VPS Indonesia Panduan Lengkap - Blog Dewaweb

Pengertian VPS, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Hosting Website

Tahukah kamu, banyak website yang kamu kunjungi berada pada satu server yang sama? Pada umumnya, website pribadi disimpan pada server yang sama dengan website milik orang lain. Hal ini menyebabkan kurangnya fleksibilitas dalam pengaturan server tersebut. Tapi ada solusinya: Virtual Private Server. Apa itu VPS dan kegunaannya? Mari kita bahas.

Pengertian VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server personal yang keseluruhan teknologi dan kemampuannya digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga tak ada pengaruh dari pengguna lain.  Berbeda dengan pengguna server bersama (shared hosting), seorang pengguna VPS dapat mengubah berbagai pengaturan dan konfigurasi dari server tersebut sesuai kebutuhannya.

Jika dibandingkan dengan shared hosting, VPS menawarkan kualitas jaringan yang lebih stabil dan aman karena semua resource yang ada pada server hanya dapat diakses oleh satu pengguna saja.

Pada umumnya, VPS sering digunakan oleh pemilik website dengan traffic mengenah-tinggi yang sudah melewati batas yang ditawarkan oleh layanan shared hosting.

Baca juga: Pentingnya VPS untuk Website dengan Kapasitas Besar

Tetapi jangan salah, memiliki virtual private server bukan berarti kamu dapat mengakses keseluruhan server. Fungsi VPS adalah menciptakan ruang virtual pribadi untuk satu pengguna dengan membagi sebuah server menjadi beberapa ruang virtual yang tak terhubung satu sama lain. Ilustrasi di bawah ini adalah gambaran sederhananya.

VPS adalah

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan VPS

  • Relatif lebih terjangkau dibanding dedicated server.
  • Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.
  • Kendali penuh terhadap pengaturan dan konfigurasi server.
  • Akses terhadap layanan pelanggan dari penyedia web hosting.
  • Pilihan pengelolaan VPS: fully managed, self-managed, atau on-demand support.
  • Pengaturan lebih cepat dibandingkan dedicated server.
  • Lebih aman dibandingkan shared hosting.
  • Dapat di-upgrade dengan mudah.

Kekurangan VPS

  • Tidak sekuat dan secanggih dedicated server.
  • Membutuhkan pengetahuan teknis untuk mengatur dan mengatasi masalah.
  • Tidak memiliki kendali penuh terhadap hardware server.

Baca Juga: 5 Control Panel Web Hosting Gratis

Perbedaan VPS dengan Dedicated Server

Jika Anda merasa bahwa Anda memerlukan server yang lebih aman dan fleksibel daripada shared hosting atau reseller hosting biasa, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan VPS atau Dedicated Server. Jangan khawatir, kami akan membahasnya lebih lanjut untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih di antara kedua opsi yang ada.

Berikut adalah perbedaan dan persamaan yang kami kelompokkan berdasarkan tiap karakter baik dari VPS maupun Dedicated Server:

  • Kontrol

Pada VPS, klien dapat memiliki kendali atas mesin virtual pada cluster dengan mesin-mesin virtual lainnya. Sedangkan pada Dedicated Server, klien memiliki kontrol yang penuh terhadap server fisik tunggal dengan akses admin ke semua sumber daya server yang ada.

  • Ketersediaan Sumber Daya

Pada VPS, CPU dibagi dengan VPS lainnya, namun menggunakan RAM dan HDD khusus. Sedangkan pada Dedicated Server, tersedia semua daya pemrosesan CPU / RAM & HDD yang ditugaskan ke pengguna tunggal tanpa berbagi ke server lainnya.

  • Software Customization

Pada VPS, klien dapat akses penuh sebagai admin & dapat melakukan root control. Konfigurasi perangkat lunak bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal yang sama berlaku pada Dedicated Server.

