Mengenal Termux yang Dirancang untuk Sistem Operasi Android

Mengenal Termux yang Dirancang untuk Sistem Operasi Android

Termux adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk operating system (OS) android. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai pilihan di Google Playstore yang bisa kamu unduh dan gunakan secara free alias gratis.

Aplikasi Termux biasanya dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan yang berhubungan dengan konfigurasi sistem. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna menjalankan berbagai bahasa pemrograman secara langsung melalui perangkat seluler.

Lalu, apa itu Termux dan bagaimana tips menggunakannya? Di artikel ini, Dewaweb akan jelaskan semua informasi yang kamu butuhkan seputar aplikasi Termux termasuk fungsi dan kelebihannya. Yuk, simak ulasannya sampai akhir.

Apa itu Termux?

Termux adalah aplikasi terminal emulator dan environment berbasis Linux Debian yang bisa dijalankan di OS android. Bagi yang belum tahu, terminal emulator merupakan istilah yang merujuk pada sistem semacam Command Prompt (CMD) pada Windows atau Linux.

Jika Command Prompt hanya tersedia pada perangkat komputer ber-OS Windows atau Linux, terminal emulator inilah yang tersedia untuk OS android. Sama halnya CMD, aplikasi Termux juga biasanya digunakan untuk menginput, menampilkan, hingga mencetak data.

Apakah Termux itu berbahaya? Sebagai terminal emulator, Termux dan CMD memiliki perbedaan dari segi penulisan script. Aplikasi Termux dapat diinstal secara langsung di smartphone tanpa harus melewati proses root. Sehingga, aplikasi ini tergolong aman ketika dipasang di perangkat android milikmu.

Aplikasi Termux sudah mendukung perangkat berbasis 32bit maupun 64bit. Selain itu, aplikasi ini hanya dapat berjalan pada versi android 5.0 (lollipop) atau di atasnya dengan minimal ruang penyimpanan tersedia setidaknya 300MB.

Baca Juga: Apa Itu SaaS? Definisi, Kelebihan dan Contoh Aplikasi SaaS

Fungsi Termux

Seperti yang telah Dewaweb singgung bahwa Termux adalah aplikasi yang bertindak sebagai terminal emulator di smartphone android. Meskipun fungsinya mirip dengan CMD, namun perintah-perintah yang digunakan sangat berbeda. Berikut beberapa fungsi aplikasi Termux:

  • Termux memungkinkan pengguna menjalankan berbagai bahasa pemrograman populer seperti Ruby, Python, dan Perl tanpa perlu rooting smartphone terlebih dahulu.
  • Bisa digunakan untuk menguji keamanan jaringan.
  • Meretas jaringan Wireless Fidelity (WiFi), mempercepat dan menstabilkan koneksi internet.
  • Merancang dan menjalankan bot untuk aplikasi lain seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi.
  • Dapat digunakan untuk konfigurasi sistem termasuk SSH Client.
  • Melakukan perintah atau aktivitas berulang seperti spamming.
  • Menjalankan text editor berbasis terminal.
  • Bisa dijadikan sebagai indikator keamanan dari serangan siber.
  • Menemukan hidden file di seluruh ruang penyimpanan perangkat dalam waktu singkat.
  • Mengakses internet melalui Lynx atau web browser menggunakan basis terminal.

Selain poin-poin di atas, Termux juga bisa digunakan untuk aktivitas hacking, lho! Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai bahan latihan untuk meretas situs web. Untuk keperluan hacking sendiri aplikasi ini memerlukan tools tambahan seperti Nmap, Bettercap, Metasploit Framework, dan Hydra.

Kendati demikian, sebaiknya gunakan aplikasi Termux ini secara bijak tanpa merugikan orang lain. Misalnya, kamu dapat menjadikan aplikasi ini untuk melatih kemampuan peretasan di jalur yang benar atau ethical hacking.

Baca Juga: Apa Itu Firebase? Pengertian, Fitur dan Fungsinya untuk Aplikasi

Kelebihan Termux

Sebagai aplikasi terminal emulator android, Termux adalah tools powerfull yang menawarkan berbagai kelebihan terutama dalam segi konfigurasi sistem. Berikut beberapa kelebihan aplikasi Termux:

  • Lebih aman – Aplikasi Termux memungkinkan pengguna untuk mengakses server jarak jauh dengan SSH Client dari Open SSH.
  • Tinkerable – Terdapat pkg-config dan CMake yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan atau membuat paket sendiri. Selain itu, kamu juga dapat mengkompilasi file C dengan Clang.
  • Kelengkapan fitur – Termux memiliki cukup banyak fitur pendukung seperti Vim, Bash, Emacs, Nano, dan masih banyak lagi.
  • Scale up – Aplikasi Termux memungkinkan perangkat android terhubung dengan keyboard melalui bluetooth, mengatur mouse, hingga mengaitkannya dengan layar eksternal.
  • Customizable – Aplikasi Termux dapat dikustomisasi secara bebas sesuai kebutuhan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memasang APT Package dari Debian dan Ubuntu.
  • Battery included – Paket aplikasi Termux di dalamnya sudah termasuk konsol Python, Node JS, Ruby, dan Perl versi terbaru.
  • Explorable – Termux memungkinkan pengguna mengeksplor paket dengan cara yang lebih sederhana. Dalam hal ini, paket yang dimaksud termasuk package dari Linux dan Max.

Baca Juga: Apa itu Prototype, Tujuan, Manfaat, dan Contoh-Contohnya

Tips Menggunakan Termux

Pada dasarnya, Termux adalah aplikasi yang penggunaannya berhubungan dengan pembuatan script untuk tujuan tertentu. Agar penulisannya berjalan lancar, berikut Dewaweb berikan beberapa tips menggunakan Termux.

  • Sebelum mulai menggunakan Termux, sebaiknya pelajari terlebih dahulu shell scripting. Hal ini bertujuan agar script yang kamu tulis nantinya dapat berjalan dengan baik tanpa error.
  • Selalu back up script yang telah ditulis guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika terjadi kesalahan atau error, mencadangkan script memungkinkan kamu tidak perlu menulisnya lagi dari awal.
  • Jangan hanya meniru script dari internet, kamu harus benar-benar memahami apa yang ditulis serta meninjau hasil penulisan script tersebut.
  • Biasakan untuk membaca kembali script Termux yang ditulis sebelum menjalankannya.

Baca Juga: Apa itu Javascript? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Termux adalah aplikasi terminal emulator android yang berfungsi untuk menginput, menampilkan, dan mencetak data. Aplikasi ini dapat dipasang di sistem operasi android tanpa perlu melakukan rooting smartphone sehingga tidak membahayakan keamanan sistem.

Kendati Termux bisa digunakan untuk meretas website, Fredrik Fornwall selaku pengembang tidak membenarkan aktivitas merugikan tersebut. Selain itu, pihak developer juga telah menyampaikan pesan serius agar pengguna menghindari tutorial-tutorial peretasan yang beredar di internet.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang ingin membuat website dengan sistem keamanan tinggi, sebaiknya gunakan layanan hosting dan domain dari Dewaweb.

Dewaweb menggunakan sistem keamanan bersertifikat ISO27001 yang terbukti mampu mengatasi berbagai serangan siber berbahaya. Dewaweb menjamin seluruh informasi di dalam website kesayanganmu terlindungi sesuai standar prosedur teknologi keamanan kelas dunia. Yuk, beli hosting Dewaweb sekarang.