Apa Itu Streaming? Ini Pengertian, Jenis-Jenis, dan Penerapannya

Apa Itu Streaming? Ini Pengertian, Jenis-Jenis, dan Penerapannya

Kebanyakan dari kamu pasti sudah pernah melakukan streaming, entah streaming film, musik atau yang lain. Di era perkembangan teknologi saat ini, streaming adalah salah satu kegiatan yang dekat dengan kita.

Tapi yakin kamu paham apa itu streaming? Nah, maka dari itu kali ini Dewaweb akan membantu kamu mengetahui lebih dalam pengertian streaming. Jadi, langsung saja simak di bawah ini yuk!

Apa Itu Streaming

Arti streaming adalah sebuah teknologi pengiriman data baik video, maupun audio dalam bentuk yang sudah dikompresi lewat jaringan internet. Data tersebut ditampilkan pada aplikasi player secara realtime. 

Kamu sebagai pengguna membutuhkan aplikasi tersebut untuk melakukan dekompresi agar data yang telah dikirim dapat tampil ke layar monitor perangkat kamu. Aplikasi tersebut dapat berupa bagian dari browser maupun software. Karena dilakukan secara realtime saat itu juga, maka pengguna tidak perlu melakukan pengunduhan yang harus disimpan secara lokal di ponsel atau PC. 

Kamu dapat menonton video atau musik tersebut secara terus-menerus tanpa harus download, sehingga tidak membuat penuh memori perangkat. Biasanya video atau audio akan dibuat terlebih dulu kemudian baru di upload ke aplikasi atau situs streaming tersebut. Namun, biasanya beberapa aplikasi dan situs juga menyediakan fitur untuk mengunduh video tersebut agar bisa dinikmati secara offline.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Video Selain YouTube yang Tak Kalah Seru (Update 2022)

Jenis-Jenis Streaming

Streaming dibagi menjadi dua jenis, yaitu live streaming dan prerecord streaming. Masing-masing jenis tersebut akan kita bahas satu persatu di bawah ini.

Live Streaming

Jenis pertama adalah live streaming, kamu juga pasti sudah tidak asing dengan streaming jenis ini atau bahkan sering melakukannya. 

Live streaming adalah kegiatan siaran langsung, artinya pemilik konten atau para content creator melakukan kegiatan sekaligus merekamnya saat itu juga dan disiarkan pada media yang digunakan.

Setiap detiknya penonton dapat melihat apa saja yang dilakukan oleh pemilik konten tersebut. Dengan begitu penonton juga dapat berinteraksi langsung, sehingga dapat membantu engagement media sosial semakin naik.

Prerecord Streaming

Apa itu streaming prerecord? Berbeda dengan sebelumnya, jika live streaming dilakukan secara langsung maka prerecord streaming adalah siaran yang dilakukan dengan cara membuat videonya terlebih dahulu.

Pemilik konten membuat konten berupa video atau audio kemudian disimpan lalu baru di-upload pada media sosial yang digunakan. Setelah itu, barulah pengguna bisa mulai menontonnya. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu jenis-jenis streaming. Namun, kebanyakan orang masih banyak yang belum bisa membedakan antara streaming dan live streaming.

Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan, seperti apa bedanya langsung simak penjelasan berikut.

Baca Juga: 4 Daftar Layanan Musik Terbaik untuk Streaming Lagu

Perbedaan Streaming dan Live Streaming

Karena masih ada pengguna yang masih bingung apa perbedaan antara keduanya, oleh karena itu kita akan bahas apa itu streaming dan perbedaannya dengan live streaming.

Streaming

Menonton film, video, atau mendengarkan musik saat ini sudah semakin mudah. Caranya adalah dengan menonton secara streaming lewat aplikasi tertentu. 

Jadi, streaming adalah kegiatan menonton video atau mendengarkan audio yang sudah diunggah ke internet tanpa perlu mengunduhnya serta konten tersebut dapat ditonton berulang kali.

Video yang diunggah tersebut biasanya sudah melewati proses edit terlebih dahulu, baru  setelah itu diunggah ke aplikasi streaming.

Live Streaming

Arti streaming dan live streaming sebenarnya sama saja, yaitu sama-sama menikmati siaran atau video dari sebuah aplikasi. Hanya saja, jika streaming dapat ditonton secara berulang, maka live streaming sebaliknya.

Kamu hanya bisa melihatnya saat siaran tersebut berlangsung. Beberapa contoh live streaming seperti acara konser, musik, atau acara lainnya.

