Apa Itu Software? Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Apa Itu Software? Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Software adalah program yang dirancang agar dapat melakukan tugas tertentu pada hardware. Jika kamu pernah berpikir bagaimana perangkat keras dapat beroperasi dan menjalankan berbagai perintah, semua ini terjadi karena adanya software atau perangkat lunak.

Dengan software, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari mengirim pesan, memutar musik, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis software yang paling dekat dengan kamu adalah aplikasi.

Aplikasi yang sering kamu gunakan seperti WhatsApp, Instagram juga salah satu jenisnya. Meski begitu ternyata masih banyak jenis software lain yang perlu kamu ketahui lho. Jadi, di artikel Dewaweb kali ini akan membahas secara lengkap seputar apa itu software, jenis, hingga fungsi-fungsinya!

Apa Itu Software?

Software adalah rangkaian instruksi dan data yang bertujuan untuk mengeksekusi program atau perintah di dalam sistem komputer. Agar software dapat digunakan maka dibutuhkan perangkat keras, dalam hal ini seperti komputer, smartphone, atau yang lain.

Perangkat lunak atau software memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, melakukan tugas-tugas tertentu, memproses data, dan mencapai tujuan-tujuan yang mereka inginkan.

Dalam pembuatannya, software dikembangkan oleh developer atau programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu sesuai tujuan pembuatan aplikasinya, misalnya untuk mobile atau desktop, atau sistem operasi Android atau iOS.

Tanpa adanya software pada perangkat keras, maka perangkat kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Oleh karena itu, salah satu fungsi software adalah menjembatani antara pengguna dengan perangkat.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari software, di antaranya sebagai berikut.

  • Perangkat lunak merupakan dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan. Istilahnya, software dan komputer merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan.
  • Mengatur atau mengontrol kinerja hardware yang ada di komputer agar bisa berjalan secara maksimal sesuai fungsinya.
  • Sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware.
  • Sebagai penerjemah perintah software ke bahasa mesin, sehingga hardware dapat mengerti dengan baik.
  • Mengidentifikasi sebuah program pada komputer, memastikan bahwa aplikasi atau program dapat diakses dan dijalankan dengan lancar.

Baca Juga: Apa Itu Software Engineering? Jenis, Tugas, Skill, dan Gajinya

Bagaimana Software Bekerja?

Software bekerja dengan menjalankan program-program yang terdiri dari serangkaian instruksi. Instruksi-instruksi ini ditulis dalam bahasa pemrograman dan digabungkan menjadi sebuah program yang dapat dijalankan oleh komputer. Ketika program dijalankan, komputer akan mengikuti instruksi-instruksi tersebut untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Cara kerja ini biasa disebut dengan input, proses, output. Input dilakukan oleh bahasa manusia yang kompleks, kemudian input atau masukan tersebut diubah menjadi bahasa biner yang dapat dimengerti oleh software.

Berdasarkan masukan tersebut, perangkat lunak memberikan output kepada pengguna. Output ini bergantung pada perintah yang diberikan oleh pengguna sebelumnya. Berdasarkan cara kerja dan fungsinya, software dibagi menjadi dua yaitu application dan system software. Berikut penjelasan lengkapnya.

Application software

Application software adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memfasilitasi pengguna akhir dalam melakukan tugas-tugas spesifik. Program-program ini dapat berinteraksi dengan pengguna melalui user interface dan perintah yang dimasukkan oleh pengguna.

Ketika program dijalankan, software akan mengikuti instruksi-instruksi yang ada dalam program tersebut untuk melakukan tugas yang diminta oleh pengguna.

System software

Perangkat lunak yang kerjanya berada di antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat berjalan dengan baik dan melakukan tugasnya.

Berbeda dengan application software, pada software ini, pengguna tidak berinteraksi langsung karena perangkat lunak ini berjalan di latar belakang. Perangkat ini akan dijalankan setiap kali sistem komputer melakukan booting dan terus berjalan selama sistem aktif. Beberapa contohnya seperti Microsoft Windows, Linux, Mac, iOS Apple, Google Android.

Baca Juga: Aplikasi Berbasis Web: Pengertian, Jenis, Contoh, & Keunggulan

Jenis dan Contoh Software

Software terdiri dari beberapa jenis yang fungsinya juga berbeda-beda. Menurut Techtarget, jenis-jenis software di antaranya application software, system software, driver software, middleware, dan programming software.

1. Application software

Perangkat lunak komputer yang menjalankan fungsi tertentu untuk pengguna akhir. Aplikasi ini dapat berdiri sendiri, atau dapat berupa sekelompok program yang menjalankan aplikasi tersebut untuk pengguna. Beberapa contoh application software di antaranya seperti Microsoft Word, Excel, Adobe Photoshop, dan Adobe Premiere.

2. System software

Perangkat lunak sistem adalah jenis perangkat lunak yang memberikan fungsi-fungsi dasar untuk komputer dan perangkat kerasnya. Selain itu, ia mengontrol pengoperasian perangkat keras komputer dan menyediakan lingkungan untuk semua jenis perangkat lunak lainnya untuk bekerja.  Software yang termasuk yaitu seperti sistem operasi meliputi Windows, macOS, dan Linux.

3. Driver software

Jenis software yang bertanggung jawab untuk mengontrol perangkat keras dan periferal yang terhubung ke komputer. Setiap perangkat yang terhubung ke komputer membutuhkan setidaknya satu driver perangkat agar dapat bekerja dengan benar. 

Contoh driver termasuk driver printer, driver kartu grafis, driver mouse, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, driver software adalah jembatan antara perangkat keras dan sistem operasi komputer, sehingga memastikan bahwa semua komponen berjalan dengan lancar.

4. Middleware

Middleware adalah perangkat lunak yang berada di antara aplikasi dan sistem operasi, memberikan layanan tambahan seperti manajemen database, komunikasi jaringan, dan pemrosesan transaksi. Contoh middleware termasuk seperti Microsoft Windows yang memungkinkan berkomunikasi dengan Excel dan Word atau antara Apache Tomcat untuk server web dan Oracle Fusion Middleware untuk pengembangan aplikasi perusahaan.

5. Programming software

Perangkat lunak pemrograman adalah alat yang digunakan oleh pengembang software untuk menulis, menguji, dan memelihara kode program. Contoh perangkat lunak pemrograman meliputi IntelliJ IDEA, Visual Studio, dan Eclipse.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Coding untuk Para Programmer

Sudah Paham Apa Itu Software?

Software adalah rangkaian kode program yang bertujuan untuk mengeksekusi perintah di dalam sistem komputer. Software dapat digunakan apabila terdapat perangkat keras, dalam hal ini seperti komputer atau smartphone. Terdapat berbagai jenis software yang dibedakan berdasarkan fungsinya seperti application, system software, driver software, middleware, programming software.

Bagi kamu yang sedang mengembangkan software, VPS server menjadi elemen yang mengatur mulai dari manajemen data hingga pengoperasian aplikasi. Dewaweb menawarkan berbagai paket cloud VPS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan anggaran kamu.

VPS Dewaweb sudah berstandar keamanan ISO 27001 dan 100% Uptime SLA serta dilengkapi dengan Intel Xeon Gold, NVMe SSD Software Defined Storage, Unlimited Bandwidth dan Ninja Support 24/7. Segera hubungi Dewaweb untuk konsultasi paket VPS Server kamu sekarang!