Apa itu Virtex? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Mengatasinya!

Apa itu Virtex? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Mengatasinya!

Bagi beberapa orang, istilah virtex mungkin terdengar asing dan dianggap bukan suatu hal yang perlu untuk dikhawatirkan. Padahal, virtex adalah kepanjangan dari virus text yang memiliki potensi membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan. Salah satu aplikasi yang sering mengalami serangan virtex ialah WhatsApp.

Biasanya, WhatsApp yang sudah terserang virtex akan mengalami lag atau frozen dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah terjadi seperti itu, korban sulit untuk bisa mengaksesnya kembali. Jalan satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mematikan ponsel dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Supaya kamu memahami lebih jelas tentang virtex, mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga cara mengatasinya, simak penjelasan lengkapnya seperti yang sudah Dewaweb rangkum untuk kamu di bawah ini.

Baca juga: Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya

Apa Itu Virtex?

Virtex adalah kepanjangan dari virus text yang berisikan kumpulan karakter hingga simbol unik dalam jumlah banyak dan sulit untuk dibaca. Biasanya virtex akan menyerang apabila terus-menerus disebarkan kepada banyak orang melalui suatu aplikasi, seperti WhatsApp dan lainnya. 

Sederhananya apabila kamu menerima sebuah pesan singkat di WhatsApp yang berisikan berbagai macam karakter unik dan cukup panjang, lalu tidak lama setelah itu WhatsApp kamu sulit untuk diakses dan mengalami gangguan. Nah, hal tersebut menandakan bahwa WhatsApp kamu sudah terserang virus akibat dari teks yang didapatkan.

Jika dilihat dari beberapa kasus virtex, kondisi ini sering digunakan oleh beberapa orang untuk sekadar menjahili saja. Meski demikian, tetap saja kamu harus waspada jika mendapati pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Baca juga: 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

Jenis-Jenis Virtex

Lebih lanjut, virtex WhatsApp terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari virtex easy, sedang, hingga ganas. Untuk membedakan jenis-jenis virtex tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Virtex easy

Virtex easy adalah jenis virus text yang memiliki efek ringan dan tidak menimbulkan risiko yang berarti. Bahkan efek yang ditimbulkan dari virtex easy ini hanyalah lag atau frozen saja dan itu pun bersifat sementara.

Virtex sedang

Virtex sedang adalah jenis virus text lainnya yang memuat kurang lebih 66.000 karakter. Jenis virtex sedang ini yang cukup sering dikirimkan ke beberapa target. Adapun efek yang ditimbulkan dari kejadian ini adalah aplikasi WhatsApp yang tidak beroperasi dengan baik.

Virtex ganas

Virtex ganas adalah jenis virus text yang memiliki tingkatan paling tinggi dan bersifat ganas. Jenis inilah yang memiliki risiko merusak sistem operasi pada ponsel jika dibuka. Tidak hanya itu, ponsel akan terasa lebih berat saat dioperasikan bahkan error total. Sementara itu, jumlah karakter yang dimuat dari jenis virtex terlebih dari 66.000 karakter.

Baca juga: Cyber Espionage: Pengertian, Contoh Kasus, & Cara Mencegah

Apa Virtex Berbahaya?

Virtex bisa dikatakan sebagai virus yang berbahaya, tetapi bisa juga tidak. Kondisi ini tergantung dari seberapa besar kasus virtex yang dialami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virtex terbagi menjadi beberapa macam, yakni virtex easy, sedang, dan ganas.

Virtex dapat dikatakan berbahaya jika virus tersebut sudah menyerang aplikasi lainnya, sehingga kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel dengan semestinya. Sedangkan dalam kasus ringan, virtex hanya membuat WhatsApp atau aplikasi yang diserang lag untuk sementara waktu.

Baca juga: Man in the Middle Attack: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghindarinya

Cara Terhindar dari Virtex WhatsApp

Meski virtex bukan sesuatu yang tidak perlu ditakutkan, bukan berarti kamu menjadi lengah dan tidak melakukan pencegahan. Oleh karena itu, berikut beberapa cara supaya kamu terhindar dari virtex WhatsApp, di antaranya:

Jangan sembarang memberi nomor WhatsApp

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk terhindar dari virtex adalah hindari pemberian nomor WhatsApp secara sembarangan. Pasalnya, kita tidak pernah tau nomor tersebut akan digunakan untuk kepentingan seperti apa. Baiknya untuk memberikan nomor WhatsApp kepada orang-orang yang sudah kamu percaya.

Hindari pesan dari nomor yang tidak dikenal

Tidak jarang virtex menyerang melalui pesan dari nomor yang tidak dikenal. Maka itu, jika kamu mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor yang mencurigakan dengan isi pesan berupa karakter-karakter unik, sebaiknya hapus pesan tersebut dan jangan membukanya. 

Apabila kamu ingin mengetahui isi pesan dari nomor yang tidak dikenal tersebut, kamu bisa memanfaatkan fasilitas widget yang ada di ponsel. Dengan begitu, kamu bisa melihat pesan yang diberikan tanpa harus membuka aplikasinya.

Menggunakan WA Immune

Cara lain yang bisa dilakukan supaya terhindar dari virtex yakni menggunakan WhatsApp Immune. Sebagai informasi, WhatsApp Immune adalah aplikasi MOD WhatsApp yang sifatnya kebal terhadap virtex. Jika menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir mengalami lag yang diakibatkan oleh virtex.

Baca juga: Apa itu Penipuan Online dan Bagaimana Menghindarinya? 

Cara Mengatasi WhatsApp yang Terkena Virtex

Lantas, bagaimana jika WhatsApp sudah terpapar virtex? Apa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkan virtex? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi di bawah ini.

Hapus pesan dari pengirim virtex

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena virtex adalah menghapus pesan dari pengirim virtex tersebut. Namun pastikan bahwa kamu tidak membuka pesan tersebut dan langsung menghapusnya.

Paksa berhenti aplikasi WhatsApp

Jika kamu sudah terlanjur membuka pesan virtex tersebut, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memaksa berhenti aplikasi WhatsApp. Jika sudah memaksa berhenti aplikasi tersebut, kamu bisa kembali masuk ke WhatsApp dan hapus pesan virtex tersebut.

Hapus data aplikasi WhatsApp dan Instal Ulang

Apabila kondisi lag yang diakibatkan oleh virtex semakin parah, kamu bisa menghapus data aplikasi tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menghindari efek virtex yang semakin berkembang. Menghapus data aplikasi ini juga bisa dilanjutkan dengan mematikan ponsel, lalu menginstal ulang WhatsApp.

Baca juga: Honeypot: Server untuk Mengelabui Serangan Hacker

Kesimpulan

Virtex adalah kepanjangan dari virus text yang berisikan kumpulan karakter hingga simbol unik dalam jumlah banyak dan sulit untuk dibaca. Umumnya, virtex akan menyerang apabila terus-menerus disebarkan kepada banyak orang melalui suatu aplikasi, seperti WhatsApp dan lainnya. 

Supaya terhindar dari virtex, kamu bisa menerapkan beberapa cara, salah satunya adalah jangan sembarang memberi nomor WhatsApp. Jika WhatsApp sudah terkena virus, si korban bisa memberhentikan paksa aplikasi WhatsApp.