Pengertian Tag, Manfaat, dan Cara Membuatnya di WordPress

Pengertian Tag, Manfaat, dan Cara Membuatnya di WordPress

WordPress merupakan content management system (CMS) paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai tujuan pembuatan website. Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, mungkin akan sedikit kebingungan dengan sejumlah fitur dan tools. Terdapat segudang fitur untuk membuat konten yang SEO-friendly. Tag adalah salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan ketika membuat sebuah konten.

Tag digunakan untuk mengelompokkan konten yang dipublish berdasarkan suatu kesamaan. Tag biasanya diletakkan di bagian sidebar atau di bawah postingan. Meski fungsinya hampir mirip dengan kategori, keduanya merupakan dua buah fitur berbeda dengan fungsi masing-masing.

Lantas, apa itu tag? Bagaimana cara membuatnya? Tenang, di artikel ini Dewaweb akan membahas secara detail tentang tag pada WordPress. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai.

Baca Juga: 20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

Apa itu Tag WordPress?

Apa itu tag WordPress? Tag adalah tools atau fitur yang berfungsi untuk mengelompokkan dan mengatur postingan di blog atau website berbasis WordPress. Tag memiliki peran penting dalam mengorganisir keseluruhan konten. Ketika visitor mengklik tag tertentu, mereka akan diarahkan ke halaman arsip yang berisi sejumlah konten dengan tag serupa.

Fitur tag WordPress diklaim berdampak secara langsung pada search engine optimization (SEO) dan pengalaman pengguna (user experience). Penggunaan fitur ini membantu blog atau website mendapatkan peringkat di search engine result pages (SERP). Pasalnya, tag akan membuat postingan lebih mudah diindeks Google. Selain itu, tag juga meningkatkan tampilan halaman sehingga user mendapatkan pengalaman yang lebih baik ketika berkunjung ke blog atau website.

Penggunaan tag pada WordPress memiliki beberapa manfaat penting, diantaranya yaitu:

  • Memudahkan admin mengelompokkan konten dalam jumlah banyak.
  • Meningkatkan dan mempertajam SEO website.
  • Memberikan pengalaman lebih baik kepada user atau pengguna.
  • Membantu website mendapatkan peringkat di SERP.

Baca Juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

Perbedaan Tag dengan Kategori di WordPress

Seperti yang sudah Dewaweb singgung, sekilas tag dan kategori hampir mirip dimana keduanya berfungsi untuk mengelompokkan postingan. Perbedaan besarnya terletak pada sifat kedua fitur tersebut, tag bersifat opsional sementara kategori bersifat hierarkis. Dengan kata lain, kategori mencakup topik lebih luas dan berlaku untuk beberapa jenis postingan berbeda. Sedangkan tag umumnya digunakan untuk konten dengan topik lebih spesifik dan unik.

Meski memiliki sejumlah manfaat, tag adalah fitur yang keberadaannya merupakan opsional dan tidak wajib ada. Berbeda dengan kategori yang penggunaannya harus ada di setiap postingan. Sekalipun kamu tidak memilih kategori ketika membuat konten, WordPress secara otomatis mengelompokkan postingan ke dalam kategori ‘Unauthorized’.

Karena bersifat hierarkis, kategori sangatlah luas sehingga proses pengelompokkan konten dapat dilakukan dengan cara menambahkan sub-category. Lain halnya tag, dimana fitur ini tidak dapat berdiri sendiri dan tidak memiliki tingkatan.

Misalnya, kamu membuat konten tentang review Samsung A23 5G. Nah, konten tersebut akan dikelompokkan ke dalam kategori ‘Teknologi’ dan sub-category ‘Gadget’. Kamu dapat menambahkan tag khusus seperti Samsung A23, harga Samsung A23, Samsung A Series, Samsung 5G, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

Cara Membuat Tag pada WordPress

Membuat tag pada WordPress sebenarnya tidak terlalu sulit. Setidaknya ada dua cara menambahkan tag yang bisa kamu pilih, yakni melalui content editor dan menu tag di dashboard. Yuk, simak penjelasan di bawah agar kamu lebih paham.

Langkah-langkah membuat tag melalui content editor WordPress:

  1. Di tampilan dashboard, klik ‘Post’ > ‘Add New’.
  2. Selanjutnya cari kolom ‘Tags’ di bagian samping kanan layar.
  3. Masukkan tag yang cocok dengan topik konten, lalu klik ‘Add’. Jika ingin memasukkan lebih dari satu tag, berikan tanda koma (,) untuk memisahkan tiap tag.cara membuat tag di wordpress

Langkah-langkah membuat tag melalui menu di dashboard:

  1. Pada tampilan dashboard, buka dan klik ‘Post’ > ‘Tags’.
  2. Lalu klik tombol ‘Add New Tag’ di bagian kanan kolom pencarian.
  3. Ketik tag baru di kolom yang telah disediakan, kemudian klik ‘Add’ atau ‘Tambah’.cara membuat tag di menu dashboard

Baca Juga: 12 Cara Mempercepat Website WordPress Paling Ampuh

Cara Menampilkan Tag di WordPress

Setelah mengetahui cara membuat tag, selanjutnya kamu akan mempelajari bagaimana cara menampilkannya di website milikmu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan widget Tag Cloud. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Di tampilan dashboard klik ‘Appearance’ > ‘Widget’. Jika dashboard berbahasa Indonesia, klik ‘Tampilan’ > ‘Widget’.
  2. Ketik Tag Cloud pada kolom pencarian, kemudian drag widget ke area yang diinginkan.
  3. Setelah itu, klik ‘Perbarui’.cara menampilkan tag di wordpress

Sebenarnya kamu bebas memilih dimana Tag Cloud diletakkan. Namun, biasanya posisi Tag Cloud banyak ditampilkan di bagian samping kanan atau di bawah postingan. Tujuan adanya Tag Cloud ini adalah untuk memudahkan pengunjung website mencari topik yang menarik dan relevan.

Baca Juga: Cara Update WordPress dengan Mudah Agar Website Lebih Aman

Yuk, Mulai Gunakan Tags di Postingan Blog Milikmu!

Sampai di sini kamu tentu sudah paham apa itu tag, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara membuatnya. Tag adalah tools atau fitur yang berfungsi untuk mengatur dan mengelompokkan postingan di website atau blog berbasis WordPress. Tag dan kategori merupakan dua fitur berbeda dimana tag sifatnya opsional sedangkan kategori bersifat hierarkis.

Tag dapat dibuat dengan dua cara, yaitu:

  • Melalui content editor WordPress.
  • Melalui menu Tag pada dashboard.

Itulah informasi yang dapat Dewaweb sampaikan tentang tag. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasanmu. Yuk, mulai gunakan tag di setiap postingan blog milikmu.