  • Migrasi

Migrasi VPS di dalam cluster lokal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Sedangkan lewat Dedicated Server, migrasi antara servernya dilakukan terpisah secara fisik dan ini memakan waktu lebih lama.

  • Skalabilitas

Cloud VPS ini sangat terukur, memungkinkan untuk menambah atau menurunkan RAM, CPU & HDD secara real time tanpa downtime. Sedangkan pada Dedicated Server, intervensi fisik dibutuhkan sehingga upgrade dan downgrade bisa mengakibatkan downtime.

Dengan VPS, Anda tidak perlu menunggu waktu lama jika Anda sudah memutuskan untuk melakukan upgrade maupun downgrade. Sebaliknya, pada Dedicated Server tidaklah mudah untuk melakukan upgrade tanpa memindahkan hardware tambahan yang notabene butuh waktu lebih lagi.

  • Biaya

VPS murah dan sangat hemat biaya. Anda membayar sesuai dengan apa yang Anda gunakan. Sementara itu, Menggunakan Dedicated Server biayanya lebih tinggi di muka dan ada biaya berkelanjutan lagi. Bisa jadi juga lebih mahal jika sumber dayanya kurang dimanfaatkan.

  • Deployment

Pada VPS bisa berlangsung cepat, kurang dari 2 menit deployment berlangsung biasanya. Sedangkan pada Dedicated Server, berlangsung lebih lambat, kira-kira memakan waktu 2 jam.

Walaupun waktu instalasi lebih singkat, VPS memiliki fungsi yang mirip dengan Dedicated Server. Anda bisa install apa saja dan konfigurasi apa saja yang menurut Anda paling cocok. Semuanya tergantung pada kebutuhan Anda.

Baca Juga: Tips Optimasi Sumber Daya Cloud Hosting agar Maksimal dan Powerfull

  • High Availability (HA)

HA mungkin terjadi dengan Cloud VPS. Hal ini dikarenakan datanya tersimpan pada beberapa server, tidak hanya server tunggal. Sehingga kegagalan tidak terjadi pada satu titik terpusat. Sementara, pada Dedicated Server, kemungkinan terbatas untuk HA.

Redundansi terbatas pada level server (dual power supplies, kartu jaringan, CPU, RAID, hot swap array). Hal ini menjadikannya pilihan biaya yang lebih tinggi. HA memerlukan pengaturan sekumpulan server yang akan meningkatkan biaya pembuatan di awal dan biaya pemeliharaannya.

  • Keamanan

Akses root di VPS memastikan tidak ada yang bisa mengakses data Anda selain pihak yang diinginkan. Perusahaan hosting memiliki hak admin atas cloud mereka sehingga mereka memiliki kontrol secara menyeluruh. Pada Dedicated Server, klien memiliki kontrol penuh atas server fisiknya. Kontrol penuh juga dimungkinkan.

Singkatnya, VPS ini bila dibandingkan dengan Dedicated Server memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Deployment-nya instan sehingga tidak menunggu lama terlebih dahulu
  • Biaya yang dihabiskan untuk entry tergolong rendah atau tidak mahal
  • Biaya yang dikeluarkan secara efektif, Anda bayar untuk apa yang Anda pakai
  • Fleksibilitas dalam artian upgrade atau downgrade dilakukan sesuai kebutuhan Anda
  • Migrasi dapat dilakukan dalam waktu singkat
  • Availability yang tinggi dengan harga terjangkau

Satu hal di mana Dedicated Server memiliki sedikit kelebihan adalah dalam kasus di mana secure belt dan braces security diperlukan. Sebenarnya ini lebih berkaitan dengan masalah peraturan atau kebiasaan daripada masalah keamanannya.

Kesimpulannya, VPS Cloud bisa menawarkan kinerja yang relatif sama dengan Dedicated Server dengan biaya yang lebih murah dan tanpa waktu lama untuk upgrade. Cloud VPS (Virtual Private Server) bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin bergelut di dunia maya tanpa menghabiskan dana secara besar-besaran.

