Mengetahui Apa Itu Virtex, Cara Mengatasi & Menghindarinya

Mengetahui Apa Itu Virtex, Cara Mengatasi & Menghindarinya

Virtex adalah akronim dari virus text yang memiliki potensi membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan. Salah satu aplikasi yang sering mengalami serangan virtex ialah WhatsApp. Jika kamu pernah membuka WhatsApp dan aplikasi langsung tidak berfungsi, maka bisa jadi WhatsApp kamu sudah terinfeksi virtex WA.

Biasanya, WhatsApp yang sudah terserang virtex akan mengalami lag atau frozen dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah terjadi seperti itu, korban sulit untuk bisa mengaksesnya kembali. Jalan satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mematikan ponsel dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Tenang, virtex bisa dicegah dan diatasi, kok! Bagaimana caranya? Langsung simak artikel ini ya! Kamu juga akan mengetahui apa itu virtex WA dan jenis-jenisnya, lho!

Apa Itu Virtex?

Virtex adalah virus berupa text yang berisi kumpulan karakter hingga simbol unik dalam jumlah banyak dan sulit untuk dibaca. Virtex dapat ditemukan melalui tautan, aplikasi, hingga video. Biasanya virtex akan menyerang apabila terus-menerus disebarkan kepada banyak orang melalui suatu aplikasi, seperti WhatsApp dan lainnya. Berikut ini gambar dari contoh virtex WA:

contoh virtex waVirtex WA ini dapat menyebabkan error pada aplikasi seperti tidak berjalan (hang), force close atau langsung terhenti, freeze, lag, dan sejenisnya. Jadi, apabila kamu menerima sebuah pesan singkat bersimbol-simbol aneh di WhatsApp lalu WA kamu langsung mengalami gangguan, itu tandanya WA kamu sudah terserang virtex WA.

Jika dilihat dari beberapa kasus, virtex sebenarnya sering digunakan oleh beberapa orang untuk sekadar menjahili temannya saja. Meski demikian, kamu harus tetap waspada jika mendapati pesan dari nomor yang tidak dikenal karena bisa jadi mereka menggunakan virtex untuk melakukan cyber crime.

Baca Juga: 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Jenis-Jenis Virtex

Lebih lanjut, virtex WhatsApp terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari virtex easy, sedang, hingga ganas. Untuk membedakan jenis-jenis virtex tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

Virtex easy

Virtex easy merupakan jenis virus text yang memiliki efek ringan dan tidak menimbulkan risiko yang berarti. Bahkan efek yang ditimbulkan dari virtex easy ini hanyalah lag atau freeze pada aplikasi saja dan itupun bersifat sementara.

Virtex sedang

Virtex sedang merupakan jenis virus text lainnya yang memuat kurang lebih 66.000 karakter. Jenis virtex sedang ini yang cukup sering dikirimkan ke beberapa target. Adapun efek yang ditimbulkan adalah WhatsApp tidak bisa beroperasi dengan baik hingga force close.

Virtex ganas

Virtex ganas memiliki risiko merusak sistem operasi pada ponsel jika dibuka. Tidak hanya itu, ponsel akan terasa lebih berat saat dioperasikan bahkan error total. Sementara itu, jumlah karakter yang dimuat dari jenis virtex terlebih dari 66.000 karakter.

Apakah Virtex Berbahaya?

Virtex bisa dikatakan sebagai virus yang berbahaya, tetapi bisa juga tidak. Kondisi ini tergantung dari seberapa besar kasus virtex yang dialami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virtex terbagi menjadi beberapa macam, yakni virtex easy, sedang, dan ganas.

Virtex dapat dikatakan berbahaya jika virus tersebut sudah menyerang aplikasi lainnya, sehingga kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel dengan semestinya. Sedangkan dalam kasus ringan, virtex hanya membuat WhatsApp atau aplikasi yang diserang lag untuk sementara waktu.

