12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

Bagi para YouTuber, menggunakan aplikasi edit video adalah salah satu faktor penting yang membantu mereka menciptakan konten berkualitas. Kini, ada banyak software edit video yang mudah digunakan, mulai dari yang gratis ataupun berbayar.

meme youtuber

Kalau kamu penasaran, berikut ini daftar aplikasi edit video terbaik yang dipakai para YouTuber untuk membuat video-video menawan. Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi Edit Video Adobe Premiere

Aplikasi buatan Adobe ini adalah salah satu software edit video yang cukup populer digunakan YouTuber. Adobe Premiere Pro memang ditujukan untuk kalangan profesional dengan berbagai fitur terbaik untuk video editing. Tak heran, aplikasi satu ini pantas masuk dalam daftar software video editor terbaik untuk YouTube.

Fitur editing yang dimilikinya sangat lengkap. Kamu bisa mengedit video dari yang low resolution, 8K hingga VR. Namun bagi pemula di video editing, kamu perlu banyak berlatih untuk menggunakannya.

Baca juga: Panduan Riset Keyword YouTube untuk Meningkatkan Views

2. Adobe Premiere Elements

adobe premiere elements

Masih dari Adobe, kalau kamu cari opsi software video editor yang lebih praktis, bisa coba gunakan Premiere Elements. Aplikasi ini lebih sederhana dan mudah digunakan bila dibandingkan dengan Premiere Pro. Meski begitu, hasil editan video kamu bakalan tetap ciamik.

Kamu tak usah khawatir, fiturnya dilengkapi dengan AI yang bisa memudahkan kamu mengedit video secara otomatis. Ada berbagai efek visual yang disediakan, misalnya slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Ditambah dengan fitur fix action cam footage untuk memperbaiki guncangan pada video.

Baca Juga: Video Marketing: Panduan Lengkap

3. Filmora & FilmoraGo

aplikasi edit video youtuber - filmora

Aplikasi video editing dari Filmora bisa kamu coba untuk membuat video YouTube yang menarik. Filmora memiliki dua versi aplikasi yang bisa kamu gunakan. Filmora untuk mengedit video di PC, sedangkan FilmoraGo untuk mengedit video dari HP. Kelebihannya, aplikasi ini mudah bagi pemula dan bisa dipakai secara gratis. Meski tampilannya cukup simpel, fitur yang ditawarkannya terhitung lengkap.

Kamu bisa mengedit video resolusi 4K dengan lebih dari 100 pilihan template efek transisi. Filmora punya fitur EasyMode yang bisa membuat tools editing lebih mudah dimengerti. Kabarnya, aplikasi ini cukup ringan untuk diunggah sehingga tidak mudah crash saat digunakan.

4. DaVinci Resolve

Davinci Resolve

DaVinci Resolve adalah salah satu software edit video yang bisa digunakan gratis di perangkat Windows, MacOS, atau Linux. Meski gratis, kabarnya aplikasi video editor  para Youtuber satu ini memiliki fitur lengkap yang mirip aplikasi berbayar seperti  Adobe Premiere Pro lho!

Beberapa fitur menariknya di antaranya motion graphic, color corrector, visual effect, hingga audio mixing. DaVinci bahkan mendukung pengeditan video resolusi 8K. Software video editor ini sudah terbukti andal untuk mengedit video pendek hingga film.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android dan iOS

5. Corel Video Studio

aplikasi edit video youtuber - corel videostudio

Video editor buatan Corel ini juga tak kalah populer digunakan para YouTuber. Corel Video Studio memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk mengedit video. Aplikasi ini cocok untuk pemula karena tampilannya lebih sederhana dan mudah digunakan. Meski begitu, Corel menyediakan fitur editing lanjutan seperti motion tracking, 4k dan VR video editing, dan beragam efek video untuk mempercantik video.

Untuk fitur pengeditannya, tersedia banyak template yang bisa kamu gunakan. Mulai dari template opening, menambahkan transisi video, background musik, efek, hingga filter. Software ini bisa kamu download dari PC.

Baca juga: 20 Tips untuk Menambah Subscriber YouTube 

6. iMovie

aplikasi edit video youtber - imovie

Bagi pengguna iOS, kamu tidak boleh melewatkan aplikasi edit video satu ini. iMovie merupakan video editor besutan Apple yang hanya bisa dioperasikan pada perangkat sistem operasi iOS saja. Kamu bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi di perangkat-perangkat Apple yang kamu gunakan.

