User Generated Content: Pengertian & Manfaatnya untuk Brand

User Generated Content: Pengertian & Manfaatnya untuk Brand

User generated content adalah konten yang dibuat oleh pengguna berupa ulasan, testimoni, foto, video, atau postingan lain yang berkaitan dengan produk atau layanan bisnis yang telah ia gunakan. UGC dibuat secara alami oleh pengguna terhadap berdasarkan pengalaman menggunakan produk tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan content marketing yang kontennya dibuat oleh perusahaan atau brand itu sendiri. 

Lantas apa manfaat UGC bagi bisnis dan seperti apa contoh UGC di berbagai platform media sosial? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel Dewaweb ini!

Apa Itu User Generated Content (UGC)?

User generated content (UGC) adalah konten yang diciptakan oleh konsumen atau pengguna, berupa ulasan atau testimoni yang berkaitan dengan penggunaan produk atau layanan suatu bisnis. Konten ini berasal dari pengalaman nyata konsumen, bukan dari konten yang dibuat oleh brand atau bisnis pada umumnya. 

Dalam dunia bisnis, keaslian konten menjadi salah satu elemen penting, menurut data dari Stackla, 9 dari 10 orang menganggap keaslian konten dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih brand yang akan digunakan.

Dengan demikian, UGC dapat membantu konsumen melihat review produk sebelum dan memperkuat keyakinan mereka sebelum membelinya. Selain itu, bagi bisnis UGC dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas brand. Serta meningkatkan keterlibatan konsumen dan memperluas jangkauan promosi bisnis.

Contoh Penggunaan UGC untuk Bisnis

Setelah mengerti apa user generated content, selanjutnya di bawah ini beberapa contoh penggunaan UGC untuk bisnis pada masing-masing media sosial.

1. Website

Contoh pertama yaitu pada website di bagian testimonial, kamu dapat memuat foto dan ulasan positif dari pelanggan yang puas dengan produk atau layanan kamu. Misalnya, seperti salah satu contoh berikut pada situs Dewaweb di bagian “What Our Customer Say?”, kami menampilkan beberapa ulasan dari pengguna yang telah menggunakan layanan hosting dan domain Dewaweb.

2. Instagram

Di Instagram, bisnis dapat mencari postingan pelanggan yang menggunakan produk kamu dan membuat UGC. Kemudian, kamu bisa membagikan ulang postingan tersebut di akun Instagram dengan menyebut nama pengguna serta menambahkan caption yang menceritakan pengalaman positif pelanggan dengan produk tersebut.

Baca juga: 3 Cara Melihat Insight Instagram dari Akun, Feed, hingga Story

3. TikTok

Contoh penggunaan UGC berikutnya bisa kamu temukan pada TikTok, berupa video unboxing atau ulasan produk yang dibuat oleh pengguna. Jika ada video yang positif, kamu dapat mengambil klip dari video tersebut dan membagikannya di akun TikTok kamu.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Pemula Wajib Coba!

4. YouTube

Berikutnya yaitu dari media sosial YouTube, kamu dapat mencari ulasan produk yang dibuat oleh YouTuber terkenal terkait produk kamu. Jika mereka memberikan ulasan positif, kamu dapat membagikan video tersebut di kanal YouTube atau memasukkan klip dari ulasan tersebut pada iklan bisnis kamu.

Baca juga: Panduan Youtube Ads: Cara Membuat Iklan di Youtube Bagi Pemula

5. X

Jika bisnis aktif di platform seperti X, kamu dapat memantau thread yang berkaitan dengan industri atau produk mereka. Jika ada ulasan atau komentar positif tentang produk mereka, bisnis dapat membagikannya di platform media sosial mereka, seperti situs web atau media sosial lain.

Kenapa UGC itu Penting bagi Bisnis?

Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya, mengapa user generated content sangat penting untuk bisnis? Bukankah banyak opsi lain seperti memasan iklan di sosial media, membeli endorse atau menggunakan public figure sebagai brand ambassador. 

