Apa Itu SEO? Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

Apa Itu SEO? Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

SEO adalah sebuah praktik optimasi website agar mampu menempati peringkat tertinggi di SERP. Tanpa pendekatan ini, situsmu mungkin berada di posisi rendah atau bahkan tidak terindeks sama sekali. Buruknya, ini dapat mengakibatkan kurangnya trafik organik, hingga akhirnya website sulit untuk bersaing dengan kompetitor.

Menurut Backlinko, hanya ada 18,7% pengguna yang mengklik hasil pencarian di halaman kedua Google. Ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet cenderung memilih situs yang muncul di halaman pertama. Mereka percaya bahwa situs-situs tersebut lebih relevan dan dapat menjawab pertanyaan mereka.

Bayangkan jika konten-konten situsmu hanya mampu tampil di halaman ketiga, keempat, atau seterusnya, persentase kliknya mungkin akan lebih kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Kamu tentu tidak menginginkan hal seperti ini, bukan? Maka dari itu, yuk pelajari apa itu SEO di sini!

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian upaya untuk mengoptimalkan peringkat website di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Result Page/SERP) seperti Google, Yahoo, dan Bing. Upaya ini dilakukan agar website mendapat ranking tertinggi dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Semakin tinggi peringkat di SERP, maka semakin tinggi pula visibilitas situs web. Artinya, dengan menerapkan SEO yang baik, website-mu berpeluang untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian yang pada gilirannya dapat meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung secara organik.

Inilah alasan mengapa website bisnis wajib memanfaatkan SEO dalam strategi pemasaran digital. Selain mendatangkan banyak trafik, penerapan SEO juga dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis yang ditawarkan. Survey dari Hubspot bahkan menyebut bahwa di tahun 2023, pemasar akan menginvestasikan uang paling banyak pada tiga hal; video pendek, influencer marketing, dan SEO.

Lalu, apakah SEO itu berbayar? Penerapan SEO tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Sebab, SEO pada dasarnya merupakan praktik-praktik yang dapat dilakukan sendiri, seperti pengoptimalan kata kunci, konten, tautan balik (backlink), dan sebagainya. Ini berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang melibatkan pembayaran untuk mengiklankan halaman di mesin pencari.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM untuk Pemula Digital Marketing

Cara Kerja SEO

Menurut Moz, cara kerja search engine optimization mencakup tiga tahapan utama dengan fungsi yang berbeda, yakni crawling, indexing, dan ranking. Supaya lebih paham, simak penjelasan masing-masing tahapannya di bawah ini.

  • Crawling – Mesin pencari seperti Google menggunakan program yang disebut “web crawler” atau “spider bot” untuk merayapi halaman-halaman yang ada di internet. Program ini akan membantu Google menemukan, memahami, dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengindeks halaman.
  • Indexing – Setelah tahap crawling selesai, informasi yang dikumpulkan selanjutnya akan disimpan dan ditata ke dalam database mesin pencari yang disebut indeks pencarian. Ini memungkinkan search engine mengakses dan mengambil informasi dengan cepat saat pengguna melakukan pencarian.
  • Ranking – Halaman yang sudah masuk ke dalam indeks pencarian selanjutnya akan ditampilkan pada hasil penelusuran, di mana peringkatnya diurutkan berdasarkan relevansi, kualitas, dan kredibilitas konten/halaman.

Perlu diingat, hanya Google-lah yang tahu persis bagaimana cara kerja algoritmanya, sehingga lama atau tidaknya hasil SEO tergantung pada strategi yang kamu terapkan. Namun, menurut WebFX, penerapan SEO ini bisa memakan waktu antara 3 sampai 6 bulan untuk mulai melihat hasilnya.

Jenis-Jenis SEO

Setiap mesin pencari, misalnya Google, memiliki kriteria sendiri untuk menentukan situs mana yang akan ditempatkan di posisi pertama. Ini meliputi jenis-jenis SEO, yakni on-page (dalam konten), off-page (luar konten), dan technical (teknis). Berikut pembahasannya:

jenis-jenis-seo

1. On-page SEO

Jenis optimasi on-page berfokus pada kualitas konten yang dibuat. Semakin bermanfaat dan berkualitas konten bagi pembaca, maka mesin pencari akan memberikan peringkat lebih tinggi di SERP. Hal-hal yang mencakup on-page SEO di antaranya adalah penempatan kata kunci (keyword), struktur konten, optimasi meta tag, optimasi gambar, internal linking, dan banyak lagi.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

2. Off-page SEO

Off-page SEO adalah jenis optimasi yang dilakukan dari sisi luar konten, seperti external linking, backlink building, social media marketing, dan teknik promosi lainnya. Sederhananya, off-page SEO berfokus pada strategi membangun dan mempromosikan website agar lebih terkenal dan terpercaya sehingga memiliki otoritas tinggi.

Ketika situs lain memberikan backlink menuju website-mu, mesin pencari akan menilai bahwa website-mu lebih kredibel. Dengan kata lain, semakin banyak rekomendasi atau rujukan yang mengarah ke situsmu, maka semakin besar peluang memiliki ranking tinggi di SERP. Selain itu, Backlinko juga menyebut bahwa website dengan otoritas yang kuat cenderung memiliki peringkat yang baik dalam voice search (pencarian lewat suara).

