password manager terbaik

8 Password Manager Terbaik untuk Penyimpanan Sandi Praktis & Aman

Di era serba digital ini, pasti kamu sering kesulitan untuk mengingat password untuk berbagai akun media sosial dan layanan online lainnya. Agar kamu tidak kesulitan untuk mengingat puluhan password, ada baiknya kamu mencoba menggunakan password manager.

Pada artikel ini, kamu akan belajar mengenai fungsi, rekomendasi, dan alasan mengapa kamu perlu menggunakan password manager. Yuk, langsung baca artikelnya.

Apa itu Password Manager?

Password manager adalah sebutan untuk aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi untuk berbagai website atau aplikasi. Fungsi utama password manager tentu saja untuk memudahkan kamu dalam mengelola password untuk berbagai akun, sehingga proses login akan lebih mudah dan cepat.

Karena sifat informasi yang disimpan sangat sensitif dan pribadi, maka ada baiknya kamu memikirkan matang-matang sebelum memilih aplikasi password manager yang akan digunakan.

Baca juga: Apa itu High Availability? Tujuan, Cara Kerja, dan Komponennya

Rekomendasi Aplikasi Password Manager Terbaik

Nah, di bawah ini adalah rekomendasi kami untuk daftar aplikasi password manager terbaik yang aman dan dapat dipercaya untuk menyimpan informasi kata sandi kamu.

1. Bitwarden

bitwarden password manager

Bitwarden adalah sebuah aplikasi password manager yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar dengan berbagai fitur keamanan kelas atas. Versi gratis dari Bitwarden sudah menawarkan fitur terlengkap yang dapat dibandingkan dengan fitur layanan berbayar dari aplikasi password manager lain.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan Bitwarden:

  • Tidak ada batasan jumlah password disimpan dan perangkat tersambung.
  • Fitur unlimited password sharing dengan satu pengguna lain.
  • Login menggunakan data biometrik seperti sidik jari di Android atau Face ID untuk iPhone.

Bitwarden Free memang merupakan salah satu layanan password manager dengan fitur yang sangat lengkap. Namun jika kamu ingin memperoleh fitur keamanan ekstra, kami sangat merekomendasikan untuk meng-upgrade layanan ke Bitwarden Premium dengan proteksi ganda seperti vault audit, USB-key 2FA compatibility, dan penyimpanan terenkripsi sebesar 1GB.

Selain menggunakan aplikasi untuk Android dan iOS, kamu juga dapat menggunakan Bitwarden pada perangkat Windows, MacOS, dan Linux.

Baca juga: Panduan Lengkap Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer

2. Dashlane

dashlane password manager

Dashlane juga menjadi salah satu aplikasi password manager paling diminati di tahun 2021 dengan total sekitar 150 ribu ulasan di Google Play Store. Kamu dapat menggunakan Dashlane secara gratis atau berbayar, dengan berbagai fitur tambahan tersedia untuk pengguna premium.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan dari Dashlane:

  • Menggunakan 2FA (two-factor authentication atau otentikasi ganda).
  • Audit tingkat keamanan dan kerumitan password.
  • Password generator untuk membuat kata sandi yang kuat.

Tetapi layanan gratis dari Dashlane sudah memiliki fitur yang sangat mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Dashlane menggunakan metode enkripsi 256-bit AES untuk mengacak data password pengguna. Metode enkripsi ini diklaim untuk memiliki proteksi tertinggi dan belum pernah diretas oleh siapapun.

Dashlane juga memiliki protokol zero-knowledge, yang artinya tidak ada pihak lain yang dapat mengakses penyimpanan password kamu, termasuk pihak Dashlane. Jika kamu mengaktifkan fitur otentikasi biometrik (sidik jari atau face ID), kamu dapat mengubah password utama jika sewaktu-waktu melupakannya.

Baca juga: Panduan Lengkap Mengenai Proxy Servers

3. 1Password

1password manager

1Password adalah salah satu pilihan password manager terbaik untuk pengguna Mac dan iOS, namun aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna sistem operasi lain termasuk Android, ChromeOS, dan Windows.

Password manager ini menawarkan proteksi tinggi untuk informasi kata sandi kamu dengan UI yang sangat mudah untuk ditelusuri. Menurut SafetyDetectives, 1Password merupakan salah satu password manager dengan fokus tertinggi ke aspek keamanan data.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari 1Password:

  • Dukungan untuk digunakan di berbagai sistem operasi.
  • Ruang penyimpanan aman sebesar 1GB untuk setiap pengguna.
  • Layanan pelanggan 24/7 melalui email.
  • Mudah digunakan di semua perangkat dan sistem operasi.
  • Multiple vaults atau ruang penyimpanan password untuk mengelompokkan data.