Opsi tersebut boleh saja kamu lakukan, namun ada beberapa alasan mengapa UGC dapat menjadi kunci perkembangan bisnis digital kamu, diantaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Apa yang ada di pikiranmu ketika ditanya merek mie instan? Pasti sebagian besar akan menjawab Indomie, Mie Sedap atau beberapa merek terkenal lainnya.

Hal itu disebut dengan kesadaran merek atau brand awareness. Brand awareness adalah sejauh mana produk kamu dikenali oleh konsumen. Karena ini merupakan salah satu langkah awal untuk mencari lebih banyak pelanggan dan membuat mereka terus menerus membeli.

Membuat konsumen sadar akan merek tentu bukan hal mudah dan memerlukan proses yang panjang. Nah, salah satu yang dapat meningkatkan kesadaran merek adalah UGC ini. Apabila terdapat salah satu pelanggan yang membuat ulasan tentang produk kamu yang mereka beli.

Tentu dari sana akan ada lebih banyak user baru yang mengenali produk tersebut dan tentu mereka tidak berhenti sampai di sana. User akan mencari tahu lebih lanjut yang pada akhirnya, secara tidak langsung mereka akan terus ingat pada produk atau brand kamu itu.

Hal ini akan terjadi terus menerus seperti itu, semakin banyak UGC maka semakin mudah dikenali. Itulah mengapa UGC penting dalam sebuah bisnis.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Ketika konsumen kamu membuat UGC, tentu postingan mereka akan me-mention akun IG bisnis kamu. Selain itu, dari postingan tersebut juga akan menjangkau user atau target pasar yang lebih luas lagi.

Dan selanjutnya, apabila user tersebut merasa tertarik pasti mereka akan mengklik mention-an brand kamu dan mengulik lebih dalam produk tersebut. Hingga, dari sinilah akun kamu bisa mendapatkan traffic secara organik.

Baca juga: 9+ Tools Terbaik untuk Cek Traffic Website, Anti Ribet!

3. Memberikan Sumber Konten yang Autentik

Faktanya, para konsumen lebih mempercayai konten yang berisikan ulasan atau review yang berasal dari pelanggan langsung. Pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk tersebut tentu akan memberikan pengalaman pribadinya secara jujur baik itu suka atau dukanya.

Berbeda apabila dari brand itu sendiri yang memberikan ulasan. Konsumen cenderung kurang percaya.

Selain itu konsumen yang membuat UGC juga tidak diberi bayaran apa-apa, artinya mereka memang secara sukarela memberikan review dan ulasan yang autentik atau sesuai faktanya.

Apabila terdapat konsumen yang tidak sengaja menemukan postingan UGC, mereka tertarik dan tumbuh rasa percaya pada produk tersebut. Maka lama kelamaan mereka akan membeli produk salah satunya karena dari honest review tersebut.

3. Memperkuat Digital Presence

Sebagai pemilik sebuah brand atau bisnis, tampil atau muncul di platform digital seperti website dan sosial media merupakan hal yang penting diperhatikan.

Hal ini biasa disebut dengan digital presence atau kehadiran secara online. Baik itu situs website kamu, sosial media atau yang lain. Digital presence merupakan hal yang penting dilakukan, karena dari sinilah akan semakin banyak pengguna yang tahu tentang produk kamu.

Salah satu yang dapat membuat brand kamu tampil di internet yaitu dengan adanya user generated content. Konten merupakan salah satu faktor yang bisa membantu memperkuat kehadiran online.

Dengan mendapatkan UGC dari konsumen, artinya kamu juga bisa me-repost nya kembali. Dari situlah peluang produk kamu tampil di internet akan lebih besar dan semakin memperkuat digital presence. 

Cara Mendapatkan User Generated Content untuk Bisnismu

Setelah mengetahui apa pentingnya user generated content untuk sebuah bisnis, kali ini giliran kamu untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan UGC tersebut.

Di bawah ini terdapat beberapa cara mendapatkan user generated content yang bisa kamu coba.