Tersedia beragam pilihan template tema, filter, background, hingga soundtrack dan efek audio yang bisa kamu gunakan. iMovie juga mendukung pengeditan video dengan green screen dan efek split screen. Bahkan kamu bisa membuat video trailer dari beragam template dengan tampilan animasi yang memukau.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Terbaru 2022]

7. Shotcut

Shotcut

Pilihan selanjutnya ada Shotcut. Aplikasi untuk edit video para Youtuber ini bisa digunakan pada Windows, MacOS, atau Linux. Aplikasi ini layak kamu coba bila kamu sudah memahami dasar-dasar video editing. Fiturnya mungkin tidak selengkap editor  video kelas atas layaknya Premiere Pro, tapi Shotcut terhitung mumpuni untuk melakukan pengeditan video tingkat lanjut.

Shotcut punya semua fitur video editing dasar, seperti cut, trim, pengaturan kecepatan, filter, juga berbagai pilihan efek. Aplikasi ini mendukung multi-track editing untuk mengedit video. Meski gratis, fitur Shotcut layak kamu pertimbangkan untuk menghasilkan video menawan.

8. Vimeo Create

vimeo create

Untuk YouTuber pemula, Vimeo Create layak kamu coba sebagai video editor berbasis web. Vimeo Create cocok digunakan untuk keperluan pengeditan video yang sederhana. Tampilan interface-nya cukup simpel dan mudah digunakan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai template sebagai dasar pengeditan video. Kamu juga bisa memanfaatkan koleksi foto dan gambar free royalty yang mereka sediakan ke dalam videomu.

9. Pinnacle Studio

Aplikasi Edit Video Pinnacle Studio

Pinnacle Studia adalah salah satu aplikasi edit video yang digunakan YouTuber pemula. Tampilannya memudahkan kamu mengedit video dengan pilihan template yang sangat variatif. Meski untuk editor pemula, hasil video yang dihasilkan tak kalah menarik.

Untuk YouTuber gaming, aplikasi ini cocok digunakan karena memiliki fitur screen recording. Pinnacle Studio bisa menjadi salah satu aplikasi andalan kamu untuk mengedit video di perangkat Windows dan MacOS.

10. KineMaster

kinemaster

Kalau kamu mencari video editor yang praktis dan bisa digunakan dari HP, KineMaster adalah salah satunya. Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk membuat video yang berkualitas. Selain mudah digunakan, KineMaster menyediakan fitur layaknya software edit video di PC.

Melalui fitur drag and dropnya, kamu bisa mengedit video dengan lebih mudah. Tools video editingnya memungkinkanmu untuk mengatur audio, menambahkan animasi, teks, foto, hingga background musik ke dalam videomu supaya lebih menawan.

11. VivaVideo

aplikasi edit video terbaik android - viva video

Selain KineMaster, ini bisa jadi pilihan YouTuber pemula yang butuh aplikasi video editor dari HP gratis dan mudah digunakan. VivaVideo bisa digunakan di HP Android ataupun iOS. Sama seperti software edit video lainnya, fiturnya memungkinkanmu untuk menggabungkan video, memotong, hingga mengatur kecepatan video.

Viva Video menyediakan beragam pilihan filter dan efek video. Kamu bisa menambahkan teks, animasi, filter, dan efek slow motion di videomu. Cocok banget untuk kamu yang tidak mau repot untuk mengedit video yang simpel.

12. Quik

aplikasi edit video terbaik android - quik

Quik adalah aplikasi untuk mengedit video yang bisa kamu gunakan dari HP Android atau iOS. Di Quik, kamu bisa lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengeditan video hanya dengan beberapa langkah. Awalnya, aplikasi buatan GoPro ini dibuat untuk mengedit hasil video dari kameranya saja. Saat ini Quik bisa digunakan sebagai video editor terutama bagi para YouTuber pemula.

Dengan berbagai fiturnya, kamu bisa membuat video jadi lebih menawan. Manfaatkan berbagai efek video transition-nya dengan pilihan tema yang tak kalah menarik.

Itu dia tadi beberapa aplikasi edit video yang dipakai YouTuber untuk menghasilkan video-video menarik. Kamu bisa pilih dan mencoba salah satunya sesuai dengan preferensi dan keahlian di bidang video editing yang kamu kuasai.

Kalau sudah familier dalam pengeditan video, kamu bisa coba Adobe Premiere Pro, Corel VideoStudio, ShotCut, atau DaVinci Resolve. Jika masih pemula, bisa coba gunakan Filmora, KineMaster, Pinnacle Studio, Quik, atau VivaVideo. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, selamat mencoba!