Cara Mengatasi Virtex WA

Lantas, bagaimana jika WhatsApp sudah terinfeksi virtex? Tenang, berikut ini adalah cara mengatasi virtex WA yang bisa kamu coba:

1. Hapus pesan dari pengirim virtex

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena virtex adalah menghapus pesan dari pengirim virtex tersebut. Pastikan bahwa kamu tidak membuka pesan tersebut dan langsung menghapusnya.

2. Paksa berhenti aplikasi WhatsApp

Jika kamu sudah terlanjur membuka pesan virtex tersebut, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memaksa berhenti aplikasi WhatsApp. Jika sudah memaksa berhenti aplikasi tersebut, kamu bisa kembali masuk ke WhatsApp dan hapus pesan virtex tersebut.

3. Hapus data aplikasi WhatsApp dan Instal Ulang

Apabila kondisi lag yang diakibatkan oleh virtex semakin parah, kamu bisa menghapus data aplikasi tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menghindari efek virtex yang semakin berkembang. Menghapus data aplikasi ini juga bisa dilanjutkan dengan mematikan ponsel, lalu menginstal ulang WhatsApp.

Cara Terhindar dari Virtex WhatsApp

Jika sudah berhasil mengatasi virtex, langkah selanjutnya adalah tindak preventif untuk mencegah terinfeksi virtex kembali. Berikut ini beberapa cara supaya kamu terhindar dari virus text WhatsApp, di antaranya:

1. Jangan sembarang memberi nomor WhatsApp

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk terhindar dari virtex adalah hindari pemberian nomor WhatsApp secara sembarangan. Pasalnya, kita tidak pernah tau nomor tersebut akan digunakan untuk kepentingan seperti apa. Baiknya untuk memberikan nomor WhatsApp kepada orang-orang yang sudah kamu percaya.

2. Hindari pesan dari nomor yang tidak dikenal

Tidak jarang virtex menyerang melalui pesan dari nomor yang tidak dikenal. Maka itu, jika kamu mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor yang mencurigakan dengan isi pesan berupa karakter-karakter unik, sebaiknya hapus pesan tersebut dan jangan membukanya. 

Apabila kamu ingin mengetahui isi pesan dari nomor yang tidak dikenal tersebut, kamu bisa memanfaatkan fasilitas widget yang ada di ponsel. Dengan begitu, kamu bisa melihat pesan yang diberikan tanpa harus membuka aplikasinya.

3. Menggunakan WA Immune

Cara lain yang bisa dilakukan supaya terhindar dari virtex yakni menggunakan WhatsApp Immune. Sebagai informasi, WhatsApp Immune adalah aplikasi MOD WhatsApp yang sifatnya kebal terhadap virtex. Jika menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir mengalami lag yang diakibatkan oleh virtex.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Serangan Kejahatan Cyber

Virtex Adalah Virus Text yang Bisa Merugikan

Jadi, virtex adalah sebuah virus berbentuk text yang biasanya berisi kumpulan karakter hingga simbol atau angka dalam jumlah banyak dan sulit dibaca. Virtex dapat ditemukan melalui tautan, aplikasi, hingga video. Umumnya, virtex disebarkan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp.

Sebagian besar masyarakat awam belum banyak yang mengetahui virtex WA karena memang jarang didengar. Padahal, terdapat sangat banyak virus-virus di internet yang dapat mencuri data-data pribadi atau phising dan membuat perangkat bermasalah. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika ada nomor asing mengirimkan pesan berisi simbol atau angka-angka yang mencurigakan.

Adapun cara terhindar dari virtex ini kamu bisa menerapkan beberapa cara, salah satunya tidak sembarangan menyebarkan nomor WhatsApp kamu. Namun jika WhatsApp sudah terlanjur terkena virtex, kamu bisa mengatasinya dengan memberhentikan paksa aplikasi kemudian menginstal ulang WhatsApp.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!