20+ Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk HP Android dan iOS

20+ Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk HP Android dan iOS

Aplikasi edit foto terbaik saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penggiat fotografi. Kamu yang ingin mendapat banyak likes dan komentar di media sosial seperti Facebook dan Instagram pun membutuhkan bantuan aplikasi tersebut. Sayangnya, tuntutan untuk selalu up-to-date membuat kamu tidak punya banyak waktu sekadar untuk melakukan editing pada foto yang ada.

Nah, agar foto yang diupload lebih berkualitas, berikut beberapa rekomendasi aplikasi editor foto yang bisa digunakan melalui smartphone baik Android maupun IOS. Apa saja? Berikut rekomendasi aplikasi edit foto terbaik!

Baca Juga: 11 Aplikasi Edit Video di HP Android Terbaik, Mudah dan Gratis

1. Prisma

Prisma menjadi salah satu aplikasi untuk mengedit foto yang tersedia di Play Store maupun Apps Store. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengedit foto dengan sentuhan artistik yang menakjubkan. Dilengkapi dengan filter-filter yang keren, kamu bisa mendapatkan kualitas foto sama bagusnya dengan hasil jepretan fotografer profesional. Menariknya, kamu juga bisa berbagi melalui Prisma Feed untuk menyimpan foto dalam smartphone, mengirimnya melalui email, ataupun langsung share ke platform Instagram.

2. Pixlr

Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, Pixlr juga menjadi aplikasi edit foto yang banyak diidolakan pengguna media sosial. Kamu bisa menambahkan bingkai melalui fitur border, memberi efek-efek tertentu, hingga mengatur overlay. Jika ingin menambahkan tulisan, kamu juga bisa memilih beberapa font yang tersedia, mengatur ukuran, serta warna yang diinginkan.

3. Photo Lab

Ingin mengedit foto menjadi karya bernilai seni tinggi? Manfaatkan saja fitur montase atau tukar wajah yang ada pada aplikasi Photo Lab ini. Kamu juga bisa menggabungkan beberapa efek sekaligus, sehingga foto menjadi lebih artistik. Untuk mempercantik hasil editing, kamu juga bisa menambahkan bingkai yang keren sesuai dengan keinginanmu. Aplikasi yang bisa didapatkan pada perangkat berbasis Android dan IOS ini juga punya tampilan yang sederhana, dijamin kamu bisa mengedit foto lebih praktis!

Baca Juga: 10 Tips Cara Mengedit Video agar Menarik untuk Ditonton, Wajib Tahu!

4. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Adobe Photoshop mungkin sudah tidak asing buat kamu. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mengakses aplikasi untuk mengedit foto ini di perangkat PC/Laptop, maka sekarang ini kamu juga bisa men-download-nya di Playstore maupun Apps Store. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan foto selfie yang lebih flawless dengan memanfaatkan fitur blemish-removal. Jadi, noda hitam maupun kotoran bisa lenyap seketika.

5. VSCO

Sejak diperkenalkan untuk publik pada tahun 2011 silam, VSCO menjadi aplikasi untuk mengedit foto yang populer di kalangan pengguna media sosial. Bahkan tidak sedikit pula dari penggiat fotografi yang juga memanfaatkan aplikasi ini untuk mengedit foto dalam waktu singkat. Dengan VSCO, kamu bisa mendapatkan foto keren ala kamera analog. Filter-filter yang disediakan pun sangat beragam, mulai yang gratis hingga berbayar pun ada.

6. Snapseed

Rekomendasi aplikasi untuk mengedit foto di Android dan IOS berikutnya bernama Snapseed. Berbeda dari beberapa aplikasi edit foto sebelumnya, Snapseed yang dikembangkan oleh raksasa perusahaan Google ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya lebih mudah. Hampir seluruh kebutuhan dasar editing foto dimiliki oleh Snapseed, kamu yang masih pemula pun akan terbantukkan dengan adanya video tutorial sehingga lebih memahami cara kerja fitur maupun filter tertentu.

