10 Aplikasi Email Client Gratis untuk Menambah Produktivitasmu

10 Aplikasi Email Client Gratis untuk Menambah Produktivitasmu

Pada era digital ini, penggunaan email untuk berkomunikasi adalah sesuatu yang sangat umum. Keterlambatan membalas dan membaca email, terutama dalam lingkup pekerjaan, dapat berdampak besar pada kelancaran bisnis. Kamu dapat menggunakan email client untuk memastikan kamu menerima semua notifikasi email secara real time.

Jika kamu belum menggunakan email client, kemungkinan besar kamu mengakses inbox email melalui browser. Memang tidak ada salahnya mengakses email melalui browser, tapi bagaimana jika kamu menerima email penting yang harus dibalas atau dibaca saat itu juga?

Dengan menggunakan aplikasi email client, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk setiap email yang kamu terima saat itu juga sehingga kamu dapat langsung membaca dan membalasnya. Untuk membantu kamu lebih produktif dalam berkomunikasi melalui email, kami telah mengumpulkan daftar 10 email client terbaik yang dapat kamu gunakan secara gratis.

Windows Mail

windows mail

Jika kamu ingin menggunakan email client tanpa mengunduh aplikasi tambahan, Windows Mail adalah solusi terbaik.

Windows Mail adalah email client yang sudah terpasang pada semua perangkat Windows 8 ke atas. Jika kamu menggunakan PC berbasis Windows, kamu dapat langsung menggunakannya sekarang juga.

Meskipun Windows Mail adalah program bawaan, tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mencukupi untuk penggunaan sehari-hari seperti Focused Inbox, Caret Browsing, @mentionssend email as attachmentslinkedin inboxsignature, dan sebagainya

Mailbird

Asset Blog Dewaweb

Mailbird adalah aplikasi email untuk perangkat dengan sistem operasi Windows dengan berbagai fitur yang sangat menarik seperti integrasi WhatsApp, Messenger, dan Telegram.

Kamu dapat menggunakan Mailbird secara gratis dengan satu akun email dan batasan-batasan fitur. Untuk menggunakan Mailbird dengan beberapa akun email sekaligus, kamu perlu membayar biaya lisensi. Tapi tenang saja, kamu dapat mencoba fitur premium Mailbird selama 3 hari sebelum membayar.

Thunderbird

Asset Blog Dewaweb

Aplikasi Thunderbird adalah sebuah email client yang memiliki berbagai fitur yang sering ditemukan pada program berbayar seperti Microsoft Outlook.

Thunderbird adalah buah tangan dari Mozilla, perusahaan pengembang dari browser terkenal Mozilla Firefox. Maka dari itu, tidak mengherankan jika aplikasi ini memiliki segudang fitur dan dikembangkan dengan kualitas tinggi.

Email client ini memiliki fitur standar seperti manajemen email dan penggunaan multi-akun. Tetapi kamu juga dapat menambahkan berbagai aplikasi eksternal (add-on) untuk memperkaya fitur dan fungsionalitas Thunderbird.

Spike

Asset Blog Dewaweb

Spike adalah sebuah email client yang memiliki tampilan conversational layaknya aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser, tetapi kamu juga dapat mengunduh Spike pada perangkat iOS, Android, Mac, dan Windows.

Tampilan conversational yang ada pada Spike menjadikannya solusi yang tepat untuk memudahkan kamu membaca dan merespon rantai percakapan email yang panjang. Spike dapat digunakan secara gratis untuk keperluan pribadi, tanpa batasan untuk jumlah akun email dan 10 ‘group chat room‘.

Mail and Calendar

Asset Blog Dewaweb

Email client ini dapat kamu temukan dan download di Windows Store secara gratis. Tentu saja, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada perangkat berbasis Windows.

Keunggulan utama aplikasi email client ini adalah integrasi antara email dan kalender di PC kamu, sehingga kamu dapat menyusun agenda secara langsung tanpa perlu memeriksa kalender berulang kali.

Twobird

twobird

Twobird adalah sebuah email client gratis dengan tambahan fitur produktivitas seperti notes dan reminder. Aplikasi ini dapat digunakan baik pada perangkat Windows ataupun macOS.