Sayangnya, 1Password tidak memiliki layanan gratis. Tetapi kamu dapat mencoba aplikasi password manager ini dalam periode trial gratis dan tanpa risiko selama 14 hari.

1Password memiliki fitur unik yang diberi nama Travel Mode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi dari seluruh perangkat yang terhubung dengan pengecualian ruang penyimpanan yang ditandai ‘Safe for Travel’.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menghindari pencurian password sensitif saat kamu bepergian dan terhubung ke Wi-Fi hotel atau jaringan terbuka lainnya.

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

4. LastPass

lastpass password manager

LastPass adalah salah satu password manager terbaik yang menawarkan beberapa lapisan keamanan untuk melindungi data penggunanya. Seperti password manager terpercaya lainnya, LastPass menggunakan metode enkripsi 256-bit AES yang belum pernah diretas.

Selain itu, LastPass juga memiliki kebijakan zero-knowledge yang berarti hanya kamu yang dapat mengakses ruang penyimpanan kata sandi. Untuk menambahkan lapisan keamanan, kamu juga dapat mengaktifkan fitur otentikasi ganda dan login biometrik dengan sidik jari atau face ID.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari LastPass password manager:

  • Metode enkripsi kuat.
  • Audit keamanan dan kerumitan password.
  • Berbagai opsi untuk mengembalikan akun yang hilang.
  • Akses darurat untuk keadaan mendesak.
  • Berbagai jenis aplikasi meliputi ekstensi Chrome, aplikasi Windows dan Mac, aplikasi Android dan iOS.

LastPass juga dapat secara otomatis meminta konfirmasi untuk menyimpan password baru yang sebelumnya belum tersimpan. Namun kamu juga dapat menambahkan akun dan password baru secara manual ke ruang penyimpanan LastPass.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Secure

5. RoboForm

roboform

RoboForm adalah aplikasi password manager lainnya yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar. Aplikasi ini memiliki reputasi sebagai salah satu password manager terbaik yang menawarkan fitur premium dengan harga terjangkau.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini pada perangkat Windows, Mac, Android dan iOS. Bahasa desain aplikasi ini juga sangat intuitif dan mudah untuk digunakan dengan berbagai fitur standar pengelolaan password seperti enkripsi 256-AES, otentikasi ganda, dan audit password.

Namun selain fitur-fitur standar password manager tersebut, RoboForm juga memiliki nilai jual tersendiri. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sinkronisasi dengan otentikasi ganda lain seperti Google Authenticator.
  • Fitur premium dengan harga yang relatif terjangkau.
  • Password generator untuk membuat kata sandi yang kuat.
  • Security Center untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan password tersimpan.

Selain keempat fitur di atas, RoboForm juga memiliki fitur Application Passwords yang dapat menyimpan informasi login untuk berbagai aplikasi di seluruh perangkatmu.

Baca juga: Pentingnya Data Science untuk Meningkatkan Efektivitas Bisnis

6. Blur

blur online privacy

Blur adalah sebuah layanan perlindungan privasi dengan fitur tambahan sebagai pengelola password. Jika dibandingkan dengan aplikasi password manager lainnya, Blur sedikit lebih mahal sehingga peminatnya lebih sedikit.

Sebagai aplikasi password manager berbasis browser, Blur sudah memiliki kualitas yang cukup bagus. Hanya saja, aplikasi untuk perangkat Android dan iOS memiliki tampilan serta fitur yang tertinggal dari pesaingnya.

Salah satu keunggulan Blur adalah kemampuannya dalam melindungi privasi data penggunanya. Beberapa fitur yang dapat meningkatkan keamanan data kamu di antaranya:

  • One-time-use atau penggunaan sekali untuk kartu kredit saat berbelanja online.
  • Menggunakan alamat email berbeda untuk setiap layanan online yang digunakan.
  • Menutupi nomor telepon pengguna dengan nomor lain untuk layanan online.

Jika kamu hanya menginginkan aplikasi password manager, mungkin opsi lain di daftar ini akan lebih cocok untukmu. Namun jika tujuan utama kamu adalah mengamankan informasi pribadi, Blur dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Perbedaan Cloud VPS dan Dedicated Server, Mana yang Lebih Baik?

7. KeePass

KeePass password manager

KeePass mungkin saja merupakan aplikasi password manager terkuat dengan segudang fitur kustomisasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu, KeePass juga dapat digunakan sepenuhnya secara gratis.

Salah satu alasan mengapa KeePass tersedia secara gratis dan memiliki kustomisasi tinggi adalah sifatnya yang berbasis open-source. Maka dari itu, tampilan dari aplikasi password manager ini tidak semeriah opsi lain seperti LastPass atau Bitwarden.

Namun jangan salah, KeePass memiliki tingkat keamanan yang tidak bisa diremehkan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur keamanan seperti

  • Dukungan untuk enkripsi AES dan Twofish untuk memberikan lapisan perlindungan ganda.
  • Enkripsi dengan SHA-256 dengan tingkat keamanan tinggi.
  • Enkripsi menyeluruh terhadap database, termasuk password, username, catatan, dan detail lainnya.

KeePass juga sangat mudah untuk dikonfigurasi dan digunakan di semua perangkat. Namun, aplikasi password manager ini dibangun secara khusus untuk beroperasi di perangkat berbasi Windows.

Baca juga: Panduan Lengkap untuk Mengganti Password WiFi di Rumah

8. Enpass

enpass password manager

Enpass adalah aplikasi password manager yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar pada seluruh sistem operasi besar seperti Windows, Mac, iOS, Android, Linux, dan ChromeOS. Versi gratis dari Enpass hanya dapat diisi dengan 25 password untuk perangkat iOS dan Android.

Namun Enpass tidak memberi batasan item tersimpan untuk pengguna Windows, Mac, dan Linux. Artinya, Enpass kurang cocok jika kamu memiliki banyak akun di berbagai website dan aplikasi pada perangkat mobile.

Meskipun demikian, Enpass memiliki fitur keamanan yang cukup kuat sehingga data kamu akan terlindungi. Sayangnya, Enpass tidak menawarkan fitur sinkronisasi antar perangkat sehingga kamu wajib menyambungkan akun DropBox, Drive, atau OneDrive untuk menyinkronkan data.

Sistem penyimpanan data Enpass juga didesain untuk menyimpan informasi secara lokal, sehingga keamanan data sepenuhnya ada dalam kendalimu.

Baca juga: Panduan Lengkap File Transfer Protocol (FTP) untuk Pemula

Mengapa Perlu Password Manager?

Pada sebuah era yang mengharuskan kita untuk menggunakan berbagai aplikasi, website, atau layanan online untuk kebutuhan sehari-hari, tentu saja kita perlu untuk mendaftar akun dan membuat password untuk masing-masing akun.

Cara kerja Password manager

Memang bisa saja kamu menggunakan satu password untuk seluruh akun yang kamu gunakan. Namun, penggunaan satu password yang sama untuk berbagai akun akan meningkatkan risiko pencurian data pribadi oleh para peretas dan pihak tidak bertanggungjawab.

Nah, lalu apa lagi alasan untuk menggunakan password manager?

1. Mempermudah penyimpanan password

Jika kamu memiliki puluhan akun di berbagai website dan aplikasi dengan password yang berbeda-beda, otomatis kamu akan kesulitan untuk mengingat semuanya. Kamu dapat menggunakan password manager untuk menyimpan seluruh informasi tersebut. Sebagai gantinya, kamu hanya perlu menggunakan satu password utama untuk mengakses akun dan password lainnya.

2. Mencegah pencurian informasi

Dengan adanya fitur penyimpanan password oleh password manager, kamu tidak perlu lagi menggunakan satu kata sandi yang sama untuk semua akun kamu. Membuat password yang unik akan menurunkan risiko pencurian data pribadi. Meskipun salah satu akunmu berhasil dicuri orang, akun yang lain tidak akan terpengaruh.

3. Membuat password yang kuat

Sebagian besar aplikasi password manager memiliki fitur password generator yang dapat menciptakan sebuah password yang sangat kuat, sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.

4. Memiliki akses password di berbagai perangkat

Menggunakan password manager akan mempermudah kamu untuk mengakses seluruh informasi login dari berbagai perangkat. Sebagian besar aplikasi pengelola password menawarkan fitur sinkronisasi ke beberapa perangkat, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik melihat HP untuk login di laptop atau sebaliknya.

Sudah Tentukan Pilihan Password Manager?

Nah, itu dia rekomendasi aplikasi password manager terbaik yang dapat kamu coba untuk meningkatkan keamanan data kamu selama berada di dunia digital. Namun perlu diingat, penggunaan password manager bukan berarti kamu aman dari risiko pencurian data.

Maka dari itu, lapisi keamanan data dengan menggunakan VPN untuk menyamarkan informasi kamu dari pihak ketiga. Apabila kamu menyimpan data di server atau memiliki website sendiri, pastikan kamu menggunakan cloud hosting terbaik dan SSL untuk mencegah kebocoran data. Salam sukses online!