market segmentation featured image

Bagaimana Market Segmentation Bisa Memengaruhi Jalannya Bisnis?

Kesuksesan sebuah bisnis banyak dipengaruhi oleh beragam faktor. Salah satu yang paling utama adalah market segmentation atau segmentasi pasar. Dalam dunia bisnis, market segmentation merupakan sebuah strategi yang tidak bisa terlepaskan.

Cara ini dilakukan dengan mengelompokkan konsumen maupun produk yang ditawarkan kepada orang lain. Dengan mengetahui segmentasi pasar, produk yang kamu tawarkan akan lebih mudah dikenali target pasarmu.

Tipe Market Segmentation

ilustrasi tipe market segmentation

Dalam praktiknya, market segmentation dibagi ke dalam tiga tipe, yakni segmentasi yang berdasarkan lokasi, waktu, dan segmentasi yang didasarkan pada segi harga. Berikut penjelasan mengenai ketiga tipe segmentasi yang perlu kamu ketahui:

  • Segmentasi lokasi

Segmentasi pertama dan yang paling banyak dijadikan tolok ukur dalam bisnis adalah segmentasi lokasi. Misalnya, perusahaan atau produsen smartphone yang melihat Indonesia sebagai target lokasi yang menguntungkan. Hal ini tentu harus didasari dengan riset terlebih dulu.

Alasan utamanya, Indonesia merupakan negara dengan penggunaan smartphone yang cukup besar dari tahun ke tahun. Alhasil, perusahaan tersebut membidik Indonesia demi melipatgandakan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: SEM 101: Pentingnya Search Engine Marketing

Begitu juga dengan perusahaan yang bergerak di layanan provider hosting misalnya. Mereka akan jeli dalam memilih lokasi pasar. Indonesia semisalnya yang dibidik menjadi sasaran utama perusahaan tersebut. Mengingat, aktivitas yang menggunakan internet sangat besar mulai untuk kegiatan bisnis, perkantoran, dan sebagainya.

  • Segmentasi waktu

Tipe segmentasi kedua adalah berdasarkan waktu. Meski segmentasi ini terbilang penting, namun masih jarang digunakan oleh beberapa orang.

Segmentasi waktu menitikberatkan pada pemasaran sebuah produk pada saat tertentu saja. Maka, bukanlah tanpa alasan kalau market segmentation ini kurang begitu diminati. Sebab, pada satu waktu penjualan akan naik secara drastis namun pada waktu yang lain penjualan akan menurun.

Misalnya, perusahaan garmen penjualannya akan meningkat ketika memasuki hari-hari besar seperti Lebaran dan tahun ajaran baru saat permintaan kain untuk seragam meningkat. Akan tetapi di saat yang lain di luar waktu tersebut penjualan akan berjalan biasa saja atau bahkan bisa menurun karena permintaan pasar yang tidak optimal.

  • Segmentasi harga

Selain kedua market segmentation di atas, tipe lainnya yang digunakan sebagai tolok ukur pemasaran adalah segmentasi harga. Adanya segmentasi harga ini, bisa membuat kamu lebih mudah memahami calon konsumen.

Misalnya, ada konsumen yang membeli produk dengan harga tinggi dan ada pula konsumen yang membeli dengan harga rendah. Dari aspek demografi ini kamu bisa mengetahui, mana yang lebih banyak membeli produk dengan harga tertentu. Alhasil, kamu bisa masuk ke pasar tersebut sesuai dengan harga dan daya beli konsumennya.

Manfaat Market Segmentation bagi Bisnis

Market segmentation memiliki banyak manfaat dan keunggulan ketika kamu menjalankan sebuah bisnis. Setidaknya, ada tiga alasan utama mengapa market segmentation ini sangat penting. Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

  • Meningkatkan keuntungan

Pentingnya market segmentation secara sederhana dapat dianalogikan dengan seseorang yang berjualan sesuatu di pasar. Ketika seseorang menjual barang hanya di pasar A saja, keuntungannya tidak bisa berlipat ganda sebab pembelinya hanya orang-orang di sekitar pasar. Lain halnya ketika orang tersebut juga berjualan di pasar lain.