Biasanya, live streaming lebih diminati pengguna karena bisa berinteraksi saat itu juga dengan orang yang sedang live. Selain itu karena ditayangkan saat itu juga maka video tersebut tanpa editan.

Nah, agar lebih mudah dalam memahami di bawah ini terdapat tabel perbedaannya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik untuk Android dan iOS

StreamingLive Streaming
Video dibuat terlebih dulu, biasanya melewati proses pengeditanVideo ditayangkan saat itu juga sehingga tanpa editan
Dapat ditonton secara berulangHanya bisa ditonton satu siaran berlangsung
Dapat diunduh dan tersedia secara offlineTidak bisa diunduh dan tidak tersedia secara offline
Tidak bisa berinteraksi langsung dengan pembuat kontenBisa berinteraksi secara langsung via komentar

Aplikasi Streaming yang Legal

Untuk kamu yang tertarik menonton streaming ada beberapa aplikasi legal yang bisa digunakan. Di bawah ini akan kita bahas satu persatu.

Youtube

Aplikasi pertama adalah Youtube, hampir semua orang pasti sudah pernah menggunakan aplikasi video ini. Kamu bisa menonton berbagai video atau mendengarkan musik di sana, selain itu kamu juga bisa mengunduhnya agar bisa diputar secara offline.

Nah, saat ini Youtube sudah memiliki fitur live streaming. Sehingga kamu bisa menonton live Youtuber favorit kamu, baik live stream video game, musik, podcast, dan masih banyak lagi.

Vidio

Aplikasi selanjutnya adalah Vidio, awalnya aplikasi ini hanya menyediakan konten dari SCTV, Indosiar, dan pengguna Vidio saja. Tetapi sejak 2015 lalu, aplikasi Vidio dapat digunakan untuk live streaming serta streaming berbagai film.

Kamu bisa mengaksesnya secara gratis maupun premium. Jika berlangganan tentu kamu akan mendapat lebih banyak fasilitas. Ada beragam live streaming yang bisa kamu tonton mulai dari berita, konser, radio baik lokal maupun luar negeri. Karen sekali kan?

Baca Juga: Kenali Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

Netflix

Berikutnya terdapat aplikasi streaming Netflix yang menyediakan beragam layanan streaming yang legal serta original. Terdapat banyak film yang bisa kamu tonton, mulai dari film dan series lokal hingga luar negeri seperti drama Korea, atau film Asia lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduhnya terlebih dulu apabila ingin menikmati secara offline nantinya. Nah, untuk mendapatkan semua akses ke film-film favorit kamu, pastikan kamu sudah memiliki akun dan berlangganan setiap bulannya.

Viu

Aplikasi streaming terakhir yaitu Viu, aplikasi ini juga tidak kalah populer dari Netflix, karena menayangkan berbagai film, drama dari berbagai negara, serta acara reality show yang tidak ditayangkan di Indonesia.

Kamu dapat mengaksesnya lewat situs ataupun langsung mengunduhnya via PlayStore atau AppStore. Sama seperti aplikasi live stream lainnya, Viu juga menyediakan yang gratis dan berbayar.

Baca Juga: Mengenal Twitch, Platform Live Streaming Terpopuler

Penerapan Streaming di Era Kekinian

Di era yang serba online ini, adanya teknologi streaming banyak membantu para pihak. Streaming dapat membantu proses publikasi dan penyiaran lebih efektif, selain karena menghemat waktu, hal ini juga dapat membantu para penonton merasa lebih dekat dengan pembuat konten.

Meskipun terkadang dianggap menghabiskan banyak paket data, namun cara ini masih banyak dipilih karena penonton tidak perlu repot menunggu proses pengunduhan yang nantinya justru memakan memori perangkat.

Fitur ini sudah berhasil membantu banyak pihak, diantaranya yang bisa kita lihat adalah pada industri e-sport yang akan menyiarkan secara langsung turnamennya. Dengan melakukan siaran langsung, mereka bisa mendapat penonton yang banyak dalam waktu yang relatif cepat. 

Atau para tokoh publik yang ingin menyiarkan kegiatannya secara langsung pada para pengikutnya.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

Sudah Tahu Arti Streaming?

Sampai sini kamu sudah lebih paham apa itu streaming kan? Streaming adalah kegiatan menonton video atau mendengarkan audio secara realtime tanpa perlu melakukan pengunduhan terlebih dulu. 

Streaming bisa dilakukan lewat beberapa aplikasi legal yang sudah kita bahas di atas. Selain itu adanya fitur ini pada beberapa media sosial sangat membantu banyak pihak contohnya seperti content creator. Semoga artikel ini membantu ya, selamat mencoba!