Apa Itu Sidebar? Cek 11 Jenis Sidebar Terbaik untuk Websitemu

Apa Itu Sidebar? Cek 11 Jenis Sidebar Terbaik untuk Websitemu

Sidebar adalah salah satu komponen penting ketika kamu akan membuat website. Meskipun keberadaan sidebar tidak wajib pada setiap website, namun jika kamu memanfaatkannya dengan maksimal, justru akan membantu meningkatkan nilai website kamu.

Mungkin masih banyak dari kamu yang berpikir jika sidebar adalah komponen yang berisi informasi tambahan situs saja, padahal lebih dari itu, kamu dapat mengatur sidebar sesuai kebutuhan.

Tidak perlu lama-lama, untuk kamu yang sedang membangun website, ketahui dulu apa itu sidebar dan jenis-jenisnya di bawah ini ya!

Baca Juga: 15 Desain Website Layout Inspiratif yang Menarik Pengunjung

Pengertian Sidebar

Sidebar website adalah sebuah kolom atau area yang berada di kanan atau atau kiri konten utama. Elemen tersebut tidak hanya sebatas informasi pendukung, melainkan juga bisa terdiri dari menu utama, widget, hingga navigasi ke halaman lain.

Semakin berkembangnya trend web design, peletakkan sidebar juga bervariasi, di sisi kiri atau kanan website tergantung dari desain dan fungsionalitasnya. Asalkan kamu bisa mengemasnya dengan menarik, nilai dari website kamu di mata pengunjung akan makin meningkat.

Baca Juga: 10 Contoh Footer Website Dengan Desain Menarik

Manfaat Sidebar untuk Website

Penggunaan sidebar pada website tidak bisa kamu sepelekan, terdapat beberapa manfaat sidebar untuk website kamu diantaranya seperti berikut.

  • Meningkatkan engagement

Manfaat sidebar yang pertama adalah meningkatkan engagement. Sidebar merupakan salah satu area yang cukup menonjol pada situs, maka dari itu kamu bisa menavigasikannya ke halaman lain atau menyisipkan link sosial media.

  • Merapikan tampilan website

Situs kamu penuh dengan banyak konten? Kamu tentu tidak mungkin juga menampilkan semua postingan pada satu halaman. Sidebar dapat membantu mengelompokkan konten, misalnya seperti related posts, kolom pencarian, dan lain sebagainya, sehingga tampilan web akan lebih rapi.

  • Meningkatkan konversi

Dalam sidebar kamu dapat membuat banyak hal, misalnya seperti call-to-action, form subscribe, dan banyak lagi. Dengan begitu, pengunjung akan terarahkan dan konversi website akan naik.

  • Mengoptimalkan ruang promosi

Selain merapikan tampilan website, sidebar adalah salah satu ruang untuk promosi. Tampilkan postingan terbaru kamu, konten terbaik, atau channel sosial media yang kamu miliki. Atau, apakah kamu punya promosi menarik atau event yang akan diselenggarakan? Daripada hanya promosi pada sosmed, kamu dapat memanfaatkan kolom sidebar tersebut.

Baca Juga: Menambahkan dan Menggunakan Widget Di WordPress

Jenis-jenis Sidebar Website untuk Inspirasimu

Setelah mengetahui seperti apa manfaatnya untuk website, di bawah ini terdapat beberapa jenis sidebar website yang bisa kamu buat pada situs kamu nanti.

Profil Pemilik Website

contoh sidebar-profile

Jenis sidebar pertama yaitu berupa profil pemilik website. Pada sidebar tersebut kamu bisa memasukkan informasi berupa sekilas tentang dirimu, keahlian, serta menjelaskan tentang apa yang akan kamu bagikan pada web.

Dengan adanya sidebar profil author dapat menjadi ajang untuk lebih mendekatkan diri pada audiens sehingga mereka juga dapat merasa lebih akrab dengan kamu. Jenis tersebut cocok digunakan pada web atau blog pribadi serta website portfolio.

Rekomendasi plugin profile: Simple Author Box, Molongui Author Box, dan lain sebagainya.

Breadcrumb

contoh sidebar - breadcrumb

Breadcrumb merupakan elemen website untuk menunjukkan lokasi halaman web yang sedang dikunjungi pembaca saat itu. Jika kamu ingin menampilkan elemen seperti itu, kamu bisa menambahkan pada sidebar.

Karena kolom sidebar pada kanan dan kiri konten termasuk yang mudah dilihat oleh audiens, sehingga dengan adanya breadcrumb mereka akan tahu saat ini sedang berada di halaman apa.

Rekomendasi plugin breadcrumb: Breadcrumb NavXT, Flexy Breadcrumb, dll.

Testimoni Pelanggan

contoh sidebar - testimoni

Sidebar website berikutnya yaitu berupa testimoni pelanggan. Testimoni atau review dari pelanggan merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Apabila website kamu merupakan website bisnis yang menjual produk, kamu bisa tambahkan hasil testimoni dari pelanggan.

Nantinya kamu bisa menambahkan informasi lain untuk lebih meyakinkan calon pelanggan seperti nama pelanggan, gambar profil atau media sosial mereka.

Rekomendasi plugin testimoni: Strong Testimonials, Real Testimonials, dll.

Baca Juga: 10 Elemen Penting Desain Web

Filter Produk

contoh sidebar - filter produk

Ketika pelanggan sedang mencari produk, mereka tentu ingin mencari produk yang sedang dibutuhkan dengan mudah. Demi kemudahan pelanggan, kamu bisa menambahkan sidebar berupa filter produk pada website toko online kamu.

