6 Bahaya Penggunaan Nulled Themes dan Nulled Plugin bagi Website

6 Bahaya Penggunaan Nulled Themes dan Nulled Plugin bagi Website

Themes dan plugin WordPress adalah dua hal yang penting. Dengan themes dan plugin yang tepat, kamu dapat meningkatkan tampilan dan fungsionalitas website WordPress. Tapi, pernahkah kamu menemukan nulled WordPress themes dan nulled plugin? Apa itu sebenarnya nulled themes dan nulled plugin? Bahayakah bila digunakan? Simak penjelasan lebih lanjut di artikel ini ya!

Apa itu Nulled Themes dan Plugin WordPress?

Nulled themes dan plugin WordPress adalah bajakan dari theme dan plugin WordPress yang berbayar yang didistribusikan secara ilegal di internet. Para distributor themes dan plugin nulled sering berargumen bahwa karena plugin dan theme WordPress sudah memiliki lisensi GPL maka mereka boleh-boleh saja mendistribusikan theme dan plugin nulled ini.

Baca Juga: 12+ Plugin Instagram Terbaik untuk Website WordPress Kamu

GPL sendiri merupakan singkatan dari General Public License. Lisensi ini biasa digunakan di software-software gratis. Dikeluarkan oleh Richard Stallman dari Free Software Foundation untuk GNU Project, lisensi ini memperbolehkan sebuah software untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan secara gratis oleh siapa saja.

WordPress juga memang dirilis dengan lisensi GPL karena WordPress adalah software open-source yang bisa digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja. Memang kalau kita sudah mengerti arti dari lisensi GPL, ini tidak salah. Tetapi sebenarnya theme dan plugin nulled ini memiliki risiko sendiri jika digunakan.

Baca Juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

Bagi para developer theme dan plugin WordPress tentunya dengan adanya nulled themes dan plugins, Anda akan mengalami kerugian.

Tetapi untuk pengguna sendiri, nulled themes dan plugins bisa mengancam keamanan website WordPress Anda. Bahkan themes dan plugins nulled ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa website Anda kena hack.

Ingin tahu apa saja bahayanya menggunakan themes dan plugins nulled untuk website Anda? Yuk lanjut baca artikelnya.

Bahaya Nulled Themes dan Plugin WordPress

Berikut ini bahaya yang menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya tidak menggunakan nulled WordPress themes dan nulled plugin:

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

1. Keamanan website

Plugin dan themes nulled untuk WordPress bisa sangat berbahaya untuk keamanan WordPress Anda. Mereka dikenal bisa membawa malware.

Kode ini biasa disebarkan melalui berbagai file untuk menyamarkan diri dan ini membuatnya susah untuk dideteksi dan diperbaiki jika website Anda sudah kena hack. Anda juga mungkin saja kehilangan data saat di-hack.

Bahkan, Anda bisa saja di de-index dari search engine atau mesin pencari karena dianggap mendistribusikan malware.

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

2. Privacy

Nulled themes dan plugins untuk WordPress bisa memiliki berbagai kode berbahaya tersembunyi di dalamnya. Kode-kode ini bisa saja digunakan untuk mencuri informasi dari website WordPress Anda. Infomasi yang dimaksud di sini adalah informasi-informasi seperti username, alamat email, dan password.

Jika website Anda adalah sebuah toko online atau website yang menyimpan data berbagai pelanggan, informasi pelanggan Anda juga akan dalam bahaya. Hacking jenis ini memang susah untuk dideteksi dan bahkan tidak akan diketahui karena website WordPress tetap akan berfungsi seperti biasa.

3. SEO website akan menjadi buruk

Menggunakan plugin dan theme bajakan untuk website WordPress Anda dapat memberikan dampak buruk bagi SEO website. Karena nulled themes dan plugins ini bisa memberikan link spam ke website Anda atau membajak user Anda dan melakukan re-direct ke website-website yang tidak aman.

Aktivitas seperti ini sebenarnya agak susah dideteksi hanya dengan dilihat karena link-link ini biasa tersembunyi di dalam kode. Kemungkinan juga Anda tidak akan diredirect saat Anda login ke akun WordPress Anda.

