Apa itu VPN? Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu VPN? Fungsi, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangannya

Jika kamu menemukan sebuah situs yang diblokir, tentunya pikiran kamu akan mengarah ke VPN untuk membukanya. Tapi, mungkin ada di antara kamu yang belum tahu apa itu VPN, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja kegunaan VPN. VPN adalah jaringan virtual untuk meningkatkan keamanan koneksi saat beraktivitas di internet.

Di artikel kali ini, kamu akan belajar mengenai apa itu VPN, fungsinya, sejarah dan cara kerjanya, cara menggunakan VPN, serta kelebihan dan kekurangan VPN. Yuk, baca lebih lanjut!

Baca Juga: 10 VPN Gratis Terbaik untuk Internet yang Lebih Aman

Apa Itu VPN?

Virtual Private Network atau VPN adalah sebuah jaringan virtual yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan koneksi dan melindungi informasi pribadi saat beraktivitas di internet.

VPN dicetuskan pertama kali oleh seorang karyawan Microsoft pada tahun 1996 dengan tujuan untuk menghubungkan dua komputer dengan metode peer-to-peer tunnelling protocol (PPTP). Seiring berkembangnya internet, saat ini VPN sudah banyak digunakan oleh kalangan umum untuk mendapatkan koneksi internet yang aman (secure), pribadi (private), dan mengakses berbagai situs yang diblokir di region tertentu.

Baca juga: Pengertian Proxy, Cara Kerja, Manfaat, dan Jenisnya

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Apa itu VPN dan cara kerja vpn

Setelah mengetahui apa itu VPN, sekarang mari simak penjelasan bagaimana cara kerja VPN dalam jaringan internet.

Cara kerja VPN adalah menyembunyikan alamat Internet Protocol (IP address) dengan mengubah jalur koneksi untuk melewati sebuah server milik sebuah penyedia VPN yang berada di lokasi berbeda. Artinya, saat kamu menggunakan internet dengan VPN, lokasi server VPN tersebut akan terdeteksi sebagai asal koneksi kamu.

Dengan demikian, penyedia layanan internet kamu (ISP), pemerintah, dan pihak-pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat website mana saja yang kamu kunjungi atau data apa saja yang kamu kirim dan terima.

Singkatnya, VPN mengubah semua data kamu menjadi angka-angka yang tidak masuk akal, sehingga meskipun ada pihak yang dapat membaca data kamu, mereka tidak akan dapat menggunakan informasi di dalamnya.

Baca juga: Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Fungsi VPN

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan VPN untuk mengizinkan karyawannya mengakses jaringan kantor dari laptop masing-masing. Hal ini disebabkan oleh jaringan kantor dapat mengenali akses masuk kamu, dan menghalangi semua akses yang tidak berasal dari jaringan VPN tersebut.

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat saat menggunakan VPN, sebagian besar terkait keamanan koneksi kamu. Berikut adalah beberapa fungsi VPN:

  • Mengamankan identitas pribadi

    Manfaat VPN pertama yaitu menyembunyikan semua kegiatan kamu selama berada di jaringan internet. Enkripsi data yang dilakukan oleh VPN menghalangi pihak-pihak ketiga dari membaca informasi tentang siapa kamu, dari mana kamu mengakses internet, apa saja yang kamu baca, dan sebagainya.

  • Membuka situs yang diblokir

    Salah satu kegunaan dari jaringan VPN adalah memblokir konten yang dikunci oleh penyedia internet atau pemerintah setempat. Beberapa situs seperti Reddit, Vimeo, Imgur, dan situs lain yang ditutup aksesnya dapat kamu buka dengan menggunakan VPN.

  • Mengamankan data di jaringan publik

    Saat kamu menggunakan Wi-Fi gratis sekolah, kampus, atau jaringan publik lainnya, maka data pribadi kamu secara tidak langsung terhubung dengan orang-orang lain yang menggunakan jaringan tersebut.

    VPN dapat membantu mengamankan perangkat dan data kamu dari ancaman pencurian data saat berada di jaringan publik.

  • Mengenkripsi data

    Saat kamu menggunakan VPN, seluruh data pribadi kamu akan dienkripsi. Enkripsi adalah proses penyamaran data menjadi angka dan huruf acak sehingga tidak dapat dibaca secara langsung.

    Untuk membaca data tersebut, diperlukan kunci enkripsi sehingga hanya pihak-pihak tertentu yang dapat membaca data kamu.

  • Mengakses konten regional

    Konten regional biasanya hanya tersedia untuk pengguna yang berada di wilayah tersebut. Dengan VPN, kamu dapat mengatur lokasi kamu ke berbagai wilayah untuk mengakses konten regional daerah tersebut.

    Contohnya, Netflix menyediakan serial TV dan film yang berbeda untuk masing-masing negara. Jika kamu menggunakan VPN, kamu dapat mengakses konten yang tidak tersedia di Indonesia.

