Apa itu WordPress? Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

Apa itu WordPress? Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

WordPress adalah platform pembuat website yang banyak digunakan di seluruh dunia. Menurut studi, 43 persen website yang ada di internet menggunakan WordPress. WordPress bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu hendak membuat website.

Banyak kegunaan dari CMS sejuta umat ini. Mau tahu lebih lengkap apa itu WordPress, apa saja fitur, fungsi dan keunggulannya dibanding platform lain? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu WordPress?

Pada dasarnya, WordPress adalah Content Management System (CMS) yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Sebagai CMS, WordPress mempermudah pembuatan website tanpa harus paham coding. Mulai dari website untuk blog pribadi, portofolio, toko online, hingga company profile, WordPress bisa menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa menambah fitur, mengatur tampilan, dan menata konten website dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Website Sendiri dengan Mudah, 30 Menit Jadi!

Selain mudah digunakan, WordPress bisa dipakai gratis karena bersifat open-source. Dengan begitu, WordPress adalah platform yang cocok bagi pemula atau profesional untuk membuat website dengan mudah hanya dalam hitungan menit saja.

Fungsi WordPress

Kamu mungkin penasaran, apa saja yang bisa dibuat dengan CMS berbagai fungsi ini. WordPress telah memfasilitasi pembuatan website untuk berbagai keperluan. Berikut ini fungsi WordPress yang bisa kamu manfaatkan:

Baca Juga: 20+ Contoh Website dan Blog Pribadi Kreatif untuk Inspirasimu

Blog

Jika kamu tertarik dengan blogging, WordPress bisa kamu manfaatkan untuk membuat blog yang sesuai keinginan. Tak perlu khawatir, WordPress sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Fiturnya pun tak usah diragukan lagi karena WordPress pada awalnya memang sebuah blogging platform.

Baca Juga: Penjelasan Blog: Sejarah, Struktur, Jenis dan Manfaatnya

Kalau kamu ingin membuat blog dengan WordPress, kamu bisa mempelajari cara membuat blog gratis di WordPress di artikel berikut.

Portofolio

Fungsi WordPress lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah dalam pembuatan website portofolio. Kalau kamu membutuhkan platform untuk menunjukkan skill dan pengalamanmu secara online, buatlah situs portofolio.

Dengan begitu, karyamu bisa semakin banyak dilihat orang. Website portofolio biasanya digunakan para web designer, illustrator, hingga berbagai kalangan profesional lainnya.

Toko online

Jika kamu memiliki bisnis dan hendak membuat website toko online sendiri, WordPress juga bisa kamu gunakan. WordPress menyediakan berbagai macam plugin yang bisa mendukung pembuatan berbagai macam website, termasuk situs e-commerce.

Misalnya, untuk menampilkan produk yang kamu jual, pengaturan metode pembayaran, penghitungan ongkos kirim otomatis, dan pengelolaan pesanan.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

Website bisnis

Fungsi WordPress lainnya adalah mendukung pembuatan website bisnis. Tak hanya untuk pembuatan website sederhana, kalau kamu ingin membuat website perusahaan yang profesional, WordPress juga bisa jadi pilihan terbaik. Kamu bisa memilih template yang sesuai untuk website perusahaan dengan pengaturan dan fitur yang beragam.

Fitur-fitur WordPress

Sebagai CMS yang populer digunakan, WordPress memiliki banyak fitur yang menjadikannya unggul. Berikut ini penjelasan beberapa fitur-fitur WordPress yang memudahkanmu dalam pembuatan website.

Post

pengaturan post di wordpress

Sesuai namanya, fitur Post digunakan untuk menambah postingan pada website. Dengan fitur ini, pengguna bisa memposting artikel, kategori, dan tag yang akan dipublikasikan pada situs web. Ada beberapa submenu dalam Post, di antaranya:

  • All Post: menampilkan seluruh post yang sudah diterbitkan dan yang masih dalam draft. Di bagian ini, kamu bisa bisa mengedit, melihat, dan menghapus postingan.
  • Add New: untuk menambah postingan baru.
  • Kategori: untuk mengelola daftar kategori seperti membuat, mengedit dan menghapus kategori.
  • Tag: fitur untuk pengelolaan tag pada situs.

Baca Juga: Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Pages

pengaturan page wordpress

Fitur Pages pada WordPress umumnya berguna untuk mengatur halaman statis yang ada pada website, misalnya menampilkan sitemap, kebijakan privasi, contact, disclaimer dan sebagainya. Pengguna bisa mengedit, dan melihat halaman secara keseluruhan, baik masih bersifat draft atau sudah lama publish.

Media

media di wordpress

Fitur Media digunakan sebagai tempat mengelola file, baik berupa gambar, dokumen, atau video. Terdapat submenu pada media, yakni:

  • Library: pustaka yang berisi semua media yang diunggah pada website. Kamu dapat mengelola semua media dari sini.
  • Add New: untuk menambahkan file baru.