Aplikasi ini memiliki desian tampilan yang sederhana dan bersih, sehingga kamu dapat dengan mudah beradaptasi dengan interface-nya. Kamu juga dapat membuat beberapa kategori email seperit high priority dan low priority untuk mengelompokkan pesan-pesan yang masuk.

Twobird juga memiliki desain tampilan email conversational, sehingga kamu dapat berkirim email dengan tampilan layaknya aplikasi instant messenger.

Spark

spark email client

Spark adalah salah satu email client gratis terbaik yang dapat kamu gunakan pada perangkat macOS dengan fitur yang cukup lengkap.

Email client ini sudah mendukung fitur smart inbox yang dapat mengelompokkan pesan secara otomatis menjadi beberapa kategori seperti Personal, Notifications, Seen, dan Feed.

Kamu juga dapat mengaktifkan mode Snooze yang dapat digunakan sebagai pengingat untuk membalas pesan tertentu. Saat kamu memilih untuk ‘snooze‘ satu pesan, maka pesan tersebut akan tampil sebagai pesan baru sampai kamu membalasnya.

Spark juga mendukung fitur Send Later yang dapat membantu kamu untuk menjadwalkan pengiriman email untuk satu waktu tertentu.

Kiwi for Gmail

kiwi for gmail

Kiwi adalah sebuah aplikasi email client yang didesain secara khusus untuk para pengguna setia Gmail.  Tampilan yang ada pada Kiwi hampir seluruhnya menyerupai tampilan Gmail, sehingga kamu tidak perlu beradaptasi ulang dengan tata letak dan cara penggunaannya.

Jika kamu juga pengguna setia Google Docs, Kiwi juga mendukung fitur multiple windows yang dapat digunakan untuk membuka dokumen secara bersamaan tanpa perlu menutup email.

Kamu dapat menggunakan Kiwi pada perangkat Windows, tetapi kamu perlu membayar untuk lisensi premiumnya. Versi gratis dari Kiwi for Gmail (Kiwi Lite) hanya dapat digunakan pada perangkat macOS.

Baca juga: Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengubahnya

eMClient

Asset Blog Dewaweb

eM Client adalah aplikasi email client dengan fitur lengkap yang dapat digunakan pada perangkat Windows dan macOS. Aplikasi ini mendukung fitur seperti kalender, kontak, dan tasks yang dapat memudahkan kamu dalam mengatur jadwal dan meningkatkan produktivitas.

Proses instalasi dan setup eM Client juga sangat mudah. Kamu bahkan dapat mengimpor data email dari email client lain seperti Windows Mail atau Thunderbird. Kamu dapat menggunakan berbagai layanan email seperti Gmail, Exchange, Outlook, dan Yahoo pada eM Client.

eM Client juga menawarkan fitur Backup Tool yang berfungsi untuk mencadangkan semua data email untuk menghindari hilangnya data.

Mailspring

mailspring email client

Mailspring adalah sebuah email client gratis yang dapat digunakan pada semua sistem operasi, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki banyak perangkat.

Aplikasi ini sudah mendukung penggunakan 4 akun secara bersamaan dengan versi gratisnya. Semua email yang masuk akan ditampilkan pada satu tempat yang sama bernama unified inbox.

Proses instalasi dan setup MailSpring juga dapat dilakukan dengan cepat dengan panduan Setup Wizard yang terunduh bersama dengan aplikasinya. MailSpring juga memiliki fitur Easy RSVP yang dapat digunakan untuk merespon undangan online tanpa perlu membuka email undangan tersebut.

Bertukar email merupakan sebuah kegiatan yang sangat umum dalam lingkup bisnis dan pekerjaan. Keterlambatan dalam membalas dan membaca email seringkali berakibat hilangnya prospek atau tawaran pekerjaan impianmu. Jadi, gunakanlah email client agar semua email penting yang masuk ke inbox-mu tidak terlewat!

Kamu ingin tampil lebih profesional di dunia digital? Buatlah website untuk bisnis atau portofolio pribadi dengan layanan hosting website dari Dewaweb. Kamu juga akan dapat domain gratis untuk pembelian minimal satu tahun, loh!