Baca juga: HTTPS: Arti, Manfaat, dan Bedanya dengan HTTP

Jenis-jenis VPN

Sebenarnya, ada berbagai jenis VPN yang beredar. Berikut ini adalah tiga jenis VPN paling utama:

SSL VPN

SSL VPN adalah jenis VPN yang sering digunakan bagi perusahaan untuk memfasilitasi karyawannya dalam mengakses data komputer perusahan menggunakan perangkat pribadi. Dengan SSL VPN, karyawan dapat mengakses data di komputer perusahaan menggunakan perangkat mereka sendiri seperti laptop, tablet, ataupun HP.

Layanan VPN jenis SSL VPN diimplementasikan melalui hardware box yang sesuai. Untuk melakukannya, ada syarat utama yakni browser yang berkemampuan HTML-5. Browser HTML-5 sebenarnya sudah tersedia untuk hampir semua sistem operasi. Akses yang digunakan juga dijaga dengan menggunakan username dan password.

Site-to-site VPN

Jenis site-to-site VPN adalah jaringan pribadi yang dirancang dengan tujuan menyembunyikan intranet pribadi. Dengan begitu, hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jaringan yang aman pada saat mengakses dari satu sumber ke lainnya. Site-to-site VPN banyak digunakan oleh perusahaan skala besar. Jenis SSL ini adalah cara efektif untuk memastikan komunikasi tiap bagian di perusahaan berjalan lancar.

Penggunaan site-to-site VPN digunakan apabila memiliki beberapa lokasi di perusahaan, yang di mana masing-masing memiliki local area network (LAN) sendiri dan terhubung ke wide area network (WAN). Penerapan site-to-site VPN lebih kompleks dan tidak fleksibel seperti SSL-VPN.

Client to server VPN

Jenis utama VPN lainnya adalah client to server VPN. VPN jenis ini memungkinkan penggunanya bisa terhubung dengan klien dari manapun, termasuk rumah. Client to server VPN membuat seolah PC dari rumah terhubung ke perusahaan dengan menggunakan kabel ekstensi. Proses ini melibatkan user yang terkoneksi langsung dengan penyedia VPN sehingga VPN dapat otomatis mengenkripsi data sebelum nantinya digunakan oleh user.

Jenis client to server VPN digunakan perusahaan untuk memfasilitasi karyawan agar terkoneksi ke jaringan perusahaan dari kantor pusat mereka melalui koneksi yang aman. Sebelum menggunakannya, client VPN harus terlebih dahulu diinstal dan dikonfigurasi di komputer pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Selain menawarkan keamanan data selama berada di internet, VPN juga memiliki beberapa kelemahan. Hal ini disebabkan oleh sifat VPN yang menyembunyikan identitas asli pengguna dengan melewatkan koneksi melalui server yang berada di lokasi lain.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan VPN? Mari kita bandingkan.

Kelebihan VPN

Kekurangan VPN

Informasi pribadi terjaga Kecepatan internet berkurang
Keamanan koneksi yang lebih baik Sambungan internet tidak stabil
Dapat mengakses website yang diblokir Adanya batas penggunaan VPN
Membuka akses ke konten regional Memerlukan pengaturan manual

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Firewall dalam Jaringan Komputer

Cara Menggunakan VPN di Laptop, PC, dan Smartphone

Jika kamu sudah paham dan sadar akan keamanan data kamu selama berada di internet, pasti kamu berminat untuk menggunakan VPN di perangkat-perangkatmu. Berikut ini adalah cara yang perlu kamu lakukan untuk mengunduh dan menggunakan VPN di perangkatmu.

Cara Menggunakan VPN di Laptop atau Browser PC

  1. Daftar akun VPN
  2. Kunjungi Chrome Web Store atau app store lain sesuai browser
  3. Lakukan pencarian dengan kata kunci “VPN”
  4. Instal VPN pilihan
  5. Logo VPN akan muncul pada baris ekstensi browser
  6. Klik logo VPN tersebut, dan kamu akan diarahkan untuk login ke akun
  7. VPN sudah aktif, sesuaikan lokasi server yang ingin digunakan
  8. Pada beberapa VPN, kamu perlu mengaktifkannya secara manual

Cara Menggunakan VPN di Smartphone

  1. Buka Play Store atau App Store
  2. Cari aplikasi dengan kata kunci VPN
  3. Unduh aplikasi VPN pilihan
  4. Jalankan aplikasi VPN
  5. Buat akun (jika belum pernah mendaftar)
  6. Masuk ke akun VPN
  7. Aktifkan koneksi VPN
  8. Beberapa layanan keuangan dan perbankan mungkin tidak dapat digunakan selama koneksi VPN aktif

Sudah Tahu Apa itu VPN?

Setelah mempelajari apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya, semoga kamu dapat memahami kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan VPN. VPN adalah jaringan virtual untuk meningkatkan keamanan koneksi saat beraktivitas di internet.

Faktanya, memang VPN itu berperan penting dalam menjaga privasi kamu selama berada di internet. Jika kamu ingin data-data kamu selalu aman, maka gunakanlah VPN mulai dari sekarang.

Selain untuk data pribadi kamu, keamanan data juga sangat penting untuk website atau blog milikmu. Gunakanlah layanan hosting website dari Dewaweb untuk memastikan website kamu cepat, aman, dan dapat diandalkan.