aplikasi website builder terbaik

10 Website Builder Gratis Wajib Coba untuk Buat Website

Ada sekitar 500.000 website yang dibuat setiap harinya di seluruh dunia. Tentunya itu bukanlah jumlah yang sedikit dalam hitungan hari. Banyaknya website yang ada di internet menandakan bahwa sekarang setiap orang dapat dengan mudah membuat website.

Kemudahan membuat website dapat diraih melalui situs/aplikasi website builder yang banyak ditemukan saat ini. Bahkan, sebagian besar aplikasi menyediakan layanan tersebut secara gratis untuk pemula tanpa perlu paham coding.

Bagi kamu yang mau buat website tapi masih bingung pakai aplikasi yang mana, kamu ada di artikel yang tepat! Kali ini Dewaweb sudah merangkumnya dalam 10 aplikasi untuk membuat website gratis tanpa coding. Cek daftarnya di bawah ini ya!

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website yang Baik dan Benar

1. WordPress

Aplikasi pembuat website WordPress

Menurut survey W3Techs, 65% dari keseluruhan website yang ada di internet menggunakan website builder WordPress. Ini menjadikan WordPress sebagai CMS paling populer dan banyak digunakan untuk membuat website.

Selain karena sifatnya yang open source, dashboard-nya cukup simpel juga mudah digunakan. WordPress adalah opsi yang bagus bagi para pemula dalam membuat website. Pengguna tidak harus menguasai coding untuk menggunakan WordPress. Terlebih, layanan yang disediakannya gratis.

Video tutorial membuat website dengan WordPress

Meski disediakan secara gratis, website builder WordPress banyak digunakan oleh perusahaan besar ternama, hingga ke pemerintahan. Untuk menjaga keamanan situs, WordPress menyediakan banyak plugins security untuk menghindari peretasan yang sering terjadi.

2. Jimdo

Aplikasi pembuat website Jimdo

Rekomendasi website builder gratis selanjutnya ada Jimdo. Dengan Jimdo, kamu bisa membuat situs untuk blog, bisnis, atau online store dengan dukungan template yang beragam.

Tanpa skill coding, kamu bisa membuat website gratis. Meski begitu, tersedia pula tiga pilihan paket berbayar mulai dari Rp126 ribu per bulannya dengan fitur-fitur premium untuk membangun website agar lebih optimal.

Jimdo mempunyai fitur website editor, online store, logo maker dan gratis custom domain selama satu tahun. Web editornya sangat simpel dan memudahkan pengguna awam.

3. Wix

Aplikasi pembuat website Wix

Kamu juga bisa gunakan Wix untuk membuat website gratis. Penggunaan Wix cukup mudah dan praktis, cocok bagi pemula yang ingin membuat website. Pengguna bisa membuat situs menawan dan tentunya mobile friendly.

Tersedia 500 pilihan template unik untuk desain website. Bila tak ingin repot, kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang membiarkan salah satu web builder terbaik ini membuat desainnya untukmu. Kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan saja, dan Wix akan memproses sesuai jawabanmu.

Penggunaan dashboardnya juga mudah, kamu hanya perlu melakukan drag & drop elemen-elemen yang diinginkan. Sangat praktis dan menarik kan?

Namun, di setiap layanan yang gratis pasti memiliki batasan. Contohnya, kamu tidak bisa menggunakan custom domain di dalam alamat website dan terdapat iklan Wix di dalamnya. Untuk menghindari hal tersebut, pengguna diharuskan upgrade ke akun pro.

4. Webnode

Aplikasi pembuat website Webnode

Aplikasi website builder dengan fitur yang lengkap juga dimiliki Webnode. Kamu bisa membuat website dengan dukungan beragam template yang sangat variatif. Webnode juga memiliki fitur SEO tools supaya situs bisa dioptimalisasi dengan baik.

Bagi pemilik usaha, kamu bisa membangun situs untuk toko online dengan memanfaatkan fitur online store builder di Webnode. Fitur tersebut mendukung fasilitas pengelolaan toko, shipping, pembayaran, juga diskon yang dapat membuat website toko online jadi lebih optimal.

Kamu bisa menggunakan Webnode untuk membuat website secara gratis. Tetapi sama seperti online website builder lainnya, kamu tidak bisa menggunakan custom domain kecuali jika berlangganan ke paket berbayar.

Baca Juga: Tips Memilih Layanan Hosting untuk Toko Online Anda

 5. Weebly

Aplikasi pembuat website Weebly

Weebly adalah website builder yang bisa digunakan secara gratis. Meski begitu, Weebly menyediakan tiga paket member berbayar yang bisa dipilih jika ingin mendapat fitur yang lebih lengkap.

Dengan menggunakan fitur drag and drop, Weebly sangat mudah digunakan. Bahkan tersedia juga beberapa efek animasi yang bisa dipilih untuk melengkapi tampilan website agar lebih memikat. Berbagai pilihan desain templatenya sangat elegan dan tentunya customizable.

Tak hanya itu, Weebly melengkapi fiturnya dengan analytics yang terintegrasi ke mobile app untuk memudahkan melakukan tracking performa website di mana saja.

