10+ Aplikasi FTP Server Terbaik untuk Sistem Operasi

10+ Aplikasi FTP Server Terbaik untuk Sistem Operasi

Pernahkah kamu mendengar istilah File Transfer Protocol (FTP)? Dalam ilmu komputer, FTP adalah sebuah protokol internet yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi. Melalui aplikasi FTP server, kamu dapat menyalin dan memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain selama berada di satu jaringan.

Pada dasarnya, semua perangkat komputer yang memiliki koneksi jaringan internet dapat menerapkan prinsip FTP, termasuk perangkat pribadi. Kamu bisa menjadikan laptop atau komputer personal sebagai server FTP dan mengaturnya sebagai tujuan transfer data dari perangkat lain.

Nah, agar perangkat milikmu bisa menjadi server, kamu perlu menginstal aplikasi FTP terlebih dahulu. Di artikel ini, Dewaweb telah merangkum beberapa contoh aplikasi FTP server terbaik. Yuk, simak daftar selengkapnya di bawah ini, ya!

1. FileZilla Server

FileZilla Server adalah aplikasi open source yang mendukung enkripsi SSL/TLS untuk File Transfer Protocol Secure (FTPS). Dengan memasang FileZilla, memungkinkan perangkat dijadikan sebagai server FTP untuk menerima transfer file dari perangkat lain dalam suatu jaringan. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh FileZilla ini hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Windows saja.

2. ProFTPD

Sama halnya FileZilla, ProFTPD adalah aplikasi server FTP yang bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. Aplikasi ini mendukung protokol internet 128 bit (IPv6) serta memiliki keamanan cukup baik dalam transfer data. Aplikasi ini menampilkan konfigurasi yang hampir mirip dengan Apache sehingga dapat di-setting lebih mudah.

Secara native, aplikasi ProFTPD hanya bisa digunakan pada server berbasis Linux dan UNIX-like. Meski begitu, kamu juga dapat menjalankan ProFTPD di operating system (OS) Windows dengan bantuan framework Cygwin.

3. CoreFTP Server

Contoh aplikasi server FTP selanjutnya adalah CoreFTP Server. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka pengguna berbasis grafis (GUI) untuk memudahkan instalasi dan konfigurasi. CoreFTP dibekali beberapa fitur menarik seperti dukungan HTTP/HTTPS, enkripsi SSL/TLS, SFTP melalui SSH, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi berbasis Windows.

4. Xlight FTP Server

Bagi pengguna OS Windows yang menginginkan aplikasi FTP server berperforma tinggi, Xlight adalah salah satu opsi yang bisa kamu pilih. Aplikasi ini didesain untuk menangani ribuan FTP client dalam waktu bersamaan tanpa memakan banyak resource. Selain powerful, Xlight juga hadir dengan tampilan antarmuka grafis sehingga lebih mudah digunakan.

5. Microsoft IIS

Sesuai namanya, Microsoft IIS adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna Windows. IIS sendiri merupakan singkatan dari Internet Information Service yang mewakili fleksibilitas dan keamanan web server-nya. Dengan Microsoft IIS, kamu dapat menghosting apapun di web seperti streaming media, web apps, media sosial, dan lain sebagainya.

6. Serv-U FTP Server

Serv-U FTP Server adalah aplikasi yang memungkinkan transfer file dilakukan dalam waktu singkat. Pengguna dapat mendownload, mengupload, atau sekadar melihat file baik dari web maupun perangkat seluler. Dari segi keamanan, Serv-U sudah mendukung enkripsi SSL/TLS untuk FTPS melalui protokol internet IPv4 dan IPv6.

7. Baby FTP Server

Baby FTP Server adalah salah satu aplikasi FTP dengan basis server yang lebih kompleks. Aplikasi ini dilengkapi banyak fitur mumpuni seperti dukungan FTP RFC959, mode PASV dan non-PASV, real time log server, multithread, dan masih banyak lagi. Aplikasi buatan Pablo Software Solution tersebut hanya dapat digunakan di perangkat dengan sistem operasi Windows.

8. Titan FTP Server

Titan FTP Server adalah aplikasi SFTP server untuk OS Windows yang menawarkan fungsionalitas, logging, dan konfigurasi terperinci. Untuk memastikan aplikasi bekerja dengan baik, Titan mendukung berbagai protokol transfer file yang sesuai dengan spesifikasi standar Internet Engineering Task Force (IETF).

Selain itu, Titan FTP Server memiliki keamanan tingkat tinggi yang membatasi akses granular directory sehingga mampu menggagalkan peretasan. Salah satu contohnya yaitu menonaktifkan akun setelah terdeteksi upaya login mencurigakan.

9. Cerberus FTP Server

Cerberus FTP Server menawarkan server MFT yang lebih sederhana dan praktis. Aplikasi ini memungkinkan transfer file dilakukan secara otomatis namun tetap powerful. Adapun Cerberus Enterprise Edition, dimana edisi ini memungkinkan pertukaran data bisa dilakukan di semua jenis perangkat.

Dari segi keamanan, Cerberus dilengkapi enkripsi end-to-end dengan volume dan kecepatan super tinggi. Semua proses transfer file yang melalui protokol utama dipastikan benar-benar aman.

10. Syncplify Server

Syncplify Server adalah aplikasi FTP, FTPS, dan SFTP yang bisa kamu gunakan di OS Windows secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menerapkan dua atau lebih node SFTP yang nantinya akan bertindak sebagai sebuah server. Menariknya, apabila salah satu node-nya mati atau tidak berfungsi, SFTP akan tetap berjalan seperti biasa.

Baca Juga: 10 Aplikasi Web Server Terbaik untuk Deployment Website

Pengertian dan Manfaat FTP Server

Membahas tentang FTP, ada dua istilah penting yang perlu kamu ketahui, yakni FTP server dan FTP client. FTP server berperan sebagai server untuk menjalankan aplikasi sekaligus menyediakan layanan pertukaran data. Sementara, FTP client adalah perangkat komputer yang digunakan oleh user.

Dengan kata lain, FTP server adalah server untuk menjalankan program yang memiliki dua tugas utama yaitu ‘put’ (menempatkan) dan ‘get’ (mengambil). Pengguna dapat mengambil atau menempatkan file dari/ke server FTP sehingga pertukaran data bisa terjadi.

Adapun beberapa manfaat FTP server, di antaranya:

  • Data tidak mudah hilang;
  • Terdapat sistem keamanan untuk melindungi file;
  • Transfer data lebih praktis;
  • Transfer file berukuran besar lebih efisien; dan
  • Dapat digunakan untuk mencadangkan data.

Baca Juga: Pengertian SFTP, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Mana Aplikasi FTP Server Pilihan Kamu?

Itulah daftar aplikasi FTP server terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. Baik yang gratis maupun berbayar, setiap aplikasi memiliki fungsionalitas dan kelebihannya masing-masing. Sedikit tips, pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang memiliki aplikasi dengan jumlah trafik tinggi, sebaiknya gunakan cloud server VPS berkualitas dari Dewaweb. Layanan VPS Windows dan Linux di Dewaweb sudah dilengkapi teknologi terbaru AMD Epyc (Rome) super cepat untuk mengatasi workload aplikasi yang berat.

Khusus pengguna Linux, tim Dewaweb siap membantu proses instalasi dan konfigurasi awal server. Kamu hanya perlu mencantumkan detail konfigurasi yang diinginkan ketika melakukan pembelian. Menarik bukan? Yuk, coba layanan VPS Dewaweb sekarang.