Baca Juga: 7 Teknik Mudah Optimasi SEO Off-Page

3. Technical SEO

Technical SEO berkaitan dengan aspek-aspek teknis yang memengaruhi kinerja dan indeksasi situs oleh mesin pencari. Dalam hal ini, aspek-aspek teknis yang dimaksud meliputi core web vital, kecepatan halaman, mobile-friendly, penerapan robots.txt dan sitemap.xml, hingga keamanan website.

Seperti yang diketahui, Google ingin memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh penggunanya. Oleh karena itu, semakin baik sisi teknis suatu website, maka Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika kecepatan halaman lambat, struktur URL-nya berantakan, dan tidak aman, maka situs tersebut mungkin ditempatkan di posisi rendah serta kurang direkomendasikan ke pengguna.

Salah satu contoh penerapan technical SEO yang baik adalah memilih hosting yang cepat dan aman, seperti layanan dari Dewaweb. Cloud hosting Dewaweb menggunakan web server LiteSpeed Enterprise yang terbukti 40x lebih cepat. Dari segi keamanan, Dewaweb sudah bersertifikasi ISO 27001 serta dilengkapi Imunify360 WAF dan Anti DDoS premium untuk memastikan website-mu selalu terlindungi dari segala jenis serangan cyber.

Manfaat SEO

Ada beberapa manfaat SEO bagi website, seperti mendatangkan traffic web secara organik, meningkatkan brand awareness, hingga membangun kepercayaan pengguna. Berikut penjelasannya:

1. Membawa traffic organik

Dengan peringkat yang tinggi di hasil pencarian, website memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan trafik organik, yakni pengunjung yang datang secara alami melalui pencarian tanpa campur tangan iklan atau cara berbayar lainnya. Faktanya, 53,3% trafik website dan 43% trafik e-commerce di tahun 2024 berasal dari pencarian organik.

Maka dari itu, tak heran mengapa trafik organik menjadi tujuan utama para pemilik situs web, terutama website bisnis dan e-commerce. Jadi, jika kamu menginginkan trafik tinggi secara alami, lakukanlah optimasi website melalui prinsip-prinsip SEO.

Baca Juga: 13+ Cara Meningkatkan Traffic Website, Efektif dan Ampuh!

2. Menyukseskan content marketing

SEO melibatkan pengoptimalan konten untuk kata kunci tertentu guna memastikan konten tersebut dapat ditemukan oleh target audiens. Menurut Semrush, sekitar 46% marketer dan pemilik bisnis setuju bahwa SEO membawa kesuksesan dalam content marketing. Bahkan, 47% di antaranya mengatakan bahwa SEO juga turut membawa kesuksesan dalam riset audiens.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa penerapan SEO yang tepat memungkinkan kamu untuk mengenal target audiens lebih baik. Dengan begitu, strategi content marketing bisnismu tentunya akan lebih relate bagi mereka.

3. Meningkatkan brand awareness

Ketika website menempati posisi tinggi di hasil pencarian, secara otomatis brand awareness juga turut meningkat. Dengan kata lain, pengguna akan menjadi lebih sadar tentang keberadaan brand-mu setelah melihat website-mu berada di halaman pertama mesin pencari. Ini selaras dengan Semrush yang menyebut bahwa pencarian organik dan referral traffic adalah sumber ROI terbesar dan paling efektif untuk sebuah brand.

4. Membangun kepercayaan pengguna

Mesin pencari akan memberikan posisi tinggi jika konten yang dihasilkan valid dan bisa dipercaya. Artinya, dengan membuat konten yang kredibel, website-mu berpeluang lebih besar untuk direkomendasikan oleh mesin pencari, di mana hal ini juga akan membangun kepercayaan pengguna terhadap situsmu.

Menurut Semrush, Google menyukai konten-konten yang bermanfaat dan berprinsip E-E-A-T (Experience, Expertise, Authority, Trustworthiness). Jadi, kamu dapat membangun kepercayaan pengguna dengan membuat konten sesuai pengalaman, keahlian, dan otoritasmu.

Dalam SEO, EEAT berfokus pada konten informatif yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Perlu diingat bahwa isi konten EEAT tidak bisa sembarangan dan harus benar-benar valid. Prinsip EEAT ini wajib diterapkan pada konten YMYL (Your Money or Your Life) seperti kesehatan, keuangan, dan topik-topik berisiko tinggi lainnya.

Tingkatkan Traffic Website dengan SEO!

SEO adalah serangkaian praktik atau upaya yang dilakukan agar website mendapatkan ranking tinggi di SERP. Ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari menerapkan SEO, yakni meningkatkan visibilitas online yang berasal dari trafik organik, menyukseskan content marketing, serta membangun brand awareness dan kepercayaan pengguna.

Performa website yang baik menjadi salah satu hal penting untuk menunjang kesuksesan SEO. Website cepat dan aman adalah kriteria utama yang disukai oleh mesin pencari seperti Google. Mudah saja, kamu hanya perlu memilih layanan hosting murah, berkualitas, dan server terbaik yang dapat diandalkan.

Untungnya cloud hosting Dewaweb sudah memenuhi semua kriteria tersebut. Dengan hosting Dewaweb, website-mu dijamin akan selalu tersedia, aman, cepat, dan minim masalah. Kalaupun ada masalah, Tim Ninja Support akan membantumu 24/7 non-stop secara GRATIS.

Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan domain gratis dengan meng-hosting website di Dewaweb, lho! Cari tahu cara mendapatkannya di artikel Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula. Tunggu apalagi? Yuk, beli hosting Dewaweb sekarang!