10 Aplikasi Web Server Terbaik Untuk Deployment Website

10 Aplikasi Web Server Terbaik Untuk Deployment Website

Di awal proses pembuatan/deployment sebuah website salah satu komponen pendukungnya adalah aplikasi web server. Bagi kamu pengguna cloud hosting murah bisa menemukan beberapa pilihan Web Server yang bisa di install di Localhost pc/laptop. Berikut beberapa pilihan aplikasi web server gratis untuk deployment website yang bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai Local Web Server.

Baca Juga: Inilah 7 Server Monitoring Tools Gratis Terbaik yang Bisa Dicoba

Xampp

Mungkin sebagian dari anda pengguna hosting indonesia tidak asing lagi dengan aplikasi web server Xampp. Dikutip dari WikipediaXAMPP dikembangkan oleh sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team). Xampp terdiri dari program Apache HTTP Server, dan MySQL database.

Web server gratis ini mempunyai keunggulan yaitu mudah dalam pengoperasian dan dapat dijalankan secara portable. XAMPP salah satu aplikasi web server dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di dunia.

Untuk proses installasinya Xammp sendiri bisa dibilang cukup  mudah untuk di coba oleh pengguna awal, yaitu cukup download file installer Xampp dari situs resmi mereka, kemudian sesuaikan installer Xampp yang akan di download dengan system operasi yang digunakan.

Baca Juga: Pengertian Web Server, Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

AMPPS

AMPPS adalah aplikasi Web Server gratis yang di buat dan dikembangkan oleh Softaculous . AMPPS sendiri sudah dilengkapi dengan Apache, MySQL, PHP, dan beberapa aplikasi lainnya dalam satu package. Untuk control panel database sendiri AMPPS sudah dilengkapi dengan PhpMyAdmin dan SQL Lite Manager. AMPPS tersedia untuk System Operasi antara lain MS Windows , Linux , dan MAC OS X.

Bitnami Stack

Dikutip dari situs resminya Bitnami Stack adalah aplikasi Web Server gratis yang menyediakan paket instalasi berbagai aplikasi berbasis web yang bersifat Open Source. Bitnami Stack bisa di install di komputer Local atau di Cloud Server. CMS dan aplikasi Open Source yang tersedia antara lain WordPress, Drupal, Joomla , OpenCart , Prestashop , OwnCloud , dan lainnya.

Saat proses intallasi contohnya installasi CMS WordPress, Bitnami Stack akan menyertakan MySQL database untuk mengelola database, dan  phpMyAdmin sebagai interface untuk pengelolaan via interface Mysql Database agar lebih mudah.

WAMPServer

WampServer merupakan paket Instalasi all-in-one yang terdiri dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP yang sudah saling terintegrasi. WampServer tersedia dua versi untuk System Operasi MS Windows yaitu versi 32bit dan 64bit . WampServer gratis untuk di download (di bawah lisensi GPML).

Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

  • Manage Mysql dan Apache Service.
  • Update Apache , MySQL dan PHP dengan versi terbaru.
  • Manage server setting.
  • Dan fitur lainnya.

EasyPHP

EasyPHP merupakan program paket Apache, MySQL, PHP seperti XAMPP atau WAMPServer. Namun EasyPHP adalah aplikasi Web Server portable , yang dimana bisa digunakan di media portable (Flashdisc , External HDD ,dan lainnya ) .

Fitur yang bisa ditemukan :

  • Mudah untuk digunakan.
  • Konfigurasi IP , Firewall yang cukup mudah.
  • Port, Timezone, Extensions mudah untuk dikonfigurasi
  • Dan fitur lainnya.

IIS

IIS atau Microsoft Internet Information Service adalah aplikasi web server dibuat khusus untuk pengguna Windows. IIS dapat dipasang pada Windows dan Windows server dan dapat dijalankan di berbagai bahasa pemrograman, seperti Javascript, PHP, .Net Framework, CGI, dan ASP. Mulanya, web server IIS adalah proyek riset oleh lembaga European Microsoft Windows NT Academic Centre (EMWAC) dipublikasikan sebagai software gratis.

Ada empat komponen pendukung IIS, yakni Protokol Jaringan TCP/IP, Domain Name System (DNS), format NTFS untuk keamanan, dan software server khusus untuk menangani website. Fitur IIS mendukung protokol HTTP/HTTPS, FTP, SMTP, dan NNTP.

Bagi kamu yang memiliki server bersistem operasi windows, kamu bisa mencoba web server ini. Namun, bagi pengguna platform .NET, server hanya bisa menggunakan IIS sebagai server.

Winginx

Salah satu aplikasi web server terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan yakni Winginx. Winginx cukup digemari banyak orang karena kinerjanya yang cukup bagus. Winginx sebetulnya adalah tools untuk menyalakan server web local Nginx di Windows. Mirip seperti Xampp dengan Apache, Winginx berfungsi dalam mengembangkan website PHP dan Node.js menggunakan database MySQL, MongoDB, Redis, memcached. Selain itu, ukuran file Winginx juga tidak memberatkan, yakni hanya sekitar 22 MB.

Saat ini, Winginx juga sudah mendukung PHP 7.1 (+5.6), MySQL 5.7, Node.js 6, Redis, MongoDB dan berbagai CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya.

Baca Juga: Colocation Server: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Kelebihannya

LiteSpeed Web Server

Kamu juga bisa mencoba LiteSpeed sebagai aplikasi server web dengan kinerja tinggi. LiteSpeed mendukung berbagai control panel populer, seperti cPanel, Plesk, Direct Admin. Selain itu, LiteSpeed juga kompatibel di berbagai sistem operasi, contohnya CloudLinux, Debian/Ubuntu, Fedora dan sebagainya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki LiteSpeed adalah fitur pencegahan terhadap DDoS attack, control panel yang mudah digunakan, memuat file konfigurasi Apache dan digunakan sebagai pengganti Apache.

Apache

Apache banyak dipilih sebagai aplikasi web server karena performa server yang aman dan mudah dikembangkan. Banyak perusahaan besar seperti LinkedIn hingga Facebook menggunakan Apache. Hal ini tentunya sudah membuktikan performa Apache yang terbaik. Beberapa keunggulan Apache adalah kompatibel dengan WordPress, konfigurasinya mudah, open source, sistem keamanan yang selalu update, hingga software yang stabil.

Baca Juga: Apa itu Server? Pengertian, Fungsi dan Jenis Aplikasi Server

Cherokee

Cherokee adalah salah satu web server terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Mendukung bahasa pemrograman seperti PHP serta database MySQL, Cherokee menjadi web server yang cukup banyak digemari. Salah satu kelebihannya, Cherokee memiliki ukuran yang sangat ringan, yaitu di bawah 10 MB. Selain itu, tampilan GUI-nya juga intuitif sehingga menarik pengguna. Beberapa fitur yang ditawarkan Cherokee yakni, SCGI, Fast CGI, SSI, Reverse HTTP Proxy, Virtual Hosts, dan lain sebagainya.

Web Server Apa Pilihanmu?

Selain aplikasi-aplikasi untuk Web Server gratis untuk deployment website di atas, masih terdapat cukup banyak aplikasi Web Server lainnya yang bisa di gunakan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!