Apa itu SOC dan Perannya dalam Menjaga Keamanan Jaringan Informasi

Apa itu SOC dan Perannya dalam Menjaga Keamanan Jaringan Informasi

Serangan siber terhadap UMKM hingga perusahaan besar meningkat setiap tahunnya. Menurut data Kaspersky, jumlah serangan tersebut melonjak hampir 35 juta pada trimester pertama 2022. Oleh karena itu, memiliki SOC adalah salah satu upaya terbaik untuk mencegah perusahaanmu menjadi korban selanjut.

Security Operation Center atau SOC merupakan layanan cyber security terpusat bagi perusahaan yang membutuhkan perlindungan keamanan dari bahaya serangan hacker. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya layanan tersebut.

Untuk itu, melalui artikel kali ini kamu akan mengenal lebih dekat tentang apa itu SOC dan perannya dalam melindungi keamanan jaringan informasi perusahaan. Selamat membaca!

Baca juga: Waspada 5 Serangan Hacker Berbahaya pada Website

Apa Itu SOC?

SOC

Security Operation Center atau SOC adalah sebuah layanan terpusat yang menyediakan jasa keamanan siber bagi server perusahaan. SOC terdiri dari tim ahli di bidang cyber security yang dapat mencegah, mendeteksi, menganalisis, dan mengatasi permasalahan keamanan siber perusahaan.

Umumnya, tim ahli SOC terdiri dari SOC Manager, SOC Analyst (Tier 1, Tier 2, dan Tier 3), serta Security Engineer. Setiap anggota tersebut memiliki tanggung jawab dan perannya masing-masing dalam menjaga keamanan server suatu perusahaan.

SOC Analyst dan Security Engineers bertugas melakukan monitoring agar dapat mendeteksi ancaman dengan cepat. Jika ditemukan ancaman, maka mereka akan segera melaporkannya kepada SOC Manager. Tugas SOC Manager nantinya akan memberikan report kepada CISO (Chief Information Security Officer).

UKM hingga perusahaan besar seringkali menjadi sasaran empuk serangan kejahatan siber. Hal ini karena umumnya para pekerja kurang memahami tentang bagaimana sistem keamanan bekerja. Banyak dari mereka yang memiliki tingkat kesadaran bahaya siber yang rendah sehingga mengoperasikan server perusahaan dengan tidak hati-hati.

Untuk itu, SOC adalah solusi bagi kamu yang membutuhkan layanan keamanan server perusahaan dengan mudah. Tanpa perlu membentuk tim baru dan melakukan pelatihan cyber security kepada mereka.

Baca juga: Honeypot: Server Untuk Mengelabui Serangan Hacker

Pentingnya SOC bagi Keamanan Jaringan Perusahaan

Agar lebih memahami tentang peran Security Operation Center dalam menjaga jaringan keamanan perusahaan, berikut beberapa fungsi SOC yang perlu kamu ketahui:

Mendeteksi dan merespon ancaman secara akurat

Anggota tim SOC adalah orang-orang yang profesional di bidang cyber security. Dengan keahlian tersebut, mereka mampu mendeteksi serta merespon ancaman yang menyerang server perusahaanmu secara akurat.

Langkah preventif menjaga keamanan siber

Penting untuk melakukan langkah preventif sebelum serangan siber benar-benar menimpa perusahaanmu. Hal ini dilakukan tentunya agar ketika server perusahaan terancam bahaya, risiko yang ditimbulkan tidak akan terlalu besar dan berdampak buruk.

Dengan menyediakan SOC, kamu sudah melakukan satu langkah preventif untuk menjaga keamanan siber di tempatmu bekerja.

Melindungi keamanan data pelanggan

Data memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Namun sayangnya, beberapa perusahaan masih kurang sigap dalam melakukan manajemen data sehingga membuatnya jadi lebih rentan terkena cyber attack seperti Data Breach.

SOC adalah layanan cyber security yang dapat membantumu melindungi data-data penting perusahaan seperti data pelanggan, data informasi karyawan, data finansial, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Keamanan Data dan Cara Menjaganya

Mengurangi risiko perusahaan terpapar kejahatan siber

Dengan adanya Security Operation Center, risiko serangan siber pada perusahaan jadi lebih rendah. Karena selain dapat mengantisipasi dan mengatasi permasalahan cyber attack, adanya SOC juga akan menumbuhkan security awareness setiap pekerja. Sehingga mereka akan lebih berhati-hati dalam menggunakan server perusahaan.

Baca juga: 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Tugas dan Peran SOC

Security Operation Center atau SOC memiliki tugas dan peran yang lebih terperinci dalam mengamankan server perusahaan. Di bawah ini beberapa tugas SOC yang umumnya dilakukan:

Mengumpulkan aset perusahaan

Langkah pertama yang dilakukan SOC adalah mengumpulkan semua aset jaringan yang digunakan oleh perusahaan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengawasi penggunaannya.

Memantau infrastruktur perusahaan

Setelah menemukan semua aset yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan, SOC akan memantau infrastrukturnya selama 24 jam. SOC akan menggunakan tindakan reaktif dan proaktif untuk memastikan segala aktivitas terdeteksi, termasuk aktivitas yang tidak wajar untuk kemudian segera ditindaklanjuti.

Menganalisis log aktivitas

SOC juga memastikan untuk memantau dan menganalisis semua log aktivitas maupun komunikasi yang terjadi di server perusahaan. Dengan begitu, mereka dapat langsung mengetahuinya ketika terjadi ancaman cyber security.

Membuat peraturan dan peringatan keamanan

Selain memantau aktivitas login tugas lain SOC adalah membuat peraturan yang dapat menunjang keamanan siber perusahaan. Selain itu, mereka juga membuat peringatan sekaligus menetapkan peringkat peringatan tersebut tergantung seberapa bahaya ancaman siber yang mungkin ditimbulkan.

Menangani dan menganalisis insiden

Ketika perusahaan terkena serangan siber, tim SOC akan siap menangani serangan tersebut dan meminimalisir dampaknya. Selain itu, tim SOC juga akan menganalisis pasca serangan dan melakukan tindakan preventif yang dapat memperkuat jaringan perusahaan.

Baca juga: 11+ Cara Meningkatkan Keamanan Website, Lengkap & Terbaru!

Gunakan Layanan SOC untuk Lindungi Server Perusahaan

Menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky, baik UMKM maupun perusahaan besar seringkali menjadi target serangan siber seperti malware dan botnet. Untuk itu, penggunaan layanan Security Operation Center atau SOC adalah salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya tersebut.

Dewaweb melalui Dewaguard juga menyediakan perlindungan terhadap ancaman cyber attack melalui layanan SOC pertama di Indonesia yang bersertifikasi ISO 27001. Segera lindungi server perusahaanmu bersama Dewaguard dari sekarang!