Keuntungannya dapat digabung dari hasil berjualan di pasar A dan di pasar B. Selain konsumen yang semakin beragam, dilihat dari tingkat keuntungannya pun jelas akan lebih besar ketimbang hanya berjualan hanya di satu pasar. Artinya, keberadaan market segmentation juga bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnis menggunakan dua metode, yakni berjualan melalui online maupun offline.

Baca Juga: 7 Strategi Content Marketing untuk Bisnismu

  • Menjangkau pasar dan konsumen lebih luas

Tujuan utama sebuah bisnis memang lebih menekankan pada adanya keuntungan yang lebih. Agar dapat meningkatkan keuntungan tersebut, jelas bukanlah urusan mudah. Beberapa hal yang wajib diperhatikan adalah kualitas produk hingga pelayanan yang baik kepada konsumen. Adanya market segmentation setidaknya memudahkanmu untuk melakukan hal tersebut.

Cara segmentasi melalui pelayanan yang baik membuat produkmu semakin dikenal luas oleh masyarakat dan calon konsumen. Selain itu, pasar untuk bisnis kamu tidak hanya berjalan pada satu tempat atau segmen saja. Melainkan di berbagai tempat karena produk semakin dikenal dan pola pemasaran dari mulut ke mulut dapat berjalan dengan baik.

Terlebih lagi, di era perkembangan teknologi saat ini di media sosial akan ada banyak orang yang mengulas produk maupun bisnis milikmu. Hasilnya, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnismu melalui testimoni konsumen. Jika banyak testimoni positif, bukan tidak mungkin penjualan Anda dapat meningkat, ‘kan?

  • Menambah daya saing dengan kompetitor

Market segmentation juga mampu meningkatkan daya saing produk maupun bisnismu dengan kompetitor. Dari sinilah kamu bisa melihat siapa pesaing dari bisnismu. Tidak hanya itu saja, kamu bahkan bisa melihat letak peluang pasar di pasar para pesaingmu.

Melalui data-data yang diambil dai market segmentation ini, perusahaan akan mudah dalam menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk ‘melawan’ kompetitor tersebut.

Membangun Market Segmentation yang Baik

Membangun market segmentation tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini dilakukan agar bisnis yang kamu rintis dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Oleh karena itulah, perhatikan penentuan market segmentation melalui langkah berikut ini.

  • Tentukan siapa target pasar bisnismu

Ketika bisnismu sudah terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target. Inilah yang merupakan komponen penting dalam market segmentation.

Oleh karena itu kamu perlu memilih market segmentation mana yang akan dipilih. Baik berdasarkan lokasi, waktu, atau dari segi harga. Cara ini akan memudahkanmu menentukan target pasar untuk produk maupun bisnismu.

  • Gunakan tools terbaik

Kemajuan era teknologi seperti saat ini sebenarnya juga bisa menjadi peluang bagi kamu dalam menentukan market segmentation. Jika sebelumnya banyak orang melakukan riset pasar dengan menggunakan cara konvensional, maka sekarang kamu bisa melakukannya dengan mudah. Salah satunya menggunakan tools berupa marketing automation.

Istilah ini mengacu pada software tertentu dalam mengotomatisasi tindakan dalam menetukan pemasaran bisnis kamu. Dengan menggunakannya, kamu jadi lebih cepat mengetahui tren apa saja yang ada di pasaran dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Marketing Campaign untuk Kesuksesan Bisnismu

  • Lakukan evaluasi

ilustrasi evaluasi perilaku pembeli

Terakhir, agar tetap berjalan dengan baik market segmentation, kamu juga perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hasil analisis segmentasi pasar yang sudah dilaksanakan.

Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasi kesalahan berikutnya agar dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Sebaiknya catat semua keluhan maupun testimoni dari pelanggan, baik itu yang positif maupun yang negatif untuk kemajuan bisnismu.

Simpulan

Agar dapat memaksimalkan market segmentation, kamu memerlukan layanan internet yang memadai. Terutama untuk riset market segmentation secara online. Selain itu, kamu juga harus dapat menyediakan website yang cepat dan aman agar website-mu bisa diandalkan pengunjung. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan cloud hosting terbaik yang terpercaya agar bisnis online berjalan dengan lancar.

Demikian artikel tentang  ini. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau ide konten untuk blog Dewaweb lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat, Sahabat Dewaweb. Salam sukses online!