1. Influencer marketing

Cara pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan jasa influencer marketing. Influencer di sini merupakan orang – orang yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut (followers) serta dapat memberikan pengaruh kuat terhadap pengikutnya. Contohnya seperti :

Cara pertama dan paling mudah untuk mendapatkan UGC adalah dengan menjalankan influencer marketing. Saat ini influencer marketing sedang menjadi salah satu trend strategi pemasaran produk. Beberapa tujuan utama di antaranya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar.

Ketika influencer memberikan ulasan atau testimoninya, otomatis mereka juga akan mention brand yang sedang digunakan. Dari sinilah kamu bisa mendapatkan user generated content. Tapi yang perlu kamu ingat, strategi influencer marketing ini masuk dalam kategori berbayar, jadi setidaknya kamu harus menyiapkan dana sesuai dengan influencer yang ingin digunakan.

Selain itu, setiap influencer juga memiliki rate card berbeda. Semakin berpengaruh public figure tersebut, semakin besar juga harga yang mereka pasang.

2. Mengadakan giveaway

Cara kedua yaitu dengan mengadakan giveaway, cara ini bisa dibilang lebih murah dari sebelumnya. Meskipun kamu harus tetap mengeluarkan biaya untuk hadiah giveaway tersebut. Berikut terdapat salah satu contoh konten giveaway di Instagram.

Agar bisa mendapatkan UGC dari sana, kamu dapat menerapkan beberapa syarat untuk bisa mengikuti giveaway, seperti :

  1. Wajib follow akun IG brand kamu,
  2. Membuat postingan berupa ulasan ketika menggunakan brand kamu,
  3. Harus mention akun IG brand.

Nah, dari syarat – syarat di atas saja kamu tak hanya akan mendapatkan UGC, tapi juga mendapatkan tambahan followers untuk akunmu. Selain mendapatkan UGC, dari syarat tersebut kamu juga bisa mendapat tambahan followers baru. Banyak sekali kan yang bisa kamu dapatkan dari satu kali giveaway?

3. Interaksi dengan followers

Cara ketiga untuk mendapatkan UGC adalah dengan berinteraksi dengan followers kamu. Apabila kamu belum memiliki cukup budget untuk menyewa jasa influencer marketing ataupun mengadakan giveaway. Maka alternatif yang bisa kamu lakukan lainnya adalah meningkatkan interaksi dengan followers.

Interaksi followers juga berbagai macam bentuknya, contohnya seperti.

  • Membuka sesi QnA di Instagram Stories.
  • Bermain This or That, biasanya ini dilakukan di akun jualan bisnis online (makanan, pakaian, thrift dll).
  • Membuat postingan yang berisi ajakan untuk diskusi di kolom komentar.

Dan masih banyak lagi jenis interaksi dengan followers. Semakin sering followers berinteraksi dengan kamu, maka akan timbul keinginan dari mereka untuk memberikan review atau ulasan secara sukarela juga.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga sikap, berikan respon konsumen sebaik mungkin agar mereka tetap nyaman dengan brand kamu.

4. Memulai tren atau challenge

Cara berikutnya untuk mendapatkan UGC adalah dengan memulai tren atau challenge. Saat ini sudah banyak tren atau challenge yang sering diadakan oleh para brand dengan tujuan mengajak followers mereka untuk turut meramaikan trend tersebut.

Apalagi dengan adanya TikTok dan Instagram Reels saat ini, hal tersebut sangat membantu memasarkan produk lewat video. Nah, untuk mendapatkan UGC dari cara ini, kamu hanya perlu membuat sebuah tren atau challenge bisa berupa video review produk, foto kontes atau yang lain.

Lalu ajak followers untuk ikut meramaikan dan minta mereka untuk tidak lupa me-mention akun sosial media bisnis kamu. Dari sini kamu sudah bisa mendapatkan user generated content.

Sudah Lebih Tahu tentang UGC?

Bagaimana, sampai sini kamu sudah lebih tahu tentang user generated content kan? Dari pembahasan kali ini kamu sudah tahu apa itu UGC dan perannya untuk bisnis digital. Setelah ini, kamu tinggal mencobanya untuk akun IG bisnis kamu ya. Untuk mendapatkan informasi lainnya, kalian bisa mencari tahu lebih lengkap pada blog milik Dewaweb.