Baca Juga: 20 Website Royalty-Free Stock Photo Gratis

7. Canva

Aplikasi edit foto terbaik berikutnya adalah Canva. Canva merupakan aplikasi yang sedang tren saat ini. Kamu bisa mengedit foto secara gratis tanpa perlu memiliki akun yang premium, selain itu ada beragam template yang bisa kamu gunakan apabila tidak mau mengedit dari awal.

Aplikasi ini juga mudah digunakan sekalipun untuk pemula, karena user interfacenya yang sederhana dan tidak ribet. Selain menjadi aplikasi edit foto, saat ini Canva menjadi andalan semua pekerjaan yang menyangkut desain.

8. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang sudah terkenal sejak lama, aplikasi ini sudah diunduh hingga 6 juta pengguna. PicsArt diminati banyak pengguna karena fiturnya yang lengkap.

Kamu bisa mengedit sesuai selera dengan beragam tools serta filter yang sudah disediakan. Diantaranya seperti fitur grid foto, efek overlay, transparan, dan masih banyak yang lainnya. Dengan PicsArt, kamu juga bisa menambahkan stiker hingga menggambar langsung dengan tanganmu sendiri, keren banget kan? 

Baca Juga: 10+ Tools Gratis Terbaik untuk Membuat Infografis [2022]

9. Adobe Lightroom

Ingin memiliki foto yang estetik seperti para content creator di Instagram? Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto terbaik Adobe Lightroom. Aplikasi ini adalah salah satu bagian dari Adobe.

Hanya saja, berbeda dengan Adobe Photoshop, Lightroom tergolong lebih friendly digunakan khususnya untuk para pemula. Di aplikasi tersebut kamu dapat membuat preset efek sendiri hingga hasil fotonya sesuai keinginan. 

10. PicSay

Aplikasi berikutnya adalah PicSay, sama seperti aplikasi lainnya PicSay dapat membuat foto kamu terlihat lebih hidup dengan tambahan kata-kata, stiker, dan gambar lain.

PicSay sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, jadi kamu tidak perlu khawatir karena sudah pasti aplikasi ini mudah digunakan. 

11. AfterFocus

Berbeda dengan aplikasi edit foto lainnya, AfterFocus hanya memiliki satu fitur spesifik saja yaitu fitur blur. Jika kamu ingin memiliki foto dengan kualitas kamera DSLR, kamu bisa gunakan aplikasi ini.

AfterFocus memiliki kemampuan untuk mengubah focal point dari foto menjadi blur. Efek seperti ini mungkin sudah ada di berbagai merek handphone, namun dengan menggunakan AfterFocus kamu jadi tidak perlu repot-repot mencari posisi terbaik.

12. LightX

Aplikasi edit foto terbaik selanjutnya adalah LightX, bagi sebagian orang mungkin masih belum familiar dengan aplikasi tersebut. Padahal LightX sendiri memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi Adobe Photoshop. 

Sehingga jika kamu sebelumnya pengguna Adobe pasti tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan aplikasi ini. Selain itu juga terdapat fitur menarik yang tidak banyak dimiliki aplikasi lainnya, yaitu fitur yang memungkinkan kamu membuat karikatur. 

Baca Juga: 15 Software Edit Video Terbaik untuk PC

13. Glitch Lab

Apabila kamu suka dengan efek 3D, art filter, scanline atau sejenisnya kamu wajib mencoba aplikasi ini. Glitch Lab merupakan aplikasi yang menyediakan lebih dari 100 efek. 

Di Google Play Store, aplikasi ini berhasil diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating yang cukup memuaskan dan banyak feedback bagus dari pengguna. Tenang saja karena aplikasi ini tidak berbayar, namun jika ingin mendapat lebih banyak fitur kamu bisa upgrade ke versi premiumnya.

Baca Juga: Cara Membuat Design Gratis Menggunakan Canva

14. Fotor Editor

Hampir mirip dengan aplikasi edit foto lainnya, Fotor Editor menyediakan fitur lengkap mulai dari editing basic, profesional, hingga beragam pilihan filter. Kamu juga dapat mengedit foto secara manual atau menggunakan template yang sudah ada. Tidak tanggung-tanggung, pengguna aktif Fotor Editor sudah mencapai 50 juta orang dengan rating di atas 4.5. 