Pada filter produk, kamu bisa memasukkan beberapa jenis filter seperti kategori produk, warna, harga, hingga ukuran.

Rekomendasi plugin filter produk: WOOF – Products Filter for WooCommerce, YITH WooCommerce Ajax Product Filter, dll.

Shopping Cart

contoh sidebar - shopping cart

Apabila kamu ingin pelanggan lebih cepat melakukan transaksi produk pada website, kamu bisa menambahkan sidebar website shopping cart.

Pada sidebar tersebut kamu dapat menampilkan ikon keranjang yang berisi jumlah item yang sudah dipilih mereka. Mengapa harus diletakkan pada kolom sidebar? Karena kolom kanan dan kiri website sering dilihat oleh pelanggan.

Rekomendasi plugin shopping cart: WooCommerce Cart Abandonment Recovery, Ecwid Ecommerce Shopping Cart, dll.

Akun Media Sosial

akun media sosial

Jangan biarkan audiens berakhir hanya pada website kamu saja, tetapi juga buat mereka tetap terhubung denganmu melalui sosial media. Ini merupakan salah satu ajang untuk promosi channel Youtube, akun Instagram, Facebook, atau media sosialmu lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu perlu mengarahkan mereka ke sana dengan bantuan sidebar media sosial atau plugin media sosial. Jika tertarik, mereka akan langsung mengklik ikon tersebut dan terhubung denganmu.

Rekomendasi plugin media sosial: Simple Social Icons, Easy Social Share, dll.

Popular, Latest, Related Post

popular posts

Ketika audiens berkunjung ke website kamu, tentu kamu ingin agar mereka bisa berlama-lama di sana, salah satunya dengan memberikan rekomendasi konten lain yang bisa dibaca.

Nah, untuk menarik perhatian pengunjung kamu dapat meletakkan postingan tersebut di bagian sidebar. Sidebar jenis ini juga dapat membantu meningkatkan traffic website kamu.

Rekomendasi plugin: WordPress Popular Posts, Recent Posts Widget Extended, dll.

Tombol Sharing

tombol sharing

Agar konten kamu bisa dibaca oleh lebih banyak orang, kamu bisa menambahkan fitur share berupa ikon media sosial pada sidebar. Melalui ini, apabila pengunjung berpikir konten kamu bermanfaat, mereka bisa membagikannya lewat media sosial.

Tampilannya mirip seperti ikon media sosial, namun bedanya tombol sharing ini mengizinkan pengunjung untuk langsung membagikan konten yang sedang dilihat ke sosial media mereka masing-masing. Misalnya lewat Twitter, Facebook, LinkedIn, atau yang lain.

Rekomendasi plugin social share: Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons, AddToAny Share Buttons, dll.

Progress Bar

progress bar

Kamu ingin memiliki website dengan tampilan full screen, sederhana namun tetap bisa menyampaikan informasi atau pesannya? Solusinya, gunakan progress bar. Dengan progress bar, halaman website kamu akan terlihat lebih luas.

Progress bar bisa diletakkan di pinggir kiri atau kanan dalam bentuk dots yang merujuk ke setiap halaman. Jenis sidebar progress bar biasanya lebih cocok diterapkan pada website yang tidak terlalu kompleks, contohnya web portofolio.

Rekomendasi plugin progress bar: Reading Progress Bar, Progress Bar & Skill Bar, dll.

Baca Juga: 25+ Contoh Website Perusahaan Terbaik untuk Referensi

Search Box

search box

Pada sebuah situs tentu ada banyak konten dan informasi untuk pembaca, misalnya seperti konten artikel. Dengan banyaknya konten tidak mungkin audiens akan mencari satu persatu.

Maka dari itu, untuk memudahkan mereka bisa kamu tambahkan sidebar search box atau kolom pencarian. Search box cocok diletakkan pada sidebar karena tempatnya yang strategis dan mudah ditemukan pembaca.

Rekomendasi plugin search box: Search Box, SearchWP Live Ajax Search, dll.

Tombol Berlangganan/Newsletter

tombol newsletter

Sidebar website terakhir yaitu untuk menambahkan tombol berlangganan atau newsletter. Setelah pembaca mengunjungi website kamu, di kemudian hari tentu kamu ingin mereka datang lagi.

Nah, untuk mengajak mereka agar mau kembali ke website kamu, kamu dapat menawarkan opsi berlangganan atau newsletter. Sehingga ketika ada update terkait website atau konten, otomatis akan masuk pada email mereka.

Rekomendasi plugin newsletter: Newsletter, Subscribe 2 – Form, Email Subscribers & Newsletter, dll.

Terapkan Sidebar Terbaik untuk Websitemu

Sidebar adalah salah satu elemen penting untuk tingkatkan nilai website-mu. Sekarang kamu sudah tahu apa itu sidebar dan jenis-jenisnya, selanjutnya tinggal kamu terapkan pada websitemu. Pastikan kamu menambahkan sidebar sesuai kebutuhan, selain itu jangan lupa juga disesuaikan dengan jenis website kamu.

Nah, untuk menunjang performa website kamu yang maksimal, pemilihan web hosting sangat berperan penting. Sebuah website yang bagus berawal dari hosting yang berkualitas. Gunakan hosting Dewaweb yang aman dan bisa kamu nikmati mulai dari Rp20.000-an saja per bulan!