Faktor Penting dalam Memilih VPS di Indonesia

Setelah memutuskan untuk sewa VPS untuk bisnis onlinemu, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek penting dari layanan VPS tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih Virtual Private Server:

Hard Disk

Saat memilih VPS, kamu perlu mempertimbangkan jenis HDD apa yang akan digunakan. HDD (HARD DISK DRIVE) ini adalah piringan yang menjadi media penyimpanan dasar yang non-volatile (data tidak akan hilang ketika perangkat ada dalam keadaan mati) pada komputer.

Pada dasarnya, secara material, HDD adalah piringan metal yang memiliki lapisan magnet. Lapisan itulah yang menjadi tempat penyimpanan data. Secara umum ada tiga tipe utama dari HDD yang tersedia ketika Anda memilih VPS. Berikut adalah tipe-tipe penyimpanan beserta karakteristiknya:

    • SATA: Solid, cakram tradisional yang cukup handal dengan kapasitas penyimpanan yang tinggi tetapi kemampuan baca/tulis datanya lebih lambat. Biasanya digunakan untuk budget hosting terbatas atau backup saja.
    • SAS: Kemampuan yang lebih tinggi dibanding SATA yang dapat beroperasi lebih cepat dengan kinerja baca/tulis yang lebih tinggi dengan kapasitas penyimpanan rendah.
    • SSD: Penyimpanan elektronik tanpa bagian bergerak, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan mekanik. SSD pada umumnya memiliki kecepatan baca/tulis yang jauh lebih tinggi dibanding dengan hard drive bersifat mekanikal seperti SATA atau SAS.

Operating System (OS)

Saat memilih penyedia server, kamu dapat memilih sistem operasi yang akan digunakan pada VPS kamu. Beberapa sistem operasi populer untuk VPS yaitu:

  • Centos
  • CloudLinux
  • Debian
  • Ubuntu
  • Fedora
  • Gentoo
  • Red Hat Enterprise Linux
  • FreeBSD
  • OpenSUSE

Baca Juga: Proses Transfer Domain Mudah dan Tidak Ribet

Backup

Keamanan data adalah hal yang tak tertandingi pentingnya, maka dari itu pilihlah penyedia VPS dengan layanan pencadangan atau cloud backup yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan.

Pencadangan data tak hanya terkait dengan keamanan dan kerusakan data karena masalah hardware, tetapi juga sangat penting dalam mengatasi data yang terhapus secara tidak sengaja.

Lokasi

Lokasi server juga merupakan hal yang tidak kalah penting dalam memilih penyedia layanan VPS. Idealnya, server yang kamu gunakan harus berlokasi dekat dengan mayoritas pengunjung website.

Selain itu, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Teransaksi Elektronik pasal 17 juga mewajibkan semua website yang menyimpan data keuangan dan digunakan untuk menggunakan data center yang berlokasi di Indonesia.

Hosting Server IIX Jakarta

Hosting server Indonesia berupa komputer server yang digunakan untuk menyimpan data, umumnya untuk webpage yang terletak di Indonesia. Biasanya disebut juga sebagai Indonesia Internet Exchange (IIX).

Berikut adalah beberapa implikasi Hosting Server IIX Jakarta:

  • Cepat bila diakses dari Indonesia karena routing-nya tergolong pendek.
  • Tidak dapat dipengaruhi oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan oleh para klien.
  • Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil, sehingga pengiriman e-mail ke arah mail server luar negeri seperti Yahoo!, Hotmail, dan Gmail tidak secepat hosting server US (dari Amerika).
  • Relatif lebih lambat apabila diakses dari luar negeri.

Setelah membaca penjelasan dari kami, semoga kamu dapat lebih bijak dalam memilih atau VPS provider. Jika kamu masih awam dalam dunia VPS, Dewaweb menawarkan layanan sewa VPS fully-managed yang dapat kamu gunakan tanpa perlu pengetahuan teknis mendalam. Salam sukses online!