Tetapi search engine bisa langsung tahu dan akan langsung memberikan penalty ke website Anda dengan menghilangkan website Anda dari halaman ranking search engine atau berhenti meng-index website Anda.

Anda tentu tahu bahwa usaha SEO bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan hanya dalam waktu semalam. Kalau sampai SEO Anda terpengaruh, Anda butuh waktu lama untuk bisa memperbaiki SEO website Anda. Bahkan bisa juga Anda harus membuat website baru karena tidak mungkin memperbaiki SEO website yang lama.

Baca Juga: 15 Tips Penting Untuk Mengamankan Website WordPress

4. Nulled theme dan plugin ilegal untuk digunakan

Memang ada banyak themes dan plugins WordPress yang bersifat open source, tetapi sebenarnya ada beberapa dari mereka yang memiliki mixed license atau lisensi campur.

Apa maksudnya? Ada beberapa bagian dari kode yang sebenarnya dilindungi oleh copyrights dan jika Anda menggunakan nulled themes dan plugins, maka sebenarnya Anda menggunakan produk-produk ini secara ilegal.

5. Tidak akan mendapatkan update

Kebanyakan themes dan plugins biasa diupdate untuk memperbaiki bugs yang mungkin ada pada mereka. Kadang update juga bisa dilakukan dalam rangka menambah fitur baru atau memperbaiki isu keamanan. Kalau Anda menggunakan nulled WordPress themes dan plugins, Anda tidak akan mendapatkan update-update tersebut karena mereka tidak memiliki lisensi yang valid.

Dengan begitu, website WordPress Anda hanya akan menggunakan versi yang sudah tertinggal. Anda juga tidak bisa membersihkan mereka dari bug atau ancaman keamanan lainnya.

WordPress juga biasa merilis versi baru secara regular dan terkadang themes dan plugins perlu di update agar kompatibel dengan versi terbaru WordPress.

Karena nulled themes dan plugins tidak bisa diupdate, website Anda bisa saja tidak bisa diakses kalau terlalu ketinggalan versinya.

Baca Juga: 5 Plugin untuk Melindungi Konten Anda

6. Tidak akan mendapatkan support

Kebanyakan pengguna WordPress membutuhkan support dan dokumentasi untuk menggunakan versi premium sebuah themes dan plugins. Developer produk-produk ini biasa memberikan support dan dokumentasi untuk pengguna berbayarnya. Kalau Anda menggunakan yang versi nulled, Anda tidak akan mendapatkan support dan dokumentasi ini.

Sebenarnya, ada banyak alternatif tersedia untuk themes atau plugin premium sehingga Anda tidak perlu menggunakan tema dan plugin WordPress nulled. Terkadang, themes dan plugin premium juga menawarkan versi gratis dari tema dan plugin premiumnya.

Baca Juga: 3 Cara Install Tema Website WordPress [Cepat & Mudah]

WordPress juga sebenarnya menyediakan ribuan plugin dan theme gratis yang bisa Anda gunakan. Bahkan ada juga yang bisa bekerja lebih baik daripada produk premium.

Kalau kalian ingin mencari theme gratis yang tidak kalah bagus dari theme WordPress berbayar, Anda bisa membaca artikel kami tentang 11 Template WordPress Gratis Terbaik. Dengan template ini, Anda tetap bisa memiliki tampilan yang baik tanpa mempengaruhi website Anda secara negatif.

Baca Juga: 30 Tips, Trik dan Hacks Untuk WordPress

Gunakan Themes dan Plugin yang Aman

Di artikel ini, kami sudah membahas bahaya penggunaan nulled plugin dan nulled WordPress themes dan berbagai alasan mengapa tidak disarankan untuk memakainya. Kemungkinan besar, produk-produk bajakan ini akan mengancam keamanan website. Ini dikarenakan theme dan plugin WordPress yang nulled ini mungkin saja mengandung kode-kode tersembunyi yang membahayakan.

Oleh karena itu, jika Anda belum mau menggunakan theme atau plugin premium, coba gunakan versi gratis dari themes atau plugin itu karena WordPress menyediakan ribuan pilihan. Sebagai provider hosting murah terbaik yang mengutamakan keamanan, kami juga menawarkan berbagai paket hosting cepat Indonesia. Semoga artikel ini membantu!