15. TouchRetouch

Kamu memiliki foto namun ada objek yang sekiranya mengganggu? Kalau begitu hapus objek yang kamu inginkan menggunakan aplikasi TouchRetouch. Namun, aplikasi ini berbayar. Meski berbayar tetapi aplikasi tersebut menawarkan fitur hapus objek secara mudah dan cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan cara pemakaiannya sehingga dijamin kamu tidak akan kesulitan memakainya. 

16. QM Camera

Aplikasi QM Camera merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto. Ada lebih dari 40 filter yang dibuat oleh professional, kemudian 100+ filter gradien agar foto kamu menjadi lebih menarik.

Apabila kamu memiliki sense desain yang bagus dan tertarik mengedit preset sendiri, kamu bisa melakukannya di aplikasi ini sehingga hasil foto akan sesuai selera.

17. Collage Maker

Collage Maker adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang memiliki fitur kolase, kamu bisa menemukan berbagai layout kolase foto. Namun, tidak hanya fitur itu saja saat ini Collage Maker juga dilengkapi dengan berbagai template desain story yang bisa disesuaikan dengan brand image kamu. Selain itu, terdapat lebih dari 30 font yang bisa dipilih untuk membuat tipografi tulisan pada foto kamu.

18. AirBrush

Aplikasi edit foto terbaik berikutnya berasal dari aplikasi AirBrush, aplikasi yang sudah diunduh oleh 10 juta pengguna dengan lebih dari 1,2 juta rating di atas bintang 4. 

AirBrush banyak diminati pengguna karena fiturnya yang tak kalah menarik. Beberapa fitur yang unik adalah blemish and pimple remover, yaitu fitur yang memungkinkan kamu menghilangkan noda atau jerawat pada wajah. Fitur kedua yaitu whiten teeth and brighten eyes, yang berfungsi untuk memutihkan gigi serta mencerahkan mata.

Bagaimana, menarik sekali kan fiturnya? Fitur seperti ini biasanya sangat dicari oleh para perempuan.

19. InstaSize

Aplikasi Instasize mulai digunakan banyak pengguna karena fitur resize otomatis untuk layout Instagram, namun semakin ke sini aplikasi tersebut terus menambahkan fitur-fitur terbaru.

Hingga saat ini Instasize memiliki fitur mulai dari mengubah ukuran foto, memotong, menyusun, hingga menambahkan filter. Selain itu Instasize juga menyediakan beragam pilihan gaya font yang dapat membuat fotomu lebih aesthetic.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah [Update 2022]

20. FaceArt Kamera Selfie: Filter dan Efek Foto

FaceArt merupakan aplikasi efek foto terbaik, bahkan di PlayStore sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna. Aplikasi ini menawarkan berbagai efek menarik seperti stiker yang lucu, efek kamera serta didukung dengan fitur editingnya juga. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif apabila kamu kurang puas dengan filter dari Instagram stories.

21. Retro Cam

Jika kamu salah satu pecinta foto vintage atau retro, maka kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Retro Cam adalah aplikasi edit foto terbaik yang memiliki efek-efek vintage. 

Ada banyak efek serta filter foto yang bisa dipilih, selain itu kamu juga dapat sekaligus menyuntingnya dengan beragam fitur yang tersedia. 

22. Polarr

Aplikasi edit foto terbaik yang terakhir yaitu Polarr. Layaknya aplikasi edit pada umumnya, kamu dapat mengedit foto secara manual atau secara singkat menggunakan beragam filter yang ada. Selain itu juga terdapat fitur ganti background. Namun, yang perlu kamu ukuran aplikasi ini cukup besar. Sehingga pastikan RAM handphone kamu cukup.

Aplikasi Edit Foto Mana Jadi Pilihanmu?

Pada dasarnya, saat ini masih ada banyak aplikasi edit foto terbaik yang tersedia untuk perangkat Android maupun IOS. Namun demikian, beberapa rekomendasi aplikasi edit foto di atas adalah yang terbaik dan paling mudah digunakan. Jadi, aplikasi mana yang paling sesuai untuk kebutuhan fotografi kamu?