6. Zyro

zyro

Website builder tanpa coding selanjutnya adalah Zyro. Web builder Zyro dirancang untuk membantu pengguna membuat situs atau toko online hanya dalam hitungan menit.

Zyro memiliki semua fitur yang komplit untuk membangun website. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan lainnya untuk membangun situs yang profesional. Seperti logo maker, resize photo, AI slogan creator, AI business name generator, AI writer, privacy policy dan terms and conditions generator. 

Optimalisasi situs di search engine juga bisa dilakukan dengan tools SEO dari Zyro. Sayangnya Zyro tidak menyediakan free trial, segala kelebihan itu dapat kamu gunakan dengan membayar sejumlah biaya.

Baca Juga: Membuat Toko Online Mudah Dengan WooCommerce

7. Strikingly

Strikingly

Strikingly merupakan software yang memudahkan pemula untuk membuat website. Dengan pilihan desain template dari Strikingly, kamu bisa membangun situs yang simpel dan responsif dengan tampilan menarik.

Strikingly cocok untukmu yang ingin membuat one-page website, seperti untuk keperluan CV atau situs portofolio pribadi. Namun kamu juga tetap bisa membuat website multi-page jika melakukan upgrade ke akun berbayar.

Tampilan interface-nya sangat sederhana dan mudah digunakan. Strikingly juga menyediakan built in situs ecommerce untuk membuat website toko online dengan berbagai fitur lengkapnya.

8. Mozello

Mozello

Bagi yang mencari aplikasi pembuat website di Android, ini dia jawabannya! Mozello menawarkan kemudahan membuat website, baik dari PC atau HP. Kamu bisa download aplikasi ini di Play Store secara gratis.

Mozello juga cocok untuk pebisnis yang ingin membuat toko online. Aplikasi ini didesain sebagai website builder yang menawarkan fungsi ecommerce dan mobile friendly. Bagi pemula tak usah khawatir, Mozello dirancang sangat simpel untuk membangun website yang cepat dan mudah.

Sebagai ecommerce website builder, Mozello memiliki fitur untuk menjual produk, mengatur pengiriman dan pembayaran, fitur integrasi ecommerce, juga user friendly bagi pelanggan untuk berbelanja. Dilengkapi pula dengan fitur SEO dan marketing untuk memaksimalkan website.

Baca Juga: 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

9. SquareSpace

SquareSpace

SquareSpace adalah salah satu aplikasi untuk membuat website gratis yang menawan. Kamu bisa membuat situs untuk blog pribadi, toko online atau event dengan berbagai template-template pilihannya. Tampilan dashboard-nya juga sangat memudahkan bagi pemula.

Aplikasi pembuat website ini banyak diandalkan oleh pengguna Android dan iOS karena bisa di-download di HP. Hal ini memudahkan pengguna mengelola website dari mana saja. Selain itu, tersedia juga tools SEO dan email marketing di dalamnya.

Squarespace menyediakan unlimited bandwidth dan storage, SSL security, dan gratis custom domain. Tapi kamu hanya bisa menikmati fitur-fitur di Squarespace secara gratis selama 14 hari. Setelah itu, kamu harus berlangganan ke salah satu paketnya.

10. Site123

Site123

Site123 juga bisa jadi pilihan bagi pemula yang ingin membuat website. Fitur-fiturnya juga lengkap seperti website builder lainnya. Kamu bisa menggunakannya tanpa harus menguasai coding dan pastinya gratis.

Untuk akun gratis, pengguna mendapatkan 250 MB storage, 250 MB bandwidth dan subdomain. Jika membutuhkan fasilitas yang lebih memuaskan, bisa upgrade ke akun premium dengan membayar sejumlah biaya.

Site123 menyediakan berbagai pilihan template menawan yang bisa kamu gunakan, seperti template untuk blog pribadi, website perusahaan, hingga toko online.

Di dalamnya juga tersedia SEO tools untuk melakukan optimasi pada website. Pengguna bisa membuat website yang responsif dan mobile friendly menggunakan free hosting dan domain dari Site123.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

Itulah daftar aplikasi pembuat website yang bisa jadi pertimbangan untukmu. Kira-kira mana website builder yang jadi pilihanmu? Pilih sesuai kebutuhan ya!

Semua aplikasi gratis di atas memiliki berbagai batasan. Jika kamu ingin mengakses fitur tambahan, tentu dibutuhkan sejumlah biaya.

Untukmu yang ingin membuat toko online, ada cara yang lebih simpel dan menguntungkan. Dewastore memberimu akses untuk mengembangkan bisnis dengan berbagai fitur.

Kamu bisa buat website online store dengan domain gratis, upload produk tak terbatas, fitur perhitungan ongkir, metode pembayaran otomatis, dan live chat. 

Bahkan websitemu sudah terintegrasi dengan Facebook Pixel dan Google Analytic untuk melacak performanya sehingga dapat menaikkan penjualan. Tersedia juga support dari tim yang cepat dan handal untuk membantu segala keperluan websitemu.