Baca Juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

Comment

Sesuai namanya, fitur Comment berfungsi untuk membuka akses komentar yang dikirimkan melalui postingan. Kamu bisa mengelola komentar dengan memfilternya, yakni komentar yang disetujui, belum disetujui, spam, dan trash.

Appearance

Kamu bisa mengatur tampilan website pada menu Appearance. Contohnya mengubah tema, menambahkan widget, mengatur menu, dan lain sebagainya. Ada beberapa submenu pada Appearance, di antaranya:

  • Template: berfungsi untuk mengupload, memilih dan menghapus tema pada WordPress.
  • Customize: untuk mengedit tampilan website secara langsung tanpa perlu masuk ke source code.
  • Widget: untuk mengatur tampilkan sidebar, footer, dan header.
  • Menu: berfungsi untuk membuat menu di bagian header dan footer.
  • Theme editor: untuk mengedit tema dan berguna saat kamu hendak menambahkan kode tracking Google Analytics atau Search Console.

Baca Juga: ​​3 Cara Install Tema Website WordPress [Cepat & Mudah]

Plugins

Plugins berfungsi untuk menambahkan fitur-fitur yang akan melengkapi sebuah website. WordPress menyediakan beragam plugins untuk mendukung berbagai jenis website sesuai kegunaannya, baik untuk website toko online, blog, company profile dan sebagainya.

Tools

Fitur Tools membantu pengguna WordPress ketika hendak melakukan perpindahan website. Cara kerjanya, kamu bisa melakukan import dan export seluruh isi website. Fitur ini akan sangat membantu dalam proses perpindahan data.

Baca Juga: Error Pada WordPress Serta Solusi Tepat Mengatasinya

Users

Fitur User digunakan untuk mengatur hak akses pengguna untuk login pada website. Maksudnya, fitur ini mengakomodir kebutuhan jika kamu memiliki banyak anggota yang mengatur konten. Ada lima peran user yang bisa kamu atur, yakni Administrator, Editor, Penulis, Kontributor, dan Pelanggan.

Setting

Setting merupakan tempat melakukan berbagai macam pengaturan. Ada beberapa submenu pada Setting, misalnya:

  • General: digunakan untuk mengatur judul website, tagline, URL, format waktu, bahasa, hingga batasan untuk masing-masing pengguna.
  • Discussion: untuk mengatur komentar yang masuk.
  • Permalink: untuk mengatur URL website sesuai keinginan.

Baca Juga: 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

Keunggulan WordPress

WordPress telah digunakan oleh sebagian besar website yang ada di internet. Sebetulnya, apa saja keunggulan WordPress sehingga menjadikannya platform favorit bagi banyak orang dalam pembuatan website? Berikut ini beberapa keunggulan WordPress:

Instalasi dan penggunaannya mudah

Salah satu alasan yang menjadikan WordPress unggul adalah platformnya yang mudah digunakan. Hal ini karena penggunanya tak harus menguasai pemrograman untuk mengelola situs di WordPress. Selain itu, instalasi WordPress juga mudah. Beberapa penyedia hosting juga menawarkan kemudahan instalasi WordPress.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

Bersifat open source

CMS WordPress bersifat open-source, jadi penggunanya bebas memodifikasi atau disebarkan untuk keperluan pribadi atau komersil, tanpa harus membayar biaya. Inilah mengapa platform satu ini menjadi favorit banyak kalangan khususnya para developer.

SEO friendly

Ingin website kamu memiliki banyak pengunjung? Kamu harus mengoptimasi aspek SEO website agar situs kamu bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. WordPress adalah platform CMS yang dikenal ramah bagi SEO.

Kamu bisa dengan mudah mengubah permalink dan alt text untuk menyisipkan keyword yang diincar. Terlebih lagi, tersedia berbagai plugin yang memudahkanmu dalam mengoptimalkan aspek SEO website, misalnya Yoast SEO.

Baca Juga: Ini 8 Plugin eCommerce WordPress Terbaik untuk Website Toko Online Kamu!

Pilih Hosting WordPress Terbaik untuk Websitemu

Tak bisa dipungkiri, WordPress adalah CMS yang memiliki banyak keunggulan dalam pembuatan website. Kalau kamu ingin menggunakan WordPress, pilih Dewaweb sebagai penyedia layanan hosting terbaik dan aman karena telah tersertifikasi Standar Keamanan Internasional ISO 27001, supaya performa website kamu makin optimal.

Selain kemudahan instalasi, kamu bisa menikmati semua fitur WordPress mulai dari Rp20.000-an per bulan saja lho! Jadi, tunggu apa lagi? Mulai buat website kamu sekarang dan nikmati segala kemudahan yang ditawarkannya!