Dalam melakukan aktivitas di Internet, penggunaan email juga tak jarang digunakan, bahkan hampir selalu digunakan, baik untuk komunikasi, promosi maupun reservasi. Namun ancaman pada sisi email juga banyak, seperti Email Spoofing, Email Scam dan lainnya. Sehingga kita perlu waspada dan terlindungi dengan filter email seperti SpamExperts. 

Dengan penggunaan yang sering dilakukan, maka tak jarang pengguna internet lebih memilih menggunakan penyedia email free, padahal dengan menggunakan email domain tersendiri lebih terlihat profesional.

Selain itu, Dewaweb sendiri menyediakan layanan account hosting yang sudah dibundle dengan fitur SpamExperts yang dapat mengamankan aktivitas email Anda dengan langganan minimal paket Warrior, karena fitur tersebut hanya tersedia untuk paket Warrior keatas. 

Fitur ini hanya dapat digunakan pada main domain account hosting, tidak bisa pada Addon Domain.

SpamExperts

SpamExperts memiliki teknologi keamanan email yang dapat memfilter incoming email yang dianggap Spam. Biasanya ada kategori tersendiri, seperti subject yang tidak jelas, pengirim email yang tidak memiliki DKIM, Attachment yang mengandung malware dan lainnya.

Baca juga: Berbagai Manfaat dari SpamExperts

Cara Menggunakan SpamExperts

Pastikan Anda sudah menggunakan minimal paket Warrior, cek pada menu Email Routing, pastikan domain yang dimaksud menggunakan Routing – Local Mail Exchanger, jika tidak, rubah ke routing local dan change.

Ke menu Zone Editor – Manage, pilih filter MX, ikuti records di bawah ini untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Biasanya ada propagasi DNS beberapa menit sampai beberapa jam, jika sudah selesai propagasinya ke menu cPanel – SpamExperts dan klik Login pada domain yang dimaksud, tampilan di bawah ini adalah contoh dari Interface SpamExperts.

Interface SpamExpert Dewaweb

Track Email Masuk

Email-email yang masuk dapat Anda cek dengan klik menu Incoming – Logs. Sesuaikan Query Rules dan klik Show Results untuk menampilkan hasilnya.

Penjelasan Query Rules:

Timestamp – berdasarkan waktu.
Sender – berdasarkan email account pengirim.
Recipient – berdasarkan email account penerima.
Subject – berdasarkan judul email.
Status – berdasarkan status email yang sudah difilter.

Untuk action pada email tersebut klik pada tanda panah ke bawah dan akan memunculkan pilihan action seperti di bawah ini.

Jika ada email yang statusnya rejected dan ingin tidak terfilter, maka pilih action “Change action for message like this”, kemudian setting sesuai yang di inginkan dan Save.

Track Email Spam

Untuk melihat email spam yang masuk dan terfilter dapat melalui menu Incoming – Spam Quarantine.

Jika ingin menggunakan action pada email tersebut, klik tanda panah ke bawah dan pilih sesuai action yang di inginkan seperti di bawah ini.

Penjelasan Action pada Spam Quarantine:

Remove from quarantine – melakukan penghapusan email dari list karantina.
Release from quarantine – melepas email yang dipilih dari list karantina.
Release and train from quarantine – melepas email yang dipilih dari list karantina dan ditandai supaya tidak dikarantina lagi dari pengirim yang sama.
Download quarantined message – download isi email yang dikarantina.

Kesimpulan:

Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat dengan mudah mengelola email-email yang masuk ke dalam account Anda. Fitur ini hanya dapat digunakan khusus untuk incoming saja, untuk Outgoing ada menu tersendiri di cPanel, yaitu cPanel – Track Delivery.

Jadi, Anda tidak perlu takut ada email-email yang spam yang masuk, karena dapat diatasi dengan mudah dengan teknologi canggih ini.

Kami sangat merekomendasikan fitur ini jika bisnis Anda sangat bergantung pada aktivitas email. Anda juga dapat tanyakan seputar fitur ini pada Ninja Support kami melalui Tiket Support.

Untuk customer VPS baik di Dewaweb maupun di luar Dewaweb, dapat juga menggunakan fitur ini, silakan contact sales kami untuk penawaran harga sesuai custom berapa domain yang ingin diprotect.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin Anda baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu! 

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia