perbedaan Routing Statis dan Dinamis pada Jaringan Komputer

Perbedaan Router dan Modem

Mungkin masih banyak orang yang mengira bahwa router dan modem adalah perangkat yang sama. Sejatinya, kedua perangkat ini memiliki peran berbeda dalam penghubungan jaringan internet. Berikut adalah perbedaan keduanya:

Router Modem
Membentuk jaringan dan mengelola aliran data di dalam suatu jaringan Mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal digital yang dapat ditafsirkan oleh perangkat-perangkat pengguna.
Bisa terhubung pada beberapa PC melalui Wifi Hanya bisa digunakan untuk terkoneksi pada satu atau beberapa komputer atau perangkat dengan menggunakan software atau OS
Memiliki private IP address Memiliki public IP address
Mendistribusikan ke Local Area Network (LAN) Menggunakan Wide Area Network (WAN)
Memiliki ethernet port yang lebih banyak dibanding modem karena digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke internet Mempunyai ethernet port yang lebih sedikit

Apa Fungsi Router?

Router memiliki dua fungsi utama, yaitu mengelola lalu lintas antar jaringan dan membagikan koneksi internet ke beberapa perangkat lain. Selain dua fungsi tersebut, ada beberapa fungsi lain yang dimilikinya, antara lain:

Menghubungkan jaringan ke DSL

Salah satu fungsi router adalah menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (digital subscriber line). Biasanya, DSL router juga berguna sebagai firewall atau melindungi data untuk meningkatkan cyber security agar jaringan internet lebih aman.

Dengan begitu, router bisa berfungsi memblokir lalu lintas data yang mencurigakan dan mencegah adanya broadcast storm yang membuat kinerja jaringan lambat.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

Mentransmisikan informasi

Router juga memiliki fungsi mentransmisikan informasi dari ke jaringan lain. Router menjembatani akses internet dengan sistem kerja networking bridge agar data dari suatu jaringan bisa dipakai oleh jaringan lain.

Hal ini memungkinkan komputer bisa saling berkomunikasi, sehingga dapat terjadi pertukaran data antar node dalam sebuah jaringan.

Membaca alamat IP

Router dapat membaca sumber dan tujuan alamat IP. Pembacaan alamat ini yang nantinya dapat menentukan routing dari satu node ke node lainnya dalam sebuah jaringan.

Menyaring paket data

Selain mentransmisikan informasi, router juga dapat berfungsi untuk memfilterisasi paket data yang beroperasi pada suatu jaringan.

Proses filtrasi akan mendukung kinerja jaringan internet dan mencegah perlambatan koneksi internet akibat trafik yang besar. Penyaringan paket data dilakukan berdasarkan aturan melalui alamat IP, port TCP dan UDP.

Baca Juga: Apa Itu Localhost? Pengertian, Jenis, dan Kegunaannya

Menghubungkan jaringan

Dalam menjalankan fungsi utamanya, router menghubungkan jaringan ke beberapa perangkat agar tersedia pembagian paket data antar jaringan.

Proses ini berlangsung dengan adanya distribusi alamat IP ke setiap perangkat dalam jaringan tertentu.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan mengarahkan jaringan data menggunakan routing table untuk menentukan jalur mana saja yang akan dilalui sebuah paket data dalam mencapai tujuannya.

Paket data tersebut berisi beberapa bagian, salah satunya membawa informasi seperti pengirim, tipe data, dan alamat IP tujuan. Router akan membaca tiap bagian ini kemudian menentukan rute terbaik yang akan digunakan untuk setiap proses transmisi data.

Secara sederhana, Cloudflare mencontohkan cara kerja router seperti gambar berikut:

cara kerja router

Paket data dari komputer A akan melalui beberapa jaringan untuk sampai ke komputer B. Intinya, ketika router mendapat paket, perangkat ini akan langsung mengecek tujuan akhirnya.

Kemudian, router akan menentukan jalur terbaik menuju tujuan tersebut untuk menghasilkan koneksi yang cepat.

Baca Juga: Load Balancing: Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Server

Jenis-jenis Router

Router dibagi menjadi beberapa jenis, berikut di antaranya:

Wireless

wireless router

Wireless router adalah jenis router yang menawarkan konektivitas Wi-Fi atau nirkabel ke perangkat pengguna. Jenis ini menggunakan kabel ethernet agar terhubung ke modem, lalu mendistribusikan sinyal dengan mengubah paket data dari kode biner menjadi sinyal radio.

Sinyal tersebut lalu dibagikan menggunakan antena yang ada pada perangkat router. Jadi, router jenis ini tidak memerlukan kabel untuk terhubung ke perangkat pengguna.

Jika kamu memiliki Wi-Fi di rumah, kamu berarti memiliki router jenis nirkabel.

Wired

wired router

Router kabel menggunakan kabel ethernet untuk terhubung ke modem. Namun router jenis ini memerlukan kabel terpisah untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan yang terhubung dengan modem.

Virtual router

Virtual router atau vRouter memungkinkan komputer atau server menyalurkan paket data melalui aplikasi perangkat lunak. Jenis ini berbentuk perangkat lunak, namun tugas dan fungsinya sama seperti router perangkat keras.

Baca Juga: Apa itu Database? Penjelasan, Fungsi, dan Jenisnya

Core router

core router

Jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan dengan volume pengiriman paket data yang tinggi. Core router beroperasi pada inti jaringan dan tidak berkomunikasi dengan jaringan eksternal.

Edge router

edge router

Jenis router ini bertugas untuk berkomunikasi dengan router inti dan jaringan eksternal. Sesuai namanya, edge (ujung) router berada di tepi jaringan dan menggunakan BGP (Border Gateway Protocol) untuk mengirim dan menerima data dari LAN dan WAN yang berada di luar jaringan.

Sudah Lebih Tahu tentang Router?

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain sehingga perangkat yang kamu gunakan bisa terhubung ke jaringan internet.

Router bekerja dengan mengarahkan jaringan data menggunakan routing table untuk menentukan jalur mana saja yang akan dilalui sebuah paket dalam mencapai tujuannya.

Semoga artikel ini membantumu ya, salam sukses online!