Software engineering adalah proses analisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi dan uji aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui penggunaan bahasa pemrograman. Secara garis besar, software engineering bisa diartikan sebagai penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak. Berbeda dengan pemrograman sederhana, software engineering digunakan untuk sistem aplikasi yang lebih besar dan kompleks. Umumnya, proses ini digunakan untuk kebutuhan bisnis dan organisasi.

Memahami lebih lanjut tentang software engineering

Dikutip dari Institute of Electrical and Electronics Engineers/IEEE (1993), software engineering adalah suatu pendekatan teknologi secara sistematis, terstruktur dan disiplin. Meski pada dasarnya merupakan salah satu cabang ilmu komputer guna mengetahui sesuatu yang salah terhadap sebuah perangkat lunak, kini fungsinya melebar lebih luas lagi.

Rekayasa perangkat lunak dibutuhkan tak cuma ketika ditemukan kesalahan pengoperasian semata, namun lebih kepada bagaimana sebuah perangkat lunak bekerja sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan end-user atau penggunanya. Tak seperti hardware yang dibuat di pabrik, elemen software bersifat logis. Elemen software juga tidak bisa aus seperti hardware, namun peluang untuk rusak cukup besar. Sehingga, software lebih menekankan pada rekayasa dan pengembangan.

Hal-hal yang wajib diperhatikan

Adapun software engineering akan memperlihatkan bagaimana sebuah aplikasi produk atau jasa mempermudah penggunaan oleh end-user dan apa saja fitur-fitur yang ditawarkan kepada penggunanya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan.

  1. Pengoperasian

Setelah proses analisis dilakukan, kamu akan mengetahui apakah sebuah aplikasi bekerja sebagaimana mestinya, mulai dari budget, efisiensi, ketepatan, fungsi, ketergantungan dan yang tak kalah penting adalah keamanan.

  1. Transisi

Transisi penting ketika suatu aplikasi digeser dari satu platform ke platform lainnya. Jadi, portabilitas, kegunaan dan adaptabilitas ada di area ini.

  1. Pemeliharaan

Ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana sebuah aplikasi bekerja setelah adanya pemutakhiran atau pembaruan (update). Aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan pasca analisis adalah modularitas, perawatan, fleksibilitas dan skalabilitas.

Metode yang dapat digunakan

Adapun metode software engineering dibagi menjadi lima jenis, yaitu metode sekuensial linier, RAD, prototipe, spiral dan 4GT. Dari lima metode tersebut, model 4GT memiliki keuntungan lebih dari segi waktu. Hanya saja, kekurangannya terletak pada alat bantunya, sebab cuma bisa digunakan untuk aplikasi tertentu saja.

Kemampuan analisis yang mendalam harus dimiliki oleh pengembang perangkat lunak (software developer) untuk mendapatkan tak cuma apa yang diinginkan oleh stakeholder, melainkan juga memuaskan penggunanya (end-user). Maka, software engineering adalah pemegang peran penting dalam menghasilkan aplikasi atau perangkat lunak yang berkualitas.

Penjelasan tentang SDLC

Sebelum dilakukan rekayasa perangkat lunak, wajib diperhatikan beberapa langkah penting mulai dari perencanaan, pengembangan (coding dan testing) dan pemeliharaan (maintenance). Namun demikian, ada tahapan yang tak kalah penting yang dinamakan Software Development Lifecycle (SDLC).

SDLC adalah rangkaian tahapan dalam rekayasa perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak yang diusulkan, yaitu communication, requirement gathering, studi kelayakan, sistem analisis, desain software, integrasi, implementasi dan disposisi. Coding dan testing juga masuk dalam kriteria SDLC ini, namun selayaknya dua hal tersebut sudah dilakukan lebih awal.

Pengujian perangkat lunak dilakukan saat pengkodean oleh pengembang dan pengujian menyeluruh yang dilakukan oleh ahli pengujian di berbagai tingkat kode seperti pengujian modul, pengujian program, pengujian produk, pengujian internal dan pengujian produk atas keterlibatan dan umpan balik pengguna.

Baca Juga: Apa Itu React Native?

Software engineering adalah hal penting yang wajib dipelajari agar mimpi menjadi seorang software developer bisa diwujudkan dengan segera. Jangan lupa, selalu percayakan layanan hosting kepada Dewaweb yang sudah terbukti mampu menjaga kecepatan loading website dan keamanan data-data yang ada sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan traffic yang dimiliki.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia